20 Cara Agar Tidak Berpikiran Negatif Terhadap Orang Lain

Cara agar tidak berpikir negatif merupakan langkah mengubah pandangan buruk pada sesuatu yang berkaitan dengan diri sendiri dan orang lain. Berpikir negarif adalah sifat dasar dari manusia yang dipengaruhi oleh kebiasaan dan gaya hidup tetapi masih dapat berubah menjadi positif ketika diri sendiri telah berhasil menemukan pemahaman yang bersifat rasional dari apa yang telah membuatnya menjadi berpikiran buruk.

Penyebab dan cara agar tidak berpikiran negatif :

1. Tidak memahami kekurangan diri sendiri

Seseorang yang selalu merasa benar dan merasa marah ketika dilkalahkan oleh pendapat dan cara berpikir orang lain maka orang tersebut belum mampu memahami kekurangna yang ada pada dirinya . Kondisi tersebut muncul karena lupa jika semua manusia adalah makhlukyang memiliki keterbatasan (tidak luput dari kekurangan dan kelemahan)

  • Cara agar tidak berpikiran negatif adalah :

Dengan cara merenung dengan ahati yang damai dan berkaca serta lihatlah diri sendiri apakah yang paling sempurna diantara makhluk lainnya. Dengan cara seperti itu seseorang akan memahami jika tak ada manusia yang sempurna dalam bentuk apapun karena pada hakikatnya semua yang bernyawa bisa musnah.

2. Memperbaiki potensi diri

Seseorang yang malas dan tidak berusaha mengasah, Meningkatkan dan mempopulerkan kecerdasan, Keahlian serta ketrampilan yang dimilikinya pada lingkungannya maka bisa dibilang orang tersebut belum mampu memperbaiki potensi yang ada pada dirinya sendiri yang sebenarnya bisa lebih baik dan berarti bagi banyak orang.

  • Cara agar tidak berpikiran negatif adalah :

Anda harus yakin bahwa potensi secara individual yang tidak berkembang menyebabkan seseorang tidak memiliki perubahan positif dalam segi finansial, Nama baik dan tingkat sosialnya yang cenderung menyebabkan seseorang menjadi picik dan menganggap orang lain lebih beruntung, Lebih hebat dan merasa siapapun tidak mau menerima kepandaian yang dimilikinya.

3. Menerima perbedaan

Seseorang yang tidak mmapu melihat keberagaman dan perbedaan disekelilingnya yang berkaitan dengan suku, Agama, Adat istiadat, Warna kulit serta bahasa daerah masing masing maka seseorang tersebut tidak akan pernah bisa menerima perbedaan yang ada. Kondisi ini menimbulkan rasa benci, Merasa diabaikan dan selalu berpikiran buruk tentang orang lain.

  • Cara agar tidak berpikiran negatif adalah :

Belajar mengetahui, Mengkaji, Menganalisa dan memahami bahwa semua manusia yang diciptakan dalam perbedaan sebenarnya memiliki rasa dan perasaan yang sama. Intinya apa yang anda rasakan bisa pula dirasakan orang lain.

4. Ibadah

Apapun agama dan kepercayaan yang dianut, Pada dasarnya tujuan dasar beribadah adalah untuk meluruskan jalan dan moral manusia agar tetap berada pada jalan yang baik dan tidak merugikan diri sendiri atau orang lain. Seseorang yang malas atau tidak mau meluangkan waktunya untuk beribadah dan mendekatkan diri pada yang maha kuasa maka dalam diri akan terasa sangat kosong dan kerab menganggap orang lain salah .

  • Cara agar tidak berpikiran negatif adalah:

Mendekatkan diri pada yang maha kuasa. Mudahnya seseorang berpikiran buruk pada orang lain terbukti disebabkan karena tidak adanya penguat iman dan pikiran yang bersih yang awalnya sebenarnya muncul dari kebiasaan dari hati yang ikhlas untuk berdoa dan beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

5. Dekat dengan alam

Manusia adalah manusia sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain termasuk bantuan seacara tidak langsung dari alam. Alam memberikan semua yang manusia butuhkan termasuk oksigen, kesehatan dan meningkatkan cara berpikir yang positif.

  • Cara agar tidak berpikiran negatif adalah:

Dengan cara berinteraksi dengan alam (Pegunungan, Hutan, Laut dan lain lain). Berwisata atau sekedar melakukan sesuatu yang mengharuskan anda berdekatan dengan alam misalnya bersepeda sehat, Jogging, Berkemah, Panjat tebing dan lain lain secara kasat mata dan alam bawah sadar ikut berperan bahwa keindahan dan keberagaman flora serta fauna dapat menenangkan pikiran, Membersihkan penyakit hati dan memberi kekuatan positif pada pola pikir manusia menjadi lebih baik dan terarah.

