Danazol – Obat Apa – Kontraindikasi – Dosis – Efek Samping

828

Sebagian orang mungkin mengonsumsi obat atas anjuran dokter, tanpa menelaah lebih dalam seperti apa obat itu, dan apa yang akan terjadi pada tubuh jika kita mengonsumsi obat tersebut? Salah satu jenis obat itu ialah Danazol. Tahukah Anda , apa itu Danazol? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Obat Danazol?

Danazol adalah obat yang digunakan oleh wanita untuk mengobati nyeri panggul dan kemandulan yang disebabkan oleh gangguan rahim, mengobati nyeri pada payudara serta nodul yang muncul akibat kondisi payudara – Fibrokistik. Danazol merupakan sebuah androgen yang mirip dengan testosteron. Danazol dijual di bawah nama Danocrine. Untuk pengobatan endometriosis dan pengobatan penyakit payudara fibrokistik, obat ini berfungsi untuk mengurangi jumlah hormon yang diproduksi oleh indung telur. Obat ini juga memperpanjang kesintasan (survival) allograft jantung dan menghasilkan sel CD4+ regulatorik. Temuan ini terungkap oleh para penelitian dari Jepang dan China. Penelitian itu sendiri telah dipublikasikan di jurnal Transplant International bulan Januari 2012.

Selama ini, danazol bermanfaat untuk terapi endometriosis dan praterapi untuk fertilisasi in vitro dan transfer embrio. Danazol memiliki mekanisme aksi yang kompleks dan ditandai dengan steroid androgen pada pria, dan anabolik yang lemah, progestogen yang lemah, antigonadotropin yang lemah, inhibitor steroidogenesis lemah dan antiestrogen fungsional.

Danazol ditemukan pada tahun 1963 dan diperkenalkan untuk penggunaan medis pada tahun 1971. Obat ini juga telah digunakan sebagian besar untuk indikasi lain, yaitu dalam manajemen menorrhagia, penyakit payudara fibrokistik , purpura trombositopenik imun, sindrom pramenstruasi, nyeri payudara , dan angioedema herediter. Obat ini merupakan yang paling umum digunakan pada awal tahun 1980, namun penggunaannya menurun tajam setelah pengenalan agonis GnRH di akhir 1980an dan 1990an.

Danazol dapat digunakan untuk sejumlah masalah medis yang berbeda misalnya nyeri karena endometriosis, perkembangan penyakit yang mengarah pada kista payudara, angioedema herediter. Ini juga merupakan pengobatan yang digunakan untuk menghentikan menstruasi. Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter. Selama ini Danazol merupakan pengobatan yang paling efektif untuk endometriosis dan memiliki efektivitas yang sama dengan terapi hormon lainnya. Seperti cara mengatasi kelebihan hormon estrogen, tetapi memiliki banyak efek samping androgenik (mirip pria).

Kandungan dan Fungsi Danazol

Danzol memiliki farmakologi yang kompleks dengan mekanisme aksi. Ini termasuk pengikatan langsung ke dan aktivitas reseptor hormon seksual, penghambatan langsung enzim yang terlibat dalam steroidogenesis.

Obat ini dapat bertindak baik secara agonis dan antagonis PR (Resepton Progesteron ) tergantung pada biossay, menunjukkan bahwa itu dapat dianggap sebagai modulator reseptor progesteron selektif (SPRM). Meskipun afinitas dan kemanjuran danazol sendiri pada PR relatif rendah, etisterone, salah satu metabolit utama danazol, digambarkan sebagai progestogen yang lemah – dan telah digunakan secara klinis sebagai progestogen. Dan ini mungkin berfungsi meningkatkan aktivitas progestogenik danazol.

Aktivitas danazol pada ER (Reseptor Esterogen ) dianggap minimal, meskipun pada konsentrasi yang sangat tinggi obat dapat bertindak secara signifikan sebagai agonis ER. Danazol dianggap bertindak secara signifikan sebagai agonis GR (Reseptor Glukokortikoid), selain itu dapat menekan sistem kekebalan dengan dosis yang cukup. Setiap kandungan di dalam kapsul danazol adalah 200mg dari 90mg laktosa. Dengan ukuran satu kapsul berwaran hitam dan orange ditandai dengan DL 200 dan G.

Kontraindikasi dan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Obat Danazol

Sebelum Anda benar-benar mengonsumsi Danazol, perlu Anda ketahui bahwa setiap obat memiliki efek samping yang terjadi karena beberapa hal.Danazol dikontraindikasikan selama kehamilan karena memiliki potensi uuntuk virilisasi – sifat maskulin yang berlebihan pada janin perempuan. Wanita yang mengonsumsi danazol harus berlatih kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan jika aktif secara seksual. Karena Danazol dimetabolisme oleh hati dan tidak dapat digunakan oleh pasien dengan penyakit hati dan pasien yang menerima terapi jangka panjang, juga fungsi hati harus dipantau secara periodik.

Dibawah ini beberapa hal perlu diperhatikan sebelum pemakaian Danazol :

  • Menggunakan kontrasepsi non-hormonal
  • Beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap danazol atau obat-obatan lain.
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda pernah menderita migrain, penyakit jantung, penyakit hati, atau penyakit ginjal, kejang (epilepsi); atau pernah menderita stroke, hipertensi intrakranial jinak, penyakit darah beku, atau kanker Payudara sakit 2 minggu sebelum haid
  • Tidak mengonsumsi obat; simvastatin, anisindione, atorvastatin, bupropion, dicumarol, fluvastatin, lovastatin, phenprocoumon.

