ASH – Fungsi, Sumber dan Efeknya

1783

Zat ash, mungkin tidak banyak orang yang tahu apakah ash itu. Hal itu dikarenakan belum banyak media yang membahas zat kimia tersebut. Tidak mengherankan jika banyak orang yang masih awam dengan kimia yang satu ini. Lalu sebenarnya apakah ash tersebut?,. Dalam studi kimia analitik teknik pengabuan adalah sebuah proses mineralisasi prakonsentrasi sebelum dilakukan analisis kimia. Residu yang digunakan benar-benar dibakar. Zat ash sendiri merupakan bagian dilakukannya analisis proksimat yang diambil dari bahan biologis. Jika diartikan ke dalam bahasa indonesia ash berarti abu sisa hasil pembakaran. Namun yang dimaksud ash disini bukanlah ash abu seperti yang dimaksudkan tadi. Ash merupakan bahan hasil sisa dari pembakaran makanan. Bisa dikatakan zat ash adalah hasil akhir dari makanan yang dibakar.

Ketika mencermati produk makanan anda akan menemukan crude ash, crude ash artinya membakar nutrisi makanan seperti karbohidrat, protein dan lemak. Hasil pembakarannya meninggalkan mineral sisa pembakaran makanan yang disebut dengan ash. Lain halnya jika anda menemukan funeral ash dalam makanan bukan berarti makanan itu dicampur dan ditambahkan dengan abu pemakaman manusia. Funeral ash sendiri merupakan zat sisa pembakaran makhluk hidup yang hewani bukan pembakaran nutrisi utama dalam makanan seperti lemak dan protein.

Ketika anda memperhatikan lebih dari komposisi nutrisi makanan yan anda beli, ada akan menemukan pemberitahuan tentang ash. Zat makanan ash ini termasuk bahan kimia sebab diambil bahan yang tidak organik misalnya mineral. Senyawa ash mencakup berbagai komponen penting makanan misalnya saja adalah mineral penting, kalsium, kalium dan bahan seperti merkuri ada dalam zat ash tersebut. Kebanyakan makanan alami akan memiliki zat ash kurang dari 5 persen namun makanan yang sudah diolah akan memiliki zat ash sekitar 10 persen.

Kebutuhan Zat ASH per Hari

Membaca penjelasan di atas, tentu kita semua menerka-nerka berapakah batas maksimun pengkonsumsian zat ini per harinya?.  Untuk konsumsi sehari-hari, kita harus memperhatikan zat yang satu ini, hal itu dikarenakan tubuh tidak bisa mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Manusia tidak bisa mengkonsumsinya lebih dari 10 persen sebab lebih dari 20 persen bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Sumber Makanan yang Mengandung Zat Ash

Berikut ini adalah berbagai macam makanan yang diyakini mengandung komposisi zat ash dalam pembuatannya :

  1. Makanan anjing atau dog food. ( Baca: Bahaya gigitan anjing rabiesBahaya bulu anjing )
  2. Roti
  3. Tepung roti
  4. Makanan olahan
  5. Tepung gandum
  6. Daging sapi kering ( Baca : Bahaya daging sapiKhasiat susu sapi murni )

Fungsi dan Manfaat Ash

Banyak yang belum mengetahui apa saja fungsi dan manfaat dari at ash. Hal itu dikarenakan tidak familiarnya zat tersebut di masyarakat luas. Berikut ini adalah fungsi dan manfaat ash yang bisa kita ketahui :

  1. Meningkatkan Mineral Dalam Tubuh

Ash kebanyakan membakar nutrisi atau kandungan berupa karbohidrat, lemak dan protein dengan sisa pembakaran berupa mineral. Sehingga fungsi ash bisa digunakan sebagai penambah kandungan mineral di dalam tubuh manusia. Dalam produk makanan hewan peliharaan ash biasa digunakan untuk menambahkan mineral pada anak anjing yang sedang dalam tumbuh kembang.

