17 Olahraga Penderita Hernia Yang Wajib Diketahui

Olahraga penderita hernia atau turun berok merupakan langkah terbaik yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi otot perut yang mengalami kelemahan fungsi. Penderita hernia pria maupun wanita sejatinya memiliki gejala yang tidak sama terlepas apa dan bagaiman aktivitas atau kebiasaan sehari hari yang dilakukan.

Penyebab

• Aktivitas berat

Aktivitas berat bukan hanya bertumpu pada pekerjaan angkat mengangkat barang saja tetapi bisa berlaku pada olahraga yang beresiko bisa melemahkan otot perut misalnya olahraga yang dilakukan secara berlebihan atau tindakan olaharga yang memiliki bahaya tersendiri misalnya tinju, Angkat besi dan sebagainya.

• Obesitas

Kegemukan merupakan salah satu penyebab seseporang terkena hernia atau turun berok. Karena ketika tubuh sudah terlalu gemuk maka akan terbentuk penumpukan lemak diberbagai sudut organ tubuh termasuk area rongga perut bagian bawah, Akibatnya menghambat aliran darah serta melemahkan fungsi otot perut.

• Sembelit

Berhati hatilah jika anda sembelit, Hendaknya tidak mengejan untuk memaksa tinja untuk keluar. Tinja yang bisa keluar akibat sembelit dapat menekan dinding rongga perut dan merusak otot perut sehingga organ dalam terdesak sedermikian kuatnya lalu mengakibatkan buah zakar menyembul keluar dariu posisi normalnya (pada pria)

Baca juga:

• Batuk kronis

Seseorang yang menderita batuk menahun atau kronis dapat mengalami masalah pada bagian buah zakarnya atau wanita pada dinding rahimnya. Batuk seringkali menyebabkan tekanan dan desakan terus menerus pada otot perut sehingga otot dapat melemah Tidak stabil dan kehilangan kemampuannya menopang buah zakar atau rahim.

• Diare akut

Diare yang terus menerus juga bisa melemahkan jaringan rongga perut termasuk otot perut. Otot perut dipaksakan untuk terus merespon dan mengontrol debit cairan yang keluar (feses).Ketika otot kelelahan maka akan muncul proses penurunan kualitas kekuatan dari otiot itu sendiri.

Baca juga:

• Faktor usia

Banyak pria yang mengalami hernia atau turun berok dalam usia usia diatas 40 tahun. Jenis kelamin yaitu gender pria dengan usia lanjut adalah yang mudah mengalami kelemahan pada otot perutnya ketika seseorang melakukan aktivitas mengangkat beban, Hal ini karena semakin tua usia pria maka secara alami elastisitas dari otot perut akan menurun dengan sendirinya.

• Berdiri terlalu lama

Berdiri berjam jam yang dilakukan dalam jangka panjang dapat melemahkan otot perut. Karena ketika sedang berdiri maka otot perut di haruskan menahan beban tubuh bagian atas dan membiarkan rongga perut dalam kondisi turun karena tidak adanya penyangga alami atau perlindungan (ketika duduk maka bagian perut bawah akan ditahan oleh lipatan perut)

• Setelah melahirkan

Wanita yang habis melahirkan secara normal maka akan mengalami perubahan secara alami pada rahimnya. Rahim yang semula berisi janin maka akan kosong dan ringan sesaat janin berhasil dikeluarkan. Rahim yang telah kosong akan mengalami kekenduran dan mendesak dinding serta jaringan otot perut untuk turun lebih dalam lagi.

Sebaiknya segera merawat dan menjaga rahim agar tidak mengalami kekenduran dan mudah turun dengan cara mengkonsumsi jamu khusus, Tidak banyak berdiri dan melakukan bebat rahim yaitu mpenggunaan kain panjang lembut bertujuan untuk mengangkat perut lebih ke atas untuk mempertahankan posisi rahim agar tetap stabil.


Olahraga penderita hernia

Bagi yang telah mengalami hernia atau turun berok maka tidak selalu berakhir dengan operasi namun masih bisa dilakukan cara lain yang lebih aman, Diantaranya:

1. Yoga klasik

Yoga merupakan olahraga yang menggunakan kestabilan, Kelembutan dan keharmonisan gerakan yang bisa memperkuat otot perut agar hernia bisa disembuhkan atau mencegah agar kasus turun berok tidak terulang kembali dimasa yang akan datang.

