8 Obat Herbal Kelenjar Tiroid Terbukti Paling Mujarab

6410

Obat herbal kelenjar tiroid adalah racikan tadisional yang dibuat dari bahan bahan alami sebagai metode penyembuhan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Penyakit kelenjar tiroid adalah penyakit yang dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh dan menyebabkan penurunan daya tahan tubuh dimana letak kelenjar tersebut adalah pada bagian leher depan dibawah rahang rahang dan dekat jakun. (Baca Juga: Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh , Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh)

Fungsi Kelenjar Tiroid

  • Mengontrol dan mengatur kecepatan tubuh dalam membakar energi sehingga dapat dimanfaatkan tubuh untuk melakukan berbagai macam aktivitas. (Baca Juga: Kelainan Pada Proses Metabolisme Lemak)
  • Bertanggung jawab memperbanyak atau memproduksi protein didalam tubuh dengan bantuan enzim enzim yang adaa didalam sistem pencernaan (Baca Juga: Cara Mengatasi Kekurangan Protein)
  • Mengatur dan mengendalikan kepekaan tubuh terhadap hormon hormon yang berbeda didalam tubuh sehingga masing masing hormon dapat bertugas dengan baik dan selalu dalam kondisi terbaiknya.
  • Dapat mengubah sel sel menjadi lebih banyak mengandung glukosa yang berguna untuk meningkatkan kekuatan fisik secara alami dan mengolah energi didalam tubuh. (Baca Juga: Glukosa)

Jenis-jenis Kelenjar Tiroid

Penyakit kelenjar tiroid dibagi menjadi 4 bagian:

1. Hipotiroidisme

Penyakit kelenjar tiroid jenis hipotirodisme terjadi karena hormon tiroksin yang ada dalam kelenjar tiroid sangat rendah sehingga tubuh mengalami defisiensi dan kelaina metabolisme tubuh. Penyakit ini bisa disebabkan karena kebiasaan merokok berlebihan.

Baca Juga:

2. Hipertirodisme

Penyakit kelenjar tiroid jenis hipertirodisme muncul karena hormon tiroksin yang ada didalam jaringan kelenjar tiroid terlalu banyak (berlebihan) sehingga menyebabkan hormon kehilangan fungsinya dan memicu pembengkakan.

3. Gondok tiroid

Tahukah anda bahwa salah satu penyebab gondok tiroid pada leher adalah adanya infeksi virus atau bakteri yang menyerang sistem kelenjar tiroid sehingga munculah infeksi dan peradangan dan menimbulkan pembesaran kelenjar atau gondok tiroid. Kondisi ini ternyata paling banyak dialami manusia.

Baca Juga:

4. Nodul tiroid

Pembengkakan pada tiroid yang padat dan berisi cairan merah didalam kelenjar tiroid yang dapat merangsang sel menjadi abnormal dan berpotensi menjadi tumor jinak atau kista.

Penyebab Kelainan Kelenjar Tiroid

Penyebab munculnya penyakit pada kelenjar tiroid terjadi berbeda beda setiap individu terlepas dari gaya hidup dan kebiasaan hidup sehari hari.

1. Pemakaian obat lithium

Obat lithium adalah obat yaang biasa digunakan untuk mengatasi masalah psikologi yang labil atau depresi, Misalnya hiperaktifitas , Bicara tak terkendai, Sering marah marah dengan melancarkan agresi, Merasa tidak berharga, Adaanya kelaiana otot pada tubuh dan sebagaianya dimana obat ini juga bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit bipolar.
Menggunakan obat lithium secara berlebihan dan jangka panjang dapat merusak jaringan sel sel tubuh termasuk kelenjar tiroid yang berperan dalam mengendalikan dan mengatur metabolisme tubuh.

Baca Juga:

2. Paparan radiasi
Terapi yang menggunakan ct-scan atau alat alat medis yang menggunakan radiasi tertentu untuk memantau dan mendiktesi sebuah kanker dan tumor pada anak anak yang dilakukan secraa berulang ulang dapat menyebabkan kelainan sel sel dalam DNA yang ada dalam kelenjar tiroid. Radiasai menyebabkan pembengkakan, Peradangan dan kerusakan kelenjar troid.

