Sering Minum Es? Awas 7 Bahaya Ini Mengintaimu!

463

Minum es yang menyegarkan saat udara gerah tentunya sangat sulit ditolak. Sudah menjadi kelaziman dimana pun kita berada, minuman dingin adalah paket yang nikmat untuk diminum setelah makan. Tapi tahukah kamu, terlalu sering minum es setelah makan akan mengundang bahaya? Semak berbagai fakta berikut ini

1. Penyumbatan pada usus

Suhu air es yang dingin menyebabkan proses penghancuran dan penyerapan makanan di dalam usus menjadi terganggu, karena struktur makanan menjadi beku dan lemak pada saluran usus mengendap sehingga terjadi penyumbatan usus.

2. Memicu radang tenggorokan

Tubuh kita akan bereaksi dengan kondisi yang ekstrim, salah satunya adalah suhu yang dingin. Terlalu sering minum air es yang dingin akan menyebabkan munculnya lendir pada lapisan tenggorokan. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka saluran tenggorokan akan rentan terkena infeksi dan menyebabkan gejala radang tengorokan, selain itu juga akan memicu gangguan pada system pernafasan.

3. Fungsi pencernaan terganggu

Proses pencernaan akan terhambat karena air es yang dingin akan membekukan makanan sehingga lebih sulit dicerna, selain itu proses metabolism lemak juga menjadi tidak maksimal, hal ini bisa berakibat perut kembung dan sembelit, selain itu bisa juga muncul rasa nyeri di bagian perut dan mual.

Ganguan pencernaan yang disebutkan diatas memang harus segera diatasi jika memang sudah terjadi, namun jika belum terjadi maka kamu harus segera mengatur pola minum es mu agar kamu tidak mengalami gangguan gangguan tersebut.

4. Detak jantung melambat

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa terlalu sering mengkonsumsi air es dapat mempengaruhi saraf vagus, yaitu saraf tubuh yang bertugas mengontrol aktivitas bawah sadar tubuh antara lain kerja jantung yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Air es ini akan mempengaruhi kinerja saraf vagus yang berakibat detak jantung menjadi melambat.

5. Berat badan meningkat

Meskipun air tidak mengandung kalori, namun air es bisa menyebabkan berat badan meningkat. Hal ini disebabkan karena air es dapat membekukan lemak yang ada pada saluran peredaran darah, sehingga perdaran darah menjadi terhambat dan tidak lancar, yang berakibat metaboilme tubuh  juga teranggu. JIka sudah terjadi kamu dapat menggunakan buncis untuk diet, karena ternyata buncis sangat efektif untuk menurunkan berat bada kamu yang sudah berlebih.

6. Memicu sakit kepala

Minum air es setelah makan atau setelah olahraga sangatlah tidak disarankan. Setelah makan atau setelah olahraga suhu tubuh kita meningkat, apabila langsung minum es, maka suhu tubuh akan tiba-tiba berubah, hal ini sangat berpengaruh pada fungsi peredaran darah di sekitar kepala yang mengakibatkan rasa sakit kepala pada bagian kepala.

7. Lebih mudah haus

Dinginnya air es akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Saat tubuh dehidrasi dan diberikan air es, maka aliran darah dan oksigen menurun yang akan membuat kita selalu merasa haus meskipun sudah minum air es dalam jumlah banyak.

Nah, sudah tahu kan bahaya yang mengintaimu kalau terlalu sering minum es? Yuk, ubah gaya hidupmu menjadi lebih sehat, kurangi minum air es dari sekarang. Bukankah lebih baik mencegah dari pada mengobati ? karena ketika kamu sudah mulai sakit akan lebih merasa kesulitan atau mengalami kesulitan ketika hendak melakukukan pengobatan. jadi, yuk mari jaga kesehatan sahabat halosehat.com agar kita menjadi warga indonesia yang sehat dan terbebas dari penyakit.