10 Akibat Kelebihan Vitamin pada Tubuh yang Membahayakan

Vitamin pada umumnya menjadi salah satu kebutuhan penting dalam menjaga kebugaran tubuh. Sebab kandungan yang terdapat di dalamnya dapat memberikan asupan tenaga terhadap organ tubuh dalam menjalankan porsinya masing-masing. Orang yang kekurangan kandungan gizi dalam tubuhnya biasanya ia akan cepat terserang beragam macam penyakit. Entah itu penyakit yang ditimbulkan dari sebuah virus, cuaca, ataupun yang lainnya. Sebab orang yang kekurangan vitamin akan berdampak berkurangnya kekebalan tubuh.

Namun,  bagaimana jika vitamin justru mengakibatkan dampak negatif bagi tubuh. Salah satunya penyakit saraf, yang dalam hal ini banyak Jenis-jenis penyakit syaraf yang juga harus Anda ketahui.   Hal ini bisa terjadi jika dalam mengkonsumsi vitamin dalam porsi yang berlebihan. Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin yang kemudian tersimpan dalam tubuh justru berakibat buruk. Hal ini diperparah ketika pengaruhnya memunculkan penyakit-penyakit yang menakutkan. Untuk itu perlu diketahui bersama agar tubuh dalam asupan vitamin yang cukup. Ada beberapa akibat yang muncul akibat kelebihan vitamin yang perlu anda ketahui. Untuk itu dalam artikel ini akan penulis bahas beberapa sub poin akibat kelebihan vitamin.

  1. Penyakit Batu Ginjal

Kelebihan vitamin dalam tubuh juga akan mengakibatkan penyakit batu ginjal. Penyakit yang disebabkan oleh dampak kerja keras fungsi ginjal ini menjadi salah satu penyakit yang dihindari oleh siapa saja. Penyakit ini umumnya disebabkan karena kelebihan vitamin C. Sebab dapat meningkatkan oksalat dalam urin. Seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi vitamin C, maka ginjal akan selalu dipaksa bekerja lebih. Sehingga kinerjanya bisa dua kali lipat dari biasanya. Sehingga akan berdampak buruk terhadap kualitas ginjal dalam tubuh. Anda juga harus mengetahui beberapa penyebab gagal ginjal. 

  1. Gejala Alergi

Akibat selanjutnya yang ditimbulkan bila terlalu banyak kandungan vitamin dalam tubuh adalah gejala alergi. Sebab kandungan yang ada dalam vitamin yang berlebihan mengandung beberapa unsur yang dapat mensuplay munculnya gejala penyakit alergi. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang dapat mengganggu momen aktivitas diri dalam kehidupan sehari-hari. Sebab alergi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dalam tubuh. Sehingga seseorang akan lebih malas melakukan aktivitas seperti biasanya.

  1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung juga dapat disebabkan karena terlalu banyaknya kandungan vitamin dalam tubuh. Gejala ini rawan menyerang kaum hawa, terlebih mereka yang sudah memasuki masa-masa menopaus dan sedang mengidap penyakit diabetes. Jika terlalu berlebihan mengkonsumsi vitamin (C khususnya) akan menyebabkan penyakit jantung, dan resikonya bisa mengancam kematian. Untuk itu perlu porsi cukup dalam mengkonsumsi vitamin, agar penyakit yang mematikan ini tidak menghantui kamu dalam kehidupan sehari-hari. Anda juga harus mengetahui jenis-jenis penyakit jantung.

  1. Darah Encer

Penyebab lainnya yang diakibatkan karena pengaruh banyaknya vitamin dalam tubuh adalah darah menjadi encer. Terlebih vitamin C, yang banyak mengandung antikoagulan yang berdampak terhadap pengenceran darah. Dampak darah encer tentu tidak baik dalam kesehatan tubuh.

  1. Penyakit diabetes

Selanjutnya diabetes, kebanyakan mengkonsumsi vitamin nyatanya tidak menjadi cara terbaik dalam menanggulangi penyakit diabetes dalam tubuh. Justru sebaliknya, kebanyakan vitamin akan berdampak pada munculnya penyakit diabetes dalam diri tubuh seseorang. Sebab beberapa vitamin memiliki kandungan gula yang lebih.

  1. Diare dan Muntah–Muntah

Penyakit ini juga bisa disebabkan karena kebanyakan vitamin dalam tubuh. Sebab beberapa vitamin mengandung zat yang mudah larut. Sehingga akan membuat pencernaan menjadi encer dan menyebabkan diare. Selain itu kelebihan vitamin juga dapat memunculkan efek mual-mual dan pusing. Kalian juga harus mengetahui  ciri-ciri bayi diare yang disebabkan oleh banyaknya kandungan vitamin dalam tubuh.

  1. Tubuh Menjadi Mudah Lemah

Persepsi banyak kalangan vitamin dapat membuat tubuh menjadi kuat itu nyatanya tidak selalu benar selama mengkonsumsi vitamin secara berlebihan. Justru akan sebaliknya tubuh akan mengalami lemah. Sebab kelebihan vitamin akan mengakibatkan tubuh bekerja secara berlebih.

  1. Gangguan Pada Proses Pengobatan Penyakit Kanker

Salah satunya vitamin C, kebanyakan menganggap sebagai salah satu pencegah munculnya penyakit kanker dalam tubuh. Namun tidak jika dalam konsumsi berlebihan, dampaknya justru sebaliknya menghambat dalam proses penyembuhan kanker. 


  1. Kulit Menjadi Kemerahan

Dampak kelebihan vitamin dalam tubuh selanjutnya adalah mengakibatkan kulit menjadi kemerahan. Gejala ini disebabkan karena alergi, ruam atau iritasi dalam tubuh. Untuk itu dosis konsumsi vitamin tidak selalu memberikan dampak baik. Malah sebaliknya, mengakibatkan gejala-gejala yang justru merugikan tubuh.

  1. Masalah Fisiologis

Gejala lain yakni, munculnya masalah-masalah fisik. Orang yang kelebihan vitamin dalam tubuhnya akan terancam akan masalah fisiologis, yang dampaknya tentu juga akan negatif. Dan merugikan diri dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

  1. Dapat menyebabkan pembentukan spesies oksidatif yang berlebihan.

Dampak lain yang juga mematikan akibat kelebihan kandungan vitamin dalam tubuh adalah rusaknya sel-sel darah putih yang disebabkan adanya kelebihan 8-oxoadenin dan 8-oxuanine dalam limfosit darah. Gejala ini lebih lebih khusus bagi mereka yang mengkonsumsi vitamin C dalam kadar melebihi kadar ukurannya. Sebab dampak begitu parah, yakni merusak darah. Tentu ini akan merugikan diri dalam menjalankan kehidupan yang baik.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Vitamin