6. Bersyukur

Mengagumi segala yang telah ada pada diri sendiri dan sering melihat sekeliling bahwa masih ada orang lain yang lebih menderita adalah baik untuk memperkuat rasa bersyukur kita pada tuhan yang maha sempurna.

  • Cara agar tidak berpikiran negatif adalah :

lebih mendekatkan diri untuk ikhlas berinteraksi dengan orang orang yang menderita kesusahan hidup, Bersikap empati dan meluangkan waktu untuk bisa membantu mereka dalam bentuk moril, Doa dan materi jika memang anda memilikinya.


7. Percaya diri

Percaya dengan kekuatan pikiran dan keyakinan bahwa diri kita adalah terbaik dan mampu mengatasi tanpa melibatkan orang lain adalah baik tetapi tidak mengesampingkan bahwa kita masih butuh orang lain dalam arti kata Percaya diri bahwa kita bisa menolong orang lain juga sebaliknya. Tahukah anda bahwa rasa Percaya diri dapat membunuh rasa iri, Dengki, dan Prasngka buruk pada orang lain.

  • Cara agar tidak berpikiran negatif adalah :

Percaya diri bahwa orang lain butuh kita juga sebaliknya yang dilandasi rasa percaya yang rasional bahwa manusia adalah makhlik yang saling bergantung (saling membutuhkan satu sama lain)

8. Olahraga

Salah satu manfaat Olahraga bagi kesehatan tubuh yaitu dapat menjernihkan pikiran dan membunuh prasangka prasangka buruk yang tidak perlu. Olahraga bertujuan untuk menyehatkan tubuh dan jaringan Karena didalam tubuh yang sehat maka akan ada jiwa yang kuat yaitu Jiwa yang bersih dan jauh dari pikiran negatif.

  • Cara agar tidak berpikiran negatif adalah :

Dengan Melakukan olahraga yang teratur dan konsisten agar melancarkan peredaran darah dan memperkuat imunitas tubuh sehingga mampu meningkatkan kualitas pola pikir seseorang lebih jernih dan rasional dalam menyikapi apapun yang terjadi pada diri sendiri dan orang lain tanpa harus ada prasangka buruk.

Baca juga:

9. Istirahat cukup

Jangan pernah sepelekan kurang tidur. Seseorang yang tidak memiliki jadwal tidur yang teratur dan sering begadang dapat merusak jaringan tubuh dan menimbulkan munculnya masalah kesehatan lain misalnya terserang anemia, Gejala darah tinggi, Terkena migrain, Penuaan dini dan sebagainya. bahkan yang mengejutkan bahwa kurang istirahat dapat menyebabkan otak tidak mampu berpikir jernih dan kerab menyebabkan seseorang stres dan berprasangka buruk pada orang lain.

  • Cara agar tidak berpikiran negatif adalah :

Istirahat cukup dan banyak minum air putih. Karena ketika tubuh beristirahat maka otak juga akan ikut istirahat dan memperbaiki dirinya sendiri untuk menjadi lebih sehat.

Baca juga:

10. Sabar dan tawakal

Seseorang yang mudah tersinggung akan mudah pula memiliki pikiran buruk terhadap orang lain dengan dugaan dugaan yang tidak realitis. Kesabaran dan tawakal dapat memblokir penyakit hati tersebut karena cara itulah seseorang akan bisa mengendalikan cara berpikirnya untuk tetap pada kondisi yang tenang dan terarah.

  • Cara agar tidak berpikiran negatif adalah :

Meningkatka rasa sabar, Menerima dengan lapang dada dengan apa yang terjadi disekeliling kita. Sabar dapat memperkuat rasa percaya diri dan meningkatkan kreativitas seseorang dalam melakuakn yang ingin dilakukan.

11. Berfokus pada kebaikan

Seringkali manusia melakukan hal hal yang menurutnya baik tetapi bagi orang lain adalah buruk tnpa mempertimbangkan apa yang akan dilakukannya dapat menimpa dirinya juga atau tidak, Misalnya menghardik orang kelaparan dan mengeluarkan kata kata kasar. Bagimana jika hal itu terjadi pada diri kita?

  • Cara agar tidak berpikiran negatif adalah :

Mulai dengan membiasakan diri dan memperbanyak perbuatan baik kendati hanya bersifat kecil misalnya memberi sedekah pada orang yang lapar, Memberikan minum pada yang kehausan atau hanya sekedar memberi pertolongan oorang lanjut usia menyeberangkan jalan.

12. Mengendalikan rasa takut

Rasa takut yang berlebihan akan kegagalan, Kemiskinan, Tentang masa depan atau takut pada hal hal yang belum tentu terjadi dapat meracuni pikiran menjadi mudah berpikiran buruk pada orang lain.