3. Hipotiroid

Kebiasaan merokok secara berlebihan dapat menyebabkan kelainan pada kelenjar tiroid karena didalam asap tembakau terdapat zat tiosianot yang memicu kemunduran kemampuan tubuh dalam mengolah iodin atau hipotiroid, sehingga tubuh kekurangan iodin dalam jumlah yang banyak dan menyebabkan munculnya pembengkakan pada kelenjar tiroid. Salah satu gejala hipotiroid yang wajib diwaspadai adalah tubuh mudah menderita kelelahan dan lemas.

4. Kelenjar terlalu aktif

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau hipertiroidisme yang dapat menyebabkan zat iodin menjadi berlebihan, Akibatnya tetap saja akan terjadi pembengkakan pada kelenjar tiroid. Kondisi ini muncul karena dipicu akibat tubuh menyerang dirinya sendiri (outoimun).

Baca Juga:

5. Faktor keturunan

Jika ada pihak keluarga yang masih ada ikatan darah mengalami penyakit tiroid kronis maka akan diturunkan kembali kepada keturunannya.

Ciri ciri Penyakit Kelenjar Tiroid

Secara umum kelainan pada kelenjar tiroid dapat mudah dilihat meskipun masih dalam tahap gejala awal, Diantaranya:

• Pembesaran pada area leher depan
• Nafsu makan besar
• Leher sakit ketika berbaring kearah samping
• Suara parau
• Tubuh demam ringan
• Berkeringat terus menerus
• Tubuh sering merasa kepanasan
• Siklus haid tidak teratur
• Detak jantung kencang dan berdebar debar
• Tubuh merasa gemetar
• Perut mual dan muntah muntah
• Merasa gelisah, Panik dan cemas berlebihan
• Kondisi mata menonjol dan cenderung seperti sedang melotot (terbelalak)

(Baca Juga: Pembengkakan Kelenjar Tiroid pada Leher Ciri-ciri Jantung Sehat)

Penanganan Secara Herbal

Tips cara mengatasi masalah kelenjar tiroid tanpa obat kimia yaitu menggunakan Obat herbal kelenjar tiroid yang terbuat dari bahan bahan alami yang ampuh mengatasi masalah kelenjar tiroid, Diantaranya:

  1. Daun ciplukan

Ambilah segenggam daun ciplukan, Dicuci bersih lalu rebuslah dengan takaran air 3 gelas dan biarkan sampai mendidih hingga menyisakan satu gelas air saja. Minumlah obat herbal kelenjar tiroid ini dua kali sehari dengan rutin.

Daun ciplukan mengandung senyawa khusus bernama chologenik acid, Asam sitrun, Fisalin, Asam malat, Vitamin C, Tannin, Kriptoxanantin Alkaloid yang bermanfaat untuk menyembuhkan pembengkakan pada kelenjar tiroid dan menghilangkan rasa nyerinya. (Baca Juga: Bahaya Kelebihan Vitamin C , Akibat Kelebihan Vitamin C )

  1. Daun sambiloto dan temu putih

Ambilah 10 lembar daun sambiloto lalu dicuci bersih untuk kemudian direbus dengan takaran air 3 gelas hingga mendidih. Campurkan temu putih yang sebelumnya dipotong potong menjadi bagian yang kecil kecil. Setelah mendidih dan menyisakan satu gelas air maka dinginkan lalu disaring dan minumlah dua kali sehari secara rutin . (Baca Juga: Cara Menurunkan pH Air Minum)

Daun sambiloto memiliki zat andropolid, Neoandrogatolide dan dehidroandrografolide yang dapat mencegah peradangan menjadi semakin lebar pada kelenjar tiroid yang telah mengalami pembengkakan dan rasa sakit. Namun penggunaan daun sambiloto tidak boleh berlebihan karena salah satu efek samping daun sambiloto yaitu dapat mengurangi manfaat dari temu putih. Daun sambiloto yang digabungkan dengan temu putih dapat dijadikan obat herbal kelenjar tiroid yang aman dan tanpa efek samping jika pemakaiannya tak lebih dari 10 lembar untuk takaran air tiga gelas.

Temu putih memiliki zat senyawa kurkumiroid, Flavonoid, Minyak atsiri, Polifenol yang berfungsi menangkal sel sel kanker pada kelenjar tiroid agar tidak bermutasi atau semakin berkembang., Mampu mengurangi rasa nyeri pada kelenjar tiroid akibat peradangan. (Baca juga: Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik)

  1. Daun dewa dan benalu teh

Daun dewa adalah penyembuh segala penyakit termasuk pembesaran dan peradangan kelenjar tiroid. Didalamnya terdapat zat flavonoid, Alkaloid, Klorofil(zat hijau), Karotenoid, Steroltok tidak jenuh, Saponin, Triterpen yang sudah terkenal sebagai obat herbal kelenjar tiroid. (Baca Juga: Efek Samping Daun Kersen , Efek Samping Ampas Teh)

Benalu teh mengandung senyawa yang hampir sama yaitun Flavonoid, Alkaloid, Terperoid, Tannin, Ekstra metenol yang memudahkan pembengkakn tiroid menjadi kempis.