• Gaya sarvangasana

Berbaring dengan tubuh yang terlungkup tetapi kedua tangan dalam posisi berada lurus disamping pinggang. Tru tangan agar tetap menyentuh bagian lantai.tekuk siku agar keadaan kedua tangan tetap stabil lurus. Posisi kedua kakai dibiarkan lurus ke atas.

• Gaya halasana

Terlentang dan arahkan bokong kesamping kiri ataupun kanan kemudian angkat kedua kaki secara bersamaan kelantai dan tanpa memberika tekanan apapun pada kedua tangan.Gerakan kaki yang turun harus bisa melewati kepala hingga jempol kaki dipastikan menyentuh lantai.

• Gaya sapta vajrasana

Duduklah dengan membiarkan siku tertekuk dengan sudut meruncing seperti huruf V kebelakang dan letakkan perlahan kepala dilanmtai. Kemudian tubuh dibungkukan tetapi lutut dalam posisi menyentujh atau ada dilantai.

• Gaya vipareetkarari mudra

Cara olahraga penderita hernia ini hampir sama mengaplikasikann nya seperti gaya sarvangana yang mengandalkan kondisi kaki dan tangan membentuk sudut hanya 45 derajat saja, Sedangkan pada gaya vipareetkarari mudra dibutuhkan sudut tangan dan kaki sebesar 90 derajat.

Baca juga:

2. Aerobik

Aerobik merupakan olahraga yang memusatkan dan memberdayakan pada gerakan gerakan yang cepat, Terorganisir dan dinamis. Aerobiuk menyerupai senam tetapi bisa diaplikasikan dengan musik atau tanpa musik.Gerakan gerakan aerobik mampu memperkuat otot perut dan melancarkan aliran darah sekitar area rongga perut.

3. Jalan santai

Jalan santai adalah salah satu olahraga penderita hernia yang cocok dilakukan oleh segala umur atau bahkan pada penderita yang telah lanjut usia. Jalan santai yang dilakukan dengan teratur dengan pencapaian tenggat waktu yang telah ditargetkan dapat menjaga otot perut tetap kencang dan kuat. Bahkan bagio pendeeriyta hernia, Otit akan terlatih semakin kuat secara bertahap.

Baca juga:

4. Happy baby pose

Happy baby pose merupakan salah satu olahraga penderita hernia yang ampuh mengatasi seputar masalah rongga perut misalnya turun berok. Gaya olahraga happy baby pose adalah dengan mengangkat kedua kaki lalu kedua kaki disilangkan lalu gunakan kedua tangan untuk mendekap kedua lutut kaki, Sedangkan kepala diangkat keatas sedikit. Pertahankan posisi tersebut beberpa menit lalu diulangi kembali.

5. Up dog yoga

Up yoga adalah jenis olahraga penderita hernia yang bisa diaplikasikan dengan sederhana oleh segala usia karena hanya bertumpu pada penggunaan kedua tangan sebagai peyangga tubuh. Up dog yoga dapat mencegah tubuh membungkuk, Memperkuat otot perut dan memperbaiki jaringan organ reproduksi. Caranya berbaring terkurap lalu angkat tubuh perlahan tetapi biarkan kedua kaki tetap lurus menyentuh lantai dan jangan diangkart. Buatlah tubuh bagian atas membentuk setengah lingkaran kebelakang dengan kepala didongakkan keatas. Perlu diperhatikan bahwa posisi kedua telapak tangan tetap menyentuh lantai.

6. Meditasi dan pernafasan

Meditasi yaitu duduk bersila ditempat yang hening dan memiliki aroma ruangan yang harum (anda dapat menggunakan pewangi ruangan dari pemggunaan aroma terapi). Kemudian fokuskan pikiran pada hal hal yang menenangkan dan berpusat pada pikiran yang kreatif. Ambilah udara melalui romgga hidung dengan irama pernafasan yang perlahan tetapi tetap ter arah dan konsisten, Kemudian buanglah udara secara perlahan pula melalui rongga mulut.

Baca juga:

7. Bersepeda

Bersepeda santai dipagi hari merupakan aktivitas yang menyehatkan dan menyenangkan karena bukan saja seluruh tubuh bergerak dan mendapatkan pergantian oksigen baru tetapi dapat meningkatkan kualitas kekuatan saraf saraf dan otot bagian perut.

8. Mengangkat dan meletakkan kaki pada dinding

Berbaring santai lalu mengangkat kedua kaki untuk kemudian diletakkan pada dinding dan diamkan beberapa menit atau 30 menit adalah salah satu olahraga penderita hernia yang aman dan dapat meringakan rasa nyeri pada hernia serta mampu memperbaiki otot perut agar semakin kencang dan kembali pada posisinya semula.

9. Meremas dan menahan bantal

Letakkan kedua kaki lebih tinggi dari kepala lalu tekuklah kedua lutut diantara bantal yang dijepit secara perlahan lalu tahanlah bantal tersebut beberapa saat sambil meremas bantal untuk kemudian disesuaiakan dengan menarik nafas panjang perlahan lalu menghembuskannya melalui mulut.

10. Berenang

Berenang adalah olahraga penderita hernia yang terbukti aman karena berat air mampu mendesak dan menahan posisi buah zakar pada pria dan otot rahim pada wanita terdorong kuat keatas dan meningkatkan sirkulasi darah diarea perut dan menyebabkan organ perut tetap stabil pada posisinya.

Baca juga:


11. Jalan santai

Jalan santai dengan pemakaian durasi waktu yang teratur dapat meningkatkan elastisitas persendian dibagian pinggul dan mampu memperbaiki fungsi otot yang mulai melemah pada penderita hernia.

12. Lari santai

lari santai yang dilakukan dengan gerakan yang teratur dengan kecepatan yang telah ditetapkan maka dapat meningkartkan aliran darah dan memperkuat saraf saraf dan bagian otot diarea rongga perut. Lakukan lari dengan santai dan tidak terburu buru. Jangan kerahkan tenaga terlalu berlebihan, Jika tubuh terasa lelah, Khususnya pada usia lanjut, Maka berhentilah sejenak.

13. Sit-up

Sit-up merupakan olahraga penderita hernia yang bisa menyembuhkan turun berok yang diderita segala usia. Duduklah dilantai dengan kedua kaki ditekuk setengah membentuyk huruf v terbalik. kedua telapak kkai tetap menyentuh lantai. Letakan kedua telapak tangan dibelakang kepala lalu gerakkan tubuh kekiri dan kekanan dengan hitungan yang telah diatur sebelumnya. Atau letakkan kedua telapak tangan pada bagian belakang kepala lalu ayunkan tubuh kebelakang hingga punggung menyentuh lantai lalutarik tubuh kerah depan hingga hidung menyentuh lutut. Lkaukan berulang kali dan secara teratur.

Baca juga:

14. Menggunakan treadmill

Berjalan ditempat tidak atau dengan menggunakan treadmill dapat meningkatkan kekuatan dari fungsi otot serta saraf saraf tubuh termasuk otot perut. Jalan ditemnpat sama besar manfaatnya dengan jalan santai yang dilakukan diluar rumah. Cara ini dapat membantu para penderita hernia yang tidak mau melakukan kegitan olahraga diluar ruangan saat hujan turun atau cuaca sedang ekstrem.

15. Angkat kaki berulang ulang

Mengangkat kedua kaki bisa dilakukan dalam posisi duduk atau terlentang Sebelum tidur atau setelah bangun tidur. Sebelumnya anda sehrusnya minum air putih dulu untuk kemudian tubuh terlentang atau posisi duduk lalu angkatkan kedua kaki secara berulang ulang. Jika terlentang kaki harus ditekuk, Jika dalam posisi duduk angkatlah kaki semampu anda bisa tetapi kedua tangan tetap ada dilantai.

16. Mengayuh kaki sambil terlentang

Mengayuh kaki sambil tidur terlentang seakan akan anda sedang dalam keadaan bersepeda adalah olahraga penderita hernia yang baik dan dianjurkan bagi lanjut usia. Sebagian para lanjut usia mengalami masalah karena mudahnya tubuh mereka terserang kelelahan ketika memakai sepeda diluar lingkungan rumah akibat gradasi tanah yang tidak rata. Mengayuh kaki sambil terlentang adalah solusi terbaik untuk menggantikannya.

17. Posisi tubuh segaris lurus dengan dinding

Salah satu olahraga penderita hernia yang sedikit sulit dilakukan tetapi ampuh menyembuhkan gejala hernia adalah posisi tubuh segaris lurus dengan dinding. Bagaimana caranya?
Angkatlah tubuh setinggi mungkin hingga membentuk angka satu yang lurus dan segaris atau menyentuh dengann dinding. Gunakan kedua tangan untuk menopang beban tubuh. Gunakan tangan untuk mengangkat tubuh secara perlahan ke arah atas. Diamkan beberapa saat sebelum anda kembali menurunkan tubuh, Kemudian ulangi lagi gerakan tadi. Lakukan secara teratur cara ini maka hernia bermasalah akan mudah diatasi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 20th, August 2017 / 02:45 Oleh :
Kategori : Hernia