Home Tips KesehatanKesehatan Kaki Penyebab Lemak Menumpuk di Paha dan Cara Mengatasinya

Penyebab Lemak Menumpuk di Paha dan Cara Mengatasinya

by Erlita

Paha yang besar karena lemak bertumpuk di sana bukanlah hal yang indah bagi para wanita yang ingin penampilannya selalu terlihat cantik, langsing dan sempurna. Lemak berlebih tak hanya beredar di lengan atas maupun perut, paha pun bisa menjadi tempat bersarangnya lemak. Menurut penelitian, sistem kekebalan tubuh diatur oleh lemak yang ada di paha, lengan, perut dan juga bokong. Apa penyebab lemak menumpuk di paha?

Dijelaskan bahwa penumpukan utama lemak adalah memang adalah salah satunya ada di bagian paha karena ada perlindungan yang disediakan melalui itu. Ada bagian-bagian yang rentan secara fisiologis dan anatomi untuk menimbun lemak. Contoh yang bisa diambil di sini adalah bagaimana lemak menumpuk di bokong dan akan membuat kita nyaman saat duduk karena tidak mungkin kita akan merasa nyaman ketika bokong hanya berisi tulang. Namun, saat lemak yang menumpuk terlalu banyak juga tidak dianggap sebagai sesuatu yang sehat.

(Baca juga: akibat kelebihan protein)

Meski memang paha yang berlemak itu kelihatan berisi dan baik dipandang, namun jika paha terlalu besar dan dipenuhi dengan lemak pun akan kurang sedap dipandang. Rasa percaya diri untuk mengenakan rok atau celana pendek pun menjadi menurun. Penyebab dan alasan dari penumpukan lemak di paha adalah sangat sederhana, yaitu memang bagian paha adalah salah satu penampung lemak terbaik.

Selain itu, akibat kelebihan lemak dapat dipicu saat kita banyak mengonsumsi energi yang sebenarnya diri kita sangat perlukan. Energi tersebut dapat berasal dari karbohidrat, protein maupun lemak pada keadaan tertentu. Apabila jumlah dari energi yang masuk ke dalam tubuh rupanya lebih besar jauh dari yang bisa kita keluarkan melalui segala aktivitas kita, keseimbangan tidak akan tercapai. Sebagai akibatnya, lemak akan menumpuk yang salah satunya berada di bagian paha.

Wanita serta pria yang usianya ada di antara 20 sampai dengan 40 tahun akan membutuhkan 2.000 kalori untuk energi per harinya. Tidak ketinggalan juga asupan lemak juga butuh untuk dipenuhi, yaitu kurang lebih 45 gram yang akan ditentukan oleh berat badan kita. Tahukah Anda bahwa 45 gram lemak saja dapat disetarakan dengan daging sapi tenderloin 6,2 ons atau daging burger yang ada kejunya.

(Baca juga: penyakit akibat kekurangan lemak bagi tubuh)

Penyebab lainnya mengapa paha penuh lemak dan agaknya sulit untuk dikecilkan, antara lain:

  1. Faktor Genetik

Bila orang tua memang memiliki tubuh yang bentuknya gemuk dengan paha yang besar, maka Anda akan dengan mudah memiliki lemak-lemak di dalam paha yang lebih banyak dari orang lain. Untuk masalah kegemukan atau obesitas pada paha, jangan khawatir, sebab masalah ini bisa diatasi dan bahkan Anda dapat merampingkannya. Asalkan tidak bermalas-malasan, tentu lemak yang tertimbun dapat terbakar dan akhirnya Anda bisa mendapatkan paha ramping.

(Baca juga: penyebab obesitas)

  1. Bentuk Tubuh

Lemak yang menumpuk pada paha yang menjadikannya besar bisa jadi berdasarkan kodrat di mana Anda punya tubuh gemuk dari sananya. Tak ada yang mustahil untuk membakar lemak maupun mencoba mengecilkan atau setidaknya mengencangkan paha. Bagian pinggul dan paha masih merupakan bagian tubuh yang bisa Anda kencangkan meski di sana banyak lemak yang menumpuk.

(Baca juga: cara menghilangkan bisul di paha)

Cara Mengatasi dan Mengecilkan Paha Berlemak

Ketika lemak bertumpuk dan membuat paha kelihatan besar, hal ini secara tak langsung memang akan mengganggu penampilan. Tapi yang lebih serius dari itu adalah ketika paha terlalu besar dan Anda mulai kesulitan untuk berjalan sehingga harus berjalan dengan kaki dilebarkan supaya tak bergesek satu sama lain. Untuk mengatasi dan mengecilkan paha, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Bersepeda

Bersepeda dapat menjadi cara mengecilkan paha untuk Anda dalam mengurangi lemak dengan bersantai. Bersepeda adalah salah satu olahraga murah (jika Anda sudah memiliki alatnya). Ketika bersepeda, Anda akan otomatis mampu mengencangkan otot paha yang sedang bekerja secara terus-menerus.

  • Berlari

Olahraga lainnya yang mampu membuat paha lebih aktif supaya lebih kencang dan lemak lebih mudah dibakar adalah dengan berlari. Lari termasuk olahraga paling gampang dan juga murah untuk merampingkan perut dan paha penuh lemak. Anda bisa berlari di taman sambil menikmati udara segar atau bisa juga memilih yang mudah dengan memanfaatkan treadmill.

(Baca juga: olahraga mengecilkan paha dan betis serta pembentukan ototnya)

  • Lompat Tali

Lemak yang ada di paha serta di bagian tubuh lainnya diyakini dapat luntur secara efektif dengan melakukan olahraga lompat tali. Olahraga ini hanya perlu dilakukan 10-15 menit yang memang akan cepat meletihkan paha.

  • Membatasi Asupan Karbohidrat

Kebanyakan orang tak dapat hidup tanpa karbohidrat dan paling banyak mereka akan mengonsumsi karbohidrat setiap harinya. Anda pun mungkin salah satunya, maka jauhi karbohidrat dan pangkas berat badan dengan mengonsumsi beras merah atau sereal gandum yang kaya serat dan energi lebih banyak sebagai pengganti karbohidrat dari nasi putih biasa.

  • Menghindari Junk Food

Sepertinya sudah bisa ditebak bahwa salah satu cara mengecilkan paha dan bokong dengan cepat serta untuk mendapatkan paha yang langsing adalah dengan tidak mengonsumsi junk food. Lemak trans atau lemak jenuh selalu ada di setiap junk food, jadi demi membuat lemak jahat menjauh, Anda pun perlu berupaya menghindari makanan tak sehat ini.

(Baca juga: olahraga yang membakar kalori super banyak)

  • Melakukan Yoga

Yoga adalah sebuah jenis aktivitas fisik atau latihan yang cukup populer dan bahkan semakin terkenal di tanah air, jadi apa salahnya untuk mencoba mengikuti sebuah kelas yoga? Gerakan yoga tampak pelan, tidak seperti ketika Anda berlari maupun lompat tali, tapi efeknya pun sangat luar biasa dalam membakar lemak. Contoh gerakan yoga yang bisa dicoba oleh Anda adalah adho mukha svanasana serta suryanamaskar karena keduanya dijamin akan merampingkan paha Anda secara berangsur.

(Baca juga: cara mengecilkan betis kaki)

  • Minum Banyak Air Putih

Sama halnya dengan program diet yang biasa, meminum banyak-banyak air putih jelas akan membantu Anda untuk menghindari ngemil yang berujung pada junk food serta makanan cemilan tak sehat. Ketika Anda minum lebih banyak air dalam sehari, bisa dipastikan porsi makan Anda pun akan berkurang. Dengan demikian, makanan yang diasup tubuh menjadi lebih sedikit dan penimpunan lemak di paha akan dapat dikurangi maupun dicegah semakin banyak.

(Baca juga: akibat kelebihan air putih dalam tubuh)

  • Meninggalkan Lift

Jika Anda pekerja kantoran, tentu akan jauh lebih cepat dan mudah untuk selalu naik lift bila ingin ke lantai atas maupun bawah. Hal ini juga akan menghemat energi sehingga tak perlu capek serta berkeringat. Namun, demi mengurangi lemak di paha, tangga konvensional seharusnya jauh lebih menggoda untuk dilewati. Olahraga alami untuk paha Anda sebenarnya adalah berjalan menyusuri tangga.

(Baca juga: bahaya menggunakan laptop di paha)

  • Kerap Berjalan Kaki

Banyak orang terlalu manja di zaman sekarang karena sudah banyak yang memiliki sepeda motor. Pergi ke tempat yang dekat pun harus dengan naik sepeda motor, namun bila Anda peduli akan penampilan paha supaya lebih cantik, sering-seringlah berjalan kaki jika memang cukup dekat jarak rumah dengan tempat tujuan. Walau sering dianggap membosankan, berjalan kaki sebenarnya sangat menyehatkan daripada naik kendaraan bermotor.

You may also like