  1. Daun sirsak

Daun sirsak dibersihkan lalau direbus dengan takaran dua gelas air hingga mendidih dan hanya menyisakan saatu gelas saja, Minumlah obat herbal kelenjar tiroid ini dua kali sehari dalam keadaan hangat.

Daun sirsak memiliki kandungan senyawa Acetogenins yang mampu memblokir dan menghambat pergerakan atau pertumbuhan sel sel yang abnormal,Termasuk yang terjadi pada kelenjar tiroid. (Baca Juga: Efek Samping Daun Sirsak , Ciri-ciri Air Bersih)

  1. Kulit manggis

Kulit manggis dijemur lalu direbus dengan takaran3 gelas air hingga mendidih dan meninggalkan satu gelas saja. Obat herbal kelenjar tiroid ini cocok diminum dua sampai tiga kali sehari pada orang orang yang menderita gejala penyakit kelenjar tiroid jenis gondok.

Kulit manggis memiliki senyawa anti bakteri, Anti inflamasi yang kuat , Xanthone, Senyawa anti proliferasi yang dapaat menekan pergerakan sel sel yang abnormal dan menghentikan peradangan serta mengurangi rasa nyeri pada kelenjar tiroid. (Baca juga: Khasiat Kulit Manggis , Bahaya Makan Manggis dan Gula)

  1. Belimbing wuluh

Ambillah 5 atau 8 belimbing wuluh matang kemudian haluskan untuk kemudian dioleskan pada area kelenjar tiroid yang sedang membengkakan. Aplikasikan dua kali sehari secara teratur. Belimbing wuluh sudah puluhan tahun dijadikan obat herbal kelenjar tiroid yang biasa menyerang anak anak dan remaja.

Belimbing wuluh atau belimbung sayur mempunyai zat asam folat, Kalsium oksalat, Sulfur alami, Kalium sitrat, Vitamin C dan Gukosid serta zat tannin diman semua senyawa tersebut dapat mnenghilangkan rasa nyeri, Mengempiskan pembengkakan dan mengobati peradangan yang sedang terjadi. (Baca Juga: Efek Samping Asam Folat , Akibat Kelebihan dan Kekurangan Asam Folat

  1. Tumbuhan Bugleweed

Tumbuhan bugleweed memiliki bunga yang menjuntai indah keatas dengan tampilan warna biru keunguan atau biru keputihan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal kelenjar tiroid jenis hipotiroidisme. Ambillah beberapa bunganya, Cuci bersih lalu direbus hingga mendidih dengan takaraan air 3 gelas lalu sisakan hanya untuk satu gelas saja. Setelah mendidih angkat lalu dinginkan terlebih dahulu. Kemudian saring airnya untuk kemudian diminum dua kali sehari. (Baca Juga: Obat Herbal Panas Dalam  , Obat Herbal Radang Tenggorokan)

  1. Kunyit putih dan Daun benalu

Kunyit putih dan Daun benalu dapat direbus secara bersamaan sampai mendidih untuk kemudian airnya disaring , Tambahkan air perasan jeruk lemon secukupnya, Dinginkan lalu diminum dua sampai tiga kali sehari. Kedua bahan dasar alami ini adalah obat herbal kelenjar tiroid yang ampuh dalam mengatasi kelainan pada kelenjar tiroid. (Baca Juga: Obat Herbal Radang Tenggorokan , Gejala Radang Tenggorokan)

Kandungan zat kimia bermanfaat dari kunyit putih adalah polifenpl dan saponin sedangkan daun benalu mengandung senyawa kofein, Tanin dan minyak atsiri, Diamana kedua bahan herbal ini jika digabung dapat menghambat perkembangan sel abnormal yang memicu munculnya sel kanker tiroid, Antitoksin dan menyembuhkan pembengkakan akibat peradangan didalam jaringan kelenjar tiroid. Ramuan herbal ini sangat cocok bagi penderita tiroid pasca operasi (operasi kelenjar tiroid yang disebabkan peradangannnya sudah parah)