Inilah 9 Cara Pengobatan Campak Pada Anak Paling Mujarab !

892

Campak tentunya bukan suatu penyakit yang asing bagi kita sebab jenis penyakit menular ini merupakan penyakit akibat infeksi virus di mana seluruh tubuh ruam akan muncul. Ketika tidak segera ditangani, maka komplikasi serius berisiko tinggi terjadi pada si penderita. Berikut ini adalah segala bentuk keluhan gejala paling umum dari campak:

  • Demam
  • Hidung tersumbat
  • Hidung berair
  • Tenggorokan meradang
  • Mata memerah
  • Mulut dan tenggorokan memiliki bercak putih keabuan.

Virus campak pada umumnya jauh lebih sering menyerang anak-anak, khususnya balita, namun tak menutup kemungkinan bagi orang dewasa sekalipun dapat mengalami campak. Risiko terkena campak lebih tinggi pada orang-orang yang utamanya belum memperoleh vaksinasi atau yang memang sebelum-sebelumnya belum pernah menderita penyakit ini.

Ketika gejala-gejala tersebut sudah muncul pada anak, maka langkah yang secepatnya harus diambil adalah datang pada dokter yang Anda percaya. Berikut ini adalah sejumlah pengobatan campak pada anak yang umumnya bisa dilakukan dan dijamin aman bagi si kecil.

  1. Menambah Cairan Tubuh

Karena penderita campak sangat rentan terkena dehidrasi, maka memberikan anak air minum khususnya air putih yang banyak adalah suatu langkah terbaik dalam perawatan campak. Tujuannya adalah untuk mencegah bahaya dehidrasi sekaligus juga membuat tenggorokan yang terasa tak nyaman dan terus-terusan batuk bisa jadi jauh lebih lega, apalagi ketika demam tubuh anak perlu lebih banyak cairan.

  1. Menurunkan Demam

Selain memberikan asupan cairan yang cukup bagi tubuh anak, penting untuk meredakan demamnya juga. Dalam upaya menurunkan demam, anak bisa diberi ibuprofen atau paracetamol sebagai pereda demam yang efektif. Berikanlah salah satu obat tersebut dalam bentuk cairan karena campak biasanya bisa pulih dengan baik saat demam mulai turun.

  1. Terapi Uap

Ada gejala-gejala tertentu yang juga sangat mirip dengan gejala flu terjadi pada anak yang menderita campak, seperti radang tenggorokan serta hidung berair/tersumbat. Untuk itulah, terapi uap akan sangat membantu bagi anak untuk merasa jauh lebih baik, apalagi ketika hidungnya tersumbat. Siapkan sebaskom air hangat dan dekatkan kepala anak pada uapnya supaya bisa terhirup dan melegakan pernapasannya.

  1. Mengatasi Sakit pada Mata

Ketika gejala campak juga menyerang bagian mata, anak akan merasakan kesakitan di sana, jadi penting untuk juga meredakan gejala satu ini. Dalam menangani bagian mata, Anda dapat siapkan kapas yang telah dibasahi air biasa, lalu bersihkanlah kelopak mata anak menggunakan kapas tadi.

Setiap anak sudah beranjak tidur, Anda juga dapat mengompres bagian matanya menggunakan handuk atau kapas yang sudah dicelupkan ke air hangat. Ketika mata anak masih sakit, Anda perlu menghindarkan anak dari tingkat cahaya yang terlalu tinggi, entah itu cahaya dari gadget atau dari lampu ruang tidurnya.

  1. Vaksinasi

Apabila anak Anda masih bayi yang menderita campak, maka penting untuk mulai memutuskan memberikan vaksinasi bagi si kecil. Anda perlu datang menemui dokter lebih dulu dan dokter pun akan membantu dalam hal pemberian vaksin campak. Vaksinasi akan dilakukan dengan cara disuntikkan dan ini akan sangat membantu dalam pengobatan campak pada buah hati Anda.

  1. Menambah Asupan Vitamin A

Dalam upaya membuat proses penyembuhan jauh lebih cepat, penambahan asupan vitamin A pada anak juga penting. Dengan memberikan makanan-makanan yang mengandung vitamin A pada anak yang sedang menderita campak, maka ini menjadi cara efektif untuk menurunkan risiko terjadinya komplikasi.

Bahkan dengan pemberian tambahan asupan vitamin A pada anak, proses kesembuhan dan pemulihannya akan jauh lebih cepat. Pemberian dosis vitamin bisa dilakukan sebanyak 100 ribu IU untuk Anda yang punya anak yang usianya masih 1 tahun ke bawah. Jika Anda ragu, konsultasikan mengenai dosis vitamin dengan dokter kepercayaan Anda.

  1. Mandi Air Hangat

Selain terapi uap menggunakan air panas atau air hangat, Anda juga bisa meredakan gejala campak pada anak dengan cara menggunakan air hangat untuk memandikannya. Khususnya bagi anak yang mengalami demam dan sangat tidak nyaman, memandikannya dengan air hangat akan membuatnya terasa lebih baik.

  1. Minum Jeruk Limun dan Madu

Jika anak Anda yang menderita campak sudah masuk usia 1 tahun atau lebih, maka Anda boleh dalam masa penyembuhannya memberikan minuman hangat. Minuman hangat yang paling dianjurkan adalah madu dan jeruk limun di mana campuran ini dapat menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh anak dan gejala campak pun bisa cepat reda setelah itu.

  1. Menghindari Komplikasi

Bentuk-bentuk kondisi komplikasi yang bisa terjadi pada anak yang menderita campak antara lain adalah:

  • Batuk berdarah
  • Buang air kecil makin jarang.
  • Mulut kering
  • Kesadaran terus menurun karena ngantuk terus.
  • Bagian dada terasa sakit.
  • Sesak nafas
  • Sering bingung
  • Tubuh kejang-kejang.

Anda perlu menghindari berbagai macam komplikasi tersebut dengan mengobati gejala awal campak secara tepat, entah itu perawatan mandiri, dengan obat dokter, atau melalui vaksinasi. Namun ketika salah satu atau beberapa gejala komplikasi telah nampak, segera bawa anak ke dokter sebelum terlambat atau kondisi semakin serius.

Pengobatan campak pada anak tidak begitu sulit bukan? Anda bisa melakukannya dengan berkonsultasi dengan dokter lebih dulu dan melakukan berbagai rangkaian perawatan alami di rumah untuk anak bisa cepat pulih. Namun ketika kondisi lebih serius tak dapat dihindarkan, jangan tunggu terlalu lama untuk memeriksakannya pada dokter.