Home Penyakit dan KelainanAmenorea 32 Penyebab Amenorea – Primer dan Sekunder

32 Penyebab Amenorea – Primer dan Sekunder

by Henny Anugerah

Penyebab amenorea adalah dampak yang muncul akibat seseorang sedang masa pubertas, Sedang hamil, Masih dalam masa menyusui dan kondisi menopause. Amenorea adalah bentuk keluhan kesehatan yang umum berkaitan dengan berhentinya siklus haid pada wanita dan kelainan testis pada pria yang bisa muncul pada usia produktif atau lanjut usia. (Baca Juga: Premenopause  , Gejala Menopause)

Jenis Jenis Amenorea

Amenorea terdiri dari 2 jenis amenorea primer dan amenorea sekunder yang sama sama memiliki dampak buruk pada pria maupun wanita yaitu kelainan pada sistem reproduksi dan kesuburan.

Amenorea primer

Amenorea primer adalah seorang wanita yang tidak mengalami masa menstruasi untuk pertama kalinya atau tidak haid sama sekali dan yang menjadi penyebab amenorea Primer, Namun kaum pria juga bisa mengalaminya dimana kondisi kesuburannya tidak normal. (Baca Juga: Cara Mempercepat Menstruasi)

1. tidak memiliki rahim

Seorang wanita yang terlahir dengan ketiadaan rahim atau memiliki kondisi vagina yang sangat sempit atau terlahir dengan adanya lubang selaput yang menghalangi organ vagina, Maka wanita tersebut tidak akan mengalami haid sepanjang hidupnya. Kondisi tersebut merupakan bentuk bentuk dari kelainan sistem reproduksi yang telah terbentuk sejak masih didalam kandungan yang dapat muncul akibat ibu hamil memiliki kebiasaan dan gaya hidup sangat buruk salah satu contohnya adalah mengkonsumsi obat obatan pereda rasa sakit berkepanjangan. (Baca juga: cara menghilangkan nyeri saat haid)

2. Terlalu kurus

Badan yang terlalu kurus akibat kondisi tertentu misalnya karena kurang gizi selama betahun tahun, Menjalani program diet yang salah dalam jangka panjang, Mengalami penyakit bulimia dan sebagainya dimana kondisi tersebut adalah penyebab amenorea yang paling sering dialami wanita usia produktif. (Baca juga: obat sakit perut saat haid)

3. Kelainan sejak lahir

Kelainan lain penyebab amenorea paling klasik adalah didalam tubuh telah mengalami kelainan sistem kesuburan dan reproduksi yang telah terbentuk sejak bayi misalnya kelainan hormon dan Tersumbatnya tempat indung telur. (baca juga: efek kelebihan dan kekurangan hormon)

4. Kromosom yang tidak sempurna

Penyebab amenorea yang paling sering terjadi dalam dunia medis adalah seorang wanita atau pria yang terlahir hanya memiliki sel tubuh dengan kromosom yang tidak sempurna. Contohnya hanya memiliki salah satu kromosom saja yang mana kondisi tersebut sering menyerang kelamin wanita yang menyebabkan munculnya kasus sindrome turner. (Baca juga: penyebab tidak haid)

5. Penyakit obesitas

Perlu diwaspadai bahwa penyakit atau penyebab obesitas pada anak dan balita adalah gerbang utama penyebab amenorea yang akan terlihat diusia dewasa setidaknya usia 18 tahun contohnya tidak mengalami haid, Pertumbuhan tubuh dan payudara yang lambat.

baca juga:

6. Mengalami hipoglikemia

Hipoglikemia adalah kondisi dimana kadar gula dalam darah sangat sedikit dan dibawah batas normal tetapi tidak segera dilakukan tindak pengobatan yang intensif sejak usia dini sehingga menjadi penyebab amenorea pada pria maupun wanita.

7. Disgenesis gonad

Disgenesis gonad adalah penyebba amenorea yang hanya menyerang pada wanita yaitu kondisi dimana seorang wanita yang memiliki hanya satu komosom saja yaitu X yang mendominasi sehingga menyebabkan pertumbuhan tubuh lambat, Tidak menstruasi dan kehilangan kecerdasan . (Baca juga: cara mengatasi nyeri haid)

8. Hipogonadisme Hipogonadotropik

Hipogonadisme hipogonadotropik merupkana kondisi dimana hormon seksual (pada pria maupun wanita) yang diproduksi langsung dikelenjar testis pria dan ovarium wanita mengalami ketidaknormalan fungsi. (Baca juga: bahaya minum kopi saat haid)

9. Sindrome feminisasi testis

Sindrome feminisasi testis adalah kelainan genotipe pria dan wanita dimana menyebabkan seseorang sulit mendapatkan keturunan. Contohnya pada pria memiliki ciri ciri sengaia pria tulen namun secara interna tidak memiliki testis dan juga sebailknya. (Baca juga: bahaya donor darah)

