23 Penyebab Kolesetrol Tinggi Paling Utama

Kolesterol tinggi, mungkin anda sering mendengar istilah ini. Kolesterol tinggi mengacu pada kadar kolesterol ygn berada di dalam tubuh berada di atas batas normal. Kolesterol tinggi ini biasanya terjadi pada orang – orang yang berusia lebih dari 20 – an tahun, dan seiring dengan bertambahnya usia, kolesterol di dalam tubuh akan meningkat. Kolesterol tinggi yang dapat membahayakan tubuh adalah kandungan kolesterol jahat. Kolesterol atau trigliserida ini sebenarnya memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan tubuh, karena merupakan jenis lemak yang dapat digunakan tubuh dalam beraktivitas.

Namun demikian, kolesterol yang tinggi akan menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit dan gangguan – gangguan lainnya, mulai dari yang ringan hingga yang kronis.

Kolesterol Normal

kadar kolesterol normalUntuk dapat mendeteksi apakah tubuh mengalami kelibihan kolesterol atau tidak, tentu saja harus ada standar – standar kandungan kolesterol tertentu. secara umum, kandungan kolesterol dapat dikategorikan normal hingga cukup tinggi apabila kandungan kolesterol di dalam tubuh berkisar antara 160 – 200 mg. Apabila kandungan kolesterol di dalam tubuh sudah lebih dari 240 mg, bahkan mencapai 500 mg, maka anda dikategorikan memiliki kandungan kolesterol yang berlebihan dan sangat berbahaya.

Apa saja bahaya dari kolesterol tinggi?

Kolesterol yang tinggi memilii dampak buruk bagi tubuh anda. dampak buruk dari kolesterol ini dapat terlihat dari penyakit – penyakit yang muncul karena kandungan kolesterol yang tinggi. Berikut ini beberapa penyakit yang muncul karena tingginya kolestrol di dalam tubuh :

  1. Penyakit Kronis. Beberapa penyakit kronis dapat disebabkan oleh tingginya kolesterol di dalam tubuh, antara lain :
  2. Kekurangan oksigen. Kandungan kolesterol yang tinggi dapat menghambat suplai oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini disebabkan karena kolesterol menutupi aliran – aliran darah ke seluruh tubuh. Kekurangan oksigen dapat menimbulkan :
    • Mudah merasa lelah
    • Mengantuk
    • Menurunnya konsentrasi
    • Sesak nafas
    • Rasa berat di tengkuk
    • Rasa pegal di bagian pundak
  3. Penyumbatan pembuluh darah. Kandungan kolesterol yang tinggi dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga selain menghampat peredaran darah dan oksigen, akan memicu :
  4. Kesemutan
  5. Menimbunnya lemak

Penyebab Kolesterol Tinggi

Apabila ada kasus kandungan kolesterol yang tinggi, pastinya ada hal – hal yang dapat menyebabkan naiknya kolesterol dalam tubuh. Apa saja yang dapat mempengaruhi tingginya kolesterol di dalam tubuh? Berikut ini faktor – faktor yang dapat menyebabkan tingginya kolesterol tubuh :

  1. Faktor Keturunan

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi tingginya kolesterol di dalam tubuh adalah faktor keturunan. Biasanya seseorang yang memiliki bakat kolesterol tinggi yang berasal dari orang tuanya, akan memiliki kemungkinan lebih besar mengalami tingginya kolesterol, sehingga harus menjaga pola makan.


  1. Usia

Ketika seseorang sudah memasuki usia 20 – an , maka kelesterol di dalam tubuh cenderung mengalami peningkatan, ini adalah suatu hal yang terjadi secara alami dan sulit untuk dirubah. Hal yang dapat anda lakukan hanyalah mengikuti beberapa tips di bawah ini :

  • Rajin berolahraga
  • Kurangi konsumsi makanan berlemak dan mengandung kolesterol tinggi
  • Konsumsi makanan kaya serat
  • Hindari merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol
  1. Faktor Gizi

Salah satu penyebab tingginya kandungan kolesterol di dalam tubuh adalah faktor gizi atau asupan makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi akan memicu naiknya kolesterol tubuh. Makanan yang mengandung lemak jenuh antara lain :

Untuk menghindarinya, anda perlu makan – makanan yang mengandung serat tinggi serta potein yang tinggi pula, dan rendah kalori. Hal ini akan membantu melancarkan pencernaan anda, dan dapat mengurangi gejala – gejala kolesterol tinggi.

