18 Daftar Pantangan Penderita Usus Turun

Kasus usus turun paling sering menyerang kaum pria daripada wanita. Dimana kondisi tersebut disebabkan karena kaum pria lebih banyak berinteraksi dengan aktivitas berat yang sebenarnya rentan menjadi pemicu munculnya masalah pada jaringan usus.

Baca juga:

Pantangan usus turun

1. Mengurangi kafein

Minuman berkafein misalnya teh dan kopi yang dikonsumsi secara berlebihan dan jangka panjang sangat berbahaya bagi penderita turun berok atau usus turun, Karean kafewin dapat menyebabkan peradangan pada dinding usus dan melemahkan fungsinya serta menurunkan kualitas kekuatan dari otot perut sehingga seseorang beresiko terserang usus turun.

Baca juga :

2. Menjauhi lemak jenuh

Makanan berlemak atau yang mengandung lemak jenuh seperti jenis gorengan, Makanan bersantan atau jenis junkfood sangat tidak dianjurkan bagi penderita usus turun karena dapat menyebabkan jaringan usus semakin melemah dan meningkatkan munculnya peradangan sekitar rongga perut sehingga akan memnperlambat proses penyembuhan.

Baca juga:

3. Hindari alkohol

Alkohol bersifat melukai, Menggerus dan membakar yang dapat mencederai dinding usus dan melemahkan fungsi otot perut sehingga penderita usus turun akan mengalami kesulitan untuk proses penyembuhan dalam waktu yang cepat.

Baca juga:

4. Berhenti merokok

Nikotin dalam asap rokok mampu melukai jaringan usus dan menekan asaraf serta otot jaringan perut pada penderita usus turun. Seain menyebabkan usus akan semakin turiun dapat pula menyebabkan rasa nyeri pada bagian bawah perut.

Baca juga:

5. Hindari makanan pedas

Makanan yang terlalu pedas dapat merangsang terjadinya luka yang berlanjut menjadi peradangan pada dinding usus dan dapat menyebabkan usus jadi berlubang dan mengalami kelemahan fungsi yang akhirnya memicu usus menyembul keluar dari posisinya dan menekan otot perut hingga menyebabkan kelemahan fungsi.

Baca juga:


6. Hindari makanan terlalu asam

Makanan yang terlalu asam baisanya mengandung asam klorida yang sdapat merusak jaringan organ perut dan melukai dinding usus. Asam klorida pada makanan mampu melemahkan kekuatan dinding usus secara bertahap hingga membuatnya mudah terdorong keluar ketika otot perut ikut melemah.

Baca juga:

7. Hindari makanan terlalu manis

Makanan terlalu manis bukan hanya berbahaya bagi kestabilan insulin didalam tubuh teetapi kadar gula yang berlebihan juga ternyata bisa mempengaruhi fungsi otot perut dan kesehatan usus. Penumpukan gula pada dinding usus atau otot otiot sekitar rongga perut dapat menyebabkan kinerja usus atau otot perut menjadi terhambat. Keadaan ini dapat melemahkan otot perut dan jaringan usus jika tidak segera diobati.

Baca juga:

8. Hindari minuman bersoda

Minuman bersoda memang nikmat rasanya, Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan pada penderita usus turun maka dinding usus kana mendapat tekanan dan desakan dari efek soda yang sebenarnya mampu menggerus dan melukai jaringan serta melumpuhkan kekuatan usus , Sehingga fungsinya akan semakin berkurang dan memicu usus akan semakin menyembul keluar dan menyebabkan jaringan perut terasa nyeri dan melilit.

9. Kurangi aktivitas berat

Pada penderita usus turun sebaiknya mengurangi segala kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan beban berat. Tidak mengangkat beban terlalu berat dapat meningkatkan kekuatan otot perut dan menjaga usus tetap kuat.

10. Hindari olahraga berlebihan

Olahraga yang dilakukan tanpa adanya peregangan dan metode penggunaan durasi yang seimbang dengan kondisi tubuh maka dapat menuyebabkan sesorang penderita usus turun kesulitan untuk sembuh. Olahraga yang berlebihan menyebabkan ketegangan otot perut yang nantinya menekan dinding usus berulang ulang, Kondisi ini memicu posisi usus akan semakin turun.

11. Menjaga berat badan

Obesitas adalah salah satu pemicu munculnya kasus usus turun atau turun berok pada pria dan wanita dari segala usia. Tubuh yang terlalu gemuk menghasilkan lemak berlebih yang menyebabkan kekuatan otot perut dan usus terganggu dan melemahkan kinerjanya.

Baca juga:

12. Hindari mengejan saat sembelit

Ketika penderita usus turun mengalami sembelit sebaiknya mengkonsumsi buah buahn yang tidak mengandung gas atau alkohol atau sayuran hijau yang kaya serat agar sembelit dapat diatasi. Sembelit merupakan kondisi dimana seseorang biasanya mengejan saat buang air besar. Pantangan usus turun ada;ah mengejan terlalu keras , Karena dapat merusak otot jaringan perut dengan cepat dan menghasilkan desakan serta penekanan yang kuat terhadap usus hingga menyebabkan usus keluar dari tempat asalnya.

Baca juga:

13. Cukup minum air putih

Ketika penderita usus turun mengalami dehidrasi akibat kekuarngn cairan maka jaringan otot perut akan menjadi lebih mudah mengalami luka dan peradngan akibat serangan bakteri atau radikal bebas. Ketika terbentuk luka dan peradngan maka saat itu otot perut akan melemah dan menurunkan kekuatan usus menjadi mudah untuk turun dari tempatnya. Pantangan usus turun yang paling sederhana adalah tubuh tidak boleh kekurangan cairan dalam keadaan apapun.

Baca juga:

14. Hindari penggunaan Saxophone dan meniup balon

Hindari penggunaan jenis alat musik asxophone secara berlebihan atau terlalu sering meniup balon dengan mengggunakan mulut. Kondisi ini sangat membutuhkan tenaga dan dorongan dari rongga perut yang melibatkan otot perut dan jaringan usus untuk ikut menekan terkumpulnya udara melalui mulut. Kondisi ini adalah pantangan usus turun yang harus diperhatikan pada semua penderita hernia atau turun berok karena dapat melemahkan otot perut dan mendesak usus menjadi lebih turun.

15. Menahan kencing

Penderita usus turun sebaiknya tidak membiasakan diri menahan kecing apapun alasannya, Karena urin yang seharusnya segera dikeluarkan akan menyebabkan dinding usus mendapat tekanan berulang ulang dan memaksa otot perut untuk terus menahan beban air kencing sehingga otot perut bisa menjadi lemah. Menahan kencing adalah pantangan usus turun yang seringkali dianggap sepele padahal berdampak buruk bagi kesehatan organ kandung kemih dan otot perut.


Baca juga:

16. Hindari kegiatan ekstrem

Kegiatan berbahaya yang menjadi pantangan usus turun adalah kegiatan ekstrem berupa panjat tebing, mendaki gunung, Arum jeram, Latihan tinju, Angkat besi dan lain lain dapat menyebabkan otot perut mendapat penekanan terus menerus hingga pada titik tertentu akan mengalami kelemahan yang nantinya bisa mempengaruhi kestabilan kinerja usus.

17. Memakai celana dalam yang tepat

Penderita usus turun sebaiknya menggunakan celana dalam dengan bentuk dan ukuran nyang sesuai dengan lingkar pinggul agar dapat terasa nyaman dan tidak menekan jaringan perut bagian bawah. Penggunaan celana dalam yang tepat dapat melindungi jaringan perut termasuk dapat menahan otot perut agar tetap kuat dalam kondisi tetap diatas dan stabil sehingga usus juga bisa tetap dalam kondisi yang normal.

18. Hindari tangga yang terlalu tinggi

Salah satu pantangan usus turun adalah turun dan menaiki tangga dengan porsi tangga yang terlalu tinggi secara berlebihan. Kondisi ini dapat menekan otot perut berulang ulang pada penderita usus turun. Hal ini sangat mudah menyebabkan usus menyembul keluar dalam intensitas yang lebih besar sehingga diperlukan tindakan medis atau bahkan tindakan pembedahan (operasi)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 21st, August 2017 / 07:08 Oleh :
Kategori : Hernia