Home Gaya HidupKebiasaan Buruk 7 Bahaya Menggunakan Laptop di Paha Bagi Kesehatan

7 Bahaya Menggunakan Laptop di Paha Bagi Kesehatan

by Ana Rohma

Kemajuan teknologi saat ini sudah sangat berkembang dengan pesat. Sudah banyak teknologi yang diciptakan dan juga memberikan manfaat penting bagi kehidupan manusia sebagai usernya. Salah satu teknologi yang saaat ini hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita adalah laptop. Laptop sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan komputer yang bisa dibawa – bawa atau komputer jinjing. Pada penerapannya, ada banyak sekali istilah yang menggantikan laptop, seperti notebook, netbook, tablet PC dan semacamnya.

Saat ini, laptop sudah bukanlah merupakan barang mewah, karena untuk memenuhi kebutuhan mobilitas dari penggunannya, laptop sudah sanga diperlukan. Adapun berikut ini adalah beberapa keunggulan dari laptop, sehingga menjadi salh satu kebutuhan utama dalam teknologi :

  1. Bobot yang ringan
  2. Mudah untuk dibawa berpergian
  3. Spesifikasi yang beragam sesuai dengan kebutuhan
  4. Sangat membantu memenuhi kebutuhan mereka yang sering berpergian
  5. Tidak perlu repot merakit – rakit terlebih dahulu
  6. Fitur dan juga fasilitas yang canggih dan juga lengkap
  7. Mudah dioperasikan
  8. Hanya membutuhkan daya atau watt yang kecil, berbeda dengan personal computer.

Karena memiliki banyak keunggulan, maka laptop pun menjadi salah satu pilihan utama dari banyak kalangan masyarakat. Namun demikian, terkadang ada beberapa aturan tidak tertulis yang seringkali dilanggar oleh para pengguna laptop. Salah satu atuan tersebut adalah penggunaan laptop di paha.

Ya, saat ini banyak orang yang menggunakan laptop di paha begitu saja tanpa menggunakan alas sedikitpun. Kontak antara laptop dengan klit paha secara langsung ternyata dapat menimbulkan berbagai macam bahaya. Berikut ini adalah bahaya menggunakan laptop di paha :

  1. Dapat menyebabkan iritasi pada kulit paha

Bahaya pertama yang dapat muncul dari menggunakan laptop di paha adalah munculnya gangguan kesehatan pada kulit, terutama kulit paha anda. kulit paha anda akan mengalami gejala dermatitis atau iritasi pada kulit, yang tentu saja sangat berbahaya. Radiasi dari panas yang dihasilkan laptop dapat menyebabkan kulit menjadi bewarna kemerahan akibat ruam, dan juga menyebabkan kulit menjadi terasa gatal dan perih, apabila terlalu lama menggunakan laptop di paha.

  1. Menyebabkan perubahan warna pada kulit paha

Bahaya lainnya yang dapat muncul dari menggunakan laptop di paha adalah munculnya perubahan warna kulit pada bagian paha. Hal ini masih sma, disebabkan oleh radiasi dari panas laptopyang dapat menyebabkan perubahan warna pada pigmen. Hal ini akan menyebabkan kulit paha dari pengguna laptop yang menggunakan laptop di paha menjadi belang dan berbeda warna dengan warna kulit aslinya.

  1. Dapat menyebabkan kanker !!!!!!!

Seperti halnya bahaya wifi bagi kesehatan Bahaya lainnya yang ternyata bisa terjadi ketika seseorang menggunakan laptop di paha adalah dapat menyebabkan terjadinya kanker. tidak main – main, radiasi panas dari laptop yang diletakkan pada bagian paha bisa menyebabkan munculnya kanker kulit. Hal pertama yang terkena kemungkinan adalah bagian kulit paha, yang kemudian menyebar ke bagian tubuh yang lainnya.

Selain kemungkinan dapat menyebabkan kanker pada bagian kulit, posisi dari laptop yang berdekatan dengan alat kelamin juga dapat menyababkan radiasi dari panas laptop menyebabkan gangguan pada kesehatan pada alat kelamin dan juga pada pria dapat menyababkan munculnya kanker pada bagian testis. Menyeramkan bukan?

  1. Dapat mengurangi jumlah sperma pada pria

Apabila anda berpikir bahwa kanker merupakan bahaya menggunakan laptop di paha yang terburuk, ternyata masih ada lagi bahaya lainnya yang juga buruku, terutama bagi para pria. Ya, menggunakan laptop di paha pada menyebabkan terjadinya gangguan pada kualitas sperma pria. Hal ini dapat menyebabkan sperma pada pria menjadi berkurang jumlahnya. Selain dapat mengurangi jumlah sperma, menggunakan laptop di paha juga dapat menyebabkan menurunnya kualitas dari sperma seorang pria yang tentunya akan berpengaruh pada kondisi kesuburan seseorang.

  1. Munculnya masalah pada bagian tulang punggung, leher dan juga pundak

Masalah lainnya yang dapat muncul dari menggunakan laptop di paha adalah dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada bagian tulang belakang, punggung, leher dan juga pundak. Hal ini tidak lain dan juga tidak bukan dapat disebabkan karena kondisi dari posisi duduk yang tidak tepat ketika seseorang menggunakan laptop di paha. Hal ini tentu saja akan menyebabkan rasa pegal – pegal sesaat, dan juga apabila dilakukan terus menerus akan menyebabkan terjadinya gangguan pada tulang belakang.

  1. Menyebabkan Carpal Tunnel Syndrome

Carpal Tunnel Syndrome atau CTS merupakan suatu sindrom atau gejala yang muncul pada pergelangan tangan. Biasanya hal ini dapat muncul karena pergelangan tangan dari pengguna laptop sering bersentuhan dengan panas laptop. CTS ini biasanya dapat menyebabkan terjadinya kesemutan, tangan kapalan, dan terasa gatal setiap kali menggunakan laptop.

  1. Dapat menyebabkan gangguan kehamilan

Ternyata menggunakan laptop di paha bukan hanya buruk bagi pria, namun juga bagi wanita. Menggunakan laptop di paha dapat menyebabkan gangguan kehamilan. jadi bagi anda yang sedang mengandung, hindarilah menggunakan laptop di paha, karena akna menyebabkan gangguan pada kehamilan anda.

Mengatasi penggunaan laptop di paha

Dengan adanya bahaya tersebut, maka sudah pasti menggunakan laptop di paha adalah hal yang tidak boleh dilakukan, apalagi dengan intensitas yang sering. Namun demikian, apabila ternyata terpaksa, anda dapat menggunakan alas khusus untuk meletakkan laptop di paha anda. hal ini untuk mencegah agar radiasi dari panas laptop tidak langsung terkena kulit anda. selain itu, anda juga bisa menggunakan meja kecil, untuk menghindari penggunaan laptop di paha anda.

Demikian artikel mengenai bahaya menggunakan laptop di paha. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, dan jga semoga wawasan anda dapat bertambah dengan adanya artikel ini. terima kasih.

Segala Sesuatu Yang Berbahaya Lainnya

You may also like