Sponsors Link

Sinusitis

advertisement

Sinusitis menjadi salah satu penyakit umum dan banyak menyerang semua orang di dunia. Laki-laki dan perempuan bisa terkena penyakit sinusitis. Penyakit ini muncul karena rongga hidung mengalami peradangan dan pembengkakan yang menyebabkan banyak cairan yang menumpuk pada area ini. Penyakit ini bisa terjadi dalam waktu lama sekitar tujuh minggu dan membuat penderita merasa tidak nyaman.

sinusitisSinusitis membuat banyak lendir yang akan keluar dari hidung. Kondisi inilah yang menyebabkan daerah di sekitar hidung, mata dan wajah mengalami peradangan dan pembengkakan. Penyakit ini juga sering menyebabkan penderitanya mengalami sakit kepala pada bagian wajah, mata dan dahi. Penyebab sinusitis terdiri dari beberapa faktor yaitu infeksi yang terjadi pada rongga hidung, munculnya polip pada hidung dan bentuk tulang lunak yang kurang sempurna pada hidung.

Gejala

Sinusitis biasanya tidak sering disadari karena gejalanya memang mirip seperti gangguan influenza. Bahkan beberapa orang menyadari sinusitis sebagai salah satu reaksi alergi terhadap suhu dingin dan debu. Berikut ini adalah beberapa macam gejala sinusitis yang perlu diperhatikan :

  • Muncul cairan lendir berwarna kuning atau kehijauan yang muncul dari hidung dan bagian belakang tenggorokan.
  • Hidung tidak merasa lega untuk bernafas karena banyak sumbatan cairan pada area sekitar hidung.
  • Rasa sakit dan nyeri pada bagian mata, hidung, dahi dan pipi.
  • Gangguan indra penciuman karena hidung tersumbat oleh cairan.
  • Sakit pada bagian telinga dan bisa hilang sendiri tanpa perawatan.
  • Sakit pada bagian rahang gigi disertai rasa sakit pada tenggorokan.
  • Tubuh menjadi mudah lelah dan tidak semangat untuk beraktifitas.
  • Rasa mual dan lelah yang berkepanjangan.
  • Bau nafas yang lebih menyengat dan kurang nyaman pada mulut.

Tanda Infeksi Lanjut Sinusitis

Sinutis bisa menjadi lebih parah bila tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Selain itu, infeksi yang muncul pada bagian rongga hidung bisa menyebabkan kondisi yang lebih berbahaya. Tanda infeksi lanjut adalah sebagai berikut :

  • Rasa sakit yang parah pada bagian mata disertai bengkak dan kemerahan pada sekitar mata.
  • Sakit kepala pada bagian dahi dan menyebabkan dahi menjadi bengkak atau peradangan.
  • Masalah pada mata seperti penglihatan kabur dan penglihatan objek tampak ganda.
  • Kesulitan bernafas sehingga menjadi penyebab dada sesak nafas
  • Rasa sakit kepala dan leher yang lebih kaku

Penyebab

Pada dasarnya sinusitis memang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Sinusitis yang terjadi pada anak-anak dan orang dewasa juga memiliki penyebab yang sama. Berikut ini adalah beberapa macam penyebab sinusitis secara umum.

1. Polip – Polip bisa muncul karena ada pertumbuhan jaringan pada bagian hidung dan rongga sinus. Penyakit ini harus mendapatkan perawatan yang lebih serius untuk mengatasi masalah yang lebih parah.

2. AlergiAlergi bisa terjadi karena menyebabkan tumbuhnya kuman, bakteri atau jamur pemicu sinusitis.

3. Tulang hidung bengkok – Tulang hidung yang bengkok dapat menyebabkan reaksi yang serius karena tidak ada aliran cairan pada salah satu sisi hidung.

4. Kecelakaan – Berbagai jenis kasus yang kecelakaan dan trauma yang menyebabkan kerusakan struktur pada hidung dan wajah bisa menyebabkan sinusitis.

5. Penyakit saluran pernafasan – Beberapa jenis penyakit saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus seperti flu yang berkepanjangan juga bisa menjadi sinusitis.

Bahaya

Sinusitis memang penyakit yang sangat umum dan bisa terjadi pada siapa saja. Namun pada kondisi jika penyakit ini tidak dirawat dengan benar maka bisa menyebabkan bahaya yang sangat serius. Berikut ini adalah beberapa bahaya sinusitis :

1. Asma

Sinusitis yang parah bisa menyebabkan penyakit asma. Penyakit ini muncul karena gangguan saluran cairan pada rongga hidung menyebabkan penderita sulit untuk bernafas. Selain itu, infeksi dari bakteri dan kuman yang terus menumpuk pada cairan juga bisa menyebabkan masalah pada rongga pernafasan atas. Asma yang terjadi pada penderita sinusitis bisa mengancam nyawa.

2. Meningitis

Infeksi yang terjadi pada cairan yang terus menumpuk pada rongga hidung juga bisa menyebabkan peradangan pada selaput otak dan sum-sum tulang belakang. Bakteri dan virus pada rongga hidung bisa menyebabkan infeksi serius pada selaput radang otak. Akibatnya penderita akan mengalami kepala sering pusing yang sangat hebat. Kondisi ini juga bisa mengancam nyawa.

3. Stroke

Infeksi yang terjadi pada bagian rongga hidung ternyata juga bisa menyebabkan stroke. Hal ini terjadi ketika infeksi bakteri maupun virus sudah menyebar ke pembuluh darah. Pembuluh darah di daerah sinus memang sangat rentan terhadap bakteri. Jika infeksi terus berlanjut maka bisa menyebabkan sistem kerja pembuluh darah tidak dapat bekerja dan tidak ada darah yang mengalir ke otak.

Kondisi ini bisa menyebabkan stroke ringan hingga berat. Bahkan pada kondisi yang lebih parah juga bisa menyebabkan aneurisma, yaitu gangguan pada pembuluh darah.

4. Gangguan Penglihatan

Infeksi bakteri yang terjadi pada bagian rongga hidung juga bisa menjalar ke bagian mata. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gangguan penglihatan pada mata. Kondisi ini juga mendapatkan perawatan yang serius sehingga mencegah infeksi yang lebih parah lagi.

Pencegahan

Penyakit sinusitis sebenarnya bisa dicegah sebelum terjadi. Bahkan pada gejala awal penyakit ini juga masih bisa diobati hingga tuntas. Dibawah ini adalah beberapa usaha yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi yang lebih parah :

1. Selalu memperhatikan kondisi kebersihan pribadi dan lingkungan. Jika melakukan kontak dengan penderita flu maka sebaiknya lebih menjaga kebersihan. Cuci tangan secara menyeluruh saat akan makan atau minum.

2. Jika anda memiliki alergi terhadap debu, bulu, makanan, minuman dan suhu dingin maka penting untuk melakukan perawatan alergi secara serius.

3. Selalu tinggal dalam lingkungan udara yang bersih. Jauhi lingkungan yang banyak mengandung bahaya asap rokok maupun kontaminasi debu yang parah.

4. Jika tinggal dalam lingkungan rumah yang kering maka pakailah alat pengatur kelembaban agar tidak terlalu kotor.

5. Terapkan gaya hidup sehat seperti konsumsi makanan dan minuman yang memenuhi kebutuhan nutrisi dan jaga waktu tidur selalu teratur. Usaha ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena infeksi bakteri maupun virus.

Langkah Penting saat Terkena Sinusitis

Sinusitis memang tidak muncul setiap waktu, namun ketika penderita bertemu dengan faktor pemicu maka bisa menyebabkan reaksi sinusitis. Berikut ini adalah beberapa tips penting yang bisa dilakukan saat sinusitis kambuh atau berulang :

1. Istirahat teratur – Jika sedang kambuh maka berhentilah dari semua aktivitas. Lebih baik jika tidur dan membuat badan menerima istirahat yang cukup.

2. Konsumsi banyak air mineral dan jus buah – Air mineral bisa membantu mengatasi penyumbatan sehingga lendir akan keluar dari hidung dan tenggorokan. Sementara jus buah penting untuk menambah sistem kekebalan tubuh dan bisa melawan bakteri maupun infeksi penyakit.

3. Kompres wajah dengan handuk hangat – Kompres bisa mengatasi kesulitan bernafas dan meredakan rasa sakit pada bagian wajah dan rongga hidung.

4. Bantuan Pernafasan – Bantulah pernafasan dengan menghirup uap air hangat yang dicampur dengan jahe, kayu manis maupun minyak esensial.

5. Posisi Tidur – Saat tidur maka gunakan bantal dengan posisi yang lebih tinggi untuk mengatasi lendir yang menumpuk pada rongga hidung.

6. Konsumsi makanan hangat – Makanan hangat seperti sup yang mengandung banyak rempah-rempah juga akan membantu mempercepat pemulihan.

 

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!