Sponsors Link

Penyakit Jantung Koroner – Gejala – Penyebab – Pengobatan

ads

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang hampir bagi semua orang merupakan penyakit yang sangat menakutkan karena ia bisa menghilangkan nyawa seseorang. Dalam artikel kali ini saya akan memberi tahukan beberapa penyebab penyakit jantung koroner atau yang biasa disingkat dengan PJK. Akan tetapi sebelum ke penyebab penyakit jantung koroner ini, saya akan menjelaskan beberapa hal tentang jantung koroner.

Apa itu Penyakit Jantung Koroner ?

Jantung koronerPenyakit jantung koroner, atau yang disingkat dengan PJK adalah sebuah penyakit dimana kondisi dinding pembuluh darah pada jantung atau yang disebut dengan pembuluh darah arteri telah rusak. Hal ini karena pembuluh darah arteri terdapat plak yang kemudian menghalangi aliran darah menuju ke jantung dan menyebabkan jantung koroner.

Peristiwa tersebut disebut juga dengan arterioklerosis. Penyakit ini dikenal juga dengan sebutan penyakit jantung iskemik, penyakit jantung arteriosklerosis, atau penyakit arteri koroner dan merupakan penyebab kematian paling tinggi di Indonesia. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang bisa jadi sangat mematikan. Kenapa penyakit jantung koroner ini begitu mematikan? Hal ini karena hampir beberapa penyakit yang terdapat dalam jantung mengabaikan indikasi dari bagian tubuh lain. Itu lah yang menyebabkan penyakit jantung koroner ini begitu menakutkan karena bisa muncul seketika tanpa ada gejala sebelumnya.

Gejala Jantung Koroner

Meskipun penyakit ini bisa muncul mendadak, akan tetapi dalam beberapa kasus, penyakit ini menunjukkan beberapa indikasi pada bagian tubuh yang lain. Berikut adalah beberapa tanda bahwa mungkin anda terkena penyakit jantung koroner;

1. Kematian mendadak

Mendengar salah satu gejala itu mungkin anda tersentak dan ketakutan. Tapi berdasarkan data, penyakit jantung koroner ini dalam 35% sampai 45% kasus penyakit jantung koroner yang terjadi seketika menyebabkan kematian.

Yang dimaksud dengan keadaan seized adalah satu keadaan dimana anda merasa seakan-akan ada yang menekan anda. Biasanya perasaan ini muncul setelah makan atau ketika anda melakukan sesuatu yang berat seperti mendaki gunung, dan kegiatan yang lain. Sensasi ini biasanya bersifat menekan di daerah dada dan bisa sangat berbahaya jika ini terus-terusan terjadi.

Baca : Penyebab kematian mendadak – Gaya hidup tidak sehat kematian menanti

2. Sakit di ulu hati.

Ketika anda mendadak sering merasakan sakit di ulu hati, anda patut berhati-hati. Bisa jadi itu adalah salah satu tanda bahwa ada penyempitan pada saluran pembuluh darah arteri jantung anda yang bisa menyebabkan anda bisa terkena serangan jantung mendadak.

3. Leher seperti tercekik.

Kesulitan bernafas dan merasa bahwa leher anda seperti tercekik padahal anda tidak merasa melakukan apapun bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit jantung koroner ini. Biasanya munculnya rasa seperti tercekik ini berbarengan dengan munculnya rasa sakit yang menjalar dari lengan kiri hingga ke bagian yang lain.

4. Keringat berlebih

Ketika anda merasa anda tidak melakukan kegiatan apapun yang menurut anda bisa menghasilkan banyak keringat, akan tetapi anda tiba-tiba berkeringat, anda perlu waspada. Keadaan berkeringat berlebih tanpa alasan yang jelas bisa jadi merupakan salah satu gejala penyakit jantung koroner. Meskipun bisa jadi itu merupakan gejala penyakit lain. Sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter kepercayaan anda.

