Home Penyakit dan KelainanCampak 10 Gejala Awal Campak yang Harus Kita Perhatikan

10 Gejala Awal Campak yang Harus Kita Perhatikan

by Gilang Pratama

Campak merupakan sebuah infeksi yang diakibatkan oleh virus. Penyakit ini ditandai dengan munculnya ruam pada kulit. Gejala awal campak ini akan terlihat beberapa hari setelah virus masuk ke dalam tubuh. Saat virus sudah menyerang tubuh maka ruam pada kulit akan muncul. Ruam ini mulanya akan muncul pada beberapa titik saja lalu menyebar ke seluruh bagian tubuh. Salah satu bentuk pencegahan dari penyakit campak ini adalah dengan melakukan imunisasi campak. Meskipun demikian, penyakit ini masih bisa ditemukan hingga saat ini dengan jumlah kasus yang berkurang tiap tahunnya. Campak merupakan penyakit menular, oleh karena itu mengetahui gejala awal campak akan sangat membantu untuk melakukan pengobatan dengan baik dan terhindar dari bahaya campak lainnya. Adapun beberapa gejala awal campak ini adalah :

  1. Mata Merah dan sensitif terhadap cahaya
    Gejala awal dari campak ini salah satunya adalah mata yang menjadi merah. Mata yang menjadi merah ini bukanlah iritasi. Mata yang menjadi merah ini terjadi karena virus yang menyebabkan radang pada bagian saluran tenggorokan dan hidung. Virus juga akan menyerang lapisan pada bagian terluar mata. Mata merah ini juga ditambah dengan mata yang menjadi lebih sensitif terhadap cahaya dan juga mata yang terus berair.
  2. Sakit tenggorokan
    Salah satu gejala awal campak yang sering diabaikan adalah sakit tenggorokan. Hal ini karena banyak yang menganggap ini hanyalah gejala awal dari flu saja bukan campak. Lebih jauh lagi, jika kondisi ini terus dibiarkan maka akan menjadi radang tenggorokan yang sangat parah. Radang tenggorokan ini bila dibiarkan akan menjadi sangat buruk karena akan menyebabkan orang tersebut menjadi sulit untuk menelan. Jika sudah seperti ini maka besar kemungkinan penderita juga akan mengalami penurunan nafsu makan akibat rasa sakit saat menelan ini.
  3. Batuk kering
    Gejala awal campak yang muncul beberapa saat setelah virus masuk ke dalam tubuh adalah batuk kering. Muncul nya batuk ini menandakan jika virus sudah berkembang dan menyerang saluran pernafasan. Batuk akan menjadi lebih parah juga jika disertai dengan demam.
  4. Demam
    Demam bisa dikatakan juga sebagai gejala awal dari penyakit campak ini. Ketika virus campak ini masuk ke dalam tubuh maka biasanya penderita akan ditandai dengan munculnya demam. Demam ini bisa terjadi antara 2 sampai dengan 3 hari. Pada kondisi ini maka suhu tubuh bisa mencapai 38 derajat celcius.
  5. Hidung yang beringus
    Kondisi lain yang menjadi gejala dari penyakit campak ini adalah hidung yang beringus. Ini merupakan tanda ketika virus sudah menyerang dan menginfeksi bagian hidung dan tenggorokan. Sebenernya hidung yang beringus ini merupakan reaksi dimana hidung mengeluarkan cairan dari virus yang sudah berkembang pada bagian hidung. Namun kondisi ini juga akan menghambat saluran pernafasan.
  6. Ruam pada hampir seluruh bagian tubuh
    Gejala lain dari campak ini adalah akan muncul nya ruam di hampir seluruh bagia tubuh. Ruam di hampir seluruh bagian tubuh ini terjadi saat virus sudah mulai berkembang. Awalnya akan muncul bintik merah pada bagian wajah. Lalu berkembang ke bagian lain seperti belakan telinga, bagian lengan dan tangan, menjalar ke bagian punggung, bagian paha lalu ke kaki. Ruam ini juga akan disertai dengan munculnya demam. pada kondisi ini munculnya ruam  ini makan kebanyakan orang sudah mulai sadar jika mereka terkena campak.
  7. Sariawan pada mulut
    Hal lain yang juga menjadi gejala dari kondisi campak ini adalah munculnya sariawan. Sariawan ini sedikit berbeda dari sariawan pada biasanya. Sariawan ini akan berwarna kebiruan yang muncul pada bagian dalam mulut. Kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit saat makan dan penderita juga akan mengalamai penurunan nafsu makan.
  8. Kehilangan nafsu makan
    Kehilangan nafsu makan juga bisa menjadi salah satu gejala awal campak. Kehilangan nafsu makan pada penderita campak disebabkan karena rasa tidak nyaman pada saat mereka makan dan menelan makanan. Hal ini berkaitan dengan rasa sakit pada tenggorokan ketika mereka menelan dan juga sariawan pada bagian mulut.
  9. Diare
    Gejala campak awal lainnya dari penyakit campak ini adalah dengan munculnya diare. Diare ini menujukan jika virus sudah menyerang sistem kekebalan tubuh kita. Kondisi ini akan lebih parah untuk mereka yang memiliki sistem imunitas rendah. Diare ini akan menyebabkan penderita menjadi sangat lemah karena banyak kehilangan cairan.
  10. Rasa mual dan muntah – muntah
    Tanda – tanda campak yang lainnya juga akan muncul rasa mual dan juga muntah – muntah. Ini menandakan jika infeksi virus sudah mulai menyerang bagian tubuh. Mual dan muntah ini akan menyebabkan penderita kehilangan nafsu makan dan juga menyebabkan tubuh penderita menjadi sangat lemah karena terlalu banyak kehilangan cairan.

Itulah beberapa gejala awal campak yang harus menjadi perhatian kita agar bisa mendapatkan tindakan pengobatan dengan segera.

You may also like