11 Obat Tradisional Eksim Yang Aman dan Ampuh

1214

Eksim adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang kulit. Bisa dikatakan, eksim merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses inflamasi atau peradangan pada kulit bagian luar. Penyakit eksim biasanya ditandai dengan kulit yang berwarna kemerahan, gatal-gatal, muncul benjolan-benjolan kecil dan vesikel (gelembung yang berair), pengerasan pada kulit, penebalan, dan juga perubahan warna (pigmentasi).

(Baca juga: macam-macam penyakit kuliteksim atopik)

Eksim bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Eksim bisa dikatakan merupakan salah satu reaksi alergi pada kulit, bisa karena alergi terhadap bahan kimia tertentu, paparan sinar matahari, alergi terhadap akanan tertentu, dan lain sebagainya. Eksim bisa aja semakin parah ketika kulit mengalami kontak dengan obyek tertentu seperti deterjen, debu, parfum, udara dingin, dan juga kelembaban udara yang rendah. Kondisi psikologis seperti stres juga bisa memperburuk penyakit ini.

(Baca juga: penyebab eksim)

Untuk mengobati eksim sebenarnya bisa dikatakan susah-susah gampang. Kita bisa menemukan berbagai macam obat penyakit eksim di apotek. Sayangnya berbagai jenis obat yang kita temukan di apotek tersebut sangat berpotensi menyebabkan efek samping, terutama bagi seseorang yang memiliki jenis kulit sensitif. Lalu apakah eksim hanya bisa disembuhkan menggunakan obat-obatan dari apotek saja? Tentu saja tidak. Anda bisa mengobati penyakit eksim menggunakan berbagai macam bahan tradisional atau alami. Selain mudah didapat, berbagai macam bahan alami tersebut juga cenderung tidak menyebabkan efek samping. Berikut ini beberapa jenis bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengobati penyakit eksim.

1. Belerang dan Bengkoang

Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit eksim adalah kombinasi antara belerang dan juga bengkoang. Belerang merupakan bahan alami yang sejak dulu telah dipercaya mampu mengatasi berbagai macam permasalahan pada kulit luar. Sementara itu, bengkoang merupakan bahan alami yang mengandung berbagai macam jenis vitamin dan mineral yang baik untuk menutrisi kulit. Untuk mengobati penyakit eksim anda hanya perlu menyiapkan 3 sendok makan belerang yang sudah dihaluskan, 4 sendok makan bengkoang yang telah dihaluskan, dan juga 2 sendok makan minyak kelapa. Ketiga bahan tersebut dicampurkan kemudian dioleskan pada kulit yang terkena eksim. Lakukan metode tersebut dua kali sehari setiap pagi dan sore hari.

2. Kunyit dan Asam Jawa

Bahan tradisional selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati eksim adalah campuran antara kunyit dan juga asam jawa. Baik kunyit maupun asam jawa mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menyehatkan kulit. Selain itu, kedua bahan alami tersebut juga efektif untuk mengatasi berbagai macam masalah pada kulit. Untuk mengobati eksim yang perlu anda siapkan adalah dua rimpang kunyit dan juga satu buah asam jawa. Keduanya ditumbuk hingga halus, dicampur kemudian dioleskan pada kulit yang terkena eksim. Lakukan metode tersebut secara rutin dua kali sehari setiap pagi dan sore. Selain mengobati penyakit eksim, ramuan kunyit dan asam jawa juga berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit lainnya seperti jerawat, kulit kusam, dan juga kulit kering.

3. Biji Mahoni

Bahan alami selanjutnya yang berkhasiat untuk mengobati eksim adalah biji mahoni. Untuk mengobati eksim, bahan yang perlu anda siapkan adalah setengah sendok makan biji mahoni yang telah dihaluskan. Larutkan serbuk biji mahoni tersebut dengan air hangat. Untuk mengurangi rasa pahit dari biji mahoni tersebut anda bisa menambahkan madu sehingga rasanya akan lebih manis. Selain mengatasi penyakit eksim, mengkonsumsi biji mahoni ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit darah tinggi, mengatasi sembelit, mencegah penyakit diabetes, mencegah alzeimer, mencegah nyeri saat haid, menambah nafsu makan, mengatasi demam, dan juga mengatasi penyakit rematik.

(Baca juga: cara meningkatkan nafsu makancara mengatasi nyeri haid)

4. Daun Sambiloto dan Temulawak

Daun sambiloto dan juga temulawak adalah bahan tradisional selanjutnya yang berguna untuk mengobati eksim. Yang perlu anda siapkan adalah 5 rimpang temulawak dan satu genggam daun sambiloto. Kedua bahan tersebut kemudian direbus menggunakan 2 gelas air. Rebus kedua bahan tersebut hingga yang tersisa hanya 1 gelas air saja. Minum ramuan tersebut secara rutin setiap hari selama 5 hari berturut-turut.Selain mengatasi penyakit eksim, daun sambiloto juga berkhasiat untuk mengatasi masalah pada kelenjar tiroid, mengatasi diare, disentri, gangguan pada saluran pernafasan, mengatasi demam, sakit kepala, dan juga mengobati darah tinggi.

(baca juga: efek samping sambiloto)

5. Wortel dan Kapur Sirih

Wortel dan juga kapur sirih juga berkhasiat untuk mengobati penyakit eksim. Untuk mengobati eksim, yang perlu anda siapkan adalah satu buah wortel dan juga satu sendok makan air kapur sirih. Parutlah wortel kemudian ambil sarinya. Campurkan sari wortel tersebut dengan air kapur sirih kemudian balurkan ramuan tersebut pada kulit yang terkena eksim. Lakukan metode tersebut secara rutin dua kali setiap pagi dan sore hari. Agar lebih nyaman, anda bisa membalut kulit yang terkena eksim tersebut menggunakan perban.

6. Daun Kecubung

Untuk mengatasi penyakit eksim menggunakan daun kecubung yang perlu anda siapkan adalah 3 lembar daun kecubung. Daun kecubung tersebut kemudian dihaluskan hingga lumat kemudian dicampurkan dengan satu sendok makan minyak kelapa. Kedua bahan tersebut kemudian dipanaskan, lalu dioleskan pada kulit yang terkena eksim selagi ramuan tersebut masih hangat. Selain mengatasi masalah eksim pada kulit, ramuan tersebut juga efektif untuk mengatasi penyakit kulit lainnya yakni bisul. Selain mengobati penyakit eksim, daun kecubung juga berkhasiat untuk mengatasi sakit pinggang, sakit encok, asma, dan juga penyakit rematik. Untuk mengobati berbagai jenis penyakit tersebut anda bisa memanfaatkan daun kecubung sebagai obat luar.

7. Daun Meniran

Untuk mengobati eksim menggunakan daun meniran yang perlu anda siapkan adalah 1 sendok makan daun meniran, 1 rimpang temulawak yang sudah dirajang, dan juga 15 lembar daun remujung. Ketiga bahan tersebut kemudian dicuci bersih dan direbus menggunakan 4 gelas air hingga hanya tersisa 2 gelas air saja. Setelah dingin minum air rebusan tersebut secara rutin setiap pagi dan sore. Untuk mengurangi rasa pahit dari ramuan tersebut anda bisa menambahkan madu atau gula batu.

8. Daun Ketepeng

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit eksim adalah daun ketepeng. Untuk mengobati eksim menggunakan daun ketepeng anda hanya perlu menyiapkan satu genggam daun ketepeng, ditambah dengan daun asam jawa dan satu rimpang kunyit. Ketiga bahan tersebut kemudian ditumbuk hingga benar-benar halus. Setelah itu, ramuan tersebut dioleskan pada kulit yang terkena eksim. Lakukan metode tersebut dua kali sehari secara rutin setiap pagi dan juga sore hari.

9. Daun Bayam

Siapa yang tidak mengenal bayam. Sayuran hijau satu ini sangat kaya akan kandungan zat besi dan sering dikonsumsi bersama dengan nasi. Siapa sangka sayuran hijau yang satu ini ternyata juga bisa anda manfaatkan untuk mengobati penyakit eksim. Untuk mengobati eksim menggunakan bayam yang perlu anda siapkan adalah satu genggam bayam kemudian cuci bersih bayam tersebut. Rebus menggunakan dua gelas air bersih selama 30 menit kemudian diamkan air rebusan bayam tersebut hingga hangat. Setelah hangat gunakan air tersebut untuk mengompres kulit yang terkena eksim.

10. Biji Bungur

Bungur merupakan salah satu jenis tanaman perdu. Selain bijinya yang bisa digunakan untuk obat tradisional, tanaman bungur juga sering digunakan sebagai tanaman hias karena memiliki bunga yang indah. Untuk mengobati eksim menggunakan biji bungur anda hanya perlu menyiapkan setengah genggam biji bungur kemudian biji bungur tersebut disangarai. Baru setelah itu biji bungur ditumbuk hingga halus bersama dengan 1 rimpang kunyit dan 3 lembar daun ketepeng. Tambahkan 2 sendok makan minyak kelapa kemudian balurkan ramuan tradisional tersebut pada kulit yang terkena eksim.

11. Kangkung

Selain bayam, kangkung merupakan sayuran hijau yang bisa digunakan untuk mengobati eksim. Sama seperti bayam, untuk menggunakan kangkung sebagai obat tradisional eksim anda hanya perlu merebus kangkung selama 15 menit. Air rebusan kangkung tersebut selanjutnya didiamkan hingga hangat kemudian gunakan air tersebut untuk mengompres kulit yang terkena eksim.

(Baca juga: khasiat dan kandungan kangkung)

Itulah beberapa jenis bahan tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengobati eksim. Namun jika penyakit eksim yang anda derita justru semakin parah atau mengalami iritasi sebaiknya segera hentikan pengobatan sebelum semakin parah.