Home Penyakit dan KelainanBisul 23 Cara Mengobati Bisul Secara Alami dan Medis  

23 Cara Mengobati Bisul Secara Alami dan Medis  

by Tri Astuti

Apakah Anda pernah terkena bisul? Bisul merupakan sebuah infeksi yang terjadi pada kulit. Sebuah bisul terlihat seperti jerawat namun dalam ukuran yang lebih besar. Bagian benjolan yang muncul dari permukaan kulit bisa tampak merah, dengan ujung putih dan mengeluarkan nanah. Tanda tanda bisul pada awalnya bisul ditandai dengan rasa nyeri, gatal, panas lalu timbul benjolan atau bintik merah. Kemudian secara bertahap bagian dari bisul berkembang dari mulai sel darah putih, protein dan bakteri yang kemudian menjadi nanah. Ketika bisul disentuh maka akan terasa sakit. Ketika infeksi terjadi maka tubuh juga mengalami gejala lain seperti demam, tidak  nafsu makan dan rasa tidak nyaman.

Baca: penyebab bisul – ciri-ciri bisul –  jenis-jenis bisul

Lantas bagaimana cara menyembuhkan bisul? Dibawah ini beberapa uraian tentang cara mengobati bisul secara alami dan medis.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu obat bisul yang sudah sering digunakan sejak dahulu. Ketika nenek moyang tidak mengenal obat medis maka kunyit bisa menyembuhkan bisul dengan cepat. Kunyit sendiri merupakan herbal khas berwarna kuning yang sering digunakan sebagai bumbu. Kunyit juga mengandung senyawa khusus berupa antioksidan yang bisa membuat peradangan menjadi kering dan akhirnya sembuh. Perawatan dengan kunyit sangat menarik karena bisa mencegah terulangnya bisul di tempat yang sama. Bisul berulang merupakan masalah yang sering terjadi pada orang yang sering mengalami bisul. (baca: penyebab bisul pada pantat –  infeksi kulit karena bakteri)

Cara perawatan:

–      Buat satu gelas susu hangat yang ditambahkan dengan satu sendok teh kunyit bubuk dan madu, lalu minum saat masih hangat. Obat ini akan membersihkan darah dari dalam sehingga bisul sembuh.

–      Buat pasta dari kunyit segar yang baru saja dipetik, hancurkan kunyit hingga lembut lalu tempelkan pada bisul. Ini bisa membantu melawan bakteri pada bisul sehingga bisul bisa pulih.

  1. Jahe dan kunyit

Beberapa orang yang tidak suka dengan aroma kunyit yang terlalu kuat juga bisa menggunakan campuran jahe. Jahe sangat baik untuk membantu luka pada bisul agar cepat kering dan bersih dari bakteri atau kuman. Jahe dan kunyit sering digunakan untuk merawat bisul yang sudah terlanjur pecah sehingga mengeluarkan nanah putih dan darah. Jahe sendiri mengandung gingerol yang bisa merawat peradangan dan luka pada kulit. (baca: efek samping jahe – herbal alami untuk melancarkan peredaran darah)

Cara perawatan: hancurkan jahe dan kunyit yang masih segar hingga menjadi sangat lembut. Kemudian ambil airnya sedikit dan oleskan pada bagian bisul. Hindari memegang bisul secara langsung sehingga lebih baik jika meneteskan air dari perasan jahe dan kunyit ini. Ulangi selama beberapa kali sehari hingga cepat sembuh.

Baca: Obat Bisul di Ketiak Makanan Penyebab Bisul

  1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh merupakan bahan minyak khusus yang diolah dari pohoh teh yang sudah berusia tua. Khasiat dari minyak pohon teh pada dasarnya mengandung antioksidan yang bisa membersihkan bisul. Khasiat bahan antiseptik yang ditemukan dalam minyak pohon teh juga bisa membantu menyembuhkan luka dan merawat jaringan pada bagian bisul. Ini juga sangat baik untuk membuat permukaan kulit yang mengalami peradangan di sekitar bisul kembali seperti kulit yang sehat.

