Campak

Penyebab campak baru diketahui oleh sebagian orang saja, sedangkan untuk masyarakat umum penyebab campak belum diketahui. Campak merupakan penyakit yang bisa menyerang anak-anak. Anak yang beresiko terkena campak adalah anak yang saat usia 9 bulan tidak diberikan vaksin campak, kalaupun diberikan vaksin tersebut gagal dan tidak berfungsi. Sebenarnya campak bisa menjangkiti siapa saja, namun yang sering terkena penyakit campak adalah anak-anak.

Orangtua wajib waspada jika anaknya terkena campak, sebab campak ini bisa cepat menular terutama ke orang dewasa itu sendiri. Orangtua harus tahu apa saja yang menjadi gejala dari penyakit campak. Jika anak sudah mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera mencari pengobatan yang tepat untuk penyakit campak.

Pengertian Campak

Banyak orangtua yang belum tahu, apa itu penyakit camapak dan pengertiannya. Campak merupakan penyakit yang biasanya menyerang pada anak-anak. Penyakit campak ini bisa memunculkan ruam merah atau warna merah di seluruh tubuh, sehingga bisa menular. Campak bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Penyebab campak adalah virus campak. Virus ini bisa masuk ke dalam tubuh, namun gejalanya baru akan muncul setelah dua minggu virus masuk ke dalam tubuh. Campak menular dikarenakan media penularannya bisa melalui udara, bersin bahkan menular melalui percikan ludah. Perhatikan gejala-gejala campak di dalam tubuh. Berikut ini gejala campak yg harus anda waspadai :

  • Kulit terdapat bintik-bintik merah.
  • Batuk
  • Pilek dan hidung berair.
  • Mata perih
  • Secara psikologis, penderita campak mudah marah dan tersinggung.
  • Mata merah.
  • Mata sensitif terhadap cahaya.
  • Mulut dan tenggorokan terhadap bercak-bercak putih.

Penyebab Campak

Penyebab campak merupakan virus. Virus tersebut masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Yang namanya virus akan mudah sekali menyebar, melalui udara, melalu bersin dan juga bisa melalui ludah. Jangan mau bergantian gelas dan piring dengan penderita campak. Virus campak tersebut bisa bertahan hidup selama beberapa jam, sehingga virus tersebut bisa menempel kepada benda-benda dan jika benda tersebut tersentuh oleh manusia, manusia bisa terkena virus tersebut. Virus itu bisa menyerang orang dewasa, terutama orang dewasa yang belum terkena campak atau belum melakukan vaksinasi campak.

 Cara Mengobati Campak

Ketika anak anda atau ada kerabat anda tekena campak, sebaiknya anda segera mencari tahu apa saja yang bisa digunakan untuk mengobati campak. Berikut ini adalah cara mengobati campak yang harus anda ketahui :

  1. Biji Nangka

Mengobati campak bisa menggunakan dengan biji nangka. Caranya adalah sebagai berikut ini :

  • Biji buah nangka secukupnya.
  • Air
  • Cara pembuatannya adalah dengan merebus biji nangka.
  • Tunggu sampai mendidih.
  • Saring dan kemudian minum air rebusannya.
  1. Daun Asam Muda

Daun asam yang masih muda bisa digunakan untuk mengobati campak. Tidak hanya buah asamnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan namun daunnya pun juga bermanfaat. Berikut ini adalah cara pembuatan ramuan obat menggunakan daun asam yang masih muda :

  • Daun asam muda secukupnya.
  • Kunyit secukupnya.
  • Cara pembuatannya adalah tumbuk halus daun asam yang masih muda.
  • Tumbuk kunyit hingga menjadi halus.
  • Campurkan kedua bahan tersebut.
  • Balurkan pada tubuh yang terkena campak atau terdapat ruam merahnya. Lakukanlah secara rutin dan teratur.
  1. Ramuan Tradisional

Ramuan tradisional yang disediakan oleh alam bisa digunakan untuk mengobati campak. Berikut ini berbagai macam ramuan yang bisa digunakan untuk mengobati campak :

  • Ramuan pertama. Ramuan pertama bisa menggunakan 5 gram adas, asam trengguli 20 gram, bawang merah sebanyak 7 gram, pulosari sebanyak 8 gram, temu giring sebanyak 9 gram, gula aren sebanyak 15 gram dan air sebanyak 400 cc air. Rebus semua bahan-bahan tersebut kecuali bawang merah, bawang merah diparut. Minum air rebusan tersebut secara teratur.
  • Ramuan kedua. Ramuan kedua bisa menggunakan ubi kayu. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengupas kulit singkong dan di cuci bersih, parutlah singkong tersebut. Peras singkong yang telah dihaluskan tersebut kemudian endapkan. Endapan singkong itu ditempelkan pada ruam merah pada kulit. Tidak hanya itu saja, sari perasan singkong bisa digunakan untuk merendam anak yang sedang terkena campak.
  1. Kelapa Hijau