Baca : FlourideAir

  1. Merendahkan Sodium di dalam Tubuh

Manfaat lainnya dari ash ini adalah sebagai penormal sodium di dalam tubuh manusia. Sodium sendiri merupakan zat kimia berupa logam lunak dan reaktif, warnanya keperakan serta seperti llin. Sumber natrium ini kebanyakan ditemukan pada garam. Dalam satu sendok teh garam bernatrium atau bersodium memiliki 2.300 mg natrium. Satu sendok teh garam tersebut empat kali lipat melebihi dari jumlah kebutuhan tubuh akan natrium atau sodium. Fungsi dari ash tersebut adalah untuk meningkatkan kandungan sodium yang ada pada tubuh manusia maupun pada hewan.

Baca : Bahaya garam bagi penderita hipertensiBahaya konsumsi garam berlebihan

  1. Penguat Tulang

Ash banyak sekali dicampurkan pada makanan anjing sebab ash hasil dari sisa pembakaran dengan hasil mineral bisa digunakan sebagai pembentukan tulang. Hal itu sangat bagus sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang anjing.

Tidak hanya itu saja, ash bagi manusia pun bersifat sama. Ash yang merupakan zat aditif pada makanan bsa digunakan untuk menguatkan tulang, pertumbuhan gigi da masih banyak lagi lainnya. Namun pengkonsumsiannya pun tidak boleh berlebihan.

Baca : Kelainan tulang belakangCara mencegah tulang keropos

  1. Pertumbuhan Gigi

Selain bisa digunakan untuk menguatkan tulang dan bisa digunakan sebagai petumbuhan tulang, ternyata ash pun bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan gigi bagi hewan peliharaan khususnya anjing. Tidak mengherankan jika komposisi makanan anjing anda akan sering meneukan tulisan crude ash atau funera ash didalamnya.

Baca : Penyakit gigi dan mulutEfek samping menelan pasta gigi

  1. Menguatkan Otot

Fungsi ash selanjutnya adalah bisa digunakan untuk menguatkan otot. Zat ash sangat bermanfaat sekali khususnya bagi orang yang sering mengalami masalah otot. Mengkonsumsi zat ash bisa menguatkan otot, menghindarkan dari kram dan otot kaku.

Baca : SeleniumTembaga

  1. Menyehatkan Jantung

Salah satu penyebab seseorang mengalami penyakit jantung adalah karena dia terlalu banyak mengkonsumsi garam atau sodium sehari-harinya. Jika hal itu dilakukan maka lama kelamaan dia akan mengalami tekanan darah tinggi. Saat seseorang terkena tekanan darah tinggi jantung lah yang kewalahan menghadapi tekanan darah yang tinggi. Jantung pun akan semakin cepat memompa darah ke seluruh tubuh untuk mengimbangi tekanan darah yang tinggi tersebut.

Baca : Cara menurunkan darah tinggiBahaya melinjo bagi penderita hipertensi

  1. Mengatur Tekanan Osmotik

Fungsi dari zat ash selanjutya adaah mengtur tekanan osmotik yang ada di dalam tubuh kita. Tahukah anda apakah tekanan osmotik itu?, tekanan osmotik adalah sebuah proses perpindahan larutan dari larutan yang encer menuju ke bagian larutan yang lebih pekat. Perpindahan itu akan melibatkan membran semi yang hanya bisa dilalui oleh pelarut tersebut. Tekanan osmotik ada di dalam sel darah merah. Fungsi dari ash adalah mempertahakan tekanan osmotik yang ada di sel darah merah tersebut. Sel darah merah yang ada di dalam tubuh manusia memiiki tekanan osmotik sebagai berikut ini :

