17 Cara Mengatasi Tremor Saat Gugup Secara Alami

Cara mengatasi tremor karena gugup merupakan solusi terbaik untuk menghilangkan gemetaran pada tubuh yang diharapkan tidak akan muncul kembali. Tremor adalah gerakan gerakan spontan alam bawah sadar yang menyerang bagian tubuh manusia misalnya tangan yang tidak dapat dikendalikan dengan baik sehingga menyebabkan tubuh menjadi gemetaran.

Baca juga:

Penyebab

Tremor atau lebih sering disebut gemetaran dapat muncul pada segala usia akibata rasa gugup yang berlebihan tetapi bisa muncul dengan penyebab yang berbeda tetapi cenderung mudah disembuhkan.

• Masalah psikologi

Kondisi suasana hati yang tidak stabil atau stres kerab menyebabkan seseorang sulit untuk berkonsentrasi ketika sedang berbicara atau berinteraksi dengan lingkungannya dan mengalami kemunduran daya ingat serta tidak percaya diri, Sehingga menyebabkan munculnya kegugupan, Keringat dingin, Kesulitan bicara dengan kalimat yang baik dan tubuh gemetaran.

• Mekanisme fight of flight

Pada dasarnya tubuh manusia memiliki sistem mekanisme fight of flight alamiah ketika sedang berhadapan didepan banyak orang atau lingkungan tertentu. Hal tersebut berhubungan dengan hormon adrenalin didalam tubuh, Jika meningkat tinggi didalam aliran darah dapat menimbulkan kecemasan yang berlebihan yang berawal dari tubuh yang gemetaran.

• Adanya penyakit didalam tubuh

Adanya penyakit tertentu didalam tubuh dapat menyebabkan jaringan otak terganggu sehingga tidak bisa mengirinkan sinyal pada tubuh untuk bisa mengendalikan diri ketika sedang berhadapan atau berinteraksi dengan orang lain . Penyakit tertentu dapat menyebabkan peningkatan hormon adrenalin secara berlebihan sehingga seseorang mudah menjadi gugup, Muncul keringat dingin dan tubuh gemetaran, Misalnya penyakit yang berkaitan dengan hipertiroid, Gula darah rendah, Parkinson.

Baca juga:

• Kafein

Mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang tidak moderat (lebih dari 3 gelas perhari) dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah dijaringan seluruh tubuh termasuk area arteri kepala yang jika terhambat akibat penumpukan kafein yang berlebihan makan dapat menyebabkan tubuh terserang gemetaran /tremor.

Baca juga:

• Tidak olahraga

Malas atau tidak pernah melakukan olahraga dapat menjadi pemicu seseorang mudah menjadi gugup dan tubuhnya gemetaran. Dengan rajin berolahraga maka seluruh aliran darah dipembuluh arteri dan vena serta saraf saraf diseluruh bagian tubuh selalu stabil atau berada didalam kondisi terbaiknya. Hal ini dapat mencegah seseorang untuk terhindar dari kecemasan, Kegugupan dan tubuh gemetaran.

• Obat obatan dan alkohol

Obat obatan untuk meredakan rasa nyeri yang dikonsumsi dalam jangka panjang dan tanpa resep dokter atau jenis obat obatan terlarang dan alkohol sama sama memiliki dampak buruk terhadap saraf saraf dan pembuluh darah didalam tubuh. Obat obatan dan alkohol adalah pemicu terbesar terjadinya sumbatan pada aliran darah dan mengganggu fungsi hormon tubuh termasuk hormon adrenalin. Akibatnya seseorang akan mudah sekali terserang gugup dan tubuh gemetaran.

• Kebiasaan merokok berlebihan

Nikotin, Tar dan apapun zat yang ada didala asap rokok bersifat racun jika masuk kedalam aliran darah, Apalagi jika melekat pada salah satu organ tubuh misalnya paru paru maka akan menimbulkan Gejala paru paru hitam. Kondisi ini akan mempengaruhi jaringan yang lain dan menyebabkan seseorang menjadi mudah gugup . Seseorang yang mengalami tremor karena rasa gugup yang berlebihan dapat menyebabkan munculnya gangguan kelenjar keringat (keringat berlebihan).


Baca juga:

Solusi terbaik

1. Yoga

Tips mudah cara mengatasi tremor karena gugup adalah dengan cara melakukan yoga secara rutin tetapi konsisten yaitu kegiatan untuk relaxasi dengan melibatkan gerakan gerakan halus yang ditujukan untuk peregangan saraf saraf kepala, Memperbaiki Jaringan tubuh lain dan meningkatakan rasa percaya diri agar seseorang terhindar dari serangan tremor akibat rasa gugup yang berlebihan.

Baca juga:

2. Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara mengatasi tremor karena gugup yang ampuh jika dilakukan secara teratur. Mrditasi merupakan mertode relaxasi yang bertujuan untuk membersihkan diri dari segala macam pikiran atau kelelahan tubuh akibat aktivitas sehari hari. Duduk bersila dengan suasana yang hening lalu memusatkan pikiran pada satu titik misalnya hanya memikirkan hal hal yang baik dan membahagiakan dapat meningkatakan kesehatan jaringan orak dan melancarkan aliran darah diseluruh tubuh sehingga seseorang bisa terhindar dari tremor akibat gugup.

Baca juga:

3. Akupuntur dan Pemijatan tubuh

Melakukan relaxasing dengan metode akupuntur yang diakhiri dengan pemijatan yang teratur oleh tenaga ahli dibidangnya dapat dijadikan cara mengatasi tremor karena gugup karena kedua metode pengobatan terrsebut mampu membuka simpul atau titik titik saraf yang mengalami ketegangan, Penyumbatan aliran darah dan membuat pikiran menjadi lebih tenang sehingga dapat menyembuhkan kegugupan seseorang yang menyebabkan munculnya tremor.

Baca juga:

4. Istirahat cukup

Istirahat cukup pada malam hari setidaknya 7 sampai 8 jam sehari mampu melancarkan aliran darah, Menstabilkan metabolisme tubuh dan membuat seseorang dapat mudah berkonsentrasi sehingga terhindar dari tremor akibat rasa gugup dan kecemasan yang berlebihan. Membiasakan diri tidur tepat waktu dapat dijadikan sebagai cara mengatasi tremor karena gugup yang paling sederhana.

5. Olahraga teratur

Olahraga yang baik tidak selalu harus dengan durasi lama terapi cukup 30 menit atau 1 jam saja namun jika dilakukan dengan teratur maka sangat bermanfaat untuk menghilangkan gugup sehingga terhindar dari kasus tremor. Olahraga dapat menstabilkan hormon adrenalin, Menjaga saraf saraf dan jaringan menjadi lebih baik sehingga seseorang bisa terhindar tremor karena gugup. Olahraga adalah cara mengatasi tremor karena gugup yang terbukti ampuh dan tanpa efek samping.

6. Hindari merokok

Merokok yang berlebihan dan jangka panjang dapat menyebabkan seseorang terserang gemetaran akibat rasa gugup dan cemas. Rasa gugup itu sendiri muncul karena adanya penumpukan nikotin pada jaringan tubuh yang menyebabkan aliran darah terhambat dan munculnya peningkatan hormon aderenalin sehingga tubuh menjadi gemetaran. Cara mengatasi tremor karena gugup dapat diawali dengan mengurangi kebiasaan merokok berlebihan hingga meningggalkan kebiasaan merokok.

Baca juga:

7. Jauhi alkohol

Alkohol bersifat panas dan menggerus jaringan apapun didalam tubuh serta mampu mengambat arteri dan pembuluh darah vena sampai pada munculnya gangguan tiroid. Alkohol dapat meracuni jaringan otak sehingga seseorang menjadi mudah cemas dan gugup. kondisi inilah yang menyebabkan munculnya ketidak seimbangan saraf saraf tubuh yang menjadi penyebab seseorang menjadi gemetaran. Cara mengatasi tremor karena gugup pada penggemar minuman beralkohol adalah menjauhi alkohol apapun bentuknya.

Baca juga:

8. Tidak menggunakan obat penenang

Banyak orang yang menggunakan obat penenang secara sembarangan dan tanpa resep dokter untuk menenangkan diri dan terhindar dari tremor akibat gugup. Penggunaan obat penenang dapat menyebabkan seseorang amenjadi ketergantungan dan membuat rasa gugup semakin besar manakala tidak menggunakan obat penenang. Hindari obat penenang dan konsultasikan pada dokter yang terkait agar kondisi mudah gugup mudah disembuhkan dengan cara lain.

9. Hindari penggunaan antibiotik

Beberapa antibiotik dapat menyebabkan alergi dan penggunaan antibiotik berlebihan dan tanpa resep dokter dapat mengganggu arteri dan jaringan lain sehingga pada sebagian orang dapat menyebabkan peningkatran rasa gugup yang berakhir dengan tremor.

Baca juga:

10. Hindari penggunaan obat kanker

Penderita kanker yang memiliki kebiasaan tremor akibat rasa gugup yang tak terkendali sebaiknya konsultasikan pada dokter yang terkait tentang obat kanker yang akan dikonsumsinya agar dokter dapat mencarikan alternatif lain pengganti obat tersebut.

11. Relaxing dipagi hari

Membiasakan diri melakukan relaxasing tubuh setelah bangun tidur merupakan cara mengatasi tremor karena gugup paling mudah dan bisa mengurangi tremor. Relaxasing dapat dilakukan dengan mengambil nafas dalam dalam melalui rongga hidung lalu membuangnya melalui mulut secara perlahan yang dilakukan berulang ulang dan teratur pada pagi hari dalam udara bebas (diluar rumah).

12. Belajar berbicara dengan cepat

Melatih vocal dengan kecepatan dan ketepatan adalah cara mengatasi tremor karena gugup paling sederhana tetapi terbukti mampu menyembuhkan kegugupan tersebut. Keuntungan lain melatih bicara dengan serangkaian kalimat yang dibuat sendiri setiap hari dan rutin dapat memperbaiki daya ingat menjadi lebih baik.

13. Tertawa dan berteriak lepas

Tertawa dan berteriak dengan bebas dapat mengurangi stres dan tekana pikiran yang sebenarnya bisa menjadi sumber munculnya rasa gugup penyebab tremor. Ketika seseorang tertawa dan berteriak mala saat itulah tubuh melepaskan ketegangan dan tekanan yang ada pada area saraf saraf kepala dan aliran darah bisa menjadi lebih lancar.


14. Memperbaiki pola makan

Pola makan yang sehat dengan nutrisi yang seimbang dapat membnatu mengurangi munculnya tremor akibat gugup. Nutrisi mampu memperbaiki gangguan pada jaringan tubuh yang berkaitan langsung dengan hormon adrenalin. Yaitu hormon yang mengendalikan tingkat emosional seseorang.

15. Menggunakan suntikan botox

Suntikan botox dapat dilakukan untuk meredakan kegugupan dan menghilangkan tremor tetapi penggunaannya sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter yang terkait agar dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh melalui pemeriksaan fisik.

16. Penggunaan Neurostimulator

Neurostimulator merupakan alat yang menyerupai alat pacu jantung yang diletakkan apada area dada yang fungsinya untuk mengobati gangguan saraf saraf diromngga dada agar otka lebih bisa sensutif dalam menerima sinyal dari luar tubuh sehingga seseorang terhindar dari jantung berdebar akibat gugup yang berakhir dengan tremor serta keringat dingin. Menggunakan neurostimulator bisa dipilih sebagai cara mengatasi tremor karena gugup yang bisa menjadi pengobatan khusus pada penderita gugup tetapi hendaknya dikonsultasikan dulu pada dokter yang terkait.

17. Berendam air hangat

Rebuslah beberapa daun sirih dan potongan sereh dan saringlah untuk kemudian masukan pada air dingin demgan perbandingan 1:1 sehingga air dapat digunakan dalam kondisi yang hangat untuk berendam. Berendam dalam air rebusan daun sirih dan sereh mampu meningaktaakan ketenangan pembuluh darah dan saraf saraf tubuh sehingga membuat seseorang menjadi lebih tenang. Berendam di air hangat adalah cara mengatasi tremor karena gugup yang bisa diberikan pada segala usia.

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 15th, August 2017 / 06:39 Oleh :
Kategori : Kesehatan Saraf