Home Tips KesehatanKesehatan Sendi 9 Cara Mengobati Leher Kaku Sakit Paling Mudah dan Efektif

9 Cara Mengobati Leher Kaku Sakit Paling Mudah dan Efektif

by Erlita

Leher yang terasa kaku dan sakit di area atas bahu sampai bagian bawah kepala menjadi masalah umum yang hampir dialami semua orang di dunia khususnya orang tua diatas umur 50 tahun. Sakit dan kaku pada leher ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari dan jarang menyebabkan gejala kronis yang jauh lebih serius.

Namun, leher yang sakit dan kaku bisa saja menyebar ke area tubuh lainnya seperti lengan dan punggung bagian atas sehingga mengganggu aktivitas dan harus segera disembuhkan. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah ini seperti salah posisi tidur, terlalu sering menunduk atau menengadahkan kepala dan juga kecelakaan. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami punya beberapa cara mengobati leher kaku sakit mudah yang bisa anda praktekkan.

  1. Fisioterapi

Fisioterapi akan membantu penderita untuk mengembalikan postur tubuh dengan beberapa latihan meluruskan leher untuk mencegah leher terasa kaku dan pegal yang dilakukan ahli terapi lengkap dengan cara mengurangi dan mencegah sakit leher tersebut terulangi kembali.

  1. Kompres Panas Lembab

Hawa panas sangat baik untuk merileksasi penyebab leher kaku dan tegang serta otot yang tegang di area leher. Selain itu, kompres lembab jauh lebih baik dibandingkan kompres kering karena hawa panas lebih mudah meresap ke dalam kulit. Anda bisa mengompres area leher dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air panas selama 20 menit yang dilakukan 3 kali sehari.

  1. Salep Analgesik Topikal

Salep analgesik topikal ini juga bisa mengurangi rasa sakit dan kaku di bagian leher. Umumnya salep analgesik ini dibuat dari bahan mentol dan beberapa bahan lainnya yang efektif untuk menenangkan otot dan kulit. Selain membeli salep analgesik di apotik, anda juga bisa membuat sendiri salep ini dengan beberapa langkah berikut.

  • Cairkan 2 sendok makan minyak kelapa dengan 1 sendok makan lilin lebah dalam panci dan panas api yang sedang.
  • Tambahkan dengan beberapa tetes minyak peppermint dan beberapa tetes minyak eukaliptus.
  • Pindahkan campuran ini pada wadah tertutup dan sesudah dingin bisa dioleskan dengan rutin pada area leher.
  1. Pijat Area Leher

Terapi pijat juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi leher kaku dan sakit serta bisa juga digunakan untuk mengatasi penyebab saraf kejepit pada leher. Untuk teknik memijat yang baik bisa dilakukan sebagai berikut.

  • Berikan tekanan lembut memakai ujung jari untuk menggosok leher dengan gerakan memutar.
  • Fokuskan gerakan pada area yang kaku untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan.
  • Ulangi gerakan naik turun pada leher tersebut selama beberapa menit sekali.
  1. Akupuntur

Akupuntur yang merupakan teknik pengobatan Cina ini juga bisa digunakan untuk meredakan leher sakit dan kaku penyebab leher tidak bisa digerakkan dengan menggunakan jarum berukuran halus pada beberapa titik. Untuk melakukan akupuntur ini, pastikan anda mengunjungi terapis akupuntur berpengalaman dan sudah memiliki izin praktek yang jelas.

  1. Terapi Gua Sha

Terapi gua sha atau lebih dikenal dengan kerokan yang dilakukan dengan sendok tumpul untuk menggosok bagian tubuh sampai merah atau lebam juga menjadi cara baik mengatasi leher kaku dan sakit. Meski terlihat cukup mengerikan, namun cara ini tidak menimbulkan rasa sakit dan bisa memberikan hasil positif untuk penderita. Untuk melakukan terapi gua sha ini sebaiknya juga dilakukan oleh terapi agar tidak salah dan menyebabkan beberapa komplikasi.

  1. Konsumsi Suplemen Magnesium

Meski belum bisa dibuktikan secara ilmiah untuk menyembuhkan leher sakit dan kaku, namun magnesium dianggap menjadi salah satu terapi relaksasi yang efektif untuk mengatasi nyeri dan sakit pada otot. Untuk dosis harian yang disarankan adalah 310 mg sampai 420 mg tergantung dari jenis kelamin dan usia penderita. Pastikan dosis yang dipakai sesuai dengan cara berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.

  1. Kompres Es Batu

Selain dengan kompres panas yang lembab, kompres dengan es batu juga bisa digunakan untuk mengatasi rasa kaku dan sakit leher bagian belakang sekaligus mengurangi penumpukan asam laktat penyebab rasa sakit tersebut.

  • Pakai kantong es batu dan letakkan pada bagian leher yang sakit seperti belakang leher.
  • Diamkan selama 15 menit dan lakukan setiap 2 jam sekali.
  • Pastikan menggunakan posisi nyaman dengan duduk dan bersandar dengan nyaman.
  1. Hidroterapi

Hidroterapi atau terapi air juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan kaku pada leher sekaligus mengatasi penyebab sakit pundak. Untuk melakukan hidroterapi ini bisa dilakukan dengan mudah yakni memakai pancuran air atau air keran yang diarahkan langsung pada bagian leher yang sakit. Lakukan selama 3 hingga 4 menit lalu istirahat selama 1 menit dan ulangi kembali selama beberapa kali.

Beberapa cara mengobati leher kaku sakit ini sebagian bisa dilakukan dengan mudah di rumah dan sebagian lagi bisa dilakukan di beberapa ahli. Semua cara ini sudah terbukti ampuh untuk mengatasi rasa sakit dan kaku yang terjadi pada leher dan beberapa area tubuh lainnya. Semoga bisa bermanfaat.

You may also like