  • Darah yang melalui larutan yang sangat pekat menyebabkan darah akan kehilangan air yang menjadi komposisinya atau bisa dikatakan sel darah merah dan air akan terpisah. Ketika hal itu terjadi maka sel darah merah akan mengkerut sehingga tidak bisa mengalir ke seluruh tubuh manusia.
  • Jika sel darah merah melewati larutan yang lebih encer dan tidak pekat maka aliran air akan tetap menyatu bersama dengan sel darah merah sehingga sel darah merah dan air tidak akan terpisahkan. Ketika hal itu terjadi aliran darah bisa dialirkan ke seluruh tubuh dan bermanfaat bagi fungsi organ.
  • Ash mengatur agar tekanan osmotik di dalam darah tetap ada sehingga air dan sel darah merah tidak terpisah komponennya.
  1. Membuat dan Menghasilkan Berbagai Enzim

Ash memiliki fungsi untuk membuat dan menghasilkan enzim. Di dalam tubuh manusia banyak sekali enzim yang bermanfaat bagi kehidupan manusia misalnya saja adalah enzim lipase yang bermanfaat bagi jaringan ludah manusia. Fungsi dari ash ini adalah untuk menghasilkan enzim lainnya yang bermanfaat dalam kesehatan tubuh manusia.

Baca: Akibat kekurangan enzim amilase

  1. Menyehatkan Tulang

Mineral seperti kalsium, kalium, seng, fosfor dan mangaan sangat berperan penting bagi kesehatan tulang manusia. Ash yang terbuat dari berbagai macam mineral itu berguna adalam mengeraskan, memelihara kesehatan tulang, mengendalikan tuang dan melakukan berbagai macam proses faal di dalam tubuh manusia.

  1. Sebagai Kontraksi Otot

Ash yang ada pada berberapa makanan berguna sebagai kontraksi otot dan melakukan respon terhadap sistem syaraf manusia. Jika kekurangan dalam mengkonsumsi ash atau mineral akibatnya adalah kontraksi otot menjadi menurun dan respon syaraf pun menjadi menurun. Misalnya saja adalah ketika anggota tubuh terbentur, syaraf dan otot akan lambat dalam menerima rasa sakit akibat benturan tersebut. Hal itulah yang berbahaya bagi kesehatan tulang dan syaraf manusia.

  1. Membentuk Strutur Jaringan Keras dan Lunak

Tubuh manusia terdiri dari berbagai macam jenis jaringan. Zat ash yang dikonsumsi bisa digunakan untuk melakukan pembentukan struktur di dalam tubuh manusia. Jaringan lunak meliputi pembentukan otot, syaraf, ligamentum, fasia, syaraf, jaringan serabut, lemak, jaringan pembluh darah dan membran sinovial. Sedangkan jaringan keras adalah jaringan yang meliputi organ tubuh manusia yang bisa diraba misalnya saja adalah tulang, kepala, kaki, tangan dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Membentuk Antibodi

Manfaat ash dengan hasil pembakaran mineral adalah sebagai pembentuk antibodi. Antibodi merupakan bagian tubuh manusia yang menghasilkan sistem imun. Jika sistem imun menurun manusia bisa mudah terkena berbagai macam penyakit virus dan bakteri.

Baca : Cara meningkatkan antibodiKelainan autoimun

  1. Mengatur Keseimbangan Air

Fungsi dan manfaat ash lainnya adalah digunakan sebagai pengatur keseimbangan air yang ada di dalam tubuh manusia. Air ini merupakan unsur yang penting dalam tubuh manusia sehingga keseimbagannya harus tetap terjaga.

Baca : Telinga keluar cairanPenyebab hidung berair

Efek Kekurangan Ash

Ada berbagai gangguan kesehatan yang bisa anda alami jika anda kekurangan ash di dalam tubuh anda. Jika anda tidak bisa mengkonsumsi semua jenis mineral dalam satu waktu sekaligus, ash adalah solusi bagi anda yang ingin mendapatkan manfaat mineral dalam satu waktu. Berikut ini adalah efek berbahaya akibat kekurangan ash di dalam tubuh anda :

  1. Kadar Garam tidak Terkontrol

Salah satu dampak berbahaya jika anda tidak mengkonsumsi mineral atau ash adalah kadar garam sodium di dalam tubuh anda tidak terkontrol. Seperti yang anda ketahui jika garam yang berlebihan masuk ke daam tubuh tidak bagus untuk kesehatan seba bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

  1. Stroke

Saat kadar sodium di dalam diri anda tidak terkontrol dengan baik anda bisa memiiki resiko terkena stroke. Alasannya adalah garam bisa memicu pengentalan darah sehingga darah yang menuju ke otak menjadi kental dan menyebabkan kelumpuhan otot otak.