  1. Kurang Olahraga

Olahraga sangat penting dalam proses metabolism dan proses pembakaran lemak. Kolesterol, yang sebenarnya juga merupakan salah satu bentuk lemak, akan mudah untuk disingkirkan apabila anda rajin berolahrga. Dan ketika anda jarang berolahraga, tentu saja lemak jenuh di dalam tubuh anda akan menumpuk dan akan menimbulkan tinggiknya kolesterol tubuh anda.

  1. Merokok

Kandungan nikotin dan zat – zat berbahaya lainnya yang terkandung di dalam rokok dapat memicu naiknya kolesterol di dalam tubuh anda. dan juga, pada dasarnya, rokok merupakan pembunuh ternikmat yang populer dan memiliki banyak sekali efek buruknya selain dalam meningkatkan kolesterol tubuh. Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh sangat banyak sekali, untuk itu menghindari rokok adalah cara ampuh menghindari kolesterol.

  1. Stress

Tidak hanya kondisi fisikm namun kondisi psikologis dan kondisi mental juga dapat mempengaruhi tingginya kolesterol. Hal ini terbukti, dengan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa pasien yang menderita stress memilii gejala – gejala kolesterol dan gejala medis lainnya.

  1. Diabetes

Kolesterol yang tinggi, selain dapat menyebabkan diabetes, ternyata juga dapat disebabkan oleh penyakit diabetes itu sendiri. Hal ini seperti sebuah mata rantai, dimana penderita diabetes memiliki kolesterol yang tinggi,

  1. Pola diet yang salah

Pada dasarnya, pola diet dilakukan untuk tujuan tertentu, seperti menguruskan badan, memperbesar badan, atau membentuk tubuh. Namun tidak semua program diet yang kita lakukan berjalan dengan lancar, bahkan ada beberapa yang salah dalam menerapkan pola diet, malah menimbulkan masalah – masalah kesehatan lain.

  1. Minuman Alkohol

Bahaya alkohol bagi kesehatan juga dapat menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah. Selain menjadi penyebab utama darah tinggi alkohol juga dapat membantu pembentukan lemak dalam darah.

Itulah beberapa penyebab kolesterol tinggi. Untuk mencegah naiknya kolesterol pada diri anda, maka hal yang paling mudah adalah melakukan pengaturan pola makan atau diet makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Berikut ini adalah bahan makanan yang harus anda hindari, atau setidaknya harus dikontrol konsumsinya, yaitu :

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi

  1. Cumi – Cumi
  2. Kuning Telur Ayam
  3. Otak
  4. Telur Burung Puyuh
  5. Santan
  6. Coklat
  7. Jeroan
  8. Susu Sapi
  9. Belut

Kemudian, berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang rendah kolesterol, sehingga aman dikonsumsi terutama bagi mereka yang memiliki bakat kolesterol tinggi :

  1. Putih telur ayam
  2. Teripang
  3. Susu sapi Non – Fat
  4. Ikan
  5. Daging tanpa Lemak

Itulah beberapa penyebab kolesterol tinggi pada manusia, dan bagaimana serta bahan makanan apa saja yang dapat dikonsumsi oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat.

Pengobatan Kolesterol

  • Rajin berolahraga
  • Kurangi makan daging
  • Hindari buah durian
  • Jangan stres
  • Hindari makan berminyak
  • Obat yang biasa digunakan : Statin, aspirin (baca efek samping aspirin), dan niacin

Baca juga : Makanan penurun kolesterol tinggi & Ciri ciri kolesterol tinggi

,
Post Date: Sunday 22nd, March 2015 / 09:18 Oleh :
Kategori : Kolesterol Tinggi