17 Makanan yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

7801

Ada begitu banyak makanan yang makin beragam di sekitar kita, namun apakah Anda yakin bila makanan yang dikonsumsi atau Anda sajikan sangatlah aman bagi tubuh? Banyak jenis makanan yang menyediakan fakta mengejutkan yang bisa disimak pada ulasan makanan yang dapat menyebabkan kematian berikut ini. Mungkin Anda tidak akan mengira bahwa makanan-makanan ini akan begitu mengerikan dan bisa berakibat fatal apabila dikombinasikan alias dimakan secara bersamaan.

  1. Soda

Minuman ringan, khususnya yang mengandung soda memang sangat diminati dan laris di pasaran karena banyak orang menyukai soda. Namun meminumnya terlalu sering dan bahkan hampir setiap saat akan dapat membunuh Anda cepat atau lambat. Pengawet kimia, kalori dan juga gula tambahan yang terkandung di dalamnya tidak boleh diremehkan karena semua itulah sumber segala penyakit yang akan datang ke tubuh Anda, seperti diabetes, stroke dan serangan jantung.

Baca : Dampak bahaya minuman bersoda bagi tubuh –  Ciri ciri gula darah tinggiGejala kencing manis

  1. Ackee

Pernah mendengar buah yang berasal dari Jamaika ini? Ackee adalah jenis buah yang cukup sering dimanfaatkan dan digunakan untuk memasak masakan khas Karibia. Namun yang ingin mengonsumsinya saat masih mentah perlu mengurungkan niat karena di dalam Ackee yang belum matang ada racun berbahaya yang bisa memicu kejang dan muntah. Walau sudah dalam keadaan matang, tidak semua bagian boleh Anda makan karena yang aman hanya bagian lembut dan berwarna kuning saja. Kulitnya yang agak kemerahan serta bagian bijinya jika tidak sengaja dimakan maka bisa menyebabkan kematian.

Baca : Pertolongan pertama paa keracunan makananBahaya racun aflatoksin pada makanan

  1. Buah Cherry

Buah kecil ini begitu banyak kita temukan sebagai pemanis kue dan banyak sekali penggemar buah cherry karena rasanya yang manis dan segar. Namun buah ini memiliki biji yang berbahaya jika sampai tertelan atau termakan sehingga pastikan bahwa Anda tidak mengonsumsi biji cherry. Hal ini dikarenakan di dalam biji cherry terdapat bahan kimia hidrogen sianida. Disebut makanan yang dapat menyebabkan kematian karena, biji cherry-lah yang bisa membuat pengonsumsi mengalami gangguan pernapasan, muntah-muntah, serta kerusakan ginjal yang sangat fatal.

Baca : Bahaya sianidaSesak nafasCara mengatasi sesak nafas

  1. Ikan Fugu

Jenis ikan ini biasanya dikenal dengan nama ikan buntal yang mungkin lebih familiar bagi masyarakat Indonesia. Ikan ini dapat menjadi makanan yang paling berbahaya. Terdapat racun di dalam ikan ini dan sangat mematikan seperti tetrodotoxin di mana juga terkandung di dalam gurita bercincin biru serta katak panah beracun. Tanpa adanya obat penawar, ikan fugu ini memiliki racun yang seribu kali lebih ganas dari sianida, jadi bisa dibayangkan seberapa mengerikannya ikan ini.

Di Jepang, para koki wajib melalui masa pelatihan yang paling tidak 2 tahun untuk belajar memotong ratusan ikan fugu ini. Bagian usus, hati dan ovarium dari ikan fugu akan dibuang dengan menempatkannya di sebuah tempat khusus dan disegel serta dibakar. Sebagian orang yang pernah merasakan rasanya ikan fugu mengatakan bahwa rasanya seperti daging ayam walaupun di Jepang dikatakan bahwa tekstur yang berharga dimiliki oleh ikan ini.

Baca : Bahaya keracunan timbal

  1. Gorengan

Memang pada dasarnya gorengan tidaklah mengandung racun dan zat-zat kimia berbahaya yang akan membahayakan nyawa pengonsumsinya saat itu juga. Makanan yang digoreng pun sangat populer di seluruh dunia, seperti misalnya kentang goreng, namun kelezatan dan kerenyahannya tidak diimbangi dengan nutrisi sehat. Tentu dengan mengonsumsinya setiap hari, khususnya dalam porsi besar, akan menyebabkan kematian cepat atau lambat.

Bukan karena gorengan itu sendiri, namun karena kandungan lemak trans atau lemak tak jenuh yang ada di dalamnya. Lemak tak jenuh ini adalah lemak jahat yang akan membuat Anda memiliki banyak penyakit serius, seperti kolesterol tinggi serta hipertensi yang akan membuat Anda terkena penyakit jantung, stroke, atau bahkan kanker mematikan. Semakin banyak waktu yang diperlukan dalam proses penggorengan makanan tersebut, maka lemak trans pun akan semakin banyak yang terserap berikut kalori ekstranya.