Baca : Telapak tangan dan kaki berkeringat – Penyebab tubuh sering berkeringat berlebihan – Bahaya mandi saat masih berkeringat – Keringat dingin

5. Masuk Angin

Sponsors Link

Yang saya maksud disini bukan masuk angin biasa, akan tetapi rasa seperti masuk angin yang tiba-tiba menyerang anda. Hal ini terjadi karena pembuntuan pembuluh darah koroner di arteri Left Arteri Descending atau LAD. Hal ini menimbulkan efek seperti masuk angin. Maka jika anda mengobati “masuk angin” ini dengan obat biasa belum kunjung sembuh atau secara berkala ia terus-terusan muncul, anda perlu memeriksakannya di dokter terdekat.

Ketika anda merasa bahwa diri anda seperti masuk angin, sakit di bagian ulu hati, keringat dingin, dan denyut nadi turun drastis, maka anda harus segera membawanya ke rumah sakit. Itu bkan masuk angin! Akan tetapi penyakit jantung koroner. Memang kebanyakan orang di Indonesia terutama, menyadari bahwa apa yang mereka rasakan itu hanyalah masuk angin biasa, padahal setelah diperiksa, hampir tiga puluh persen adalah penyakit jantung koroner.

baca : Cara mengobati masuk angin – Gejala masuk angin – Bahaya angin malam – Bahaya kipas angin saat tidur malam

Penyebab Jantung Koroner

Penyakit yang mematikan ini muncul tentunya bukan tanpa sebab. Berikut adalah beberapa penyebab munculnya penyakit jantung koroner atau PJK ini.

1. Pola Hidup

Seperti yang anda ketahui, penyakit jantung koroner ini merupakan penyebab kematian paling tinggi di Indonesia. Hal itu pada dasarnya terjadi karena pola makan yang tidak baik dari sebagian orang. Kebanyakan orang tidak memperdulikan apa yang ia makan, ia hanya menganggap apa yang enak dimakan maka baik juga untuk tubuh. Padahal tidak semua makanan yang enak bagus untuk tubuh.

2. Gliko liko toksisit

Seperti salah satu contohnya, ketika seseorang terlalu banyak makan manis, atau yang disebut dengan Gliko Liko Toksisit. Hal ini merupakan pola hidup yang sangat tidak baik untuk tubuh. Memakan makanan yang mengandung gula terlalu banyak bisa menyebabkan gula darah anda naik dan bisa membuat anda terkena penyakit lain seperti diabetes dan gula darah. Selain itu, penyakit jantung koroner juga bisa muncul ketika anda tidak bisa mengatur pola makan manis anda.

3. Kurang olahraga

Selain kebiasaan makan, kebiasaan tak pernah olah raga secukupnya juga membuat anda rentan terkena penyakit ini. Tubuh yang tak pernah digerakkan dan tak pernah dilatih tidak akan memiliki kekuatan imun yang cukup untuk melindungi tubuh anda. Meskipun begitu, terlalu banyak berolah raga juga tidak baik. Lakukan olah raga secukupnya sehingga anda bisa mendapatkan manfaatnya.

4. Polusi Lingkungan

Sebaik apapun anda bisa menjaga tubuh anda, tapi jika anda tidak bisa menjaga lingkungan anda, maka lingkungan juga akan merugikan anda. Polusi lingkungan yang menyebabkan radikal bebas bisa menyebabkan penyakit jantung koroner. Maka dari itu, menjaga lingkungan untuk tetap bersih dan terbebas dari polusi udara dan polusi lingkungan yang lain adalah salah satu cara untuk terhindar dari penyakit jantung koroner tersebut.

