8 Cara Mengobati Eksim Basah Dengan Cepat

480

Eksim adalah salah satu jenis masalah kulit yang ditandai dengan munculnya ruam-ruam kemerahan dan gatal pada permukaan kulit disertai dengan gelembung-gelembung kecil berisi cairan. Dalam dunia kedokteran, tidak ada istilah yang disebut eksim kering dan eksim basah.

Kedua istilah ini umumnya sering digunakan di masyarakat yang dibedakan berdasarkan kondisi atau tampilan dari eksim tersebut. Disebut sebagai eksim kering jika ditandai dengan kulit kering, gatal, dan bersisik. Sementara eksim basah ditandai dengan luka terbuka, infeksi, bernanah, dan perih. Penyebab eksim, baik kering maupun basah, bisa bermacam-macam, salah satunya adalah sensitif terhadap senyawa tertentu.

Pada artikel kali ini, penyakit eksim yang akan secara khusus dibahas adalah eksim basah, mulai dari penyebab, gejala, hingga cara mengobati eksim basah secara alami dan sudah terbukti ampuh. Penyakit kulit eksim memiliki cara pengobatan dan penanganan yang berbeda tergantung dari kondisi eksim itu sendiri. Mengobati eksim dengan cara alami, terutama eksim basah akan menimbulkan reaksi kulit perih. Hal ini karena kondisi eksim yang terbuka dan infeksi.

Penyebab Eksim Basah

Eksim basah atau nama kedokterannya dermatitis numularis umumnya banyak dialami oleh orang dewasa daripada anak-anak. Penyebab eksim basah ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu sebagai berikut.

  1. Sensitif terhadap senyawa logam tertentu, di antaranya nikel, krom, dan kobal
  2. Memiliki kondisi kulit yang kering
  3. Pernah memiliki riwayat penyakit eksim lainnya, seperti eksim atopik dan statis
  4. Tinggal di area dengan iklim dingin maupun kering
  5. Terinfeksi oleh bakteri
  6. Tidak menjaga kebersihan
  7. Daya tahan tubuh yang rendah
  8. Makanan penyebab eksim, seperti telur, kacang, dan lain-lain.

Gejala Eksim Basah

Seseorang yang terinfeksi eksim basah pada umumnya akan mengalami ciri-ciri atau gejala seperti berikut ini:

  1. Munculnya sensasi panas yang berlebihan pada kulit yang terinfeksi
  2. Munculnya sensasi gatal yang tidak tertahankan
  3. Muncul gelembung-gelembung kecil berisi cairan
  4. Gelembung-gelembung cairan tersebut melepuh
  5. Muncul ruam-ruam merah

Jika mengalami gejala-gejala di atas maka artinya Anda kemungkinan terinfeksi eksim basah. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencegah eksim menjadi semakin parah, seperti misalnya menghindari kemungkinan terkena air terlalu sering dan mandi menggunakan air hangat.

Cara Mengobati Eksim Basah

Cara mengobati eksim, terutama eksim basah dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional yang mudah ditemukan di sekitar kita.

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu obat eksim tradisional yang juga banyak digunakan untuk mengobati jenis penyakit kulit lainnya. Kunyit memiliki kandungan anti-bakteri yang dapat mengurangi peradangan yang ditimbulkan oleh eksim basah. Cara melakukannya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan parutan kunyit atau kunyit bubuk lalu dioleskan pada kulit yang mengalami eksim. Sebelum dioleskan, pastikan kulit yang mengalami eksim dan area disekitarnya dibersihkan terlebih dahulu. Setelah dioleskan, biarkan hingga mengering lalu bersihkan dengan hati-hati. Lakukan atau ulangi cara ini hingga kelihatan hasilnya.

2. Minyak Zaitun

Selain kunyit, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai cara mengobati eksim basah secara alami yang juga terbukti ampuh. Selain ampuh, minyak zaitun juga mudah diperoleh karena banyak dijual di supermarket. Cara mengobati eksim basah dengan minyak zaitun sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun secukupnya pada kulit yang mengalami eksim basah lalu biarkan selama beberapa jam. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari hingga eksim basah menunjukkan tanda-tanda kesembuhan

3. Bawang Putih

Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih ternyata juga ampuh sebagai cara mengobati eksim basah yang efektif. Bawang putih mengandung bahan alami yang dapat mengurangi peradangan atau infeksi pada eksim basah. Caranya yaitu dengan menghaluskan bawang putih lalu tempelkan pada bagian kulit yang mengalami eksim basah.