Baca : Bahaya mengkonsumsi gorenganContoh lemak jenuh pada makananMakanan yang mengandung lemak jenuh tinggi

  1. Jamur False Morel

Jamur satu ini adalah salah satu makanan yang bisa menyebabkan kematian apabila dimakan mentah-mentah. Kandungan racun monomethylhydrazine di dalamnya memang begitu tinggi sehingga meski telah dimasak pun sangat meragukan bahwa kandungan racunnya telah hilang dan aman bagi pengonsumsinya. Sebagian orang tidak masalah mengonsumsinya setelah melalui proses pengolahan dan dibuat matang, namun lebih banyak orang yang menyarankan untuk tidak mengonsumsinya.

Meski telah dimasak, mengetahui bahwa di dalam jamur ini terdapat toksin hemolitik, gyromitrin, tentu alangkah lebih baik untuk menghindarinya sama sekali. Toksin tersebut sanggup membuat sel-sel darah merah hancur sehingga berefek begitu mengerikan bagi manusia. Sejumlah spesiesnya pun memiliki kandungan Mono Metil Hidrazin yang dicurigai sebagai karsinogenik yang akan memicu diare, pusing dan muntah-muntah, bahkan dapat juga menjadi penyebab kematian pada manusia.

Baca : Penyebab kematian mendadakKematian mendadak

  1. Pala

Sebagai salah satu bumbu dapur yang sangat sering dimanfaatkan untuk memasak, pala berisiko memicu keracunan pada manusia. Pala diketahui dijadikan sebagai obat halusinogen di mana halusinogen sendiri adalah termasuk di dalam jenis obat terlarang sehingga akan memunculkan efek halusinasi yang mampu membuat pikiran dan perasaan pengonsumsinya berubah. Tidak hanya itu, daya pandang yang berbeda pun akan tercipta akibat efek tersebut yang akan muncul 3-8 jam setelah mengonsumsinya. Konsumsi yang dapat berisiko kematian adalah ketika Anda mengonsumsi pala terlalu banyak.

  1. Buah Kepayang atau Kluwek

Buah satu ini asalnya adalah dari Indonesia dan dapat juga ditemukan di Papua serta Malaysia. Biasanya biji kluwek dimanfaatkan dalam proses memasak masakan Indonesia, yaitu sebagai bumbu yang menyedapkan dan memberikan warna hitam; pada umumnya, masakan rawonlah yang dibumbui menggunakan bumbu dapur satu ini. Bahkan bijinya yang mempunyai lapisan bisa Anda konsumsi asalkan tidak secara mentah karena jika dikonsumsi mentah-mentah akan sangat beracun.

Di dalam bijinya terdapat asam sianida yang kadarnya cukup tinggi sehingga akan membuat mabuk atau pusing apabika memakannya dalam jumlah tertentu dan kalau berlebihan dapat berisiko kematian. Racun dari biji tersebut dapat dimanfaatkan untuk mata panah dan akan sangat aman apabila sudah direndam dan direbus lebih dulu sebelum dikonsumsi. Sianida pun bisa dijumpai pada aprikot, mangga, biji apel serta almond yang akan berbahaya kalau tidak melihat jumlah konsumsi.

  1. Kacang Merah

Masyarakat Indonesia rata-rata sangat menyukai kacang merah karena kacang merah dapat mengendalikan kadar glukosa dan bahkan dapat menjadi sumber protein nabati. Walau cara mengolahnya terbilang praktis dan rasanya pun enak, pasti tidak ada yang mengira bahwa terdapat kandungan racun lectin yang berkadar tinggi di dalam kacang ini. Ketika mengonsumsinya mentah-mentah sejumlah 3 biji, Anda dapat terkena diare dan muntah parah yang bahkan bila dibiarkan bisa berakibat fatal.

  1. Kacang Brazil

Lebih baik Anda tidak sembarangan mengonsumsi kacang ini ketika menjumpainya karena jenis makanan satu ini sangat berbahaya bagi tubuh. Penting untuk diketahui bahwa di dalam kacang Brazil terdapat tingkat radioaktif tertinggi yang Anda bisa jumpai di dunia ini. Konsentrasi radium yang dimiliki oleh kacang ini saja seribu kali lipat jauh lebih besar daripada makanan-makanan yang biasanya Anda jumpai. Kacang ini boleh dimakan, tapi jangan kebanyakan atau gangguan pencernaan serta gangguan sistem saraf dapat terjadi pada Anda yang bila makin serius bisa menyebabkan kematian.

  1. Tomat

Banyak dari Anda pasti terkejut ketika menjumpai tomat menjadi salah satu makanan penyebab kematian yang padahal mungkin Anda konsumsi setiap hari dan tidak ada masalah dengan kesehatan Anda. Tomat pada dasarnya bagus untuk kesehatan tubuh, khususnya mata dan tidak salah untuk mengonsumsinya secara sering. Tapi tahukah Anda bahwa tomat memiliki daerah yang mempunyai racun yang ada di bagian dekat daun dan batangnya, yaitu racun tomatine. Racun pada tomat tersebut biasanya dimanfaatkan untuk membasmi hama yang tentunya akan berefek buruk bagi tubuh dan kesehatan manusia.

