11 Cara Mengobati Darah Kotor Secara Alami

Darah memiliki peranan penting bagi tubuh kita, yakni untuk mengedarkan sari-sari makanan ke seluruh tubuh sehingga organ tubuh bisa bekerja secara optimal. Karena itulah kondisi darah di dalam tubuh kita sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Makin berkualitas darah yang kita miliki maka akan semakin sehat tubuh kita. Sebaliknya, makin rendah kualitas darah di dalam tubuh maka akan semakin rendah pula kesehatan tubuh.

Sayangnya karena pengaruh beberapa faktor, darah yang ada di dalam tubuh kita bisa saja kotor. adapun beberapa faktor yang bisa menyebabkan kondisi darah menjadi kotor dan tidak berkualitas adalah:

  • Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti makanan yang banyak mengandung lemak, pengawet, dan juga bahan tambahan kimia yang berbahaya bagi tubuh.
  • Mengkonsumsi minuman yang tidak sehat seperti minuman beralkohol dan juga minuman bersoda.
  • Kurang asupan sayur dan buah.
  • Kekurangan cairan (tidak mencukupi kebutuhan cairan harian/kurang mengkonsumsi air putih).
  • Kurang melakukan aktivitas fisik.
  • Sering terkena paparan asap rokok atau memiliki kebiasaan merokok.
  • Kualitas udara di lingkungan tempat tinggal kurang bersih.

Beberapa faktor di atas bisa menyebabkan kualitas darah menjadi kurang baik (kotor). Adapun beberapa akibat yang ditimbulkan jika darah di dalam tubuh kotor adalah:

  • Mudah terkena infeksi jika mengalami luka.
  • Mudah mengalami luka yang bernanah
  • Proses penyembuhan luka menjadi lebih lama (darah sukar membeku)
  • Kulit mudah berjerawat atau mengalami bintik-bintik merah
  • Kulit kering dan terlihat kusam

(Baca juga: gejala darah kotor)

Dampak akibat darah kotor ternyata bisa fatal bagi kesehatan tubuh. Karena itulah menjaga kebersihan darah sangat penting untuk meningkatkan kesehatan itu sendiri. selain itu darah yang bersih juga akan mempercepat proses penyembuhan luka apabila kulit kita tergores atau terluka. Untuk mengobati darah kotor kita bisa meminta resep obat dari dokter. Namun bagi ada yang enggan memeriksakan diri secara medis juga bisa mengobati darah kotor menggunakan beberapa bahan alami berikut ini:

1. Lemon

Buah lemon merupakan buah yang sangat kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam buah lemon tersebut efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga proses pembuangan racun dari dalam darah juga lebih lancar. Alhasil darah menjadi lebih bersih dan tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk mengobati darah kotor menggunakan lemon anda hanya perlu memeras lemon kemudian mencampurkannya dengan air hangat. Minumlah air lemon tersebut setiap pagi setelah bangun tidur. Selain membersihkan darah dari berbagai macam kotoran, air lemon juga efektif untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh. seperti yang kita tahu timbunan lemak di dalam tubuh bisa meningkatkan resiko obesitas dan juga berbagai macam penyakit kardiovaskuler lainnya.

2. Apel

Apel juga menjadi alternatif pilihan paling tepat untuk mengobati darah kotor. Apel memiliki kandungan senyawa pectin yang efektif untuk membersihkan darah kotor. Pectin merupakan senyawa sejenis serat yang berguna untuk mengikat kolesterol-kolesterol darah dari dalam darah sehingga kualitas darah menjadi lebih baik. Selain membersihkan darah, potensi pectin dalam mengikat kolesterol juga efektif untuk mencegah penyakit jantung, stroke, dan juga diabetes.

3. Alpukat

Buah yang efektif untuk membersihkan darah selanjutnya adalah buah alpukat. Di dalam buah alpukat terdapat kandungan senyawa yang bernama glutathione yang efektif untuk mengikat racun-racun yang ada di dalam darah. Mengkonsumsi alpukat ternyata juga baik untuk memperkuat otot jantung sehingga mencegah resiko serangan jantung koroner. Bahkan bagi anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas ternyata mengkonsumsi alpukat bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk menurunkan berat badan.

(Baca juga: cara menurunkan berat badan)


4. Bawang Putih

Bawang putih ternyata juga memiliki khasiat untuk membersihkan darah. Kandungan senyawa di dalam bawang putih yakni minyak astiri memiliki khasiat untuk mengikat berbagai macam racun dari dalam darah. Selain itu, mengkonsumsi banyak bawang putih ternyata juga efektif untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah sehingga menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler. Namun sebaiknya anda mengkonsumsi bawang putih yang dicampurkan dalam masakan, bukan bawang putih mentah sebab bawang putih mentah bisa menimbulkan efek samping.

(Baca juga: bahaya bawang putih mentahefek samping bawang putih)

5. Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah alami yang sering digunakan sebagai bahan herbal penyembuh berbagai macam penyakit. Salah satu manfaat kunyit yang jarang diketahui adalah untuk mengobati darah kotor. Adapun beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam kunyit adalah curcumin, minyak atsiri, arabinosa, fruktosa, magnesium, zat besi, kalsium, natrium, dan juga tanin. Beberapa kandungan senyawa tersebut memiliki khasiat sebagai penetral racun yang sekaligus efektif untuk membersihkan berbagai macam racun yang ada di dalam darah. Adapun manfaat kunyit sebagai pembersih racun juga sering kita rasakan ketika haid. Saat haid mengkonsumsi kunyit atau ekstrak kunyit sangat disarankan karena khasiat kunyit itu sendiri, yakni membantu melancarkan menstruasi dan juga mempercepat pembuangan racun dari dalam darah.

(Baca juga: makanan yang memperlancar menstruasi)

6. Lada

Siapa yang tidak mengenal lada? Rempah-rempah yang satu ini sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Siapa sangka ternyata rempah-rempah satu ini berkhasiat untuk membersihkan darah kotor. Adapun beberapa jenis kandungan senyawa di dalam lada meliputi vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin E, serta, kalsium, zat besi, kalium, mangan, magnesium, dan juga seng. Beberapa jenis kandungan senyawa tersebut, terutama vitamin E merupakan antioksidan alami yang efektif untuk membersihkan berbagai macam racun dari dalam tubuh. Selain berkhasiat membersihkan racun di dalam darah, berbagai macam kandungan senyawa di dalam lada tersebut juga dipercaya sebagai pendukung metabolisme di dalam tubuh.

7. Sayuran Hijau

Bahan alami yang berkhasiat sebagai pembersih darah kotor selanjutnya adalah berbagai macam sayuran hijau, seperti sawi, bayam, daun singkong, dan berbagai macam sayuran hijau lainnya. Sayuran hijau kaya akan kandungan antioksidan dan juga berbagai macam jenis vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Adapun berbagai macam jenis antioksidan di dalam sayuran hijau itulah yang berkhasiat untuk membersihkan berbagai macam kotoran atau racun dari dalam darah. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan kandungan serat yang efektif untuk melancarkan pencernaan. Dengan metode mengkonsumsi sayuran hijau secara rutin anda akan memperoleh tubuh yang sehat dan juga mendukung proses pencernaan di dalam tubuh.

8. Ubi Bit

Ubi bit tergolong sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa jenis kandungan nutrisi di dalam ubi bit adalah vitamin A, vitamin C, kalsium, dan juga zat besi. Tidak hanya sampai di situ, ubi bit juga mengandung folat, mangan, tiamin, riboflavin, vitamin B6, kolin, dan juga magnesium. Seperti yang kita tahu, beberapa jenis senyawa yang baru saja disebutkan merupakan antioksidan alami yang sangat baik bagi tubuh terutama untuk membersihkan berbagai macam racun di dalam darah. Selain sebagai obat darah kotor, mengkonsumsi ubi bit juga efektif untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil, mencegah demensia, mengobati diabetes, melancarkan pencernaan, dan juga membersihkan racun di dalam organ hati.

9. Teh

Mengkonsumsi teh selama ini memang telah dipercaya mampu meningkatkan kesehatan di dalam tubuh. Hal tersebut tidak lain karena teh mengandung antioksidan alami yang begitu kaya sehingga efektif untuk mengobati darah kotor. Selain mengobati darah kotor, mengkonsumsi teh secara rutin juga dipercaya akan memberikan efek relaksasi bagi tubuh sehingga berguna untuk melancarkan peredaran darah dan juga mencegah resiko stres. Adapun beberapa jenis teh yang disarankan untuk dikonsumsi yang berguna sebagai obat darah kotor adalah teh dandelion, teh hijau, dan juga teh peppermint.

10. Wortel

Selain sayuran hijau, sayuran yang berwarna jingga seperti ubi bit dan juga wortel bisa menjadi pilihan paling efektif untuk mengobati darah kotor. Wortel kaya akan kandungan vitamin A yang efektif sebagai antioksidan alami. Selain itu, vitamin A juga berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan mata. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi wortel juga terbukti mampu meningkatkan regenerasi sel di dalam tubuh sehingga tubuh akan lebih bugar.

11. Temulawak

Temulawak merupakan salah satu tanaman rimpang. Selama ini temulawak sering dimanfaatkan sebagai ramuan alami untuk menambah nafsu makan. Namun temulawak ternyata memiliki manfaat lain yakni sebagai obat pembersih darah. Seperti tanaman rimpang lainnya, temulawak juga mengandung senyawa minyak atsiri yang berguna sebagai pembersih kotoran atau racun dari dalam tubuh. Adapun jenis mineral atsiri yang terkandung di dalam temulawak meliputi phelandren, kamfer, borneol, tumerol, dan sineal.

Itulah beberapa bahan alami yang berkhasiat untuk mengobati darah kotor. Selain mengkonsumsi beberapa jenis ramuan herbal di atas, anda sebaiknya juga rutin melakukan olah raga dan juga menjaga pola makan agar kesehatan selalu terjaga. Jangan lupa untuk menghindari asap rokok dan juga minuman beralkohol karena kedua jenis asupan tersebut bisa meningkatkan resiko racun di dalam darah.

, ,
Oleh :
Kategori : Darah Kotor