Biarkan hingga mengering lalu bersihkan secara hati-hati. Perlu diingat bahwa mengobati eksim basah dengan bawang putih akan menimbulkan sensasi panas dan perih yang bagi sebagian orang tidak tertahankan. Jika tidak tahan dengan sensasinya, sebaiknya gunakan cara lain yang lebih ringan.

4. Lidah Buaya

Cara mengobati eksim basah selanjutnya yaitu dengan lidah buaya. Sudah sejak dulu lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk untuk mengobati eksim. Cara mengobati eksim dengan lidah buaya yaitu dengan memanfaatkan gelnya. Gel lidah buaya memiliki kandungan yang berkhasiat sebagai anti-bakteri dan anti-inflasi yang juga dapat melembabkan kulit. Oleskan gel lidah buaya pada eksim basah, lalu diamkan selama beberapa jam kemudian bersihkan dengan hati-hati. Lakukan cara ini hingga kulit sembuh dari eksim basah.

5. Air Lemon/Jeruk Nipis

Air lemon/jeruk nipis dapat digunakan sebagai salah satu cara mengobati eksim basah secara alami. Kandungan vitamin C dan anti-oksidan dari buah lemon dan jeruk nipis dapat membantu menyembuhkan eksim basah di kulit. Caranya yaitu cukup dengan mengonsumsi air perasan lemon atau jeruk nipis secara rutin setiap hari.

Hasilnya akan cepat terasa, seperti rasa gatal dan perih yang diakibatkan oleh eksim akan cepat berkurang, bahkan sembuh. Tidak hanya menyembuhkan eksim, mengonsumsi jeruk nipis dan lemon secara rutin setiap hari juga dapat membuat tubuh lebih segar dan terhindar dari penyakit flu dan sejenisnya.

6. Daun Sirih

Cara mengobati eksim basah secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih memiliki kandungan alami yang dapat menyembuhkan peradangan pada kulit. Cara melakukannya yaitu dengan menumbuk halus daun sirih lalu oleskan pada kulit yang mengalami eksim basah. Biarkan hingga beberapa jam lalu cuci hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, ulangi cara yang sama 2-3 kali sehari hingga eksim basah mengering dan sembuh. Namun yang perlu diperhatikan adalah daun sirih dapat menimbulkan sensasi perih.

7. Cuka Apel

Cuka apel dapat digunakan sebagai salah satu cara mengobati eksim basah maupun eksim kering. Kandungan cuka apel diyakini sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit eksim. Cara mengatasi eksim dengan cuka apel yaitu dengan mengoleskannya pada kulit yang mengalami eksim. Namun yang perlu diperhatikan yaitu, cuka apel dapat menimbulkan sensasi perih pada eksim basah. Jika tidak tahan dengan sensasinya, sebaiknya dihentikan atau jangan lakukan sama sekali.

8. Mandi dengan Sabun Anti-Septik

Cara mengobati eksim basah yang terakhir yaitu mandi dengan menggunakan sabun anti-septik. Cara ini dianggap ampuh dan digunakan oleh banyak orang untuk membantu menyembuhkan penyakit eksim. Memang hasilnya tidak langsung terlihat, namun jika sabar maka akan kelihatan hasilnya. Sabun anti-septik dapat membunuh bakteri dan kuman yang masih menempel pada eksim sehingga dapat mengurangi peradangan atau infeksi yang disebabkannya.

Itulah tadi 8 cara mengobati eksim basah secara alami yang juga dilengkapi dengan penjelasan singkat mengenai penyebab dan gejala eksim basah. Yang perlu diperhatikan jika ingin sembuh dari penyakit eksim yaitu dengan  menghindari hal-hal yang menjadi pemicunya dan melakukan perawatan atau pengobatan secara rutin sampai kelihatan hasilnya.