Home Penyakit dan KelainanKolesterol Tinggi Pundak Pegal Kolesterol Ternyata Sangat Berbahaya !

Pundak Pegal Kolesterol Ternyata Sangat Berbahaya !

by Henny Anugerah

Kolesterol brmanfaat untuk mempermudah penyerapan kalsium, Memperkuat membran sel, Melancarkan metabolisme tubuh  dan lain lain, Namun ketika kadar kolesterol terlalu tinggi didalam tubuh atau darah justru dapat merusak metabolisme tubuh dan mengahancurkan sistem saraf yang dapat memicu munculnya gejala stroke ringan dan berat.

Penyebab

1.Genetik

Mudahnya kadar kolesterol naik bisa disebabkan karena faktor genetik atau familiar hypercholesterolaemia yang diwariskan turun temurun  pada generasi berikutnya.

2.Makanan

Kebiasaan dan gaya hidup yang menyukai makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol lebih cepat misalnya mengkonsumsi  hasil laut seperti kepiting, Udang klobster atau kerang  dan juga pada makanan jenis jeroan misalnya usus, Babat, Kulit, Hati, Ampela, Jantung dan sebagainya.

3.Kegemukan

Kegemukan yang menjurus pada gejala obesitas dapat menjadi penyebab penumpukan lemak yang mengandung kolesterol mengendap dan menumpuk didalam lapisan kulit sehingga mengganggu metabolisme tubuh  dan menghambat kelancaran pembuluh darah diseluruh tubuh. Kondisi ini menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah menjadi mudah terbentuk dan bisa memicu munculnya keluhan pundak pegal kolesterol.

4.Gangguan kelenjar tiroid

Gangguan kelenjar di leher berupa peradangan akibat serangan bakteri atau akibat trauma kecelakaan dapat menyebabkan fungsi tiroid menjadi berkurang bahkan tidak berfungsi sama sekali, sehingga kadar kolesterol dalam tubuh meningkat tajam,  Keadaan ini dapat mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah yang berujung pada kasus pundak pegal kolesterol.

5.Merokok

Bahya tar pada rokok bukan hanya berbahaya bagi kesehatan paru paru dan rusaknya sistem pernafasan saja tetapi bisa pula meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Masuknya zat zat berbahaya pada rokok akan berubah menjadi racun sehingga memblokir dan mempersempit pembuluh darah yang pada akhirnya menyebabkan penumpukan kolesterol menjadi mudah terbentuk sehingga munculnya kasus pundak pegal kolesterol tidak bisa dihindari.

6.Tidak berolahraga

Olahraga dapat melancarkan aliran darah seluruh tubuh, Memperkuat metabolisme tubuh dan mencegah terjadinya penumpukan lemak kolesterol dalam darah. Olahraga dapat membakar lemak lebih cepat termasuk lemak kolesterol yang dikeluarkan secara sistematik melalui lubang pori pori (keringat) dan air seni.

7. Kebiasaan begadang

Akibat begadang malam terus menerus bagi kesehatan bukan hanya akan mempersempit pembuluh darah tetapi mengurangi pasokan sel darah merah didalam semua jaringan tubuh. Kondisi ini justru mempermudah naiknya kadar kolesterol dalam darah, Keadaan ini sangat erat kaitannya dengan kebiasaan ngemil makanan yang manis berlemak saat begadang sedangkan tubuh dalam kondisi relaks atau santai sehingga apapun yang disantap tidak akan cepat dihancurkan tubuh melalui pengeluaran energi, Sehingga mudah menyebabkan penumpukan lemak kolesterol dalam darah yang memicu munculnya masalah pundak pegal kolesterol.

Cara Mengatasi

  • Makanan berlemak – Hindari apapun makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi atau  kolesterol misalnya jenis jeroan, Kuning telur, Makanan hasil laut misalnya kepiting dan lain lain.
  • Makanan mentah atau setengah matang – Hindari makanan mentah atau setengah matang yang bukan hanya mengandung partikel berbahaya hasil dari radikal bebas melalui udara tetapi mengandung kolesterol tinggi.
  • Buah buahan – Rajinlah untuk selalu mengkonsumsi  buah buahan yang kaya serat dan vitamin C agar penumpukan kolesterol dalam tubuh tidak mudah terjadi. Misalnya jeruk, Alpukat, Pir, Strawberry dan lain lain yang bisa langsung disantap atau dibuat menjadi jus.
  • Sayuran – Sayuran yang kaya zat besi dan serat baik bagi kesehatan pencernaan dan meningkatkan sel darah merah dan mencegah pembentukan kolesterol didalam darah.
  • Makanan rendah kalori – Mengkonsumsi makanan padat yang rendah kalori sangat baik untuk mensukseskan penurunan kadar kolesterol dalam tubuh, Misalnya oatmeal, Beras merah, Jamur  atau kentang rebus.
  • Olahraga – Membiasakan diri untuk berolahraga ringan setidaknya 30 menit saja tetapi dilakukan secara teratur, Cara ini lebih efektif mencegah naiknya kadar kolesterol dalam tubuh ketimbang harus berolahraga dalam tempon waktu yang lama tetapi tidak teratur.
  • Istirahat cukup – Hindarilah begadang jika tidak benar benar perlu guna untuk menjaga agar aliran darah tetap lancar dan  sel sel darah merah tetap dalam kondisi terbaiknya sehingga masalah  pundak pegal kolesterol tidak perlu terjadi.
  • Minum air putih – Membiasakan diri untuk disiplin minum air putih secara berkala agat tidak terserang dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh menyebabkan pembakaran lemak terganggu, Penyempitan pembuluh darah dan mudahnya terjadi kegemukan.
  • Minuman berkarbonasi – Apapun bentuk minuman yang mengandung soda jika dikonsumsi terus menerus atauy berlebihan terbukti menyebabkan mudahnya kadar kolesterol naik, Karena gula dan kalori  didalam minuman berkarbonasi sangatlah tinggi .
  • Bumbu masakan – Memanfaatkan bumbu masakan untuk menurunkan kadar kolesterol misalnya mengkonsumsi bawang putih yang sebelumnya sudah dikukus setengah sampai 1 siung ukuran sedang setiap hari secara rutin, Kayu manis dilarutkan pada satu gelas air hangat matang dan tambahkan madu murni secukupnya dan perasan jeruk nipis atau mengkonsumsi minuman kunyit asam yang ditambahkan madu 2 kali sehari secara rutin atau sebagai minuman sehat harian.

You may also like