Home Penyakit dan KelainanSakit Gigi Bolehkah Sakit Gigi Minum Es? Begini Penjelasan Sekaligus Cara Mengobatinya

Bolehkah Sakit Gigi Minum Es? Begini Penjelasan Sekaligus Cara Mengobatinya

by Erlita

Sewaktu area gigi ataupun rahang terasa begitu tak nyaman dan nyeri, maka itulah yang kita namakan dengan sakit gigi. Bagi yang pernah mengalami rasa sakit gigi, tentu teramat mengganggu dan bahkan bisa sampai sakit kepala karenanya. Lalu, apakah minum es aman bagi penderita sakit gigi? Bolehkah sakit gigi minum es atau malah berbahaya?

Boleh Tidak Minum Es saat Sakit Gigi?

Banyak orang yang walaupun sedang di tengah penderitaan sakit gigi masih ingin minum es, tapi masalahnya boleh atau tidak? Jawabannya antara boleh dan tidak boleh, tergantung dari tingkat keparahan gigi yang sedang sakit begitu juga dengan cara mengonsumsi es Anda.

  • Boleh Minum Es

Pada dasarnya, mengisap es batu adalah salah satu cara untuk mengobati sakit gigi bukan? Dalam penggunaan es batu sendiri sebagai obat, penderita sakit gigi dapat mengisapnya dan membiarkan es batu tersebut mencair pelan-pelan pada area gigi yang sakit.

Diketahui pula bahwa efektivitas dari minum es (khususnya air es biasa) mampu membuat rasa sakit di gigi mati dengan cukup cepat. Es ini adalah penekan saraf di bagian gusi, namun tentu saja efeknya kemudian adalah menimbulkan kembali rasa sakit pada gigi.

Tak hanya itu, minum es untuk penderita sakit gigi tampaknya juga bukan hal yang harus diperbesar dan sah-sah saja bila Anda tahu cara minum es agar tidak membuat gigi yang sakit makin memburuk atau tambah sensitif. Bila hendak minum es, menggunakan sedotan adalah yang paling bisa membantu meminimalisir agar air es tak sampai ke area gigi yang sakit. Hal tersebut tentunya tak akan membuat kondisi gigi bertambah parah.

  • Tidak Boleh Minum Es

Jika sakit gigi sudah teramat sering Anda alami, maka bisa dikatakan bahwa tingkat sensitivitas gigi Anda telah tinggi. Ketika gigi hipersensitif sedang sakit dan Anda paksakan untuk minum es, kerusakan gigi dapat bertambah parah karenanya.

Bila minuman dingin terus-menerus Anda konsumsi, ini sama saja dengan sebuah cara untuk meningkatkan potensi gigi makin sakit dan menimbulkan pembengkakan di bagian gusi. Minum es, terutama minuman manis dingin/ditambah es batu, adalah salah satu yang seharusnya menjadi pantangan para penderita sakit gigi karena minuman manis justru akan membuat gigi makin nyeri.

Namun, apabila Anda ingin mencoba menggunakan sedotan seperti yang telah dianjurkan sebelumnya, silakan lakukan. Guna sedotan sendiri adalah supaya gigi yang sedang sakit tak ikut tersiram air es yang Anda nikmati. Hanya saja kalau misal cara ini kurang berhasil dan Anda masih bisa merasakan gigi yang sakit tersiram oleh airnya, hindari minum es sampai gigi benar-benar sembuh.

Cara Mengobati Sakit Gigi Selain Menggunakan Es Batu

Apabila dari ulasan tersebut Anda justru takut menggunakan es batu sebagai obat alami sakit gigi Anda, carilah cara lainnya yang sama alami dan sederhana namun aman bagi gigi, yaitu:

  • Bawang merah – Mengunyah-ngunyah bawah merah mentah yang telah dikupas dan dicuci. Lakukan beberapa menit setiap harinya, atau cukup irisan bawang merah ditempelkan langsung pada gusi atau gigi yang sakit, tapi juga waspadai efek samping bawang merah.
  • Pasta dari garam dan lada – Menerapkan pasta campuran dari garam dan lada secukupnya dengan air. Oles pada gigi yang sakit dan biarkan selama beberapa menit; melakukannya setiap hari akan mempercepat kesembuhan gigi.
  • Air garam hangat – Campurkan garam biasa kira-kira setengah sendok ke dalam segelas air panas, lalu berkumurlah ketika air sudah mulai hangat. Ramuan sederhana ini siap melawan bakteri dan mengurangi peradangan.
  • Ekstrak vanila – Ekstrak vanila terkenal akan efek penenang alaminya, jadi gunakan cotton bud untuk mengoleskan ekstrak vanila pada bagian gigi yang sakit sehari beberapa kali serutin mungkin.
  • Daun jambu – Mengunyah-ngunyah daun jambu segar juga bisa menyembuhkan sakit gigi secara alami sebab kandungan antimikroba, analgesik alami dan antiradangnya sangat besar di dalam daun ini.
  • Membatasi makanan/minuman manis dan asam – Apabila ingin tetap menikmatinya di kala sakit gigi, kurangi risiko gigi terkena cairan minuman dengan menggunakan sedotan setiap kali minum.

Jadi sebenarnya, bolehkah sakit gigi minum es? Apabila sakit gigi Anda sudah berulang kali dan telah termasuk kondisi yang serius, hindari minum es karena hal ini bisa menjadi faktor penyebab sakit gigi kambuh. Namun bila ingin mencoba, Anda bisa tetap menggunakan sedotan sebagai alat meminimalisir gigi yang sakit terkena air dingin, itupun sebaiknya bukan minuman dengan rasa manis.

You may also like