Cara perawatan: ambil beberapa tetes minyak pohon teh dengan kapas, kemudian peras dan teteskan pada bagian bisul. Jangan minum minyak pohon teh untuk perawatan bisul dari dalam karena bisa menyebabkan efek samping seperti iritasi pada usus.

(Baca juga: cara menghilangkan bisul di paha)

  1. Kompres dengan air garam

Jika Anda tidak suka dengan berbagai aroma bahan herbal maka Anda juga bisa menggunakan air garam. Air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit garam laut mengandung tingkat iodium yang cukup tinggi. Mineral ini akan membantu memulihkan bisul dan mengobati bisul yang belum terlalu parah. Namun perawatan ini tidak bisa dilakukan pada bisul yang sudah besar atau sudah memiliki nanah yang sedikit keluar. (baca: cara menghilangkan bisul)

Cara perawatan: rebus satu gelas air dengan satu sendok teh garam. Kemudian biarkan hingga mendidih dan masukkan handuk bersih ke dalamnya. Lalu tempelkan handuk ke bisul saat air garam sudah hangat. Cara ini juga sangat baik untuk menghilangkan rasa gatal dan bengkak pada bisul.

Baca: Bahaya Minum Air Garam –  Bahaya Akibat Kelebihan Garam 

  1. Kompres susu hangat dan garam

Susu sering menjadi cara mengobati bisul yang banyak dilakukan oleh penduduk di Italia. Susu dipercaya mengandung agen pembersih dan penyembuh infeksi sehingga bisa membuat bisul tidak terlalu parah. Kemudian menambahkan garam dalam air susu hangat bisa membuat bakteri pada bisul cepat mati. Namun Anda sebaiknya menggunakan jenis susu segar yang tidak mengandung gula, bahan pengawet atau jenis perasa minuman lain. Susu segar dipercaya memiliki senyawa khusus yang melawan peradangan dan infeksi.

Cara perawatan: rebus susu segar selama beberapa saat hingga mendidih, lalu tambahkan sedikit garam. Lalu angkat dan biarkan hingga menjadi hangat setelah beberapa saat. Ambil handuk bersih dan serap airnya lalu kompres pada bagian bisul. Lakukan secara berulang-ulang sehingga bisul cepat sembuh.

Baca :  Khasiat susu sapi murni – bahaya susu bubuk – bahaya susu kaleng

  1. Minyak jarak

Minyak jarak menjadi alternatif lain untuk menyembuhkan bisul dengan cepat. Minyak jarak sangat baik untuk merawat bisul karena mengandung senyawa yang membersihkan atau antiseptik. Minyak jarak bahkan bisa membuat peradangan pada bisul lebih cepat sembuh dan kering dengan baik. Awalnya memang tidak nyaman ketika menggunakan minyak jarak untuk bisul, namun karena sifatnya yang membuat kulit lebih dingin maka minyak ini bisa membuat luka pada bisul tidak terlalu parah. Minyak jarak sangat baik untuk menyembuhkan bisul yang sudah pecah atau mengandung nanah. Bahkan ini bisa membantu membersihkan darah pada bisul.

Cara perawatan: ambil beberapa tetes minyak jarak dengan kapas yang bersih, kemudian letakkan pada bagian bisul. Kemampuan antiseptik dalam minyak jarak sangat baik untuk membuat racun keluar dari bisul.

Manfaat lain minyak jarak:

  1. Putih telur

Putih telur yang sudah direbus ternyata bisa membuat bisul cepat kering dan sembuh. Mungkin Anda tidak suka dengan perawatan ini karena bau telur yang tidak enak. Namun bagian putih telur mengandung protein khusus yang bisa membuat semua nanah dalam bisul keluar dan akhirnya semua bakteri pada bisul akan mati. Perawatan ini juga bisa membuat luka pada bisul kering, namun syarat perawatan ini adalah Anda tidak boleh mengalami alergi telur.