10. Herma frodite

Herma frodite adalah kasus kepemilikan dua kelamin yang paling sering menyerang hewan darat seperti jenis siput atau tumbuhan yang mampu melakukan penyerbukan sendiri. Namun kasus ini ada juga pada manusia walaupun terbilang jarang terjadi. (Baca juga: makanan yang dilarang saat haid)

11. Karena penyakit akut yang menahun

Seorang wanita ataupun pria yang sejak usia dini mengalami pertumbuhan sel abnormal didalam NDAnya atau memiliki riwayat penyakit akut dan sulit disembuhkan misalnya kanker yang tumbuh diarea reproduksi maka kondisi tersebut dapat menjadi salah satu penyebab amenorea. (Baca juga: bahaya berenang saat haid)

12. Penyakit cushing

Penyakit cusing berkaitan dengahn kelainan sel sel tubuh yang menyebabkan wajah membesar atau membengkak namun perutnya condong membuncit, Lengan dan kakinya justru sangata kecil. Kondisi ini memiliki gejala awal seperti sering sakit kepala, Mengalami gangguan penglihatan dan gangguan refraksi mata, Vagina kering dan mudah iritasi atau terserang gatal gatal. (Baca Juga: makanan yang mengandung estrogen)

13. Fibrosis kistik

Fibrosis kistik merupakan kondisi seseorang yang didalam tubuhnya memiliki penyakit genetika berupa penumpukan lendir yang pekat, Kental dan lengket sehingga menyebabkan munculnya penyebab amenorea yang terbukti karena lendir tersebut memperngaruhi kesehatan dan fungsi pencernaan, Organ sekitar reproduksi dan organ paru paru menjadi semakin melemah dan muncul kerusakan. (Baca Juga: bahaya junk food)

14. Gangguan jantung

Gangguan jantung termasuk gangguan ritme jantung yang terbentuk sejak lahir misalnya kelainan katub jantung, Adanya flek flek pada jantung atau jantung yang berlubang akibat peradangan dapat melemahkan fungsi dan kinerja kesuburan seseorang, Apalagi kelainan jantung telah diderita sejak lahir maka Keadaan ini beresiko 2 kali lipat lebih cepat menjadi penyebab amenorea yang dapat menyerang pria atau wanita. (Baca juga: bahaya mengkonsumsi gorengan)

15. Kraniofaringioma

Kraniofaringioma merupakan penyakit yang disebabkan adanya tumor yang tumbuh dan mengalami perkembangan yang lambat pada area kelenjar pituitari yang letaknya dibagian dalam tengkorak manusia. Penyakit ini dapat menyerang jenis kelamin apa saja dalam rentan umur anak anak yaitu 5 sampai 12 tahun dan dewasa 65 sampai 70 tahun ke atas. (Baca Juga: bahaya makan mie dengan nasi)

16. Tumor ovarium

Tumor ovarium merupakan penyakit kanker paling berbahaya yang masuk sebagai jenis kanker paling produktif menyerang wanita diseluruh dunia. Tumor ovarium awalnya adalah tumor yang telah berkembang menjadi tumor ganas dan mengalami perubahah menjadi kanker yang tumbuh pada bagian indung telur. Kondisi inilah yang menjadi penyebab amenorea menyerang lebih banyak pada kaum wanita. (Baca Juga: makanan yang mengandung vitamin C)

17. Hipotiroidisme

Kelenjar tiroid berada dibagian leher bawah tepat pada bagian depan dekat jakun. Hipotiroidisme adalah penyakit yang disebabkan kelenjar tiroid mengalami peradangan yang disebabkan beberapa hal misalnya karena infeksi virus, Paparan infra merah radiasi untuk pengobatan kanker atau karena pengobatan yang menggunakan obat jenis yodium radioaktif.

baca juga:

18. Sindrome adrenogenital

Penyebab amenorea yang sering menyerang anak anak adalah Sindrome adrenogenital merupakan kelainan yang terjadi pada kelenjar adrenal dan area kelamin pria yang muncul karena adanya gen yang diturunkan dari salah satu atau kedua orangtua (penyakit genetika). Namun tidak menuntup kemungkinan orang orang yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut juga dapat mengalaminya walaupun hal itu kecil kemungkinannya. (Baca Juga: makanan yang mengandung kalori)

19. Sindrome prader willi

Sindrome prader willi merupakan kelaianna generik paling langka yang berkaitan dengan kasus neurologi yang sulit disembuhkan hingga usia dewasa bahkan usia lanjut. Penyakit sindrome prader willi menyebabkan seseorang terkena serangan obesitas, Gangguan perilaku berupa perilaku agresif yang bisa menyerang orang lain dengan kekerasan, Tidak mampu mengendalikan emosional dan masalah ketidakmampuan dalam berinteraksi dengan orang orang disekelilingnya. (Baca Juga: penyebab mudah lupa)