Baca : Bahaya strokePendarahan otakJenis jenis stroke

  1. Tekanan Darah Tinggi

Dampak serius lainnya ketika anda tidak bisa mengontrol sodium yang masuk ke dalam tubuh anda adalah anda bisa terkena penyakit tekanan darah tinggi. Jangan dianggap remeh sebab penyakit ini merupakan penyebab berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh misalnya saja adalah penyakit jantung bahkan jantung koroner.

Baca : Ciri ciri penderita jantung koronerGejala jantung koroner

  1. Kematian

Dampak berbahaya yang paling ditakuti adalah bisa menyebabkan kematian. Mengapa hal itu bisa terjadi?, mineral yang tidak tercukupi oleh tubuh dan menyebabkan berbagai macam komplikasi penyakit bisa membuat seseorang mengalami kematian akibat komplikasi penyakit yang dialaminya. Dan hal itu harus menjadi perhatian bagi masyarakat luas.

Baca : Makanan yang dapat menyebabkan kematian mendadak

  1. Memiliki Sitem Imun Rendah

Fungsi dari ash atau zat ash berguna untuk membentuk antibodi yang nantinya akan berguna dalam membentuk sistem imun. Namun bagi orang yang kurang mengkonsumsi ash atau mineral dia nantinya akan memiliki sistem imun yang rendah akibat antibodi tidak terbentuk dengan baik. Saat hal itu terjadi akibatnya adalah tubuh manusia bisa mudah sekali terkena berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

  1. Tulang tidak Terbentuk dengan Sempurna

Salah satu fungsi dan manfaat dari ash adalah untuk menyehatkan tulang baik itu memelihara, mengeraskan dan menguatkan tulang. Sayangnya bagi orang yang mengalami kekurangan ash dia akan mengalami pembentukan tulang yang kurang sempurna sehigga dia rentan mengalami penyakit keainan tulang.

  1. Jaringan Lunak dan Keras Tidak Terbentuk

Bagi orang yang kekurangan mengkonsumsi ash ataupun zat mineral yang lain bisa menyebabkan jaringan lunak dan jaringan keras yang ada di dalam tubuh tidak terbentuk dengan sempurna. Sehingga suatu saat nanti dia rentan mengalami kelainan pada syaraf, otot dan jaringan lunak maupun keras lainnya.

Efek Kelebihan Zat Ash

Sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus untuk kesehatan, begitupula dengan sesuatu yang kurang konsumsinya. Setelah dibahas efek kekurangan ash, kali ini akan dibahas mengenai efek kelebihan zat ash yang masuk ke dalam tubuh manusia. Berikut ini adalah efek kelebihan zat ash yang harus diwaspadai :

  1. Menyebabkan Kanker

Jika kita baca tentang pengertian ash tersebut. Disitu tertera bahwa ash merupakan zat hasil sisa pembakaran nutrisi makanan dengn hasil mineral dan sumber hewani. Sudah diberitakan berbagai media jika makanan yang dibakar bisa menyebabkan berbagai macam keluhan kesehatan salah satnya adalah kanker. Makanan yang dibakar besifat karsinogen sehingga tidak bagus untuk kesehatan. Salah satunya adalah ash ini. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin mengkonsumsi makanan yang mengandung zat ash bijaklah dalam mengkonsumsinya agar tidak terkena efek bahaya.

  1. Mengubah PH Darah

Efek negatif lainnya dari ash itu adalah bisa menyebabkan keasaman darah menjadi berubah. Jika hal itu dibiarkan terjaidi terus menerus lama kelamaan organ bisa terganggu fungsinya akibat kadar keasaman darah yang berubah tersebut. Kadar keasaman darah yang berubah bisa memciu seseorang terkena penyakit kaker darah.

Baca : Penyebab ingus berdarahCara mengatasi kekurangan darah

  1. Membuat Kerapuhan Tulang

Dampak negatif lainnya dari mengkonsumsi ash yang berlebihan adalah jsutru mineral yang ada pada ash merusak tulang. Mineral itu bisa menyebabkan tulang menjadi cepat keropos dan osteoporosis pun bisa cepat terjadi.

  1. Masalah Otot

Masalah yang bisa terjadi selanjutnya akibat mengkonsumsi makanan yang mengandung zat ash secara berlebihan adalah bisa menyebabkan seseorang terkena masalah otot. Otot justru sering terasa kaku akibat distimuasi menggunakan mineral ash secara berlebihan. Begitupula dengan sendi, sendi yan distimulsi menggunakan minera secaar berlebihan akan menyebabkan kekauan sendi.

  1. Memiliki Gangguan Enzim

Efek kelebihan ash lainnya adalah menyebkans eseorang kelebihan enzim di dalam tubuhnya. Enzim merupakan biomolekul ptotein yang berguna untuk membantu proses metabolisme tubuh. Jika enzim terganggu maka tubuh pun akan mengalami gangguan metabolisme. Organ yang terganggu enzimny pun fungsinya juga akan berubah.

  1. Kelainan Auto Imun

Mengkonsumsi ash dalam batas yang berlebihan bisa menyebabkan kelainan auto imun seperti lupus. Memang fungsi ash bisa digunakan untuk membentuk antibodi dalam tubuh manusia namun kebanyakan mengkonsumsi ash justru berimbas sistem imun yang mengalami kelainan.

Baca : Cara mengobati penyakit lupusCiri ciri lupus

  1. Kelainan Sel tubuh

Orang yang terlalu banyak mengkonsumsi ash dia akan menderita kelainan sel pada tubuhnya.

  1. Mengubah Komposisi Darah

Fungsi dari zat ash adalah untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh manusia. Namun kelebihan zat ash justru berdampak pada air yang justru berlebihan masuk ke dalam tubuh manusia. Saat air di dalam tubuh manusia berlebihan, air itu bisa mengubah komposisi darah yang ada di dalam tubuh manusia.

Macam-macam Mineral

Asah adalah hasil sisa pembakaran mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun tahukah anda apa saja mineral yang dibutuhkan oleh tubuh itu?, berikut ini adalah berbagai macam jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia :

  1. Kalsium

Mineral pertama yang dibutuhkan oleh tubuh manusia adalah kalsium. Kalsium merupakan jenis mineral yang paling banyak dibutuhkan oleh tumbuh dan kembang manusia. Fungsi dari kalsium sangat penting yaitu untuk pembentukan tulang dan gigi, serta bermanfaat dalam proses pembekuan darah, perpindahan sinyal dari sel syaraf dan sebagai pembentuk kontraksi otot.

Kalsium memiliki peran yang penting dalam pencegahan osetoporisi serta akibat kekurangan kasium bisa menyebabkan kerapuhan pada tulang manusia. Orang yang kekurangan kalsium pun bisa memiliki gigi yang rapuh serta mudah pecah.

Baca : Akibat kelebihan kalsiumBahaya kekurrangan kalsium

  1. Fosfor

Mineral lainnya yang berguna untuk tubuh manusia dan dibutuhkan oleh manusia adalah fosfor. Fosfor merupakan jenis mineral yang bisa ditemukan dalam berbagai macam produk olahan misalnya saja adalah produk olahan dari susu dan daging. Sama halnya dengan fungsi mineral lainnya yaitu  fosfor ini sangat berguna untuk membentuk tulang dan gigi manusia. Tidak hanya itu saja, fosfor pun diyakini bisa membuat tulang dan gigi mejadi kuat sama seperti kalsium. Salah satu contoh fosfor adalah DNA dan RNA. DNA dan RNA bisa digunakan untuk menyehatkan syaraf manusia.

Baca : Kelebihan dan kekurangan fosfor

  1. Potasium

Potasium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Potasium ini memiliki manfaat yang sangat banyak yaitu bisa digunakan sebagai pengatur fungsi kerja jantung, mengatur tekanan darah di daam tubuh serta mengatur aktivitas kerja otot dan juga syaraf manusia.

  1. Sodium

Sodium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sodium ini ada pada kandungan garam dan bisa membantu dalam keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh manusia. Namun sodium yang berlebihan sangatlah tidak bagus untuk kesehatan tubuh manusia sebab bisa membahayakan kesehatan.

  1. Magnesium

Magnesium juga merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Ash ada yang merupakan hasil pembakaran berupa mineral magnesium. Magnesium sendiri merupakan logam yang berwarna ptih dan juga bersifa lentur. Magnesium bisa permanen di udara yang kering maupun berkarat. Ion yang ada dalam magnesium berguna untuk semua sel yang ada di tubuh makhluk hidup. Sekiatr 300 lebih enzim yang ada di dalam tubuh manusia membutuhkan ion magnesium. Magnesium ini begitu dibutuhkan oleh makhluk hidup dikarenakan magnesium ini bisa berguna dalam pembentukan protein di dalam tubuh, pembentukan tulang, pembentukan sel yang ada di dalam tubuh, pengaktif vitamin B, pembentukan asam lemak, membuat otot rileks, pembekuan darah dan masih banyak lagi lainnya.

Baca : Dampak akibat kekurangan magnesiumBahaya akibat kekurangan magnesiumAkibat kekurangan besi dan maagnesium

  1. Zat Besi

Kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubub lainnya adalah zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan bagi penderita anemia yang kekurangan sel darah merah yang ada di dalam tubuhnya. Fungsi dari zat besi ini adalah digunakan sebagai pembentuk hemoglobin, pembentuk sel darah merah yang nantinya akan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi disebut juga dengan penyakit anemia. Gejala anemia ditandai dengan muda lelah, sulit konsentrasi, mudah mengantuk dan masih banyak lagi lainnya. Mengkonsumsi ash dan makanan yang mengandung zat besi berguna untuk menjaga kebutuhan zat besi bagai tubuh manusia.

Baca : Cara mengatasi kekurangan zat besiKelebihan dan kekurangan zat besi

  1. Natrium

Mineral terakhir yang bermanfaat bagi tubuh lainnya adalah natrium. Natrium adalah komponen mineral yang ada di dalam tubuh manusia dan bisa ditemukan dalam berbagai macam makanan. Fungsi natrium adalah untuk menjaga keseimbangan air yang ada di sel tubuh manusia serta menjaga kesehatan syaraf manusia.

Jenis Mineral

Setelah mengetahui berbagai macam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, kita juga harus tahu berbagai jenis mineral yang ada di sekitar kita. Jenis mineral itu dikelompokkan berdasarkan dengan jumah takaran mineral yang diibutuhkan per harinya. Berikut ini adalah jenis mineral yang harus diketahui :

  • Majors minerals. Jenis mineral ini merupakan mineral utama dimana jenisnya paling banyak dibutuhkan oleh tubuh. Jumlah yang dibutuhkan tubuh sebanyak 100 mg. Mineral yang tergolong dalam jenis ini adalah kalsium, magnesium, kalium, fosfor, sulfur, sodium dan natrium.
  • Trace minerals. Kebutuhan akan mineral ini kurang dari 100 mg per harinya Contohnya yaitu zat besi, flouride, mangaan, seng, yodium, selenium, tembaga dan kromium.
  • Ultratrace minerals. Jumlah kebutuhan mineral ini tidak bisa diketahui. Yang termasuk dalam jenis mineral ini adaah arsenik, nikel, silikon, boron serta vanadium.

Itulah berbagai macam informasi mengeni zat ash yang penting untuk diketahui. Agar mendapatkan manfaatnya jangan pernah mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.