Home Penyakit dan KelainanSumber Penyakit Bahaya Ubur – Ubur Laut – Sengatan Mematikan

Bahaya Ubur – Ubur Laut – Sengatan Mematikan

by Ana Rohma

Apabila anda sering menonton serial kartun televisi dari Spongebob Squarepants, pastilah anda sudah sering melihat ubur – ubur. Ubur – ubur atau yang dikenal dngan nama jellyfish dalam bahasa Inggris ini merupakan salah satu jenis hewan air yang masih tergolong primitive. Hal ini dapat dibuktikan dengan kondisi dari tubuh ubu – ubur itu sendiri yang tidak memiliki sistem saraf, sistem darah dan juga otak. Ubur – ubur memiliki bentuk yang bulat simetris, dan kebanyak hidup pada daerah lautan lepas. Namun demikian, ada juga beberapa ubur – ubur yang hidup di air tawar, seperti di daerah danau dan juga sungai air tawar, dan juga beberapa dari mereka hidup pada air payau.

Struktur Tubuh Ubur Ubur

Ubur – ubur sendiri memliki tubuh yang cenderung transparan, hal ini disebabkan oleh struktur tuuh dari ubur – ubur itu sendiri. Ya, struktur tubu dari ubur – ubur, secara keseluruhan terdiri dari air. 95% dari struktur tubuh ubur – ubur adalah air. Hal inilah yang menyebabkan ubur – ubur terlihat transparan dan juga tembus pandang. Selain itu, ubur – ubur juga tidak memiliki cangkang, sehingga ubur – ubur mudah mengalami kerusakan

Ubur – ubur merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki banyak tentakel. Tentakel – tenyakel ini lah yang kemudian dapat membantu ubur – ubur untuk bergerak di dalam air, dengan sistem pergerakan yang mirip dengan mesin jet, yaitu dengan cara menyedot air, lalu kemudian menyemprotkan air tersebut ke belakang, sehingga kemudian dapat bergerak

Spesies

Hewan yang masuk ke dalam kelas Scyphozoa ini memiliki kurang lebih 200 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Beberapa jenis spesies dari ubur – ubur ini diantaranya adalah Moon jellies, mediteranian jellyfish, sea nettles, lion mane serta blue jelly. Spesies – spesies tersebut tersebar hampir di seluruh lautan yang ada di bumi ini, dan populasinya pun cenderung sangat banyak, sehingga ubur- ubur bukanlah termasuk ke dalam hewan yang dilindungi.

Ubur – ubur adalah salah satu jenis biota air yang mampu membuat penikmat dan juga pecinta alam biota air, terutama bawah laut terkagum – kagum. Biasanya ubur – ubur yang hidup secara berkelompok ini sangat menarik perhatian dari para wisatawan bawah air, karena memiliki keindahan yang luar biasa, yang menyebabkan dunia bawah air menjadi daya tarik wisata tersendiri. Dengan bentuk yang unik, serta memiliki struktur tubu yang sangat menarik untuk diamati, membuat ubur – ubur menjadi salah satu tujuan utam dari para wisatawan yang senang menyelam ke dalam air untuk melihat dan menikmati keindahan alam bawah air.

Bahaya dari ubur – ubur

Meskipun merupakan salah satu jenis hewan yang sangat menarik, namun demikian, ternyata ubur – ubur ckup berbahaya. Bahaya yang dimiliki oleh ubur – ubur ini tidak lain dan tidak bukan adalah bahaya yang berasal dari sengatan ubur – ubur itu sendiri. Ya, ubur – ubur merupakan jenis hewan berbisa, yang dapat menyengat anda ketika anda menyentuh tentakel – tentakelnya. Beberapa orang mengatakan, sengatan dari ubur – ubur jauh lebih menyakitkan dari sengatan seekor lebah. Bahkan ada beberapa kasus dimana seorang penyelam mengalami koma dan ada juga yang mengalami kematian karena tersengat ubur – ubur dalam, jumlah yang cukup besar.

Sengatan ubur – ubur itu berasa dari beberapa sel yang dinamakan sel nematosit, yang mana terletak pada tentakel – tentakel dari ubur – ubur itu sendiri. Karena itulah, bagian tentakel dari ubur- ubur merupakan bagian yang harus dihindari, karena terdapat sel nematosit, yang berbisa dan dapat menyengat itu tadi. Zat penyengat yang ada pada ematosit pada tentakel ubur – ubur itu sering dikenal dengan nama venom atau racun. Faktanya adalah, satu buah nematosist mampu menyemburkan ratusan venom, yang dapat menyebabkan hewan – hewan laut kecil mati apabila tersengat.

Bisa Menyebabkan Kematian

Sengatan dari ubur – ubur ini, yang terparah dapat menyebabkan kematian pada manusia, namun tergantung dari jumlah sengatan dan juga jenis / spesies dari ubur – ubur itu sendiri. Secara umum, sengatan ubur – ubur dapat menimbulkan beberapa gejala seperti di bawah ini ketika seseorang tersengat :

  1. Infeksi pada bagian luar kulit, dan beberapa organ tubuh yang sudah terkena venom ubur – ubur, biasanya ada jenis antibiotik khusus untuk mengobatinya.
  2. Sesak nafas dan kekurangan oksigen (baca : Penyebab dada sesak)
  3. Rasa perih dan juga sakit yang luar biasa pada bagian kulit selama berhari – hari
  4. Rasa sakit pada bagian tubuh dan organ tubuh lain, dimana venom sudah menyebar ke dalam anggota atau organ tubuh lainnya.

Cara Mengobati 

Untuk mengobati gejala dari sengatan ubur – ubur tersebut, hal penting yang harus anda lakukan sebagai salah satu perolongan pertama adalah dengan cara mengompres bagain tubuh yang terkena sengatan ubur – ubur tersebut dengan menggunakan handuk yang telah diberi air hangat dan juga cuka. Setelah dikompres, orang yang terkena sengatan ubur – ubur wajib untuk angsung diperiksakan ke dokter dan juga klinik terdekat, untuk menerima perawatan medis yang lebih baik, untuk menetralisir bisa dan venom dari sengatan ubur – ubur tersebut.

Bagaimana mencegah sengatan ubur – ubur?

Sengatan ubur – ubur meruapakn salah satu bahaya yang mengancam manusia. Karena itu ubur – ubur juga dimasukkan ke dalam daftar hewan yang paling mematikan dan juga berbahaya bagi hewan dan juga manusia. Untuk mencegah sengatan ubur – ubur ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :

  1. Ketika sedang menyelam, jauhi kumpulan ubur – ubur untuk mencegah kemungknan tersengat
  2. Apabila terpaksa harus berada diantara kerumunan ubur – ubur, jangan pernah coba – coba untuk menyentuh tentakelnya.
  3. Selalu gunakan peralatan selam yang terstandar dan juga aman, untuk mencegah sengatan ubur – ubur.
  4. Jangan pernah berenang atau bermain tanpa alat keselamatan pada daerah yang diketahui memilik banyak populasi ubur – ubur.

Itulah bahaya ubur – ubur laut bagi manusia. Selalu berhati – hatilah ketika akan melakukan wisata menyelam di laut, karena ubur – ubur dapat menyebabkan sengatan yang berdampak buruk bagi diri anda sendiri. Semoga artikel mengenai bahaya dari ubur- ubur laut ini berguna bagi anda, dan membuat anda menjadi lebih waspada dan juga berhati – hati ketika akan melakukan wisata bawah air. Terima kasih.

You may also like