Cara perawatan: pilih jenis telur ayam kampung yang tidak mengandung obat kimia. Rebus telur dalam air mendidih hingga matang. Kemudian kupas dan ambil bagian putih telur, lakukan hati-hati agar bagian kuning telur tidak ikut. Kemudian terapkan putih telur ke bisul selama beberapa saat. Rasa hangat dari telur sangat baik untuk membuat bisul tidak terlalu sakit. Ketika nanah sudah banyak keluar maka bersihkan dengan handuk yang sudah steril.

Baca: bahaya makan telur setiap hari – bahaya konsumsi telur berlebihan – bahaya telur setengah matang

  1. Bawang merah

Bawang merah biasanya memang tidak terlalu disukai karena memiliki rasa pedas dan panas yang lebih kuat. Namun ternyata bawang merah sangat baik untuk mengobati bisul. Bawang merah bisa membuat bisul lebih cepat kering karena semua kotoran dan bakteri dalam bisul bisa keluar semua. Bawang merah juga mengandung sulfur yang bisa membuat permukaan kulit sekitar bisul kembali kenyal dan sehat.

Cara perawatan: ambil bawang merah yang masih segar, lalu kupas hingga bersih. Cuci dengan air yang sudah matang lalu iris menjadi beberapa bagian. Bungkus dengan kain yang tipis lalu tempelkan pada bisul. Ulangi selama beberapa kali dalam sehari hingga bisul mengecil dan sembuh. (Baca: efek samping bawang merah)

  1. Botol kaca dingin

Apakah Anda memiliki bisul yang baru saja keluar. Pada tahap awal ini maka bisul terasa lebih gatal dan sakit saat disentuh. Saat bisul baru muncul sebenarnya ini lebih mudah untuk disembuhkan. Anda hanya memerlukan botol kaca yang sudah didinginkan. Masukkan botol kaca yang sudah bersih selama beberapa jam ke dalam kulkas. Saat permukaan botol kaca sudah dingin maka gunakan untuk mengompres bagian bisul. Rasa dingin dari botol kaca sangat baik untuk membuat peredaran darah di sekitar bisul menjadi lebih lancar. Kemudian efeknya bisa membuat bisul mengecil atau nanah cepat keluar. Lakukan beberapa kali hingga bisul sembuh.

  1. Tepung jagung

Anda mempunyai tepung jagung di dapur? Gunakan saja tepung jagung untuk mengobati bisul agar cepat sembuh. Tepung jagung bisa menjadi obat bisul karena mengandung pati yang bisa membuat bagian bisul menjadi lebih dingin. Proses pendinginkan pada bagian bisul ini juga sangat baik untuk mencegah timbulnya nanah dan infeksi pada bagian bisul.

Cara perawatan: campur beberapa sendok teh tepung jagung dengan air hangat hingga menjadi pasta yang lembut. Kemudian oleskan pada bagian bisul dan kulit di sekitarnya. Lalu biarkan selama beberapa saat kemudian bersihkan dengan air dingian. Lakukan selama beberapa kali hingga bisul terlihat mengecil dan sembuh.

Baca: makanan yang mengandung amilum super tingi

  1. Daun peterselly

Daun peterselly biasanya banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat masakan. Beberapa orang juga menggunakan daun peterselli sebagai hiasan. Daun peterselly mengandung senyawa untuk mengatasi peradangan pada bisul yaitu minyak eugenol dan volatile. Kedua bahan ini bisa membuat bagian peradangan pada bisul lebih cepat sembuh dan mengurangi resiko nanah yang buruk.

Cara perawatan: rebus daun peterselly yang sudah dibersihkan hingga semua bagian daun menjadi layu. Kemudian gunakan kain atau handuk yang bersih untuk menyerap air rebusan daun peterselly. Tutup bagian bisul dengan kain ini dan lakukan selama beberapa kali. Cara ini bisa membuat bisul lebih cepat pecah dan akhirnya semua nanah akan keluar.

Manfaat lain daun peterselly:

  1. Habbatussauda

Habbatussauda merupakan biji jintan hitam yang bisa mengobati semua jenis penyakit. Umumnya habbatussauda sudah dibuat dalam kemasan kapsul berupa bubuk. Namun untuk menyembuhkan bisul Anda bisa memilih habbatussauda yang sudah dibuat menjadi minyak. Khasiat dari habbatussauda sangat baik untuk bisul karena bisa membuat peradangan lebih cepat sembuh dan bisul mengering.

Cara perawatan: buka kemasan habbatussauda dalam bentuk minyak. Kemudian ambil minyak dengan kapas yang bersih dan oleskan pada bagian bisul. Jika Anda ingin menggunakan habbatussauda dalam bentuk bubuk maka buat menjadi pasta. Oleskan pada bagian bisul dan lakukan berulang hingga bisul kecil dan sembuh.

  1. Bawang putih

Bawang putih bisa mengobati semua penyakit kulit termasuk untuk bisul. Bawang putih mengandung sulfur dan glukosinates yang akan melawan bakteri dan infeksi pada bisul. Anda cukup menghancurkan bawang putih hingga menjadi halus,lalu terapkan secara langsung pada bisul. Biarkan selama beberapa saat lalu bersihkan dengan air hangat. Ulangi proses ini selama beberapa kali hingga bisul sembuh. Perawatan ini sangat aman untuk bisul namun biasanya banyak yang tidak tahan dengan bau bawang yang lebih kuat.  (Baca : Efek samping bawang putihBahaya bawang putih mentah)

  1. Daun neem

Daun neem merupakan salah satu jenis daun yang paling sering digunakan untuk merawat bisul di India. Ini termasuk salah satu herbal khas India yang memang memiliki banyak khasiat. Kemampuan utama dari daun neem adalah bisa membuat semua nanah keluar dengan cepat dari bisul sehingga bisul lebih cepat sembuh. Daun neem juga bisa menarik semua racun dari bisul sehingga bisa mengurangi resiko infeksi.

Cara perawatan:

  • Rebus daun neem dengan beberapa gelas air hingga mendidih. Kemudian saring airnya dan gunakan untuk membersihkan bagian bisul. Ulangi beberapa kali dalam sehari hingga bisul sembuh.
  • Anda juga bisa membuat pasta dari daun neem kemudian menerapkan langsung pada bisul. Kedua cara ini sangat efektif untuk menarik semua racun pada bisul.

Manfaat lain daun neem:

  1. Minum teh echinacea

Teh echinacea merupakan salah satu jenis teh herbal yang bisa mengobati infeksi dalam waktu yang sangat cepat. Teh ini akan berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membuat penyebab infeksi seperti bakteri cepat hilang. Dalam sebuah pengujian membuktikan jika teh echinacea sangat penting untuk melawan berbagai bakteri yang menyebabkan masalah kulit termasuk seperti bisul. Teh ini juga sangat baik untuk membantu membersihkan darah dari dalam tubuh dan mengeluarkan racun. Anda bisa menggunakan teh ini dengan cara minum teh seperti biasa. Air teh juga bisa digunakan untuk mengompres bagian bisul.

Manfaat lain teh echinacea:

  1. Pala

Pala biasanya banyak digunakan sebagai bumbu memasak. Pala sangat baik untuk menyembuhkan bisul karena bisa membersihkan racun dan membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih sehat. Ketika Anda memiliki bisul maka infeksi dalam tubuh bisa berkembang dan melewati darah. Ini sering disebut dengan istilah darah kotor sehingga beberapa penyakit kulit seperti bisul bisa menyebar dengan cepat.

