26 Penyakit Akibat Kekurangan Serat Makanan

Hidup sehat memang menjadi dambaan dari setiap orang, mengkonsumsi serat yang cukup merupakan salah satu dari cara menjaga keseimbangan tubuh agar tubuh menjadi lebih sehat. membiasakan hidup sehat dan makan makanan 4 sehat 5 sempurna juga dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Dikesempatan ini kami akan membahas tentang berapa pentingnya serat bagi tubuh dan macam-macam penyakit yang dapat menyerang tubuhmu ketika kamu tidak mengkonsumsi serat secara cukup. Sebelum membahas tentang berbagai penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan serat ada baikknya jika anda mengetahui beberapa manfaat yang ada pada serat dan makanan atau buah-buahan apa saja yang kaya akan serat dan baik untuk kesehatan tubuh kita. (Baca juga: Akibat Kelebihan Serat , Makanan yang Mengandung Serat Tinggi)

Manfaat Serat

Banyak sekali yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, salah satunya adalah dapat

1. Melancarkan pencernaan kita

Dengan mengkonsumsi serat yang cukup kita dapat terhindar dari berbagai penyakit gangguan pencernaan, salah satunya adalah enyakit sembelit dan juga Maag

2. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang kelebihan berat badan dan menginginkan tubuh yang kurus atau mendambakan tubuh yang ideal dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Memang banyak  cara meningkatkan nafsu makan  namun serat ini berfungsi sebaliknya, dengan mengkonsumsi serat tidak mengurangi nafsu makan tetapi juga tidak menambah nafsu makan. Serat berfugsi untuk membuat pencernaan menjadi lancar.

3. Menurunkan Kolestrol

Salah satu manfaat serat yang lainnya adalah serat dapat membantu dalam menurunkan kolestrol tinggi, kolestrol yang tinggi tidak baik untuk tubuh kita. Untuk itu bagi anda yang terkena penyakit kolestrol dan ingin mengatasinya maka salah satu alternatifnya adalah dengan menjaga pola makan dan cukupkanlah kebutuhan tubuh dengan serat. Ketahuilah pula ciri-ciri kolesterol tinggi

4. Mencegah Kanker

Serat juga dapat mencegah terjadinya kanker, sebab dengan mengkonsumsi serat dapat meningkatkan kecepatan dalam makanan melewati proses pencernaan sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya resiko penyakit kanker. Seperti kanker payudara, kanker rahim, ovarium dan juga kanker usus besar. (Baca Juga: Efek Akibat Terkena Radiasi Nuklir)

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu anggota tuuh yang harus dijaga, sebab jantung merupakan hal yang penting bagi tubuh kita, untuk itu degan mengkinsumsi serat juga dapat menjaga akan kesehatan jantung kita. Beberapa penelitian menyatakan bahwa ketika tubuh memiliki asupan serat yang tinggi dalam tubuh dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan pula untuk menjaga kesehatan jantung mu diantaranya meliputi cara menjaga jantung agar tetap sehatcara menjaga kesehatan jantung dan olahraga untuk menguatkan jantung

6. Mencegah Penyakit Batu Empedu dan Ginjal

Serat juga dapat digunakan untuk mencegah batu empedu dan ginjal, dengan adanya serat dapat membantu kerja empedu dan ginjal sehingga ginjal dan empedu akan tetap sehat dan terjaga. (Baca Juga: Obat Penghancur Batu Ginjal)

7. Mencegah Stroke

Banyak peneliti yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi banyak serat akan membantu dalam menurunkan resiko seseorang terkena stroke. Dengan mengkonsumsi 25 gram serat setiap hari dapat membantu dalam pencegahan seseorang terkena stroke. Serat dapat diperoleh dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan juga biji-bijian. Beberapa hal yang dapat menyebabkan stroke diantaranya darah tinggi dan Aneurisma

baca juga informasi lain mengenai stroke yang harus diwaspadai yaitu penyebab stroke hemoragik –penyebab strok iskomik dan homorogik –penyebab strok sebelah kiri – gejala stroke.

8. Merawat Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat, halus dan lembut menjadi dambaan setiap orang terutama pada kaum wanita, untuk itu jika anda menginginkan kulit yang halus, lembut dan sehat anda dapat mengkonsumsi serat dengan cukup, dengan melakukan hal ini dapat membantu anda menjaga kesehatan tubuh anda. (Baca Juga: Penyebab Kulit Bergaris)

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari kita mengkonsumsi atau memenuhi kebutuhan serat pada tubuh kita, degan mengkonsumsi serat secara rutin dan sesuai dengan kebutuhan tubuh maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit dan juga akan memperlancar tubuh dalam mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh kita. adapun beberapa makanan atau buah-buahan yang mengandung serat tinggi adalah sebagai berikut.

Makanan dan Buah-buahan yang Kaya Akan Serat

1. Buah Pepaya

Pepaya sangat dikenal dikalagan masyarakat, pepaya juga merupakan salah satu buah yang kaya akan serat dan dapat melancarkan buang air besar seain itu pepaya juga dikenal atau sering digunakan untuk merawat kulit agar kulit menjadi lebih sehat dan kenyal. Sebab pepaya juga merupakan buah yang kaya akan serat. (Baca Juga: Khasiat Daun Pepaya)

2. Buah Pisang

buah juga merupakan salah satu buah yang terkenal di masyarakat selain rasanya yang enak nuah pisang juga dapat digunakan untuk dikonsumsi. Sebab buah pisang juga mrupakan salah satu buah yang memiliki banyak serat.

3. Buah Apel

Siapa yang tidak kenal dengan buah apel ini, banyak sekali warna dan jenis buah apel, namun sama saja manfaatnya, bah apel juga memiliki kandungan serat yang banyak sehingga bah apel juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk makanan yang dapat dikonsumsi, dalam penyeimbanagn serat. ( Baca Juga: Bahaya Kulit Apel Merah)

4. Brokoli

Brokoli bisa kita temui dalam makanan atau sayur sayuran, brokoli juga merupakan sayuran yang memiliki kaya akan serat, jadi brokoli juga sayuran yang dapat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

4. Buah Sawo

Buah sawo selain rasanya yang enak dan lezat ternyata buah sawo memiliki kandungan serat yang banyak, sehingga buah sawo menjadi buah yang dapat direkomendasikan untuk dikonsumsi agar tidak kekurangan serat. (Baca Juga: Buah Berbahaya untuk Diabetes)

5. Buah Alpukat

Selain untuk merawat kuli agar tetap canting dan sehat ternyata buah alpukatini juga sangat efektif untuk memperlancar BAB karena buah ini memiliki kandungan serat yang lumayan banyak. Namun buah yang satu ini tidak direkomendasikan untuk diet sebab buah alpukat ini memiliki tinggi lemak, meskipun demikian lemak yang ada dalam alpukat tersebut adalah lemak yang baik.

6. Beras Merah

Serat larut banyak ditemukan didalam beras merah, untuk itu beras merah juga dapat dikonsumsi sebagai salah satu makanan yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi penyaki yang dapat disebabkan karena kurangnya serat. (Baca Juga:  Bahaya Makan Beras Mentah)

7. Buah Pir

Buah pir sangat kaya akan air dan juga serat, buah pir merupakan buah yang memiliki kandungan serat yang banyak, selain rasanya enak buah pir dapat digunakan untuk memperlancar pembuangan racun yang ada dalam tubuh kita. Selain melancarkan pembuangan racun buah pir juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes.

8. Jagung

Jagung selain makanan yang rendah gula ternyata jagung juga merupakan makanan yang kaya akan serat. (Baca Juga: Manfaat Jagung Bagi Penderita Asam Urat)

9. Buah Mangga

Salah satu buah yang dapat melancarkan BAB adalah buah mangga. Selain rasanya yang manis dan enak buah mangga mengandung tinggi air dan serat sehingga buah mangga sangat direkomdasikan untuk dikonsumsi sebagai salah satu pelengkap serat dalam tubuh kita.

10. Gandum Utuh

Selain digunakan sebagai makanan pokok di eropa dan juga amerika gandum utuh memiliki serat yang tinggi, serat yang terdapat pada gandum utuh ini dapat diserap secara perlahan sehingga kita tidak akan mudah merasa lapar. Dan tubuh kita juga menjadi lebih sehat. (Baca Juga: Makanan Sehat untuk Tulang dan Sendi)

Itulah berbagai makanan yang dapat kita konsumsi untuk mencukupi kebutuhan serat pada tubuh kita, selanjutnya kai akan berbagi tentang penyakit apasaja yang dapat menyerang tubuh kita disaat kita kekurangan serat.

Penyakit Akibat Kekurangan Serat

1. Sakit Perut

Kekurangan serat dalam tubuh dapat mengganggu proses pencernaan, dan menjadikan fases menjadi keras. Fases yang keras dapat menjadi salah satu penyebab saraf dan oto pada usus besar menjadi sensitif. Hal ini menyebabkan tidak semua makanan bisa masuk karena perut akan menolaknya dan juga dapat menimbulkan rasa sakit dan kram pada perut anda. (baca juga: Obat Sakit Perut saat Haid)

2. Sembelit

Kekurangan serat memang merupakan salah satu faktor perut menjadi sembelit. Sembelit atau susah buang air besar disebabkan karena kekurangan serat dan kekurangan serat dapat menyebabkan fases menjadi keras.

3. Mual

Mengkonsumsi makanan yang tidak seimbang dpat menyebabkna perut menjadi mual, mengkonsumsi banyak kalor dan protein dengan tidak diimbangi mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak membuat perut menjadi tidak enak akibatnya perut akan sering merasa mual. (Baca Juga: Cara Menyembuhkan Mual)

4. Perut Terasa Kembung

Selain penyakit yang sudah dipaparkan diatas perut menjadi kembung juga merupakan salah satu penyebab dari kurangnya mengkonsumsi serat dalam tubuh.

5. Radang Usus

Banyak sekali penyakit dan kerugian yang kita dapatkan ketika kita tidak menjaga kesehatan tubuh kita, dan juga ketika kita tidak melengkapi kebutuhan serat ada tubuh kita. Salah satu penyakit yang disebabkan karena kurangnya serat adalah penyakit radang usus. (Baca Juga: Gejala Radang Usus)

6. Radang Usus Buntu

Selain radang usus, penyakit radang usus buntu juga dapat mengganggu kita ketika kita tidak mencukupi kebutuhan sera yang ada pada tubuh kita, untuk itu cukupkalah kebutuhan serat yang ada pada tubuh kita.

7. Radang Lambung

Radang usus, radang usus buntu dan masih ada radang-radang lainnya salah satunya radang lambung. Jika kita tidak segera mengatasinya maka hal ini dapat berbahaya bagi kesehatan kita. (Baca Juga: Gejala Kekurangan Asam Lambung)

8. Ambeyen

Kurang serat dapat menyebabkan tidak lancarnya saat kita melakukan buang air besar, untuk itu terkadang kita sering memaksakan agar kita bisa BAB dengan cara mengedan terlalu kuat hal ini dapat menyebabkan vena menjadi membengkak dan akhirnya terjadinya penyakit ambeyen.

9. Wasir

Hampir sama dengan ambeyen penyakit wasir juga disebabkan karena pembengkakan yang terjadi pada vena didekat unus dan usus besar pada bagian bawah. (Baca Juga: Cara Pencegahan Wasir Luar)

10. Kolestrol

Kurangnya serat memang menjadi faktor-faktor bermunculnya penyakit penyakit tertentu seperti kolestrol.  Kurangnya konsumsi serat dapat menyebabkan kadar kolestrol total dan kolestrol jahat meningkat pada darah hal ini dapat menyebabkan dislipidemia. (Baca Juga: Obat Kolesterol Medis)

11. Arterosklerosis

Penyakit ini disebabkan karena adanya penyempitan pada pembuluh darah atau arteri. Penyakit ini terjadi disebabkan karena kadar kolestrol yang tinggi dan kadar kolestrol dapat menjadi tinggi karena kurangnya konsumsi serat yang cukup. Untuk itu sangatlah diperlukan dalam mengkonsumsi serat yang cukup.

12. Berat Badan Meningkat

Dengan tidak memenuhi kebutuhan serat dapat meningkatkan berat badan kita, namun berat badan yang kurang sehat, karena kebutuhan serat tidak terpenuhi sehingga lemak-lemak menjadi mengumpul dan dapat menyebabkan obesitas bahkan menimbulkan berbagai penyakit lainnya. (Baca Juga: Cara Menambah Berat Badan Secara Alami)

13. Hernia

Hernia atau sering disebut turun berok juga merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan karena kurang serat.  Turun berok merupakan penyakit yang disebabkan karena usus turun sehingga terjadinya benjolan pada selangkangan dan juga paha.

14. Penyakit Pembuluh Darah

Selain penyakit penyakit diatas penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah juga dapat terjadi ketika kita kekurangan serat, penyakit ini antara lain jantung, stroke dan juga penyakit ginjal. (Baca Juga: Obat Penyempitan Pembuluh Darah)

15. Kanker Lambung

Kurang serat dapat menjadi salah satu faktor penghambat pengeluaran racun didalam tubuh sehingga racun-racun akan terkubur dan mengendap dalam tubuh terutama lambung, hal ini dapat menyebabkan kanker pada lambung.

16. Diabetes Militus

Selain penyakit diabetes biasa ternyata kekurangan serat yang sudah parah dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetis militus. Hal ini disebabkan karena kadar kolestrol tinggi dan gula darah yang sudah tidak dapat terkontrol. (Baca Juga: Kebiasaan Penyebab Diabetes)

17. Darah Tinggi

Kekurangan serat dapat menyebabkan naiknya kolestrol dalam tubuh, sedangkan kolestrol yang tinggi dapat menyebabkan tekanan pada dara, untuk itu darah akan menjadi tinggi.


18. Kurang terkontrol Gula Darah

Makanan yang mengandung serat yang tinggi dapat membantu terkontrolnya gula darah, membiasakan makanan yang tidak mengandung serat dapat mengakibatkan gula darah menjadi tidak terkontrol. Contoh makanan yang rendah serat antara ain roti putih dan juga jenis makanan-makanan manis lainnya. (Baca Juga: Minuman Penurun Gula Darah)

19. Kanker Kolon

Selain kanker lambung, kanker payudara, kanker rektrum ternyata kanker kolon juga dapar terjadi di dalam tubuh kita disebabkan karena kurangnya serat pada tubuh kita. Untuk itu sangat pentingnya dalam pencukupan kebutuhan serat dalam tubuh kita.

20. Kanker Payudara

Kanker payudara juga dapat terjadi karena kekurangan serat dalam tubuh, kurangnya serat dapat mengakibatkan estrogen tdak terikat sehingga kanker payudara terjadi. Serat berfungsi dalam mengikat estrogen sehingga estrogen dapat terkontro pada saluran cerna. (Baca Juga: Abses Payudara )

21. Kanker Rektrum

Kekurangan serat pada tubuh memang sangat berbahaya, sebab kanker rektum juga merupakan salah satu dari penyakit akibat kurangnya serat.

22. Obesitas

Kurangnya serat mengakibatkan lemak-lemak yang ada dalam tubuh tidak dapat  terserap dengan baik, lemak yang menumpuk menyebkan kita terkena penyakit obesitas. (Baca Juga: Penyebab Obesitas pada Anak )

23. Jantung

Kesehatan jantung sangatlah penting untuk dijaga,salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi serat dengan cukup.

24. Stroke

Stroke memang banyak penyebabnya salah satu penyebab stroke adalah kurangnya serat pada ubuh kita, stroke juga dapat menyebabkan kematian, agar hal ini tidak terjadi maka jagalah kesehatan tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang. (Baca Juga: Penyebab Stroke Sebelah Kiri )

25. Kulit Kusam

Serat memiliki fungsi menjaga dan merawat kulit dengan  mengkonsumsi serat secara cukup akan membantu dalam merawat kulit sehingga kulit menjadi tidak kusam.

26. Penyakit Ginjal

Dari berbagai penyakit diatas salah satu penyakit yang dapat terjadi akibat kurangnya serat adalah penyakit ginjal, untuk itu waspadalah dan tetap jaga keseimbangan dalam pola makan kita. (Baca Juga: Obat Penghancur Batu Ginjal)

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sajikan terkait dengan serat, dari buah yang kaya akan serat, penyakit yang disebabkna akibat kurang serat, dll. Untuk menjadikan tubuh tetap sehat maka jagalah pola makan dan cukupkanlah kebutuhan serat pada tubuh kita.

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan Gizi