Home Penyakit dan KelainanSakit Gigi 20 Cara Mengobati Sakit Gigi Saat Hamil Paling Aman dan Mudah Dilakukan

20 Cara Mengobati Sakit Gigi Saat Hamil Paling Aman dan Mudah Dilakukan

by Erlita

Saat hamil, para wanita pasti setuju bahwa tidaklah sembarangan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan yang timbul, termasuk sakit gigi. Tak sembarang obat dapat dikonsumsi oleh para ibu hamil karena harus mempertimbangkan kondisi janin. Lalu, bagaimana cara mengobati sakit gigi saat hamil yang dijamin aman?

  1. Menggunakan Ekstrak Vanila

Teteskan beberapa kali ekstrak vanila pada bola kapas atau cotton bud yang sudah Anda siapkan. Kompreskan ke bagian gigi yang sakit dan nyeri sekitar 10 menit lamanya. Ulangi cara perawatan ini sehari beberapa kali agar rasa nyerinya cepat hilang dengan alami dan efektif.

  1. Memakai Wheatgrass

Ambil ekstrak dari wheatgrass (sejenis rumput-rumputan yang kaya akan vitamin, enzim, mineral dan kandungan klorofil di dalamnya), campurkan dengan ½ sendok teh garam untuk kemudian Anda konsumsi. Atau, boleh juga untuk langsung mengunyah-ngunyah wheatgrass segar secukupnya selama 10 menit tanpa tambahan garam.

  1. Menggunakan Lemon

Cara mengobati sakit gigi lainnya yang aman di kala Anda sedang hamil adalah penggunaan buah yang mengandung vitamin C tinggi seperti lemon. Air jeruk lemon bisa Anda ambil secukupnya untuk menjadi obat kumur. Anda bisa membuangnya setelah berkumur menggunakan perasan air lemon yang dicampur air dan lakukan cara ini hingga rasa sakitnya hilang.

  1. Memakai Jahe

Rempah jahe pun bisa digunakan sebagai obat sakit gigi yang dialami ibu hamil, yakni dengan menghaluskan 1-2 buah jahe berukuran sedang, lalu di gigi yang sakit Anda bisa tempelkan. Atau alternatifnya, Anda bisa rebus jahe dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa segelas saja lalu jadikan sebagai obat kumur sehari 2 kali.

  1. Menggunakan Biji Ajwain

Pernah dengar tentang biji ajwain yang kaya akan sifat antijamur dan antibakteri? Biji yang mirip jintan ini bisa Anda sediakan sebanyak ½ sendok teh, masukkanlah ke secangkir air panas mendidih. Teh biji ajwain yang sudah jadi bisa dijadikan obat kumur sekaligus dikonsumsi hingga sakit gigi hilang.

  1. Memakai Daun Bayam

Makanan yang mengandung serat tinggi ini bisa juga Anda andalkan untuk mengobati sakit gigi sewaktu hamil, dapat Anda kunyah langsung saat sudah dibersihkan atau bisa dimasak dan dikonsumsi seperti biasa. Kaya akan fitonutrien, mineral dan vitamin, Anda bisa mengandalkan bayam sebagai obat alami sakit gigi.

  1. Menggunakan Daun Kemangi

Beberapa lembar daun kemangi bisa Anda hancurkan setelah dicuci bersih lalu buatlah pasta yang kemudian bisa dioles ke bagian gigi yang sakit. Biarkan selama 10 menit pasta tersebut ada di sana dan lakukan rutin perawatan ini agar lebih cepat menyembuhkan gigi yang sakit.

  1. Memakai Daun Jambu Biji

Daun jambu biji pun bisa Anda ambil beberapa lembar, haluskan dan tak lupa campur dengan garam sedikit. Setelah jadi, balurkan ke gigi yang terasa sakit di mana perawatan ini paling tepat dilakukan sehari paling tidak 2 kali dalam sehari supaya bengkak sekaligus rasa sakitnya bisa cepat hilang.

  1. Makan Keju

Mengonsumsi keju yang kaya akan kalsium rupanya tak hanya aman dalam mengobati masalah sakit gigi pada ibu hamil, tapi juga mampu mencegah untuk gigi tak gampang sakit. Karena berkandungan juga mineral lainnya seperti fosfor, tembaga hingga magnesium, maka tentunya bagus untuk kesehatan ibu dan janinnya.

  1. Mengonsumsi Yogurt

Yogurt kita tahu adalah sumber makanan berprobiotik tinggi, dan rupanya ibu hamil yang sedang sakit gigi bisa mengonsumsinya supaya sakit gigi cepat hilang. Hanya saja, pakailah yogurt tanpa kandungan gula alias yogurt tanpa rasa agar justru tidak memperparah kondisi gigi yang sudah sakit dan menimbulkan bengkak.

  1. Menggunakan Daun Peppermint

Beberapa lembar daun peppermint segar yang sudah Anda cuci bersih bisa Anda kunyah-kunyah selama 5-7 menitan menggunakan area gigi yang sakit. Atau sebagai cara alternatif, buatlah teh peppermint yang bisa digunakan untuk berkumur atau sekadar dikonsumsi rutin supaya sakit gigi cepat sembuh.

  1. Memakai Bawang Merah

Bahan lainnya yang bisa aman digunakan ibu hamil yang ingin mengobati sakit giginya adalah dengan menggunakan bawang merah. Gunakan saja bawang merah mentah ukuran kecil, ekstrak jusnya dan dengan cotton bud Anda bisa balurkan ke bagian gigi yang sakit, tunggu 10 menit sebelum Anda bersihkan dengan mengumurinya.

  1. Makan Kentang Panggang atau Rebus

Supaya gigi sakit cepat sembuh secara alami dan aman, ibu hamil bisa mengonsumsi kentang panggang atau rebus. Kentang bertekstur lembut ketika dipanggang maupun direbus sehingga mudah memakannya dan kalsium di dalamnya siap melawan sakit gigi Anda sekaligus menutrisi janin yang sedang berkembang.

  1. Mengompres Dingin

Untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi sekaligus menghilangkan sakit gigi itu sendiri, pastikan Anda coba juga kompres dengan menggunakan es batu. Es batu secukupnya Anda bungkus dulu dengan handuk bersih dan tempelkanlah pada pipi tepat di mana area gigi Anda yang sakit. Melakukannya sehari 2 kali biasanya lebih cepat menyembuhkan.

  1. Memakai Teh Hitam

Buatlah seduhan teh hitam secukupnya untuk Anda jadikan obat kumur demi kesembuhan gigi Anda apapun Penyebab sakit gigi tersebut. Setelah membuat teh hitam, kantong tehnya pun masih bisa Anda gunakan dengan menempelkannya ke gigi yang sakit selama kurang lebih 7 menit setiap hari agar sakitnya lekas hilang.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Selain bawang merah, rupanya bawang putih pun bisa Anda andalkan di mana terlebih dulu Anda perlu mengupas dan menghancurkannya lebih dulu. Gunakan kain kassa untuk membalut hasil bawang putih yang sudah dihaluskan dan gigitlah menggunakan gigi yang sakit sekitar 7 menit secara rutin.

  1. Memakai Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh bisa Anda teteskan beberapa kali pada sebuah kain kassa atau cotton bud yang kemudian bisa Anda masukkan ke dalam mulut. Letakkan pada bagian gigi yang sakit selama beberapa menit secara rutin supaya hasil kesembuhan maksimal dari perawatan ini segera diperoleh.

  1. Menggunakan Cengkeh

Beberapa buah cengkeh bisa Anda kunyah-kunyah secara teratur selama beberapa menit agar sakit pada gigi bisa cepat hilang. Anda bisa gunakan cara perawatan ini setiap hari untuk menghilangkan rasa nyeri secara berangsur di mana ketika nyeri hilang maka bengkak pun sedikit-sedikit juga ikut mereda.

  1. Memakai Air Garam

Campurkanlah ½ sendok teh baking soda dan ½ sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat yang setelahnya bisa Anda jadikan obat kumur. Berkumurlah selama 20 detik sebelum membuangnya dan ulangi proses ini sampai larutan dalam gelas benar-benar habis. Sehari pun Anda bisa lakukan perawatan metode ini beberapa kali.

  1. Menggunakan Lemon, Jahe dan Madu

Irisan jahe segar 1 sendok makan bisa dimasukkan ke dalam air panas mendidih sebanyak 500 ml, kecilkan apunya dan biarkan selama 5 menit. Setelahnya Anda boleh angkat dari kompor, tutuplah dan biarkan dingin. Tambahkan madu 1 sendok makan beserta jus lemon 1 sendok teh, campurkan rata, jadikan obat kumur rutin sampai sakit gigi hilang.

Itulah beberapa rekomendasi cara mengobati sakit gigi saat hamil paling aman dilakukan bagi kesehatan sang ibu dan janin yang amat berguna juga melawan penyebab sakit gigi kambuh. Jika sakit gigi masih terus berlanjut, perlu adanya konsultasi langsung ke dokter supaya penanganan yang diberikan lebih tepat.

You may also like