Kelapa hijau bisa digunakan untuk mengobati campak, caranya adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan buah kelapa hijau yang masih segar, dua buah telur bebek.
  • Cara pembuatannya adalah dengan membuka buntut kelapa hijau.
  • Masak menggunakan kayu bakar, memasaknya juga menggunakan tungku dari batu atau tanah liat.
  • Memasaknya harus bersamaan dengan batok kelapanya.
  • Jika sudah mendidih, masukkan kuning telur bebek ke dalam kelapa tersebut.
  • Campurkan air kelapa menggunakan kuning telur bebek tersebut, setelah itu minumlah air kelapa yang telah dicampurkan dengan kuning telur bebek tadi.
  1. Minum Cukup Air Putih

Orang yang terkena campak bisa terkena demam, agar tidak terkena dehidrasi sebaiknya mengkonsumsi cukup air putih. Air putih tersebut bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan dari penyakit campak.

  1. Banyak Istirahat

Untuk mempercepat penyembuhan dari campak, penderita sebaiknya istirahat cukup dan menghindari kelelahan. Banyak istirahat bisa membantu pemulihan campak pada penderitanya.

  1. Hindari Cahaya

Agar tidak membuat mata menjadi sensitive sebaiknya mata dihindarkan dari berbagai macam cahaya, entah itu cahaya matahari, entah itu cahaya televisi dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Obat Demam Dan Pereda Nyeri

Untuk menghilangkan nyeri dan demam pada penderita campak, anda bisa mengkonsumsi obat demam dan juga nyeri. Sehingga rasa sakit dari campak bisa terkurangi. Namun jangan menggunakan obat aspirin untuk mengatasi demam dan juga nyeri.

  1. Supplemen Nutrisi

Supplemen nutrisi bisa membantu dalam pengobatan campak dan menjaga daya tahan tubuh penderita campak. Vitamin itu berupa vitamin A, vitamin itu bisa digunakan untuk perbaikan selaput lendir terutama di bagian mata, mulut dan hidung yang terkena radang.

  1. Memeriksakan Diri Ke Dokter

Jika anak anda mengalami sakit telinga, keluar cairan dari telinga, demam secara terus menerus, mengalami kejang-kejang dan mengantuk sebaiknya segera membawa anak anda untuk memeriksakan diri ke dokter agar tidak terkena komplikasi.

Mencegah Penyakit Campak

mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Mencegah penyakit campak lebih baik dibandingkan dengan mengobati karena campak yang terlambat dalam pengobatannya bisa menyebabkan kebutaan. Berikut ini cara mencegah penyakit campak yang harus anda ketahui :

  1. Vaksinasi Campak

Sebaiknya anda memberikan vaksinasi campak terhadap bayi anda saat usianya 9 bulan. Bayi yang diberikan vaksinasi campak akan kebal terhadap penyakit campak yang datang menyerangnya. Bayi yang diberikan vaksinasi campak akan lebih kebal dibandingkan dengan bayi yang tidak diberikan vaksinasi.

  1. Vaksin MMR

Vaksinasi MMR bisa digunakan untuk mencegah penyakit campak. Untuk membuat anak lebih kebal terhadap penyakit campak, anda bisa melakukan vaksin MMR untuk anak anda. Vaksin MMR merupakan vaksinasi gabungan yang digunakan untuk mencegah penyakit campak, gondongan dan juga campak jerman. Vaksin ini dilakukan dua kali sekali,saat anak berusia 15 bulan dan dosis vaksin MMR diberikan lagi saat anak usia 5 atau enam tahun sebelum anak tersebut masuk ke dalam bangku sekolah dasar.

  1. Memberikan Multivitamin Dan Makanan Bernutrisi

Agar anak anda terhindar dari penyakit campak sebaiknya anak anda diberikan multivitamin dan berbagai macam makanan yang bernutrisi. Makanan yang masuk ke dalam tubuh anak bisa digunakan untuk mencegah penyakit campak masuk ke dalam tubuh.

Campak adalah salah satu jenis penyakit menular yang cukup berbahaya, untuk itu anda juga harus memperhatikannya terutama jika terjadi pada anak anda.

Artikel Dalam Kategori Campak