12 Tanda-tanda Sinusitis Akan Sembuh Perlu Anda Kenali

2352

Sinusitis dikenal sebagai sebuah kondisi di mana infeksi menyerang bagian rongga sinus yang menjadi penyebab timbulnya keluhan hidung berair yang cukup sering dan banyak. Pada kondisi sinusitis, lendir dari hidung berair biasanya lebih kental teksturnya ketimbang lendir di saat pilek dan bahkan warna lendirnya berpotensi berubah.

Berbagai pengobatan alami dan tradisional bisa dicoba dilakukan untuk menyembuhkan sinusitis, dan bahkan penderitanya ada pula yang sampai harus ke dokter. Lalu, bagaimana kita tahu bahwa sinusitis yang diderita sudah akan sembuh? Berikut ini adalah tanda-tanda sinusitis akan sembuh yang perlu Anda kenali supaya dapat menuntaskan perawatan hingga benar-benar pulih.

  1. Hidung Lega

Sinusitis bukan hanya menyebabkan hidung berair, melainkan juga menjadi pemicu hidung tersumbat karena banyaknya lendir yang kental di dalam hidung. Namun ketika sudah akan sembuh, maka hidung akan terasa lega dan ringan. Biasanya tanda ini bisa dirasakan bila secara rutin menggunakan terapi air hangat atau uap air panas untuk melegakan hidung.

  1. Tenggorokan Lega

Tenggorokan biasanya akan ikut terasa sakit sewaktu sinusitis menyerang. Ketika tenggorokan sudah lega dan tak sakit lagi, maka hal ini tentunya merupakan pertanda baik di mana sinusitis sudah akan sembuh. Apabila salah satu gejala sinusitis yang dialami adalah sakit tenggorokan, maka saat tenggorokan tak sakit lagi, kondisi sinusitis artinya telah membaik.

  1. Lendir Keluar Sendiri dari Hidung

Tanda lain bahwa sinusitis akan sembuh adalah ketika lendir dapat keluar sendiri dari hidung. Lendir yang tadinya terasa penuh dan menumpuk di dalam hidung mampu menyebabkan hidung berair atau malah tersumbat. Tapi ketika sudah akan sembuh, lendir pun bisa keluar dengan sendirinya.

  1. Tak Lagi Pilek

Walau terdapat perbedaan sinusitis dan flu atau pilek, gejala antara kedua kondisi hampir sama di mana salah satu gejala dari sinusitis adalah flu/pilek berkepanjangan, yakni bisa sampai 5 hari. Saat pilek atau flu sudah tidak lagi Anda alami, itu artinya sinusitis sudah berada pada kondisi yang membaik.

  1. Demam Turun

Gejala sinusitis biasanya dikeluhkan adalah demam tinggi di mana hal ini terjadi karena adanya infeksi. Namun di saat sinusitis membaik dan pemulihan terjadi dengan baik, hal ini ditandai dengan demam yang mulai turun. Bila demam turun, itu artinya suhu tubuh pun sudah normal kembali.

  1. Wajah Tak Lagi Nyeri

Wajah akan terasa nyeri sebagai salah satu tanda bahwa seseorang terserang sinusitis. Saluran sel saraf pada bagian wajah dapat membengkak karena infeksi sehingga tentunya menyebabkan rasa sakit, khususnya pada kening, area mata, pangkal hidung, area telinga dan pipi. Saat sinusitis membaik, maka rasa sakitnya pun akan berkurang dan hilang.

  1. Tak Lagi Nyeri pada Area yang Sakit saat Ditekan

Pada bagian wajah yang nyeri tadi sebagai tanda bahwa seseorang mengalami sinusitis, cobalah Anda tekan karena bila masih sakit, itu tandanya sinusitis belum sembuh. Apabila sebaliknya, rasa nyeri tak lagi terasa sewaktu Anda menekan bagian yang nyeri, sinusitis tandanya sudah akan sembuh atau malah sudah pulih.

  1. Kepala Terasa Ringan

Saat sinusitis menuju pada tahap yang lebih parah, sakit kepala secara umum dialami oleh penderita-penderitanya. Apabila sinusitis sudah membaik, maka kondisi sakit kepala pun otomatis mereda atau hilang sama sekali.

  1. Fungsi Indera Perasa dan Penciuman Kembali Normal

Sinusitis pun terkadang mampu menyebabkan penderitanya mengalami penurunan fungsi kemampuan indera penciuman serta perasanya. Maka bila fungsi dan kemampuan kedua indera tersebut telah kembali normal, sinusitis tandanya sudah akan sembuh dan berangsur membaik.

  1. Nafas Tak Lagi Kurang Sedap

Sinusitis dapat menimbulkan ketidaknyamanan berupa nafas yang tak sedap atau bau mulut dari penderitanya. Ketika nafas sudah kembali normal dan tak lagi kurang sedap, hal ini dapat menjadi pertanda bahwa sinusitis dalam keadaan yang membaik.

  1. Tak Lagi Batuk

Selain sakit tenggorokan, penderita sinusitis juga mengalami batuk-batuk di mana kondisi yang hampir persis dengan flu. Hanya saja, sewaktu tenggorokan sudah lega dan tak lagi sering batuk hal ini bisa jadi menjadi tanda yang baik. Sinusitis Anda berpotensi sudah jauh lebih baik dan akan sembuh sewaktu tak lagi batuk-batuk.

  1. Tubuh Lebih Segar dan Bugar

Fisik yang mulai kelihatan dan terasa lebih segar dan bugar juga merupakan pertanda bahwa infeksi sinus sudah mulai sembuh. Ini karena penderita sinusitis memiliki kondisi tubuh yang lemas sewaktu infeksi menyerang. Saat daya tahan tubuh penderita sinusitis telah meningkat, otomatis segala bentuk penyakit pun akan pulih secara lebih cepat, tak terkecuali pada kasus sinusitis.

Demikianlah tanda-tanda sinusitis akan sembuh perlu Anda kenali, khususnya bila hal ini barulah pertama kali terjadi pada Anda. Jangan ragu untuk menemui dokter apabila dengan penanganan mandiri sinusitis tak kunjung membaik.