3 Akibat Kelebihan Kolesterol, Penyakit Paling Mematikan

Pada dasarnya tubuh kita secara alami mampu memproduksi kolesterol. Tepatnya adalah bagian organ hati yang sanggup menghasilkan 2/3 subtansi menyerupai lilin berwarna putih ini. Sementara produksi kolesterol dihasil dari 1/3 oleh makanan. Seperti kita ketahui, bahwa kolesterol memiliki fungsi yang baik untuk tubuh manusia. Diantaranya adalah mensintesis dan lemak dalam tubuh, biasanya yang ditimbulkan dari kelebihan makanan yang mengandung protein super tinggi. Kolesterol juga menghasilkan hormon steroid yang sangat menunjang kinerja organ tubuh manusia. Dan fungsi lainnya dari kolesterol sangat baik untuk tubuh.

Namun demikian, justru kelebihan kolesterol akan mengundang berbagai penyakit mematikan yang siap merenggut nyawa manusia. Nah, dalam artikel berikut akan mengulas tentang 3 akibat kelebihan kolesterol, penyakit paling mematikan. Oleh karenanya disarankan agar anda menjaga pola makan dan gaya hidup sehat untuk awet muda bebas dari penyakit agar kolesterol dalam tubuh anda tidak meningkat. Jika tidak, maka anda harus berhadapan dengan penyakit mematikan berikut.

  1. Aterosklerosis

Akibat kelebihan kolesterol yang pertama adalah penyakit Aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan penyakit yang disebabkan karena daerah arteri mengalami penyumbatan atau penyempitan. Sehingga proses sirkulasi darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh manusia mengalami gangguan. Bahkan, dalam beberapa kasus sirkulasi darah berhenti secara total. Jika hal tersebut benar terjadi, maka akan memicu resiko penyakit jantung dan stroke.

Aterosklerosis merupakan penyakit yang sangat progresif dan bisa menyerang pada anak-anak. Penyebab utamanya adalah kerusakan pada daerah arteri. Selain kolesterol tinggi, penyakit Aterosklerosis ini dapat ditimbulkan dari kadar trigliserida yang tinggi, merokok, diabetes, darah tinggi, radang sendi serta pola makan dan pola hidup yang buruk menjadi faktor utama penyebab penyakit Aterosklerosis ini.

  1. Serangan Jantung

Serangan jantung adalah suatu kondisi yang muncul akibat dari aliran darah ke organ tubuh tersumbat. Penyumbatan arteri tersebut terjadi karena ada plak yang menumpuk membentuk lemak, kolesterol, dan zat-zat lainnya.

Kuantitas penderita serangan jantung di seluruh dunia mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Oleh karenanya anda harus mewaspadainya dengan cara mengetahui penyebabnya dan segera menghindarinya. Selain kelebihan kolesterol, penyebab serangan jantung adalah penyebab penyakit aterosklerosis atau pemyempetian arteri karena plak yang menumpuk, kejang arteri yang timbul karena aliran darah ke otot jantung, tertutup, tekanan darah tinggi, faktor usia, faktor keturunan atau riwayat penyakit yang diwariskan dari ketkejang arteri keturunan, kurang olah raga, diabetes, obesitas, stress, bahaya merokok, serta penggunaan jenis-jenis natkorika.

  1. Stroke

Stroke merupakan kondisi dimana suplai darah menuju ke otak mengalami hambatan atau sangat minim sekali. Hali itu bisa diartikan bahwa asupan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak terkendala. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan sel-sel otak mati. Jika anda mengalami penyakit ini anda harus segera mendapatkan perawatan medis. Hal ini akan membuat kerusakan yang terjadi di otak terkurangi, serta mencegah adanya berbagai resiko komplikasi yang bisa jadi akan terjadi. Jika tidak, maka anda akan mengalami kelumpuhan permanen bahkan lebih parahnya otak anda tidak akan bisa bekerja dan anda akan mengalami komplikasi penyakit berbahaya. Dalam banyak kasus penderita penyakit ini mengalami komplikasi karena terlambat penanganannya.

Faktor selain akibat kelebahan kolesterol yang dapat menyebabkan resiko penyakit stroke adalah gaya hidup yang mengakibatkan obesitas, kurang olahrga, hipertensi, perokok aktif, diabetes, abnea tidur obstructive, kadiovaskular, infeksi jantung dan berbagai bahan makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

, , ,