Sakit Lutut Sebelah Kiri : Penyebab, Gejala dan Pengobatan

7858

Pernahkah anda mengalami sakit lutut ? Apakah penyebab lutut sakit? Sebelah manakah ? Apakah semua lutut ? Atau hanya sakit lutut sebelah kanan ? Bagaimana rasa sakit yang di timbulkan ? Apakah ada rasa nyeri ? Atau hanya sakit biasa saja ? Bagian lutut merupakan posisi alat tubuh yang mudah terserang rasa sakit. Baik itu karena cidera, penyakit, atau karena faktor lain. Sebab lokasi lutut ini berada pada titik tumpu  tubuh dan di tahan oleh kaki.

Baca Juga:

Sakit lutut merupakan salah satu gangguan yang kerap menyerang siapa saja. Tidak terkecuali bagi kamu yang sedang berada pada usia muda, namun juga orang tua. Sakit bagian lutut di khawatirkan merupakan gejala karena adanya penyakit tertentu yang lebih serius. Tentu saja penyakit ini berkaitan dengan masalah tulang, sendi, dan juga otot. Sebenarnya, seperti apakah sakit lutut itu ? Apakah berbahaya ? Simak penjelasannya :

Anatomi Lutut Sebelah Kiri

Sebelum berbicara lebih dalam mengenai lutut, perlu anda ketahui mengenai anatomi serta fisiologi lutut ini sendiri. Nama lain dari sendi lutut adalah articulatio genu atau di kenal dengan nama knee joint. Seperti apakah penyusunannya ?

Lutut manusia ini tersusun atas 4 tulang. Ykni tulang paha, tulang lutut yang biasa di kenal denga tempurung lutut, tulang kering, dan juga tulang betis. Keempat tulang ini bersatu dan membentuk yang namanya sendi lutut atau biasa di kenal dengan sebutan articulatio genu.  Di dalam sendi, terdapat rongga – rongga sendi yang di kenal dengan cairan sendi. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas atau oli pada sendi. Gunanya adalah agar sendi yang ada tidak saling bergesek – gesekkan ketika sedang melakukan gerakan dan juga istirahat.

Baca Juga:

Pada masing – masing tulang penyusun pada sendi lutut selalu berhubungan dengan otot yang ada di sekitar. Dengan menggunakan penghubung ikatan – ikatan urat, yang di sebut dnegan ligamen. Sedangkan pada urat yang di gunakan sebagai penghubung antar otot dengan tulang di namakan dengan tendon. Di dalam lutut, jumlah ikatan ini sangat banyak dan kompleks sekali.

Penyebab Lutut Sakit Pada Sebelah Kiri

Penyebab lutut sakit  pada manusia terjadi karena banyak hal. Sakit lutut ini juga biasa di kenal dengan nama rematik lutut. Banyak sekali faktor yang menyebabkan lutut ini sakit. Antara lain :

  1. Memicu adanya penyakit osteoartritis

Osteoartitris merupakan salah satu jenis penyakit lutut yang mengenai pada manusia. Bisa juga mengenai lutut bagian kanan dan juga kiri. Hal ini bisa terjadi karena adanya pengkapuran pada sendi. Kapur ini bisa di sebabkan karena kurangnya mineral pada tubuh yang di gunakan untuk menghasilkan kalsium dan kalium. Ke dua senyawa mineral ini berguna untuk menjaga sendi agar tetap sehat. Kekurangan kalsium dan kalium menyebabkan penyakit osteoartritis. Ada banyak cara mencegah osteoarthritis yang perlu anda ketahui.

  1. Karena kegemukan

Penyebab lain yang bisa membuat lutut anda menjadi sakit adalah karena masalah berat badan berlebih atau kegemukan. Ternyata orang yang mengidap obesitas cenderung memiliki lutut yang mudah sakit. Sebab lutut di tuntut untuk mengangkat dan menahan tubuh yang terlalu besar. Hal ini yang menjadi alasan mengapa orang gendut tidak kuat untuk berdiri dalam waktu yang lama. Ada cara menurunkan berat badan dengan olahraga dan cara menguruskan berat badan dengan cepat dan alami. Banyak tips olahraga menurunkan berat badan super cepat, juga makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan, serta makanan penurun berat badan super cepat.

