Home Penyakit dan KelainanSumber Penyakit Jari Tangan Bengkak Tiba Tiba – Penyebab, Jenis Penyakit Dan Pencegahannya

Jari Tangan Bengkak Tiba Tiba – Penyebab, Jenis Penyakit Dan Pencegahannya

by Henny Anugerah

Jari tangan bengkak tiba tiba umumnya mudah disembuhkan tetapi dapat mengganggu aktivitas ketika pembengkakan diiringi dengan intensitas rasa nyeri yang tinggi. Jari tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang paling sering mengalami pembengkakan, Hal ini disebabkan karena hampir segala aktivitas yang terjadi setiap hari membutuhkan bantuan dari tangan. (Baca juga : penyebab otot kaku, tangan kram dan kaku )

Penyebab Jari Tangan Bengkak

1. Garam

Mengkonsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan jari tangan bengkak tiba tiba karena tubuh dipaksa bekerja keras untuk menjaga keseimbangan antara garam dan air. Ketika kadar garam terlalu banyak maka garam akan mengikat air, Tetapi air yang makin berkurang tersebut justru disimpan oleh tubuh yang tujuannya agar jumlah garam dapat segera dikeluarkan melalui keringat dan air seni, Namun akibatnya yang terjadi pembengkakan dibeberapa bagian tubuh termasuk jari jari tangan. (Baca Juga:  penyebab tangan kaku)

2. Suhu udara

Suhu udara yang terlalu panas dapat menyebabkan jari tangan bengkak tiba tiba karena pembuluh darah sekitar jari jari tangan semakin melebar sehingga uap panas tubuh menjadi banyak yang keluar, Hal ini agar suhu tubuh tetap normal. Namun bagaimanapun juga ada uap tubuh yang masih terjebak dijaringan lunak kulit yang menyebabkan jari jari jadi muncul pembengkakan. Pada udara yang terlalu panaspun dapat menyebabkan tendon lebih menyempit yang dapat memicu pembengkakan. (Baca juga:  penyebab otot kaku)

3. Makanan

Makananan hasil laut seperti tiram, Kepiting, Lobster, Kerang, Cumi cumi atau ikan memiliki kandungan logan yang tinggi adalah makanan lezat yang dapat menyebabkan jari tangan bengkak tiba tiba jika mengkonsumsinya terus menerus dalam jangka panjang maka akan menyebabkan penumpukan zat purin disela sela persendian yang menyebabkan peningkatan asam urat. Penyakit asam urat kerab menimbulkan pembengkakan pada kaki dan jari jari tangan. (Baca Juga:  tangan kram dan kaku)

4. Kurang cairan tubuh

Jari bengkak tiba tiba bisa muncul karena tubuh kekurangan cairan yang menyebabkan dehindrasi dan aliran darah menjadi tersendat, Pembukluh adarah yang tersunmbat dapat menyebabkan penumpukan cairan termasuk pada bagia jari jari tangan. (Baca Juga: Telapak Tangan Sakit)

5. Terkilir

Cedera sendi pada tangan akibat terkilir seringkali menyebabkan jari tangan bengkak tiba tiba. Pembengkakan dan peradangan yang terjadi menyebabkan rasa nyeri ketika jari jari digerakkan. Hal ini disebabkan adanya otot yang terjepit dan mengalami penekanan dinding otot sehingga darah tidak mampu mengalir dengan baik. (Baca Juga: Obat Tradisional Tangan Kesemutan)

6. Alergi

Pada sebagian orang banyak yang memiliki jaringan lunak pada jari jari tangan yang sangat sensitive terhadap minuman beralkohol dimana setelah meneguknya jari bengkak tiba tiba dan muncul gatal gatal dari dalam kulit. Peristiwa ini diakibatkan darah mengalami reaksi penolakan terhadap alkohol dimana ada upaya dari tubuh untuk mempertahankan kondisi darah agar tetap bersih yang akhirnya munculah berupa alergi tersebut. (Baca juga: Bahaya Tangan Kanan Kesemutan)