  • Cara agar tidak berpikiran negatif adalah :

Belajar untuk bisa mengendalikan rasa takut dan berani berbuat kebenaran jika dirasa tidak merugikan pihak lain atau diri sendiri dan memahami benar bahwa setiap manusia memiliki rasa takut yang sama dan akan hilang jika kita bisa melawan rasa takut itu sendiri.

Baca juga:

13. Rasa empati

Rasa empati pada orang lain adalah awal baik untuk mencegah munculnya pikiran negatif atau prasangka buruk terhadap orang lain. Menyadari bahwa manusia dan mahluk lainnya adalah mahluk yang lemah dan tidak luput dari cobaan, Musibah dan bencana ada;lah langkah awal terbentuknya rasa empati yang tinggi.

  • Cara agar tidak berpikiran negatif adalah :

Dengan berinteraksi dengan semua makhluk didunia dan mempelajari kelebihan dan kekurangan mereka secara positif agar kita lebih bisa memahami bahwa kita adalah mereka yamg sama memiliki kekuarngn juga kelebihan.

14. Mengembangkan minat dan hobby

Memanfaatkan waktu luang untuk mengerjakan hobby dan minat pada sesuatu yang positif atau Melakukan apa yang menjadi kesukaan adalah modal yang sempurna untuk bisa membuang segala parsangka buruk terhadap orang lain dan sekeliling. Karena ketika sedang melakukan kegiatan tersebut jaringan otak akan fokus serta secara dinamis akan semakin sehat dan tidak terbebani untuk terus berpikir negatif tentang orang lain.

  • Cara agar tidak berpikiran negatif adalah :

Menekuni kegiatan yang berhubungan dengan hal hal positif misalnya melukis, Panjat tebing, Bermain musik, Menyanyi dan lain lain.

15. Pola makan

Memperbaiki pola makan yang lebih sehat dan menjauhi minuman keras serta obat obatan terlarang adalah jalan terbaik sebagai salah satu

  • cara agar tidak berpikiran negatif adalah :

Nutrisi yang ada pada makanan mampu menyehatkan dan melindungi jaringan tubuh khususnya jaringan otak yang gunanya untuk berpikir, Dimana ketika tubuh tidak sehat maka manusia yang sedang berpikir selalu melibatkan perasaan perasaan yang buruk.

Baca juga:

16. Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara agar tidak berpikiran negatif yang terbukti ampuh yang bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Meditasi dapat membantu membuang pikiran pikiran negatif dan meningkatkan ketenangan jiwa serta memperbaiki pola tidur seseorang menjadi lebih baik. Mediatasi adalah aktivitas relaksasi untuk melepaskan dan membuang segala pikiran kotor atau negatif agar fungsi dan kinerja otak selalu dalam kondisi yang stabil.

Baca juga:

17. Tersenyum dan tertawa

Selalu tersenyum dan tertawa lepas merupakan cara agar tidak berpkiran negatif, Karena tersenyum dan tertawa mampu melepaskan tekanan dan beban pikiran yang cenderung menghambat kelancaran peredaran darah disekitar jaringan kepala dan meningkatkan rasa bahagia serta menstabilkan sensitifitas kinerja otak menjadi lebih baik sehingga menyebabkan seseorang selalu berpikir positif dan lebih kreatif.

18. Mendengarkan musik

Musik adalah energi dan dapat dijadikan sebagai terapi psikologi untuk depresi karena terrbukti mampu meningkatkan rasa bahagia serta menenangkan pikiran. Mendengarkan musik selama 20 menit dapat melancarkan aliran darah diotak dan menstabilkan ritme jantung sehingga seseorang dapat menjadi lebih tenang. Mendengarkan musik adalah cara agar tidak berpikiran negatif yang paling aman dan mudah yang dapat dilakukan segala usia.

19. Membaca

Membaca dapat menenangkan pikiran dan melatih otak agar menjadi lebih cerdas, Kreatif dan mampu berpikir positif. Cara agar tidak berpikiran negatif dapat memanfaatkan buku sebagai penawar rasa takut, Kecewa, Iri dan dengki yang dapat berlaku untuk semua usia. Dengan membaca maka otak akan diarahkan pada satu titik fokus yaitu bacaan yag ada pada buku yang sedang dibaca dan otak akan mengendalikan aliran darah dibagian arteri kepala menjadi lebih tenang.

20. Percaya hukum gravitasi

Hukum gravitasi adalah dimana sesuatu yang telah terjadi akan kembali dalam bentuk yang sama, Misalnya jika berbuat kejahatan sekecil apapun maka kelak akan kembali dalam bentuk yang sama bahkan mungkin bisa lebih besar lagi. Seseorang yang percaya dengan hukum gravitasi maka dirinya tidak akan berpikiran negatif pada orang lain karena hal ini berhubungan dengan hukum gravitasi yaitu kembalinya pikiran negatif orang lain pada diri kita.

,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk