16 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Dimalam Hari Paling Ampuh

Mengantuk merupakan salah satu kondisi yang dapat menyerang siapa saja baik orang dewasa anak kecil bahkan orang tua. Mengantuk merupakan salah satu kondisi dimana seseorang merasakan Mata terasa berat menguap secara berlebihan dan ingin tidur. Mengantuk merupakan salah satu hal yang manusiawi yang dapat dirasakan oleh semua orang baik pada pagi hari siang hari ataupun malam hari. Mengantuk dapat terjadi karena seseorang kurang tidur merasakan kecapean dan juga karena seseorang mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Seseorang yang mengalami rasa kantuk secara berlebihan akan merasakan Badan terasa lemas dan konsentrasi menurun.

Rasa kantuk yang dirasakan pada siang hari sangatlah mengganggu seseorang beraktivitas. Untuk itu anda perlu tidur secara teratur sesuai dengan yang dianjurkan dan menghindarkan diri dari kecapean yang berlebih. Selain pada siang hari kenyataannya rasa kantuk sering muncul pada malam hari. Hal ini akan sangat mengganggu seseorang yang sering melakukan aktivitas lembur atau melakukan aktivitas-aktivitas pada malam hari. Untuk itu alangkah lebih baik jika kita mengetahui beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi atau mengatasi rasa kantuk pada malam hari. Adapun beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa kantuk pada malam hari adalah sebagai berikut.

Menghilangkan rasa kantuk pada malam hari

Cara menghilangkan rasa ngantuk di malam hari sangat gampang, ada beberapa kebiasaan atau aktivitas sederhana yang dapat dilakukan.

1. Hindari makanan berkarbohidrat

Mengkonsumsi Makanan yang mengandung karbohidrat akan membuat anda merasa ngantuk. Untuk itu jika anda akan melakukan aktivitas pada malam hari Anda dianjurkan untuk menghindari makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi.

2. Mencuci muka

Mencuci muka biasanya dilakukan oleh seseorang agar terhindar dari rasa kantuk saat melakukan aktivitas pada malam hari. Bagi anda yang akan melakukan aktivitas pada malam hari seperti mengerjakan tugas atau belajar Anda dapat mencuci muka terlebih dahulu. Agar anda merasa lebih segar dan berkonsentrasi saat belajar atau mengerjakan tugas. Ternyata dengan mencuci muka juga dapat merupakan cara meningkatkan kinerja otak karena membuat muka fress dan segar sehingga tidak Stress

3. Melakukan sikat gigi

Selain cuci muka anda dapat melakukan sikat gigi terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas pada malam hari seperti belajar atau mengerjakan tugas. Dengan melakukan cuci muka dan sikat gigi sebelum belajar akan membuat Anda terasa lebih segar. Kondisi tersebut akan membantu untuk meningkatkan semangat belajar pada diri Anda. Anda juga dapat melakukan cuci muka kembali ketika di sela-sela anda mengerjakan tugas atau belajar rasa kantuk muncul kembali.

Baca juga : cepat lelah  – Kelelahan otot

4. Beristirahat sejenak

Beristirahat sejenak juga merupakan salah satu cara untuk menghindari rasa ngantuk yang anda Derita. Belajar terus menerus atau mengerjakan sesuatu secara terus-menerus dapat memicu terjadinya rasa kantuk pada diri Anda. Untuk itu dengan beristirahat sejenak akan membantu Anda terhindar dari rasa bosan dan rasa lelah pada tubuh. Rasa bosan dan rasa lelah pada tubuh merupakan salah satu pemicu seseorang mengantuk. Selain beristirahat sejenak lakukan pula terapi air putih agar  tidak cepat lelah dan tidak mudah mengantuk.


5. Tarik nafas

Saat anda melakukan aktivitas pada malam hari dan anda sudah merasakan lelah dan mengantuk Anda dapat mencari udara segar di luar ruangan. Dengan menghirup udara segar akan membantu untuk meningkatkan kadar oksigen di dalam darah. Sehingga dengan melakukan hal tersebut akan membantu anda untuk terhindar dari rasa kantuk yang muncul.

Baca juga : sesak nafas–  cara agar nafas panjang saat berlari

6. Mengkonsumsi makanan tinggi protein

Mengkonsumsi Makanan Tinggi Protein juga dapat dilakukan untuk mengatasi rasa kantuk pada malam hari.

Baca juga : bahaya junk foodbahaya makanan asin

7. Melakukan senam yoga

Melakukan selingan senam atau Yoga juga dapat membantu untuk mengatasi rasa kantuk yang anda Derita. Yoga memang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga pikiran. Salah satunya adalah dengan melakukan yoga dapat memperlancar suplai oksigen ke otak sehingga anda tidak mudah merasakan kantuk.

