Penyebab Telinga Bengkak – Otitis Media dan Otitis Eksterna

2219

Jika kita membahas mengenai topik perihal penyebab telinga bengkak, maka utamanya ada dua sebab yang paling sering menyerang penderita yakni penyakit kebengkakan telinga jenis otitis media atau peradangan telinga bagian tengah maupun otitis eksterna atau bisa disebut juga sebagai jenis peradangan telinga bagian luar. Nah untuk tau lebih mendalam mengenai keduanya maka mari langsung saja kita simak uraian di bawah ini saja ya.(Baca juga: Obat Sakit Telinga Keluar CairanJenis Sakit Telinga)

1. Otitis Media

Penyebab Otitis Media

  1. Disebut juga sebagai gejala peradangan telinga bagian tengah, dan karena terhubung dengan saluran napas yakni serangkai telinga, hidung dan tenggorokan maka penyebab utama dari gejala satu ini utamanya lagi pada anak-anak yakni bisa tersebab lantaran merembet dari infeksi maupun radang yang terjadi pada area faring atau disebut juga sebagai faringitis yang menular ke bagian telinga. Batuk dan pilek juga bisa saja memiliki potensi menjadi penyebab. (baca juga: Makanan Penyebab Batuk)
  2. Beberapa mikroorganisme penyebabnya tentunya bisa terdiri dari jenis bakteri maupun virus baik jenis pneumococcus, influenza, streptococcus pneumococcus, hemophilus influenza, turicella otitidis maupun juga jenis moraxella cattarhalis. (Baca Juga: Perbedaan Sakit Karena Virus dan Bakteri)
  3. Pemberian Air Susu Ibu eksklusif di bawah dua belas bulan penuh juga ikut berkontribusi membuat daya tahan tubuh bayi rendah sehingga kemungkinan terserang sakit otitis media ini juga cenderung meningkat. Selain itu penggunaan empeng buatan juga akan semakin meningkatkan resiko infeksi pada bayi yang bisa juga menjadi penyebab munculnya otitis media ini. (baca juga: Operasi Gendang Telinga)
  4. Beberapa kondisi lingkungan juga berpengaruh semisal pergantian cuaca yang tak menentu, riwayat alergi yang dipunyai penderita dan juga asap rokok bisa menjadi pemicu penurunan imunitas penderita yang juga mengarah pada munculnya gejala otitis media.(baca juga: Obat Radang Telinga)

Gejala Otitis Media

  1. Pada umumnya akan terjadi infeksi maupun  peradangan pada area telinga tengah. Area ini umumnya dari area luar telinga dibatasi oleh gendan telinga dan di dalamnya juga terdapat saliran eustachius sebagai penghubung antara telinga, hidung juga tenggorokan kita. (baca juga: Jenis Penyakit Yang Menyerang Telinga)
  2. Pada telinga tengah bisa juga ditemukan pembentukan nanah maupun disertai keluarnya cairan dari dalam telinga penderita. Hal ini terjadi utamanya sebagai penanda pada otitis media kamvuhan atau jenis kronis sebagai tingkat lanjutan dari otitis media akut yang mendadak menyerang di periode awal. (Baca juga: Cara Mengobati Telinga Berdengung)
  3. Rasa nyeri serta kebengkakan juga menjadi ciri khas dari penyakit satu ini. Utamanya menyerang pada saluran eustachius sebagai penghubunga telinga, hidung dan tenggorokan. Saluran yang terinfeksi ini semakin lama akan menekan area gendang telinga dan bisa membehayakan dampaknya. (baca juga: Cara Membersihkan Tahi Telinga yang Keras)
  4. Seringkali jika infeksi peradangan telah semakin parah maka dapat merusak kinerja gendang telinga dan mulai menimbulkan dampak gejala ketulian dari yang ringan.(Baca juga: Obat Telinga Berair)

Penanganan Otitis Media

  1. Pada umumnya meskipun jika dibiarkan, saluran eustachius yang berfungsi sebagai penyeimbang tekanan udara dalam telinga serta tempat sawar racun telinga ini akan secara alamiah mengalirkan lendir demi meminimalisir serangan mikroba. Namun beberapa pengobatan juga bisa mengurangi gejalanya secara cepat dan efektif. (baca juga: Penyebab Telinga Berdarah)
  2. Utamanya pada serangan otitis media akut bisa dilakukan pemberian obat jenis analgesik pada penderita demi mengurangi keluhan rasa sakit dan nyeri yang tengah mendera. Hal ini bisa dari jenis acetaminofen, ibuprofen maupun obat tetes jenis benzocaine untuk membantu memperbaiki keadaan keluhan yang diderita pasien. (baca juga: Obat Pembersih Telinga)
  3. Sedangkan untuk jenis otitis media kronis atau kambuhan berulang bisa diberikan obat tetes telinga jenis opiat yang lebih manjur lagi untuk penanganan keluhan pasien dan proses kesembuhannya. (baca juga: Cara Membersihkan Telinga Tersumbat)
  4. Pada kasus khusus semisal anak-anak bisa coba diberikan obat jenis amoxicillin, atau jika kambuh berulang bisa juga dilakukan pemberian tympanostomy tubes untuk membantu penyembuhan juga. (Baca Juga: Gendang Telinga Pecah)
  5. Sedangkan sebenarnya penggunaan antibiotik sering dibatasi utamanya sebagai vaksin lantaran ketakutan akan adanya resistensi bakteri yang justru akan semakin memperburuk kondisi pasien saja. Namun vaksin sejenis influenza dan juga pneumococcus tetap disarankan demi pencegahan yang efektif. (Baca juga: Efek Menaruh Bawang Putih di Telinga)

2. Otitis Eksterna

Penyebab Otitis Eksterna

  1. Beberapa penyakit semisal polip ataupun tumor yang menjadi sebab pertumbuhan abnormal jaringan tubuh juga bisa menjadi penyebab dari munculnya gejala jenis otitis eksterna ini. (Baca Juga: Gejala Polip Rahim)
  2. Kondisi kesehatan pribadi masing-masing individu semisal status hormonal maupun riwayat alergi juga berpengaruh signifikan akan kemunculan gejala otitis eksterna. (Baca Juga: Cara Meningkatkan Hormon Progesteron)
  3. Beberapa mikroba mulai dari jenis bakteri dan parasit juga menjadi penyebab utamanya bahkan tungau juga. Diantara jenis spesiesnya yakni semisal yang parasitik dari jenis otodectes sp. (Baca Juga: Penyebab Kudis)
  4. Sedangkan dari golongan jenis mikroba yang non parasitik atau umunya tergolongkan dari ragam kelompok bakteri penginfeksi diantaranya yakni staphylococcus aureus atau juga pada jenis pitycosporum. (Baca Juga: Infeksi Kulit Karena Bakteri)
  5. Pada kondisi tingkat peradangan yang cenderung telah parah penginfeksi penyebab biasa juga berasal dari jenis spesies proteus spp, pseudomonas sp dan juga candida spp.
  6. Cidera atau trauma lantaran benda asing yang mengenai bagian telinga luar juga berpotensi untuk menjadi penyebab timbulnya jenis sakit peradangan telinga yang satu ini. (Baca Juga: Bahaya Kapas Tertinggal Di Telinga)

Gejala Otitis Eksterna

  1. Pada dasarnya otitis eksterna ini menyerang pada bagian luar telinga dengan gejala infeksi serta peradangan. Gejala yang ditimbulkan bisa dilihat secara fisik dan jelas yakni berbeda dengan kondisi otitis media yang tersembunyi di balik gendang telinga kita. (Baca Juga: Obat Infeksi Telinga)
  2. Timbul rasa nyeri, bengkak, suasana telinga lembab maupun pembentukan nanah dan kerusakan jaringan kulit utamanya pada area telinga luar dan pada area lubang telinga jika terjadi infeksi parah biasa juga disebut dengan otitis nekrotikan eksterna. Baca juga: Cara Mengeluarkan Air dari Telinga)

Penanganan Otitis Eksterna

  1. Pengobatan sakit otitis eksterna dengan jenis obat tetes bisa menggunakan obat antibiotik maupun juga jenis ektoparasit. Sedangkan jenis obat injeksi semisal ivermectin atau selemectin juga terbukti efektif untuk jenis penginfeksi parasit tungau. (baca juga: Bahaya Tungau)
  2. Sedangkan pada jenis penyebab oleh tumor atau penyakit polip bisa dilakukan pembedahan untuk pengangkatan jaringan abnormal sebaai usaha proses kesembuhan pada pasien. (Baca juga: Gejala Polip)
  3. Dan untuk menjaga kebersihan area telinga luar yang terinfeksi bisa juga digunakan obat oles topikal insektisida maksimal sebanyak dua kali saja dalam sehari. Sedangkan untuk mengatasi serangan rasa sakit dan juga nyeri peradangan biasanya digunakan obat steroid untuk dikonsumsi penderita. (Baca Juga: Radang Telinga)
  4. Pemberian obat juga haris secara spesifik disesuaikan dengan penyebab awal munculnya gejala. Harus dipilihkan secara tepat sesuai dengan jenisnya yakni anatara antibiotik untuk jenis bakteri penginfeksi, obat antifungal untuk memerangi mikroba parasit jamur pemicu sakit atau juga bisa berikan obat anti alergi sesuai dengan kebutuhan kondisi kesehatan pasien masing-masing. (Baca juga: Penyebab Telinga Gatal)

Demikianlah beberapa daftar uraian lebih lanjut mengenai beberapa jenis penyakit yang bisa menimbulkan gejala keluhan bengkak peradangan pada telinga baik area tengah maupun area telinga luar. Semoga menambah wawasan dan bisa bermanfaat ya.