Cara perawatan: campurkan satu sendok teh pala bubuk ke dalam segelas susu hangat. Anda bisa meminumnya sebelum tidur karena proses pembersihan darah akan lebih efektif pada malam hari. Jangan menambah gula atau madu untuk susu ini karena bisa membuat rasanya terlalu kuat dan mengurangi khasiat pala.

Baca:  gejala darah kotor – cara mengobati darah kotor

  1. Daun kemangi

Daun kemangi biasanya banyak digunakan sebagai herbal untuk memasak. Daun kemangi memiliki aroma yang kuat dan juga senyaw alami untuk menyerang bakteri. Bagian dari aroma daun kemangi mengandung minyak esensial yang akan merawat bisul. Meskipun pada awalnya perawatan ini tidak nyaman karena rasa panas dari kemangi namun bisa membersihkan semua nanah pada bisul. Anda bisa mencoba untuk membuat pasta dari daun kemangi, kemudian oleskan pada bagian bisul. Ulangi selama beberapa kali hingga semua nanah bisa keluar dengan sendirinya. Perawatan ini juga sangat baik dilakukan saat bisul belum mengeluarkan nanah. (baca: efek samping daun kemang)

  1. Garam epsom

Garam epsom sudah lama digunakan sebagai garam untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Garam epsom bisa disebut sebagai obat super karena sifatnya yang bisa mengeluarkan nanah, mengatasi infeksi yang lebih parah dan membuat bisul lebih cepat kering. Garam epsom bisa digunakan untuk menyembuhkan bisul saat masih ringan atau sudah parah. Cara perawatan dilakukan dengan mencampur air hangat dengan garam empsom. Kemudian rendam bagian bisul dengan air ini hingga nanahnya bisa keluar sendiri. Ulangi selama beberapa kali sehingga bisul sembuh.

Manfaat lain garam epsom:

Obat medis untuk bisul

  1. Benzocaine (gel dan salep)

Salah satu obat medis yang terkenal untuk mengobati bisul adalah Benzocaine. Obat ini berbentuk gel atau salep yang harus digunakan untuk bagian luar tubuh. Obat ini berfungsi sebagai anestesi ringan pada bagian kulit sehingga bisa memblokir rasa sakit di sekitar bisul. Kemudian salep akan membuat peradangan di sekitar bisul mereda. Saat menggunakan obat ini harus sangat hati-hati. Sebaiknya Anda mencuci tangan hingga bersih lalu terapkan dengan alat khusus atau dengan tangan langsung. (baca: obat bisul salep)

Efek samping: penggunaan harus sesuai dosis atas  rekomendasi dari dokter atau sesuai pada kemasan. Ketika salep atau gel masuk ke dalam tubuh lewat saluran pencernaan maka bisa menyebabkan kejang dan gangguan pernafasan.

  1. Mupirocin

Mupirocin termasuk salah satu jenis gel atau salep untuk perawatan topikal.  Obat ini termasuk salah satu antibiotik untuk perawatan penyakit kulit seperti bisul. Bahan antibiotik ini juga masih berhubungan dengan jenis obat lain seperti asam monoxycarbolic. Obat akan bekerja untuk mematikan bakteri yang menyebabkan infeksi pada kulit seperti bisul. Obat ini juga sangat baik untuk mengobati bakteri gram positif yang bisa mengeluarkan banyak nanah pada bisul.

Cara perawatan: salep atau gel diterapkan secara langsung pada bagian bisul selama tiga kali sehari dalam jumlah yang sangat sedikit. Obat bisa digunakan selama dua minggu berturut-turut. Penggunaan berlebihan bisa menyebabkan peradangan pada bisul, sakit kulit, kulit yang kering dan bekas merah pada kulit.