8. makan makanan ringan

Sediakan makan makanan ringan yang anda sukai sebagai salah satu teman Anda lembur. Namun hindari untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung karbohidrat. Karena makanan-makanan yang mengandung karbohidrat atau makanan makanan yang mengenyangkan akan membuat anda merasa lebih cepat mengantuk. Selain makan makanan ringan tambahakan pula makanan kaya serat pada camilan anda

9. Duduk tegak

Ketika anda sedang belajar atau bekerja di malam hari usahakan untuk tetap duduk tegak. Posisi tengkurap atau lesehan akan memicu terjadinya kantuk pada diri Anda.

Baca juga : anemia

10. Menguatkan niat

Niat merupakan salah satu hal yang paling utama, untuk itu agar anda dapat terhindar dari rasa kantuk pada malam hari Anda harus menguatkan niat pada diri Anda. Ketika anda telah menguatkan niat pada diri Anda halangan halangan apapun seperti rasa kantuk pastinya akan segera hilang.

Baca juga : kelainan yang terjadi pada mata

11. Menempelkan es batu di dahi

Jika anda memiliki es batu Anda dapat terapi rasa ngantuk pada malam hari dengan cara menempelkan es batu pada dahi. Terapi yang satu ini memang agak merepotkan namun dengan menempelkan es batu pada dahi akan membantu refleksi otak dan menyegarkan pikiran. Bagi Anda yang melakukan lembur di kantor anda dapat mengkonsumsi minuman dingin. Selaini meredakan ngantuk, ia juga mampu untuk cara mengatasi stress

12. Menyalakan musik

Kondisi yang sepi dan sunyi memang menjadi salah satu faktor seseorang merasakan ngantuk. Untuk itu agar anda dapat terhindar dari rasa kantuk pada malam hari, Anda dapat menjadikan musik sebagai teman Anda lembur. Selain itu Anda juga dapat sesekali bernyanyi agar rasa ngantuk segera hilang.

Baca juga : cara mengatasi depresi pada anak

13. Minum kopi

Mengkonsumsi kopi merupakan salah satu cara untuk menghindari rasa kantuk pada malam hari. Untuk itu bagi Anda yang suka dengan kopi Anda dapat menjadikan kopi sebagai teman lembur anda.

Baca juga  kopi bagi penderita penyakit liver

14. Minum air putih

Selain mengkonsumsi kopi mengkonsumsi air putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa ngantuk. Mengkonsumsi air putih dapat dilakukan bagi Anda yang tidak suka mengkonsumsi kopi, Selain itu mengkonsumsi air putih juga lebih direkomendasikan daripada mengkonsumsi kopi karena air putih jauh lebih sehat dibandingkan dengan kopi. Mengkonsumsi air putih dilakukan untuk menghindari dehidrasi ringan yang menyebabkan rasa ngantuk.

Baca juga : diet air putih


15. Ajak teman

Jika anda memiliki teman yang sama-sama melakukan aktivitas pada malam hari alangkah lebih baiknya Ketika anda mengajak teman tersebut. Dengan mengajak teman Anda dapat sesekali melakukan obrolan tertentu pada teman Anda sehingga suasana tidak menjadi sepi. Biasanya suasana yang sepi akan membuat seseorang mudah mengantuk untuk itu mengajak teman untuk melakukan lembur pekerjaan atau belajar pada malam hari juga dapat menjadi salah satu rekomendasi agar anda terhindar dari rasa kantuk.

16. Mengunyah permen

Mengunyah permen karet juga dapat anda lakukan ketika anda merasakan kantuk pada malam hari. Mengunyah permen sangat direkomendasikan untuk seseorang yang ingin bekerja lembur ataupun melakukan aktivitas pada malam hari. Karena dengan mengunyah permen tidak akan membuat seseorang merasa kenyang. Ketika seseorang merasa kenyang biasanya akan merasakan mengantuk, untuk itu bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas pada malam hari maka anda dapat mengunyah permen sebagai salah satu alternatif untuk menghindari rasa kantuk pada malam hari.

17. Tidur siang

Ketika seseorang akan melakukan aktivitas pada malam hari baik belajar maupun lembur pekerjaan Anda dianjurkan untuk melakukan tidur siang. Dengan melakukan tidur siang yang cukup akan membantu Anda terhindar dari rasa kantuk pada saat melakukan aktivitas pada malam hari. Melakukan tidur siang yang cukup juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengembalikan otak dalam keadaan fresh dan segar. Tidur memang sangat diperlukan agar tidak mudah mengantuk, salahs atu sebab mengantuk adalah efek tidak tidur 3 hari

Setelah beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika anda mengalami rasa kantuk pada malam hari. Melakukan pekerjaan pada malam hari sangatlah wajar dilakukan oleh seseorang yang bekerja ataupun oleh pelajar yang sedang belajar atau akan ujian. Bagi Anda yang sering melakukan kegiatan pada malam hari dan menyebabkan Anda tidur terlalu larut malam harus mencukupi kebutuhan tubuh dengan extra. Selain itu alangkah lebih baiknya Ketika anda tidak melakukan hal-hal tersebut secara berlebihan. Karena tidur larut malam secara terus-menerus tidak baik bagi kesehatan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Cara Hidup Sehat