Kaloba – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

164

Kaloba adalah obat di dalamnya mengandung pelargonium sidoides yang merupakan sebuah zat untuk mengatasi batuk dan juga sakit pada tenggorokan. Kaloba berbentuk sirup dimana setiap kemasannya mengandung 100 ml. Anda bisa mendapatkan obat ini di apotek karena memang sudah tersedia banyak.

Obat yang diproduksi oleh Schwabe Pharma ini meskipun berbentuk sirup namun tetap harus diperhatikan cara penggunaannya. Jika anda tidak memperhatikannya, maka bisa menyebabkan masalah terhadap anda yang mengkonsumsinya. Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan yang lebih lengkap mengenai apa saja yang berhubungan dengan Kaloba, termasuk juga seperti apa dosis dan cara penggunaannya yang sesuai dengan ketentuan medis.

Fungsi Kaloba

  1. Kaloba merupakan obat yang digunakan untuk mengobati batuk.
  2. Obat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai solusi bagi anda maupun anak anda yang mengalami sakit tenggorokan.
  3. Selain itu, dalam beberapa kasus juga ditemukan penggunaan Kaloba untuk mengatasi selesma. Selesma merupakan infeksi virus yang terjadi pada sistem pencernaan. Namun gejala ini masih terbilang lebih ringan jika dibandingkan dengan flu dan juga tidak menjadi sebab timbulnya komplikasi yang lebih parah jika dibandingkan dengan flu.

Kontraindikasi Kaloba

  • Seseorang yang pernah mengalami hipersensitivitas terhadap kandungan di dalam Kaloba dianjurkan untuk berhati-hati ketika ingin mengkonsumsi Kaloba.
  • Seseorang yang juga pernah terindikasi mengalami alergi terhadap obat pereda sakit tenggorokan dan batuk dianjurkan juga berhati-hati agar tidak sampai menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.
  • Sementara itu, bagi ibu hamil dan menyusui yang ingin meminum Kaloba, disarankan agar ia bertanya kepada dokter mengenai keamanan obat ini agar nanti tidak menyebabkan masalah pada bayinya maupu janin yang dikandungnya.
  • Adapun mengenai penggunaan Kaloba bagi pasien yang mengalami penyakit ginjal atau masalah pada jantungnya, kami juga menyarankan agar supaya anda menanyakannya kepada dokter.

Dosis Kaloba

Di bawah ini kami akan menginformasikan kepada anda mengenai seperti apa takaran dosis obat Kaloba. Dengan begitu, anda maupun anak anda yang meminum obat ini bisa benar-benar merasakan khasiatnya.

  • Dosis yang harus diberikan kepada orang dewasa maupun anak-anak yang usianya sudah di atas 12 tahun adalah 7.5 ml per hari.
  • Sementara itu, bagi anak-anak yang usianya di bawah 12 tahun, yakni antara 6 sampai 12 maka dosis yang harus diberikan adalah sebanyak 5 ml untuk 3 kali dalam sehari.
  • Ingat, dosis tersebut harus diberikan secara rutin dan dianjurkan meminumnya di jam yang sama setiap harinya. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan keefektifan dari obat tersebut.
  • Anda bisa menyajikan Kaloba bersamaan dengan makan maupun tanpa makan. Namun, jika anda ingin terhindar dari masalah lambung atau mual tanpa muntah, mungkin anda bisa menyajikannya bersamaan dengan makan.

Cara Penggunaan Kaloba

  1. Kaloba harus selalu anda gunakan sebagaimana petunjuk penggunaan yang sudah tersedia di bagian kemasan obat ini.
  2. Anda harus meminum Kaloba secara rutin dan juga dianjurkan di waktu yang sama agar supaya obat ini bisa bekerja secara efektif.
  3. Jika secara tidak sengaja anda melewatkan satu dosis, maka anda harus segera meminumnya. Namun, jika jaraknya mendekati dengan dosis selanjutnya dari obat ini maka yang harus anda minum adalah dosis selanjutnya tersebut.
  4. Ingat, anda tidak diperbolehkan menggandakan dosis atau memberikan dosis melebihi dari takaran yang sudah ditentukan.
  5. Jika selama meminum Kaloba anda mengalami sakit kepala maupun kondisi lain yang berupa reaksi alergi, maka hentikan penggunaan obat ini dan hubungi dokter jika kondisi belum membaik.