  1. Karena penyakit asam urat

Penyakit juga bisa menjadi alsan seseorang mengalami sakit lutut di bagian kiri. Seseorang mungkin mengalami sakit ini merupakan indikasi atau gejala adanya penyakit yang serius. Yakni penyakit asam urat. Ada beberapa gejala asam urat pada kaki yang harus di ketahui. Masih banyak orang untuk identifikasi perbedaan asam urat dan rematik. Hal ini bisa di katakan menjadi penyakit yang serius jika tidak di tangani dengan baik dan benar. Periksakan ke dokter terdekat untuk mengetahui  indikasi penyakit apakah. Jika benar asam urat, maka anda harus fokus pada penyembuhan. Ada banyak pengobatan asam urat serta perawatan pasien, seperti larangan makanan yang dilarang untuk asam urat. Untuk lebih jelas, bisa anda mencari obat herbal untuk asam urat.

  1. Karena adanya cidera

Sakit pada lutut bagian sebelah kiri bisa terjadi karena adanya cidera pada kaki. Hal ini di sebabkan karena  cidera yang di alami oleh lutut membuat sakit bagian kaki. Misalnya karena kecelakaan, patah tulang, retak, jatuh dan lain sebagainya. Cidera ini akan menimbulkan luka atau trauma pada kaki atau persendian. Keadaan nyeri atau sakit ini bisa muncul tiba – tiba atau pada kondisi – kondisi tertentu. Seperti pada cuaca dan udara dingin. (Baca Juga: Obat Sakit Pinggang Belakang , Cara Mengobati Kaki Keseleo)

  1. Kelainan darah

Apabila terjadi kelainan pada tubuh, misalnya darah bisa menyebabkan terjadinya sakit pada lutut. Sebab kelainan ini memiliki syaraf yang bertumpu pada lutut langsung. Hal ini menyebabkan seseorang akan mengalami sakit yang cukup lama. Misal kelaianan yang terjadi adalah gejala lupus. Ada ulasan mengenai  penyebab lupus dan pengobatannya serta bagaimana penularan penyakit lupus.

  1. Kelainan sistem kekebalan tubuh

Selain terjadi karena adanya kelainan darah, masih ada penyebab lain yang membuat lutut anda sakit.Yakni karena adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh kita. Misalnya karena penyakit rheumatoid arthritis. Penyakit ini bisa mempengaruhi lutut jika terjadi pada kondisi – kondisi tertentu. (Baca Juga: Bahaya Resistensi Antibiotik , Nyeri Sendi Bahu)

  1. Karena tumor

Alasan lain yang menyebabkan seseorang mengalami sakit bagian lutut adalah karena tumor. Ini merupakan bagian asing dari tubuh, atau adanya daging tumbuh yang sifatnya mengganggu tubuh. Keadaan tumor ini bisa jinak bisa juga berbahaya. Jika jinak, maka tidak menimbulkan penyakit. Namun keberadaanya mengganggu aktivitas anda. Apabila tumor ini ganas, maka wajib untuk di ambil atau di buang.  Jika tidak, akan berbahaya bagi tubuh anda.

Baca Juga:

  1. Kanker tulang

Penyebab lain yang bisa membuat sakit bagian lutut adalah karena penyakit kanker tulang. Merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Bahkan penyakit ini bisa menyebabkan anda tidak bisa menggerakkan seluruh tulang anda. Jika hanya nyeri biasa, anda bisa menggunakan obat nyeri tulang kaki. Namun apabila sudah parah, segera bawa ke dokter.

Dari beberapa faktor yang menyebabkan seseorang sakit lutut sebelah kiri, ada yang parah dan tidak. Untuk tingkat kesehatan yang ringan atau sedang, anda bisa menangani sendiri di rumah. Sedangkan faktor sakit dan penyebab yang berat, di anjurkan untuk di bawa ke dokter. Termasuk jika kondisi anda memang benar – benar parah, maka perlu untuk penanganan dan perawatan medis. Misalnya dengan melakukan operasi yang dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri berkepanjangan. Bahkan akibat dari kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan pada sendi, sampai cacat apabila tidak ditangani secara khusus. (Baca Juga: Obat Sakit Lutut Kaki Kanan)

Gejala yang Muncul pada Sakit Lutut Sebelah Kiri

Variasi faktor yang menyebabkan seseorang mengalami sakit lutut, maka gejala yang muncul juga berbeda – beda. Untuk yang di sebabkan karena hanya cidera ringan, maka gejala yang muncul juga tidak terlalu berat. Sedangkan yang mengidap karena kelainan atau karena penyakit, maka gejala yang muncul cukup berat. Oleh sebab itu, bisa di generalisasikan bahwa tidak semua pengidap akan merasakan gejala yang sama. Berikut adalah beberapa gejala yang mungkin muncul :

  1. Terjadi pembengkakan pada lutut sebelah kiri
  2. Bagian lutut kiri terasa kaku, bahkan sampai tidak bisa di luruskam
  3. Terasa bunyi ‘gemeretak’ pada bagian lutut
  4. Warna kulit lutut berubah menjadi kemerahan
  5. Bagian lutut yang berwarna merah akan terasa hangat atau panas ketika di sentuh
  6. Lutut terasa lemas dan kuyu
  7. Lutut tidak bisa menahan berat tubuh
  8. Lutut mudah lelah
  9. Beberapa orang mengalami demam

(Baca Juga: Buah Penurun Panas  , Penyebab Cepat Lelah)

Apabila anda merasakan beberapa gejala tersebut, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Paling tidak menjalani beberapa tes untuk melakukan diagnosis. Beberapa jenis diagnosis yang biasanya di lakukan oleh dokter antara lain dengan melakukan X-ray, USG, CT scan, atau MRI scan. Beberapa step yang di lakukan tersebut bisa membantu meneliti kondisi tulang dan sendi pasien. (Baca Juga: Penyebab Radang Sendi , Obat Radang Sendi)

Selain itu, dokter juga akan melakukan tes mental dan pemeriksaan fisik. Cara ini di lakukan untuk melihat secara detail seperti apa kondisi pasien. Untuk memperkuat hal ini, bisa melakuakn tes darah. Biasanya untuk membantu mendiagnosis sakit lutut apabila di sebabkan karena infeksi. Misalnya penyakit rematik.

Pengoobatan untuk Mengatasi Sakit Lutut Sebelah Kiri

Untuk menangani penyakit atau gejala yang terjadi pada anda, perlu di ketahui penyebabnya. Hal ini membantu dokter untuk memberika pengobatan yang sesuai dengan kondisi dan keadaan anda. Beberapa hal yang bisa di lakukan antara lain :Pemberian obat – obatan dan anti – biotik yang berguna untuk mengatasi rasa nyeri. Misalnya obat anelgesik untuk pereda sakit atau menyuntik dengan kotikosteroid (Baca Juga: Bahaya Antibiotik Tanpa Resep Dokter)

    1. Melakukan terapi untuk melatih otot dan syaraf pada lutut.
    2. Melakukan opeasi untuk mengatasi sakit lutut yang sudah berat.
    3. Jangan terlalu banyak bergerak agar lutut tidak mengalami banyak tekanan (Baca Juga: Jenis Penyakit Tidak Menular)
    4. Istirahatlah yang cukup untuk membantu proses pemulihan dengan cepat
    5. Kompres dengan air es pada lutut agar rasa sakit bisa berkurang (Baca Juga: Cara Kompres yang Benar untuk Demam)
    6. Menggunakan salep anti pembengkakan atau inflamasi
    7. Letakkan kaki yang sakit (sebelah kiri) pada posisi lebih tinggi agar bisa mengurangi pembengkakan
    8. Mulailah dengan olah raga yang ringan, ketika keadaan sudah mulai membaik. (Baca Juga: Akibat Kurang Olahraga)
    9. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan ringan sebelum olah raga
    10. DI akhiri dengan melakukan perenggangan setelah olah raga
    11. Jangan lupa untuk ganti sepatu olah raga jika keadaan sepatu rusak. Sebab kondisi telapak kaki yang tidak nyaman menyebabkan penekanan kuat pada lutut
    12. Jauhi beberapa aktivitas olah raga berat, seperti tinju.
    13. Jauhi kegiatan atau olah raga yang memicu cedera berat. Misalnya wall climbing (Baca Juga: Dampak Negatif Tidak Pernah Berolahraga)
    14. Lakukan olah raga secara bertahap dan step by step.