Home Penyakit dan KelainanCampak 16 Cara Mencegah Campak Pada Orang Dewasa Yang Baik dan Benar

16 Cara Mencegah Campak Pada Orang Dewasa Yang Baik dan Benar

by Lia Yuliana

Campak merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi dan virus. Penyakit campak dapat terjadi baik pada orang dewasa maupun terjadi pada anak-anak. Penyakit campak ini hampir sama seperti penyakit cacar air. Ketika seseorang mengalami penyakit campak biasanya akan muncul ciri-ciri seperti ruam pada kulit. Penyakit campak juga dapat disebut sebagai penyakit yang dapat menular dengan cepat.

Meskipun penyakit campak merupakan penyakit yang menular dan penyakit ini bukana penyakit yang berbahaya untuk anda. Ketika anda mengalami penyakit campak alangkah lebih baiknya jika segera diobati agar penyakit tersebut tidak menular. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit campak pada orang dewasa. Adapun cara mencegah penyakit campak pada orang dewasa adalah sebagai berikut

Cara mencegah penyakit campak pada orang dewasa

1. Mengkonsumsi banyak air mineral

Karena penyakit campak merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus maka salah satu cara yang paling efektif dan paling mudah dilakukan untuk mencegah penyakit campak pada orang dewasa adalah dengan mengkonsumsi banyak air mineral.

Mengkonsumsi banyak air mineral dapat membantu untuk mempertahankan metabolisme tubuh anda dan membantu untuk memperlancar aktivitas di dalam tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit salah satunya adalah penyakit campak pada orang dewasa.

Namun terdapat beberapa hal yang perlu diingat, bahwa mengonsumsi air meneral terlalu banyak juga tidaklah bak, bahaya akibat terlalu banyak mengonsumsi air putih ini dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian.

2. Mengkonsumsi vitamin

Mengkonsumsi vitamin juga merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit campak pada orang dewasa. Mencukupi kebutuhan vitamin dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi vitamin secara obat kimia maupun mengkonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung banyak vitamin. Banyak jenis vitamin yang dapat dikonsumsi salah satunya adalah vitamin C karena dapat menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena campak.

3. Mengkonsumsi banyak buah

Makanan yang mengandung banyak vitamin adalah buah-buahan. Tidak hanya mengandung banyak vitamin namun pada buah-buahan juga mengandung mineral dan kandungan kandungan lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh anda. Untuk itu Mengapa mengkonsumsi buah-buahan juga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif mencegah penyakit campak pada orang dewasa.

4. Mengkonsumsi sayur-sayuran

Tidak hanya buah-buahan saja yang mengandung banyak vitamin dan kandungan-kandungan lainnya yang bermanfaat untuk tubuh Namun ternyata dengan mengkonsumsi sayur-sayuran juga dapat menjaga kesehatan tubuh anda karena di dalam sayur-sayuran mengandung banyak sekali vitamin dan kandungan lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. 

5. Menghindari kontak langsung dengan penderita campak

Satu hal yang harus anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit campak pada orang dewasa adalah dengan menghindari kontak langsung kepada penderita campak. Karena ketika anda mengalami kontak langsung dengan penderita campak bisa jadi Anda dapat tertular penyakit campak tersebut saat metabolisme tubuh Anda lemah.

6. Tidak menggunakan pakaian penderita campak

Hindari kontak langsung dengan penderita campak Anda juga harus menghindari menggunakan pakaian penderita campak karena hal tersebut dapat menjadi perantara tertularnya penyakit campak pada diri Anda. Campak memang mrupakan penyakit kulit yang mudah menular, apalagi jika terkena pecahan air pada campak tersebut. Maka harus hati-hati. 

7. Menjaga daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh juga merupakan salah satu cara yang wajib Anda lakukan untuk menghindari terjadinya penyakit campak pada diri Anda. Banyak sekali hal-hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh anda salah satunya adalah dengan berolahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan giz, serta pola hidup sehat.

Meningkatakn daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik mengonsumsi makanan yang baik untuk daya tahan tubuh maupun minuman. Cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah banyak mengonsumsi vitamin dan makanan yang mengandung nutrisi baik. Terutama minuman penambah daya tahan tubuh seperti kunyit, jus apel, jus jambu merah dan lain-lain

8. Berolahraga secara rutin

Tahukah anda bahwa melakukan olahraga secara rutin dan teratur merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Daya tahan tubuh yang baik akan membantu Anda agar tidak mudah terserang dari berbagai macam penyakit. Daya tahan tubuh dapat meningkat ngan pesat jika mampu berolahraga secara rutin. Maka dari itu ketahuilah cara melakukan olahraga yang baik dan benar agar tidak malah menyebabkan kelelahan.

9. Mengkonsumsi mencukupi yang bergizi

Selain berolahraga secara rutin dan teratur Anda juga harus mencukupi kebutuhan gizi yang terdapat di dalam tubuh anda agar tubuh anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan salah satunya adalah penyakit campak.

10. Memberikan suntik vaksin

Memberikan suntik vaksin juga merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit campak pada orang dewasa. Dengan diberikan-nya suntik vaksin maka tubuh anda akan lebih terjaga dan tidak mudah terserang penyakit campak.

11. Mengkonsumsi terong

Terong merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan serta metabolisme tubuh Anda sehingga Anda tidak mudah terserang macam-macam penyakit dan hama penyakit campak. Tidak hanya itu ternyata dengan banyak mengonsumsi terong dapat membantu untuk mencegah asam urat, karena terong merupakaan makanan untuk penderita asam urat yang baik untuk menjaga kesehatan penderitanya.

Selain beberapa cara yang telah disebutkan di atas untuk mencegah penyakit campak pada orang dewasa masih banyak sekali cara lainnya yang dapat anda gunakan untuk mencegah terjadinya penyakit campak pada orang dewasa. Adapun 5 Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit campak pada orang dewasa adalah sebagai berikut 

12. Mengkonsumsi kelapa hijau

13. Mengkonsumsi buah jeruk

14. Banyak makan

15. Menghindari sinar matahari

16. Mengkonsumsi vitamin A

Itulah 16 cara yang dapat anda ketahui dari artikel cara mencegah campak pada orang dewasa. Semoga dengan adanya artikel cara mencegah campak pada orang dewasa ini dapat membantu anda agar terhindar dari penyakit campak. Jaga kesehatan sejak awal memang lebih baik. Maka dari itu perhatikan meskipun hanya hal-hal kecil disekitar anda.

You may also like