Selain pola hidup yang buruk, lemak yang muncul juga karena pola hidup yang buruk bisa menyebabkan anda terkena serangan penyakit jantung koroner ini. Hal ini karena lemak yang terlalu berlebihan mengakibatkan aliran darah ke jantung tidak bisa maksimal. Lemak biasanya menghambat peredaran darah jika kadarnya dalam tubuh terlalu banyak. Yang membahayakan adalah ketika terjadi penimbunan lemak pada pembuluh darah arteri yang disebut dengan ateroklerosis. Beberapa hal yang menyebabkan aterokleorosis ini antara lain;

Jika lemak yang semakin banyak itu semakin menggumpal di pembuluh darah arteri, maka bisa jadi si individu akan terkena serangan jantung mendadak atau yang lebih parah adalah gagal jantung yang bisa menyebabkan kematian.

Kebiasaan merokok dapat membuat anda terkena serangan jantung. Hal ini karena dalam rokok terdapat zat yang bisa membuat pembuluh darah koroner anda menyempit atau tersumbat. Selain itu asap rokok merupakan salah satu radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung koroner ini. Karena itu,bukan hanya perokok aktif yang bisa terkena penyakit jantung koroner tapi juga perokok pasif.

Seperti yang sudah saya bilang di bagian lemak, bahwa diabetes merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung koroner ini. Hal ini karena diabetes merupakan kondisi dimana tubuh anda memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi. Hal ini juga mampu menyebabkan anda terkena seranga penyakit jantung koroner.

5. Minum alkohol

Alkohol memang tidak baik jika dikonsumsi. Alkohol selain memabukkan, alkohol juga bisa membuat anda terkan serangan jantung mendadak. Mengkonsumsi alkohol terlalu banyak membuat anda rentan terkena serangan jantung koroner.

Selain beberapa penyebab di atas, faktor keturunan juga merupakan salah satu penyebaba munculnya penyakit jantung koroner ini. Anda harus memeriksa, apakah ayah atau ibu anda memiliki penyakit ini sehingga anda bisa tahu apakah anda berpotensi terkena penyakit jantung koroner ini atau tidak.

Keadaan ginjal yang tidak sehat bisa membuat anda rentan terkena penyakit jantung koroner. Ginjal merupakan bagian tubuh yang memiliki peran yang sangat penting. Jika ginjal anda bermasalah, maka anda harus segera memeriksakannya, jangan sampai terjadi kompilasi yang bisa membahayakan hidup anda.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung koroner. Menjaga tekanan darah anda teta normal adalah salah satu cara untuk menanggulangi serangan hipertensi yang bisa menyebabkan anda terkena serangan jantung koroner.

Baca : Bahaya alkohol

Cara Mencegah penyakit jantung koroner

Setelah sudah beberapa poin saya bahas mengenai hal-hal yang bisa membuat anda terkena penyakit jantung koroner, berikut ini beberapa cara untuk mencegah penyakit jantung koroner;

  • Rutin mengecek kondisi tubuh.

Dalam hal ini, untuk memperkecil kemungkinan anda terkena serangan jantung koroner, anda harus rajin-rajin memeriksakan kondisi tubuh anda. Hal ini bisa dimulai dengan memeriksa kolesterol dan juga gula darah.

  • Seimbangkan Gizi.
sponsored links

Gizi adalah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga agar tubuh anda tetap fit dan tidak mudah sakit. Maka dari itu, anda harus selalu menyeimbangkan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Semakin sehat pola hidup anda, maka akan semakin kecil kemungkinan anda akan terkena penyakit jantung koroner ini.

  • Hentikan Merokok.

Radikal bebas datang dari rokok. Tembakau yang dibakar lantas dihisap ini tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Untuk menghindari agar anda tidak terkena penyakit jantung koroner, anda harus menghentikan kebiasaan merokok anda sedikit demi sedikit. Ini akan membantu anda untuk hidup lebih sehat.