7. Luka

Luka apapun yang terjadi pada area jaringan lunak bagian dalam jari jari tangan misalnya terjepit pintu, Terinjak sepatu, Tercakar kuku hewan dengan kedalaman tertentu atau tertindih benda berat secara spontan dapat menyebabkan memar didalam. Kondisi tersebut jika dibiarkan bagian permukaan kulit akan membiru, Lebam, Mengalami iritasi lalu peradangan yang lama kelamaan besar resikonya untuk terjadi pembengkakan. Segeralah obati luka sekecil apapun yang terjadi pada area jari tangan untuk pencegahan peradangan dan pembengkakan lebih lanjut. (Baca Juga:  Ujung Jari Kesemutan)

8. Pengapuran tulang

Pengapuran tulang banyak dialami para lanjut usia atau pada orang orang yang menderita kurang gizi dalam jangka panjang. Pengapuran adalah salah satu penyebab sendi pada jari tanagan mudah mengalami peradangan yang diikuti dengan pembengkakan. Pembengkakan terjadi akibat sendi mengalami kerusakan ketika didalam tubuh terjadi peningkatan asam urat. (Baca juga : Cara mengatasi pengapuran tulang)

Jenis Penyakit

1. Radang sendi

Radang sendi dikaibatkan adanya serangan bakteri, virus ataun telah terjadi pengapuran yang menyebabkan pembengkakan pada persendian diatara jari jari tangan. Kondisi ini sering dialami oleh orang orang yang tekah berusia diatas 50 tahun dan penderita retak tulang akibat kecelakaan.  (baca juga: bahaya antibiotik tanpa resep dokter )

2. Osteoarthritis

Jari tangan bengkak tiba tiba paling sering disebabkan karena penyakit Osteoarthritis. Osteoarthritis terjadi akibat menipisnya jaringan bantalan yang aad didalam persendian tangan sehingga menimbulkan rasa nyeri, Linu, Pegal pegal dan pembengkakan. Kondisi disebabkan kurangnya asupan kalsium dan terlalu banyak garam didalam tubuh. (Baca juga : Cara mencegah osteoarthritis)

3. Lymphedema

Lymphedema adalah kondisi dimana jari tangan bengkak tiba tiba setelah lengan dan tungkai mengalami pembengkakan karena adanya bakteri dan virus yang ada dalam getah bening yang tidak dapat segera dikeluarkan oleh tubuh sehingga terjadi penumpukan cairan berisi bakteri didalam jaringan otot jari jari tangan, Inilah yang menyebabkan mengapa pembengkakan terjadi. Kondisi ini ditentukan oleh makanan yang kita konsumsi sehari hari. (Baca Juga: Tanda-tanda Rematik)

4. Penyempitan arteri

Penyempitan arteri merupakan penyakit raynaud yang muncul akibat udara yang terlalu dingin. Terlebih pada orang orang yang memiliki alergi pada dingin maka resiko terjadinya jari tangan bengkak tiba tiba menjadi 2 kali lipat lebih cepat terjadi.Cuaca dingin dapat menyebabkan sirkualsi darah pada jari jari tangan menjadi tidak normal. (baca juga:  Gejala Rematik Kaki)

5. Preeklamsia

Preeklamsia merupakan pembengkakan jari jari tangan yang sering menyerang ibu hamil dan pasca melahirkan. Jika jari jari yang bengkak tersebut ditekan maka akan meninggalkan jejak berupa kubangan atau lekukan. Preeklamsia disebabkan karena tekanan darah yang terlalu tinggi. (Baca Juga: Khasiat Teripang Laut)

6.Trigger finger
Trigger finger merupakan penyebab jari tangan bengkak tiba tiba yang diawali dengan kekakuan dan rasa sakit ketika jari jari digerakkan untuk beraktivitas. Hal ini disebabkana tendo (bagian otot yang melekat pada tulang) Terjepit dan mengalami penebalan (nodule) sehingga jari jari tangan ikut membengkak. (Baca Juga: Akibat Kelebihan dan Kekurangan Asam Amino)

7. Carpal tunner syndrome

Carpal tunner syndrome adalah peristiwa yang menyebabkan jari tangan bengkak tiba tiba dan bagian tangan lainnya sepertim telapak tangan terserang efek kesemutan, Mati rasa, Sakit dan muncul pembengkakan. Pembengkakan terjadi karena pada bagian sarafTendon menyebabkan tekanan pada saraf median , Hal ini disebabkan karena kehamilan atau gerakan gerakan yang sering diulang setiap jam atau bahkan rutin setiap hari. (Baca Juga: Khasiat Minum Air Hangat Setelah Makan)

8. Felon

Felon adalah infeksi jaringan lunak diujung jari tangan yang disebabkan oleh bakteri yang lama kelamaan membentuk sebuah kantung nanah yang menyebbakan tekanan dan menimbulkan jari tangan bengkak tiba tiba akibat kerusakan saraf jaringan yang ada didekatnya. Ujung jari akan mengalami pembengkakn yang bisa menjalar lebih laus lagi menuju punggung tangan, Permukaan kulit jadi hangat da sangat nyeri. Kondisi ini akibat luka yang terkontiminasi oleh jenis bakteri yang ada padaa gigitan hewan yang menginfeksi tendon atau persendian tangan. (baca Juga: Bahaya Mandi Air Hangat)

9. Herpetic whitlow

Herpetic whitlow adalah infeksi virus yang terjadi pada jari tangan yang disebarkan dari penyakit herpes simplex. Infeksi ini menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri dimana inflamasi terjadi berupa lepuhan lepuhan berisi cairan yang muncul diujung jari. (Baca Juga: Pergelangan Tangan Sakit)

10.Paronikia

Penyakit paronikia muncul akibat serangan bakteri jenis streptococcus dan staphylococcus aureus yang muncul akibat iritasi pada permukaan kulit yang berawal dari kulit terkelupas akibat kuku yang robek dan menggores permukaan kulit didekatnya. Kondisi ini sering terjadi akibat reaksi negatif dari kebiasaan seseorang menggigiti kuku , Karena penggunaan detergen atau air yang mengandung zat kimia tertentu. (Baca Juga: Cara Mengobati Tangan Gemetar)

11. Abses tangan

Abses tangan adalah penumpukan cairan nanah yang disebabkan infeksi bakteri salah satu penyebab jari tangan bengkak tiba tiba yang muncul pada luka kecil yang peradangannya menembus salah satu lekukan dan lipatan yang ada pada area punggung dan telapak tangan. Luka tersebut dapat menyebabkan rasa sakit pada getah bening yang letaknya dekat lengan bagian bawah. Abses dapat muncul disekitar jaringan tendon dimana rasa nyerinya bisa menjalar cepat kearah jari jari tangan dan memberikan efek lunak disepanjang lapisan tendon ketika sedang terjadi pembengkakan hebat.

Pencegahan Tangan Bengkak

  • Kurangi asupan garam ketika mengkonsumsi makanan karena terlalu banyak garam dalam tubuh dapat menyebabkan jari tangan bengkak tiba tiba akibat dinding arteri tertekan, Iritasi dan penyempitan aliran darah. (Baca Juga:  Obat Tradisional Lumpuh Kaki)
  • Batasi aktivitas berat yang mengandalkan kekuatan otot jari tangan misalnya mengangkat beban berat selama berjam jam, Lakukan peregangan agar terhindar dari otot yang kaku.
  • Banyak minum air putih agar pembuluh darah disekitar jari jari tangan tidak mengalami penyumbatan. Cairan tubuh yang memadai dapat melumasi bagian tendon agar tidak kehilangan minyak alaminya yang terdapat didalam tendon itu sendiri. (Baca Juga: Obat Herbal Radang Sendi)
  • Menghindari udara yang terlalu panas dengan penggunaan air es untuk mencuci tangan atau Santai diruangan Ac dengan temperatur standar atau duduk dibawah naungan pohon yang rindang . Udara yang terlalu panas dapat menyebabkan pembuluh darah sekitar jari jari menjadi melebar sehingga menekan uap uap cairan yang ada didalam tubuh yang akhirnya terjebak dijaringan kulit yang menyebabkan jari tangan jadi membengkak.
  • Hindari suhu udara yang terlalu dingin ketika jari jari tangan menunjukkan gejala pembengkakan akibat luka yang terkontiminasi dengan bakteri. Peradangan kulit tangan yang telah mendapat perawatan medis dapat menjadi semakin bengkak ketika berada pada suhu yang terlalu dingin, Karena dingin menyebabkan aliran darah menjadi lebih lambat.
  • Atur batas waktu penggunaan jari jari tangan ketika mengetik agar otot pada jari jari tidak tegang dan kaku karena kelelahan dan supaya aliran darah tetap lancar sehingga terhindar pembengkakan. (Baca Juga: Bahaya Syaraf Terjepit)
  • Mengkonsumsi minuman jahe yang ditambahkan satu batang kayu manis dan gula aren secukupnya untuk mencegah jari tangan bengkak tiba tiba. Ketiga bahan herbal tersebut dapat diseduh bersamaan dengan air panas. Dinginkan lalu disaring airnya untuk kemudian dikonsumsi satu kali sehari secara rutin. (Baca Juga: Obat Sakit Pinggang Belakang)
  • Meningkatkan asupan kalsium misalnya pada produk susu, Keju atau suplemen vitamin D guna mencegah jari tangan bengkak tiba tiba dan menghambat proses perapuhan serta penipisan kalsium dalan tulang atau persendian. Cara ini untuk mencegah tulang dan sendi termasuk pada jari jari tangan anda agar tidak mudah mengalami luka, Peradangan dan pembengkakan akibat benturan.
  • Supaya peradangan pada jari tangan tidak menyebabkan pembengkakan yang lebih berat lagi hendaknya lengan dan tangan diistirahatkan untuk tidak digunakan dulu dalam beraktivitas yang cukup menyita tenaga misaalnya mengangkat barang, Memasak , Mengetik atau kegiatan lain yang membutuh pengulangan gerakan yang sama. (Baca Juga: Penyebab Tangan Ngilu)