20. Penyakit ovarium polikista

Penyakit ovarium polikista adalah salah satu dari sekian banyak jenis jenis kista yang menyebabkan penyakit kista. Kista pada ovarium disebabkan adanya segerombolan gelembung yang menyerupai buah anggur yang tumbuh pada area ovarium atau lebih sering disebut sebagai kista ovarium. Kondisi ini disebabkan karena didalam tubuh hormon pria jauh lebih banyak daripada hormon wanita, Sehinggs hormon wanita tidak mampu memperbanyak dan memproduksi sel sel telur yang matang dan siap dibuahi. Jika tidak diatasi secara medis maka kondisi ini akan menyebabkan wanita menjadi mandul.

Baca juga:

21. Hiperplasia adrenal kongenital

Hiperplasia adrenal kongenital adalah kelainan yang terbentuk sejak lahir yang terbukti dapat menjadi penyebab amenorea yaitun menyebabkan kerusakan pada kelenjar adrenal (yang terletak pada kedua sisi organ ginjal ) sehingga kehilangan kemampuannya dalam memgolah hormon dalam tubuh yang nantinya memicu keseimbangan tubuh. (Baca Juga: makanan yang mengandung vitamin B-12 , makanan yang mengandung vitamin A)

Amenorea Sekunder

Amenorea sekunder merupakan kondisi umum yang sebagian besar akibat kebiasaan dan gaya hidup buruk yang awalnya sepele namun dapat menyebabkan seseorang kesulitan dalam mendapatkan keturunan.

1. karena sedang hamil

Pola makan yang sembarangan termasuk makanan junk food secara berlewbihan dan jangka panjang serta kebiasaan merokok dan menegak alkohol dapat merusak seluruh nutrisi yang ada dalam makanan yang telah dikonsumsi ibu lalu masuk dalam plasenta. Kondisi ini dapat menyebabkan janin dalam kandungan mengalami kerusakan jaringan reproduksinya di kemudian hari. Kendati selama kehamilan posisi dan kondisi janin terlihat biasa biasa saja. (Baca Juga: makanan yang mengandung kalsium)

2. Dampak psikologis yang tidak stabil/stres

Kondisi psikologis yang tidak menentu dapat menjadi penyebab amenorea karena kondisi jaringan otak yang sedang terganggu menyebabkan ketidakseimbangan tubuh yang juga berpengaruh pada kesuburan seseorang dan menurunkan tingkat libido. Psikologis yang dimaksud adalah stres ringan sampai berat hingga depresi berkepanjangan.

Baca juga:

3. Penurunan bobot badan yang signifikan

Tubuh yang terlalu kurus akibat kurang gizi seimbang dapat mempengaruhi kesuburan dan kesehatan organ vital termasuk jaringan reproduksi pada wanita atau pria. Penyebab amenorea yang paling mudah terjadi adalah karena penurunan bobot tubuh yang berlebihan dan terlalu cepat.

4. Olahraga terlalu berat

Olahraga yang tidak disesuaikan dengan kekuatan atau kemampuan tubuh dapat menyebabkan tubuh terserang kelelahan dan dehidrasi hingga menyebabkan gangguan reproduksi dan keseimbanagn tubuh. (Baca Juga: perut terasa penuh – gejala sakit perut di bawah)

5. Minimnya lemak dalam tubuh

Lemak dalam tubuh berfungsi untuk mengelola energi, Suhu tubuh dan menjaga stamina tubuh agar tetap prima. Namun jika ketersediaan lemak jauh dari memadai maka tubuh akan kehilangan kemampuannya dalam melindungi sel sel tubuh. Kondisi ini menjadi penyebab amenorea yang awalnya berupa terjadi penurunan daya tahan tubuh, Mengecilnya massa otot lalu menjalar pada gangguan reproduksi.  (baca juga: Makanan Penyebab Darah Rendah , Bahaya Darah Rendah)

6. Mengkonsumsi cairan hormon tertentu

Tidak sedikit pria yang mengkonsumsi cairan hormon tertentu untuk meningkatkan massa otot atau bertambahnya berat badan atau pada wanita yang menggunakan suntuik hormon untuk meningkatkan kecantikan kulit atau kualitas kolagen dalam kulit. Cairan hormon yang berlebihan dan dipakai dalam komposisi yang tidakj tepat dapat menjadi penyebab amenorea. (Baca Juga: Cara Menormalkan Detak Jantung , Obat Herbal Jantung Berdebar)

7. Kegemukan

Tubuh yang terlalu gemuk dapat menjadi penyebab amenorea yang bisa menyerang pria maupun wanita. Apalagi pada penderita obesiats karena obesitas meningkatkan resiko 2 kali lebih besar dalam hal pengacauan fungsi hormon tubuh yaitu hormon yang bertanggung jawab dalam mengelola kesuburan rahim, Matangnya sel telur atau urusan libido secara individual menjadi terganggu.

8. Kelainan dan rusaknya fungsi endokrin

Penyebab amenorea yang tidak banyak diketahui oranag adalah karena kelainan endokrin. Kelainan endokrin muncul karena ketidakseimbanagn fungsi dari sistem endokrin yang memiliki tugas pokok dalam mengelola, Mengatur dan mengontrol semua hormon didalam tubuh yang nantinya dibutuhkan bagi seluruh jaringan. Kondisi ini bisa disebabkan karena tubuh menderita dehidrasi jangka panjang dan terus menerus atau karena infeksi kronis yang menyerang asalah satu organ tubuh misalnya ginjal. (Baca juga: Obat Tradisional Ginjal Bocor , Obat Penghancur Batu Ginjal)

9. Penggunaan obat obatan

Obat obatan yang dimaksud adalah penggunaan alat kontrasepsi berupa pil KB atau suntik Kb yang terbukti sebagai penyebab amenorea pada wanita . Pil atau suntik KB yang digunakan dalam jangka panjang yang mampu menyusutkan dinding rahim, Mengentalkan sel telur menjadi sperma sulit untuk menemnbusnya sehingga mengagalkan pembuahan, Menyebabkan hormon tubuh berkurang hingga kesulitan untuk hamil dan vagina mengalami kekeringan serta penurunan libido yang mengganggu keharmonisan rumah tangga. (Baca Juga: jenis sakit perut – sakit perut bagian bawah tengah)

10. Gangguan rahim

Gangguan rahim adalah salah satu penyebab amenorea yang meliputi menurunnya kekuatan dan keberhasilannya dalam memproduksi sel sel telur yang matang akibat tumbuhnya tumor dan pembentukan jaringan yang tidak normal lalu meninggalkan jejak parut yang dalam pada lapisan dinding rahimyang awalnya adalah hanyalah luka kecil yang berangsur angsur berkembang menjadi infeksi atau bisa juga disebabkan karena pasca pembedahan yang menyebabkan luka baru yang akhirnya tidak bisa sembuh dengan sempurna. (Baca Juga: Ciri Ciri Keracunan Makanan , Gejala Keracunan Makanan )

11. Proses alami menopause

Salah satu penyebab amenorea yang umum adalah karena Menopause. Menopause merupakan peristiwa alami yang akan dialami semua wanita yang tidak lagi mengalami siklus menstruasi.Berakhirnya menstruasi merupakan telah hilangnya kesuburan rahim, Keelastisan organ yang berhubungan dengan reproduksi dan mengalami penurunan libido. Kondisi ini tidak memungkinkan seorang wanita untuk mengalami kehamilan lagi. (baca juga : penyebab menopouse dini pada wanita)

Hubungan antara Masa Pubertas yang Gagal dan Amenorea

Apa yang dimaksud dengan gagalnya masa pubertas? Apa hubungannya dengan amenorea? Apakah amenorea bisa bersifat sementara?

  • Seorang pria ataupun wanita dapat mengalami penundaan masa pubertas, Yaitu seharusnya siklus pendewasaan yang di tandai oleh munculnya haid pertama pada wanita atau keluarnya cairan mani untuk pertama kalinya pada pria tidak terjadi akibat sistem jaringan tubuh yang belum siap kendati usianya sudah bisa masuk kategori dewasa misalnya 15 sampai 18 tahun.  (Baca Juga: Kelainan Implantasi Plasenta dan Insersi Tali Pusat pada Ibu hamil)
  • Gagalnya masa purbertas dapat menyebabkan amenorea namun hanya bersifat sementara ( misalnya yang tadinya tidak tumbuh payudara maka akan tumbuh dengan subur saat pubertas benar benar telah muncul ), Sehingga kasus ini banyak di keluhkan banyak masyarakat sebagai penundaan masa pubertas dan bukan gagalnya masa pubertas.
  • Terjadinya keterlambatan tubuh mempersiapkan dirinya untuk perubahan pada jenjang yang lebih dewasa dapat disebabkan karena faktor amenorea sekunder yang muncul sebagai penyebab tidak haid pada wanita terjadi karena kebiasaan dan gaya hidup buruk yang dilakukan sehari hari misalnya karena kondisi psikologis yang tidak stabil, Karena makanan yang tidak sehat, Minuman beralkohol, Kebiasaan merokok atau terkontiminasi udara asap sehingga menjadi perokok pasif yang berlangsung terus menerus. (baca Juga: Penyebab Alergi Hidung Gatal , Obat Alergi Debu)

You may also like