Baca : Kandungan gizi tomat

  1. Klembak

Ini adalah sebuah jenis tumbuhan yang dapat menghasilkan bahan wewangian dan obat-obatan, lalu bagaimana bisa menjadi penyebab kematian dengan fungsinya yang bisa menjadi obat? Klembak memang sering digunakan untuk membuat jamu dan manfaatnya sebagai pencahar pun cukup besar. Bahkan bagian batang dan akarnya bisa dimanfaatkan untuk mengobati susah BAB alias sembelit dan bahan aktif yang ada di dalamnya juga akan mampu mengatasi hepatitis B.

Meski begitu, jangan anggap remeh klembak sebab selain dari khasiat-khasiatnya yang begitu sempurna bagi tubuh, daun hijau tumbuhan ini begitu membahayakan. Di dalamnya terdapat asam oksalat yang bisa memicu penyakit batu ginjal pada manusia yang mengonsumsinya dalam jumlah besar. Selain itu, risiko mengonsumsi terlalu banyak daun hijau ini akan berakibat kematian terlepas dari manfaatnya yang luar biasa.

  1. Kombinasi Udang dan Vitamin C

Mungkin banyak yang belum tahu efek buruk yang diberikan dari konsumsi udang yang dikombinasikan dengan minuman/makanan lain yang berkandungan vitamin C, misalnya makan udang dengan minum es jeruk. Risiko yang disebabkan bisa sangat serius karena kandungan Arsenic Pentoxide ada di dalam udang dan bila bertemu dengan vitamin C, di dalam perut Anda akan terjadi reaksi kimia di mana Arsenic Pentoxide bakal berubah menjadi Arsenic Trioxide yang beracun. Kerusakan pembuluh darah, usus, jantung, hati dan ginjal adalah risikonya dan bisa membuat seseorang meninggal dengan darah yang keluar dari kelima panca indera.

Baca : Makanan yang mengandung vitamin CBuah yang mengandung vitamin C

  1. Kombinasi Lobak Putih dan Wortel

Meski lobak putih dan wortel keduanya adalah jenis sayuran yang baik untuk kesehatan, mereka akan sangat menguntungkan bagi tubuh ketika dikonsumsi secara terpisah. Sayangnya, saat Anda mencoba memasak keduanya secara bersamaan dan mengonsumsinya juga secara berbarengan, vitamin C dari lobak putih akan dirusak oleh kandungan yang ada di wortel. Karena hal ini akan berbahaya bagi kesehatan, makanlah keduanya secara terpisah demi memperoleh asupan nutrisi paling baik.

  1. Kombinasi Daun Bawang dan Kedelai

Daun bawang dan kedelai mungkin sangat jarang ditemui untuk dikonsumsi secara bersamaan, namun jangan sampai Anda mencobanya. Kadar kalsium di dalam kedelai begitu tinggi, sedangkan asam oksalat di dalam daun bawang juga cukup banyak yang bila keduanya dikonsumsi di waktu yang sama akan berpengaruh buruk pada penyerapan kalsium. Kebiasaan mengonsumsi keduanya di saat yang sama dalam jangka waktu panjang akan memicu patang tulang yang bisa sangat fatal pada akhirnya nanti.

Baca : Akibat kekurangan kalsiumBahaya kekurangan kalsiumBuah yang menandung kalsium

  1. Kombinasi Teh dan Kepiting

Apapun makanannya, sepertinya teh selalu menjadi minuman yang menemani. Namun saat Anda mengonsumsi kepiting, pastikan bahwa minuman yang Anda minum bukanlah teh dan mengonsumsi keduanya secara bersamaan. Kabar buruknya di sini adalah bahwa gangguan pencernaan dapat disebabkan oleh keduanya jika dikonsumsi di saat yang sama.

Teh akan mengencerkan cairan lambung dengan asam tannic-nya saat Anda memakan kepiting. Bukan hanya asimilasi saja yang akan terganggu, melainkan lambung yang memiliki kemampuan mensterilkan juga akan menjadi kurang berfungsi sehingga pastinya membahayakan kesehatan Anda jika terlampau sering mengonsumsi keduanya tanpa mengetahui fakta ini.

  1. Kombinasi Semangka dan Daging

Di dalam makanan, Anda pasti kerap mendengar bahwa semangka merupakan buah “dingin,” sementara daging (ambil contoh daging kambing) adalah termasuk makanan “panas.” Setelah mengonsumsi daging, wajar Anda akan mencari pencuci mulut yang segar dan ini biasanya bisa didapat dari semangka. Sayangnya, ketika mengonsumsi keduanya secara bersamaan, gizi dari daging bisa drastis menurun dan lebih seriusnya lagi, kerusakan lambung dan limpa dapat terjadi pada penderita asthenia limpa; bahkan energi penderita juga akan terancam.

Baca : Bahaya konsumsi daging merah berlebihanBahaya daging babi

Itulah  berbagai macam makanan berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Agar tidak terjadi ha-hal yang tidak diinginkan sebaiknya kita semua menjauhi makanan tersebut.