Pengobatan Secara Alami

1. Hydroteraphy

Hydroteraphy merupakan terapi yang dilakukan dengan menggunaka air hangat dan dingin yang tujuannya untuk menghilangkan jari tangan bengkak tiba tiba sensasi rasa panas dan nyeri akibat pembengkakan. Melancarkan sirkulasi darah dan menyemnuhakan peradangan yaitu dengan merendam Jari jari tangan pada air hangat atau dingin. (baca Juga: khasiat sayur gambas untuk kesehatan)

2. Cuka sari apel

Cuka sarin apel dapat digunakan untuk mengempiskan pembengkakan dan menghilangkan rasa nyerinya, Yaitu dengan cara mengompres cuka sari apel pada lokasi jari jari tangan yang menfalami sakit. (Baca Juga: Bahaya Susu Kaleng)

3. Kunyit

Kunyit mengandung anti radang dan bertindak sebagai anti pembengkakan yang terbukti mampu menghilangkan peardangan dan pembengkakn dari dalam dan luar tubuh. Oleskan parutan kunyit pada jari jari yang mengalami pembengkaan dan minumlah air kunyit satu kali sehari untuk pengobatan dari dalam. (Baca juga: Bahaya Susu Bubuk)

4. Jahe

Jahe memiliki kandungan anti radang yang sama manjurnya dengan kunyit namun jahe memiliki kemampuan dalam meningkatkan kekebalan tubuh secara alami sehingga mudah mencegah jari tangan bengkak tiba tiba setelah mengalami poeradngan. Balurkan parutan jahe pada jari jari yang membengkak sambil melakukan pijitan perlahan agar peredaran darah yang tersendat pada bagian jari jari tanagn dapat dinormalkan kembali. (Baca Juga:  Penyebab Jari Kaki Kram)

5. Bawang putih

Bawang putih memilki kandungan senyawa penyembuh dan pemblokir pergerakan bakteri yang paling dasyat untuk menyembuhkan peradangan dan menghilangkan efek panas pada jari jari yang mengalami pembengkakan. Haluskan bawah putih dan balurkan pada jari jari yang bengkak kemudian balutlah dengan kain tipis agar manfaatnya dapat segera dirasakan. (Baca Juga:  Obat Nyeri Sendi Lutut Tradisional)

6. Kantung teh

Ketika anda menemukan kondisi Jari tangan bengkak tiba tiba saat bangun pagi maka Kantung teh dapat dijadikan sebagai pengompres area tangan yang mengalami peradangan dan bengkak tersebut. Teh memilki antioksidan tinggi yang dapat mempercepat pengempisan pad pembengkakn dan menenangkan aliran darah. (Baca juga: Efek Samping Ampas Teh)

7. Latihan jari

Latihan jari dapat dilakukan kapan dan dimana saja karena cara mengaplikasikannya sangat mudah. latihan jari digunakan untuk peregangan otot yang kaku, Tegang dan menderita kelelahan serta dapat melancarkan kembali aliran darah yang menyempit. Bentuk sederhana dari latihan jari salah satunya adalah berupa membuka tutup jari jari tangan seolah olah seperti sedang menangkap sesuatu, Pada awalnya gerakan bisa perlahan lahan namun seiring berjalannya waktu bisa ditingkatkan pada gerakan yang lebih cepat. (Baca Juga:  Bahaya Teh Daun Jati)

8. Pijat minyak hangat

Pemijatan menggunakan minyak kelapa murni atau zaitun yang sebelumnya telah dihangatkan untuk pengolesaan pada jari tangan bengkak tiba tiba dan pada pergelangaan tangan yang menderita peradang yang disertai pembengkakan. Pemijatan yang benar dapat mempercepat proses penyembuhan jari jari. Halm ini dapat anda lakukan sendiri dengan cara mempelajari terlebih dahulu simpul simpul penting yang ada pada jaringan persendian jari jari tangan. (baca Juga:  Efek Samping Daun Kelor)

9. Larutan garam epsom

Garam epsom mengandung magnesium sulfat yang bermanfaat untuk meredakan peradangan yang menimbulkan rasa nyeri dan mengempiskan pembengkakan pada jari tangan relatif lebih cepat. Merendam jari jari tanagn yang luka, IritasI, bengkak, Meradng Ataupun mencul nanah bisa direndam didalam larutan garam epsom selama 20 menit atau lebih. (baca juga:  Penyakit Tangan Berlubang)

10. Daun pacar kuku

Gunakan daun pacar kuku untuk mengobati pembengakakn yang terjadi pada area tangan. Daun pacar kuku dapat ditambahkan gula aren kemudian dihaluskan secaa bersamaan lalu beri beberapa perasan air jeruk nipis. Ramuan tradisional ini dapat digunakan untuk mengompres jari jari tangan yang sedang membengkak dengan balutan kain kasa yang dibiarkan selama 3 jam setelah itu bisa diganti dengan daun pacar kuku yang baru agar hasilnya maksimal. (Baca Juga: Cara Penyembuhan Patah Tulang Paha)

11. Buah nanas

Buah nanas mengandung zat bromelain yang dapat meluruhkan kadar protein penyebab penggumpalan cairan darah pada jaringan tubuh anda akibat memar yang timbul pembengkakan. Kondisi ini karena benturan, Tindihan atau hantaman benda berat pada bgian jari tangan. Haluskan buah nans untuk kemudian dilumuri pada tangan yang terjadi pembengkakan. (Baca Juga: Obat Nyeri Sendi Tangan)

12. Buah pepaya dan seledri

Haluskan daging buah pepaya bersama seledri da buatlah seperti masker wajah. Kedua bahan herbal ini dapat memberikan efek mendinginkan otot yang cedera, Mengempiskan pembengkakan dan mengobati memar yang terjadi pada bagian tubuh yang terkena luka dalam yang menyebabkan memar tendon. Ramuan bisa dilumuri pada luka yang telah mengering tetapi muncul pembengkakan misalnya pada jari jari tangan . (Baca Juga:  Obat Herbal Nyeri Sendi)

13. Sinar matahari

Gunakan sinar matahari pagi untuk mengobati pembengkakan akibat luka yang meradng atau memar akibat hantaman atau benturan keras yang mengenai jari jari tangan. Jemurlah pada matahari pagi secara rutin. Karena sinar matahari mampu menghilangkan bilirubin penyebab memar dan bengkak. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kekurangan Kalsium  )

14. Es batu

Balutlah sebongkah es batu ukuran kecil dengan kain tipis untuk mengompres bagian jari tangan yang membengkak. Es batu mampu meregangkan penyempitan pada pembuluh darah dan mempercepat proses pengempisan bengkak dan menghilangkan rasa nyeri pada malam hari.  (Baca Juga: Efek Samping Daun Sirsak)

15. Umbi tanaman keladi

Umbi tanaman keladi atau sering disebut talas memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh yaitu berupa protein, Fosfor, Kalsium, Zat besi, Vitamin A yang dikendalikan oleh zat betakaroten dan vitamin C yang cukup tinggi. Untuk pengobatan diluar tubuh umbi keladi dapat mengobati radang dan pembengkakan pada jari jari tangan relatif lebih cepat . Ambillah 15 gr umbi keladi Bersihkan lalu tumbuklah hingga setengah halus untuk kemudian balurkan pada jari jari yang sakit dan biarkan sampai mengering . Setelah itu bisa dibalurkan lagi ramuan keladi yang baru. (Baca Juga: Bahaya Makan Manggis)

Pengobatan Secara Medis

1. Salep arnica

Salep arnica adalah obat oles yang diformulasikan khusus untuk mengobati pembengkakan akibat luka memar hasil dari hantaman Benturan atau terjatuh dari tempat yang tinggi. Salep arnica mengandung bahan aktif yang menyembuhkan memar dan bengkak yaitu Glyceryl monostearate + Macrogol stearate, Theobrom oil, Glycerol, Apricot cernel oil, Cetossteary alcohol, Cetyl palmitate dan sebagainya. Salep ini dapat mudah ditemukan diapotek dan toko obat diseluruh nusantara. Obat anti infalamasi ini mampu pula memperbaiki jaringan lunak yang robek akibat memar yang diikuti dengan pembengkakan. (baca juga: olahraga untuk diet)

2. Injeksi suntikkortiko steroid

suntik steoid atau injeksi suntikkortiko steroid adalah metode pengobatan yang efektif untuk meredakan nyeri dan menyembuhkan pembengkakan termasuk bengkak pada jari tangan. Suntik steroid bersifat anti peradangan dan anti alergi. Metode ini cocok untuk mengatasi pembengkakan yang disebabkan radang sendi dan iritasi pada otot tendon. (Baca juga: Obat Radang Sendi)

3. Obat slow-acting

Obat slow- acting merupakan obat pereda rasa sakit efektif untuk jari tangan bengkak tiba tiba yang didalamnya terkandung senyawa emas, Penissilamin, Hydroxycloroquinine dan sulfat salazine yang hanya diberikan pada penderita peradangan dan pembengkakan termasuk pada jari tangan yang telah parah yang tidak mengalami peningkatan kesembuhan setelah diberikan obat anti peradangan non-steroid selama lebih dari 2 bulan. (Baca Juga: Gejala Asam Urat pada Kaki )

4. Obat Imunosupresif

Obat imunosupresif jenis cylophosphamide adalah obat manjur menyembuhkan jari tanagan bengkak tiba tiba atau pembengkakan yang disebabkan arthritis rematoid parah yang tujuannya untuk menekan peradngan sehingga bisa mempercepat pengempisan pembengkakan. (Baca Juga: Pengobatan Asam Urat)

5. Obat non-streroid

Aspirin dan ibuprofen merupakan obat jenis non steroid yang mampu mengatasi jari tangan bengkak tiba tiba karena dapat mengurangi rasa sakit dan meredakan pembengkakan pada sendi dengan cepat. Obat tersebut adalah obat untuk mengatasi masalah arthritis rematoid yang masih tahap ringan yang memilikin efek buruk pada pencernaan dan telinga menjadi berdenging ketika dikonsumsi lebih darai 325 miligram perharinya. Anda bisa segera menggunakannya tetapi harus sesuai dengan anjuran dokter yang terkait. (Baca juga: Perbedaan Sakit Asam Urat dan Rematik)

6. Teknik osteopath atau Chiopractor

Teknik osteopath atau chiopractor merupakan pengobatan yang diberikan oleh para dokter bagian tulang dan saraf atau ahli ortopedi yaitu dengan cara memanipulasi sendi manual dan memperbaiki posisi sendi jari tangan yang keseleo dan mengalami pembengkakan yang masih pada tahap awal. Manipulasi sendi manual tersebut tidak dianjurkan diberikan pada tulang yang mengalami keretakan, Patah, Infeksi dan Peradangan karena rematik.

You may also like