  1. Gentamicin

Gentamicin merupakan termasuk antibiotik kuat yang digunakan untuk menyembuhkan bisul. Antibiotik akan bekerja untuk menyembuhkan bisul dan melawan infeksi pada bagian bisul. Anda bisa menggunakan salep atau gel gentamicin secara langsung pada bagian bisul. Penggunaan dilakukan selama empat kali dalam sehari dalam keadaan kulit yang bersih dan kering. Hindari penggunaan saat kulit terkena sinar matahari. Salep sebaiknya digunakan selama tidak lebih dari dua minggu atau Anda bisa terkena efek samping seperti bakteri resisten sehingga bisul semakin parah. (baca: cara mengobati kuku cantengan)

  1. Penicillin

Penilin merupakan salah satu obat antibiotik seperti jenis flucloxacillin yang digunakan berdasarkan resep dari dokter. Antibiotik ini biasanya diresepkan dalam bentuk obat yang diminum selama tiga kali dalam sehari. Obat harus diminum setelah makan. Semua obat harus diminum hingga habis untuk mengatasi tubuh yang resisten terhadap antibiotik. Obat ini bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti diare, gangguan hati, nyeri sendi, bekas merah pada kulit, demam dan nyeri otot. Peggunaan sesuai dengan resep dokter tidak menyebabkan efek samping. Namun obat hanya bisa digunakan selama tiga hari saja. (baca: Bahaya antibiotik untuk anak – bahaya antibiotik tanpa resep dokter)

  1. Macrolide

Macrolide juga termasuk salah satu antibiotik kuat untuk mengobati bisul. Obat ini akan bekerja seperti jenis obat erythromycin yang  bisa digunakan untuk orang yang mengalami alergi terhadap penicillin. Obat harus diminum selama tiga kali sehari atau empat kali sehari sesuai dengan resep dari dokter yang merawat. Obat bisa digunakan selama tiga hari atau lebih sesuai dengan tingkat keparahan bisul. Larangan minum obat ini adalah tidak  boleh diminum bersama dengan jus, coklat, minuman bersoda dan teh. Efek samping yang ditimbulkan adalah seperti diare, perut kembung, sakit perut, kram perut, mual, muntah dan kulit kemerahan. Semua efek samping hanya muncul ketika obat digunakan dalam jangka panjang.

Tips mencegah bisul agar tidak kambuh

  1. Biasakan untuk menjaga kebersihkan kulit dengan baik seperti mandi secara teratur.
  2. Biasakan untuk berganti pakaian secara teratur atau ketika banyak mengeluarkan keringat. Keringat bisa menyebabkan infeksi pada bagian dalam kulit sehingga memicu bisul.
  3. Ketika sudah memiliki bisul maka gunakan sabun khusus antiseptik untuk mandi. Sabun ini lebih menyehatkan karena bisa membuat bakteri dalam kulit mati. (baca: obat gatal gatal)
  4. Selalu berganti handuk secara teratur untuk mencegah penularan penyakit kulit dari handuk.
  5. Hindari kebiasaan berbagi handuk dengan orang lain atau meminjam pakaian orang lain.
  6. Saat terkena bisul maka hindari kebiasaan menyentuh dan memencet bisul karena bisa menyebabkan infeksi lebih parah dan menyebar dengan cepat.
  7. Hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan. Gula bisa membuat bisul lebih parah terutama jika Anda memiliki diabetes. (baca: makanan penyebab bisul)
  8. Hindari semua jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein ketika memiliki bisul, karena bisa membuat bisul lebih parah.
  9. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E yang bisa menjaga kondisi kulit agar sehat.

Baca: cara mencegah bisul – cara mencegah bisul agar tidak membesar

Jadi mana cara mengobati bisul yang menurut Anda bisa membuat bisul lebih cepat sembuh. Obat tradisional lebih baik untuk merawat  bisul yang belum terlalu parah, sementara obat medis sangat  baik untuk mengobati bisul ringan atau parah. Namun untuk menggunakan obat medis sebaiknya harus berdasarkan resep dokter.

You may also like