Home Penyakit dan KelainanSinusitis Mengalami Gejala Ini ? Hati hati Sinusitis Mengintai Anda

Mengalami Gejala Ini ? Hati hati Sinusitis Mengintai Anda

by Nila

Sinusitis adalah penyakit yang mudah menular dan terjadi pada daerah Sinus, dimana yang dimaksud dengan Sinus adalah rongga udara yang letaknya pada area wajah erat hubungannya dengan hidung. Adapun fungsi utama dari rongga Sinus adalah untuk menjaga kelembaban daerah hidung terhadap proses pertukaran udara yang masuk ke area hidung.

Peradangan akut terhadap Sinus akan menyebabkan munculnya kondisi kronis yang rentan menjadi Penyakit Sinusitis. Dimana awal si penderita menunjukkan gejala Penyakit Sinusitis adalah secara tidak langsung namun harus segera dilakukan penanganan yang sesuai agar penyakit ini tidak bertambah parah.

Gejala awal penyakit ini jika dibiarkan begitu saja maka akan menjadi kronis yang menyebabkan rongga di area hidung mengalami peradangan dan bengkak. Nah apabila sudah positif mengalami kronis maka penyakit ini akan berlangsung lama yaitu sekitar delapan minggu.

Apakah jenis – jenis dari Penyakit Sinusitis ?

  1. Penyakit Sinusitis berulang – ulang, memiliki tenggang waktu bisa mencapai 1 tahun bahkan lebih.
  2. Sinusitis Kronis adalah sebuah kondisi buruk dengan ditandai munculnya gejala radang Sinus yang berlangsung antara 8 Minggu atau lebih.
  3. Sinusitis Sub Akut merupakan sebuah peradangan yang berlangsung antara 4 hingga 8 Minggu.
  4. Sinusitis Akut adalah sebuah kondisi mendadak yang menunjukkan gejala awal adalah pilek, hidung tersumbat dan nyeri wajah yang semakin parah hingga setelah 10 hingga 14 hari. Sinusitis Akut pada umumnya berlangsung antara 4 Minggu atau kurang.

Bagaimana gejala yang diperlihatkan ?

1/Hidung mulai menunjukkan gejala tersumbat, disertai dengan ingus kental dan kadang – kadang bau tak sedap. Jika kondisi sudah kronis maka terjadi penurunan daya cium pada hidung. Suhu tubuh meningkat drastis dan si penderita mulai mengeluh rasa sakit kepala.

2/Gejala kedua adalah nyeri kepala semakin hebat apalagi jika sedang bergerak. Letak nyeri tidak hanya di area kepala saja juga kemungkinan besar akan terjadi kondisi ‘Sinusitis Maksilaris’ contohnya adalah nyeri yang dirasakan pada bawah kelopak mata, depan telinga, maupun gigi.

3/Gejala ‘Sinusitis Frontalis’ yang memunculkan rasa nyeri di dahi dan menular hingga seluruh kepala.

4/Gejala keempat adalah ‘Sinusitis Etomoidalis’ menyebabkan munculnya rasa nyeri pada pangkal hidung, belakang mata dan pelipis.

5/Gejala  terakhir adalah rasa nyeri teramat sangat pada area belakang mata dan dekat telinga yang dikenal dengan istilah medis yaitu ‘Sinusitis Fenoidalis’.

Apakah penyebab anda terkena Penyakit Sinusitis kronis ?

  1. Adanya kelainan terhadap ‘sekresi’ lendir.
  2. Kekebalan tubuh mulai melemah.
  3. Munculnya peradangan akut dan menahun di saluran hidung.
  4. Infeksi Jamur Aspergillus adalah salah satu jenis jamur ganas penyebab anda terkena Penyakit Sinusitis.
  5. Adanya pengaruh infeksi bakteri yang mudah berkembangbiak pada Sinus.
  6. Infeksi dari virus yang mulai menyerang saluran pernafasan pada bagian atas.

You may also like