Keadaan sesehat apapun tubuh anda, jika pikiran anda tidak sehat, artinya selalu merasa stress memikirkan sesuatu, maka anda bisa dengan mudah terkena penyakit. Maka untuk menghindari penyakit-penyakit yang mungkin membahayakan anda, anda harus tetap menjaga mood anda agar tidak mudah stress. Stress kronis dapat meningkatkan kadar adrenalin dalam tubuh dan ketika hormone adrenalin dalam tubuh ini meningkat, hal ini bisa menjadikannya sebagai radikal bebas yang tidak baik bagi tubuh anda.

  • Awali tekanan darah secara teratur.

Ketika tekanan darah anda tidak teratur, hal ini mempengaruhi aliran darah ke seluruh tubuh termasuk aliran darah menuju jantung. Jika aliran darah terlalu cepat, maka jantung akan bekerja lebih cepat dan bisa menyebabkan gagal jantung, begitu juga jika terlalu lambat. Maka dari itu, memulainya secara teratur adalah salah satu cara untuk menghindarkan anda dari terkena serangan jantung koroner ini.

  • Teratur berolah raga.

Olah raga adalah bagian penting dalam kesehatan anda. Maka dari itu anda harus rutin melakukan olah raga dan melakukan olah raga secukupnya. Hal ini akan membuat anda lebih kuat dan sehat.

Cara Mengobati Penyakit jantung koroner

Di atas sudah saya sebutkan beberapa cara untuk mencegah datangnya penyakit jantung koroner ini. Akan tetapi, kita tak pernah tahu apakan dengan cara-cara di atas kita bisa sepenuhnya terhindar dari penyakit jantung koroner ini. Maka dari itu,ketika pada akhirnya kita terkena penyakit jantung koroner ini, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan.

  • By Pass.

Ini merupakan salah satu cara medis untuk menyembuhkan penyakit jantung koroner ini. By pas merupakan salah satu dari dua cara yang paling sering digunakan para medis untuk menyembuhkan penyakit jantung koroner ini. Yang dimaksud dengan by pass adalah bedah pintas koroner. Ini adalah salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit jantung koroner. By pass atau yang biasa disebut dengan operasi bedah pintas koroner ini berusaha membedah pembuluh darah yang terletak di jantung dan mengembalikannya seperti semula ketika ia masih sehat sehingga ia bisa mengalirkan darah ke jantung dengan normal kembali. Operasi by pass ini merupakan salah satu operasi yang memiliki tingkat resiko yang sangat besar. Ketika dilakukan operasi ini bisa saja terjadi pendarahan yang merugikan dan berbahaya bagi tubuh anda, gangguan fungsi ginjal sehingga anda harus rutin melakukan cuci darah, dan stroke. Resiko operasi ini sangat besar dan perawatannya juga membutuhkan waktu pelaksanaan selama tujuh hari.

  • Stent.

Selain by pass, cara lain untuk mengobati penyakit jantung ini adalah dengan metode medis yang disebut dengan stent atau angioplasty. Metode ini adalah satu metode yang menurut beberapa orang tidak memiliki resiko yang besar. Karena metode ini tidak membutuhkan bedah seperti pada metode by pass. Hal itulah kiranya yang membuat metode ini menjadi metode paling aman untuk menyembuhkan pembuluh darah koroner yang tersumbat dan menyebabkan penyakit jantung koroner ini. Selain resiko yang lebih kecil, stent juga memiliki jangka waktu pelaksanaan prosedur yang lebih cepat. Meskipun ini adal cara yang resikonya lebih kecil, tidak semua kasus penyakit jantung koroner bisa disembuhkan dengan melakukan stent. Ketika penyakit ini sudah benar-benar dalam keadaan yang parah, maka mau tak mau ia harus segera di bedah untuk menyelamatkan si manusia tersebut.

Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai penyakit jantung koroner. Pada dasarnya, semua manusia pasti akan terkena penyakit, tinggal bagaimana kita bisa memelihara tubuh kita dengan baik sehingga kita tidak akan dengan mudah terkena penyakit.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Wednesday 23rd, December 2015 / 06:59 Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung