6 Bahan Dalam Makanan Ini Menyebabkan Kecanduan Dan Sangat Berbahaya

127

Mungkin Anda berpikir bahwa bahan yang paling berbahaya pada makanan adalah seperti lemak, kalori dan karbohidrat. Namun jika Anda berbelanja beberapa jenis makanan maka bisa saja ada bahan tertentu yang membuat makanan menjadi lezat. Penambahan beberapa bahan makanan ini memang bisa membuat rasa makanan lebih lezat. Tapi ternyata tidak semua bahan lezat ini sehat untuk tubuh. Berikut ini adalah bahan dalam makanan ini menyebabkan kecanduan dan sangat berbahaya.

  1. Minyak Goreng Terhidrogenasi

Tanpa kita sadari ternyata makanan seperti keripik, mentega, margarin, kerupuk, kue lezat, salad dan roti goreng menjadi musuh utama tubuh. Semua jenis makanan ini mengandung lemak trans yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Karena beberapa jenis makanan ini memang digoreng dengan proses minyak terhidrogenasi. Ini adalah minyak yang mengandung kolesterol jahat dan bisa memicu masalah kesehatan yang sangat buruk termasuk serangan jantung dan diabetes.

  1. Pemanis

Bahan pemanis dalam istilah lain dikatakan sebagai sukrosa. Ini adalah gula yang sudah diproses menjadi fruktosa kemudian akan membuat makanan menjadi sangat manis. Pemanis pada makanan dan minuman paling banyak ditemukan dalam bentuk gula jagung dan sakarin. Dampaknya sangat berbahaya karena memicu gangguan hormon yang tidak seimbang sehingga juga menyebabkan masalah kesuburan dan diabetes.

  1. MSG

Bahan lain yang sudah terkenal sebagai bahan berbahaya pada makanan adalah MSG atau monosodium glutamat. Jenis bahan ini memiliki beberapa nama lain seperti natrium kaseinat, maltodekstrin, protein nabati terhidrolisis, ekstrak ragi dan asam sitrat. Semua jenis bahan ini menyebabkan masalah kesehatan yang berat termasuk obesitas dan diabetes serta gangguan sindrom metabolik. Jadi hati-hati dengan makanan kemasan dan makanan ringan.

  1. BHT dan BHA

BHA atau butylated hydroxyanisole dan BHT atau butylated hydroxytoluene adalah dua bahan yang sering disamarkan sebagai antioksidan. Bahan ini biasanya digunakan sebagai campuran pada keripik kemasan, keripik kentang, permen karet, sereal dan makanan lain. Makanan ini mengandung bahan karsinogen yang snagat berbahaya. Kecanduan bahan ini akan menyebabkan efek seperti sulit tidur, tidak nafsu makan dan kerusakan pada hati, ginjal dan pemicu kanker.

  1. Sodium Nitrate dan Sodium Nitrite

Dua bahan ini terkenal sebagai pewarna makanan dan minuman. Biasanya juga sering digunakan untuk daging kemasan seperti sosis atau daging delli. Sebenarnya bahan ini aman tapi ketika sudah bercampur dengan asam lambung makan akan membentuk nitrosamin. Akhirnya terbentuklah sel-sel kanker yang akan merusak sistem sel sehat pada bagian kerongkongan, perut, otak dan juga pemicu kanker mulut. Efek samping yang paling cepat seperti mual, muntah, dan sakit kepala.

  1. Sodium Benzoate

Bahan aditif lain dalam makanan yang bisa membuat makanan lebih lezat adalah sodium benzoate. Bahan ini paling sering ditemukan pada minuman berkarbon dan minuman kemasan. Semua jenis bahan ini bisa menyebabkan alergi. Kemudian jika bertemu dengan vitamin C juga akan menyebabkan reaksi benzena dimana ini akan memicu kanker darah dan jenis kanker pencernaan.

Jadi sebaiknya hindari atau batasi bahan dalam makanan ini menyebabkan kecanduan dan sangat berbahaya. Menjaga kesehatan yang terpenting dari makanan yang masuk ke dalam tubuh dan mulai sekarang yuk kita konsumsi makanan sehat saja.