Kondisi kesehatan Anda yang lain juga dapat mempengaruhi penggunaan obat ini, terutama:

Interaksi Danazol dengan Obat Lain

Obat ini mengandung beberapa bahan aktif seperti Tepung Jagung, Laktosa , Magnesium Stearat, Talek , D & C Kuning # 10, D & C Merah # 28, FD & C Merah # 40, Gelatin, Silikon Dioksida, Sodium Lauryl Sulfate, Titanium Dioksida. Beberapa produk yang mungkin berinteraksi dengan obat ini termasuk: ” pengencer darah ” (seperti warfarin ), obat kolesterol “statin” tertentu ( lovastatin , simvastatin ).

Obat ini dapat mengganggu tes laboratorium tertentu (termasuk kadar hormon laki-laki seperti testosteron ), yang mungkin menyebabkan hasil tes palsu. Pastikan petugas laboratorium dan semua dokter Anda tahu Anda menggunakan obat ini.

Prosedur Penggunaan Obat Danazol

  1. Sebelum menggunakan obat ini, pastikan terlebih dahulu Anda memberitahu dokter tentang obat lain yang sedang Anda konsumsi, alergi atau kondisi kesehatan Anda saat ini. Karena beberapa kondisi kesehatan dapat membuat Anda kebal terhadap efek samping.
  2. Umumnya obat ini diminum secara rutin dua kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.
  3. Anda juga dapat mengonsumsi obat ini dengan atau tanpa makan, asalkan tetap diminum sesuai ketentuan yang berlaku.
  4. Danazol juga memiliki indikasi pada beberapa jenis penyakit seperti, endometriosis, mastitis fibrokistik (penyakit payudara jinak), pubertas sebelum waktunya, ginekomastia (pembesaran payudara pria), menoragia (haid dengan perdarahan yang berlebihan).

Mekanisme kerja obat ini juga  bekerja pada level hipotalamus untuk mencegah lepasnya gonadotropin, sehingga mencegah keluarnya FSH dan LH Danazol mencegah aktivitas enzim steroidogenesis dalam ovarium. Kemudia terjadi suasana yang hipoestrogenik yang menambah efek androgenik dari Danazole untuk mencegah pertumbuhan endometrium.

Dosis yang Tepat Penggunaan Danazol

Danazol kapsul USP tersedia dalam kemasan kapsul 50mg, 100 mg dan 200 mg. Umumnya obat ini dikonsumsi sekitar 200-800mg per hari.

  • Untuk Pengobatan Endometriosis (penyakit pada sistem reproduksi wanita)

Operasi Endometriosis adalah suatu penyakit pada sistem reproduksi wanita dimana jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga. Jika Anda mengidap endometriosis, jaringan tersebut juga mengalami proses penebalan dan luruh, sama dengan siklus menstruasi. Tetapi darah tersebut akhirnya mengendap, dan tidak bisa keluar karena terletak di luar sehingga menjadi penyebab rahim lengket. Dan endapan tersebut akan mengiritasi jaringan disekitarnya, lama -kelamaan jaringan parut atau bekas iritasi pun terbentuk. Untuk pemakaian dosis awal 400mg sehari dalam satu siklus pengobatan sampai 6 bulan.  Namun, pengobatan sampai 9 bulan mungkin membutuhkan beberapa kasus. Jika masih terjadi pendarahan normal setelah 2 bulan pengobatan, maka dosis dinaikkan.

  • Untuk Pengobatan Menoragia (haid atau keluarnya darah secara berlebihan)

Menoragia atau haid yang ditandai dengan keluarnya secara berlebihan atau dalam jumlah yang terlampau banyak. Kista ini tidak mengandung sel kanker, atau dengan kata lain kista ini bersifat jinak. Jika diraba, penyakit kista ini terasa lembek seperti balon berisi air atau kadang juga dapat terasa seperti benda padat. Kista payudara juga dapat berukuran sangat kecil dan hampir tidak teraba, atau bahkan sebaliknya  dimana ukurannya sangat besar dengan diameter 2,5 sampai 5 sentimeter. Dengan rasa tidak nyaman , kista dapat tumbuh pada satu atau kedua payudara. Untuk pengobatan, Dosis yang digunakan adalah 200mg per hari, biasanya selama 3 bulan pengobatan.

  • Untuk Kista Jinak Payudara

Dosis minum yang tepat pada penderita kista jinak payudara yaitu 300mg per hari selama 3 hingga 6 bulan.

  • Untuk Pengobatan Ginekomastia (pembesaran jaringan kelenjar payudara pada pria)

Ginekomastia adalah benjolan berbentuk bulat atau lonjong yang berisi cairan dan tumbuh pada jaringan payudara. Pembesaran disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon estrogen dengan testosteron. Ginekomastia dapat terjadi pada usia remaja maupun dewasa yang dapat terjadi secara alami. Namun, ginekomastia juga dapat menjadi tanda suatu penyakit yang serius, dan pria yang mengalaminya bisa merasa malu. Untuk remaja adalah 200mg per hari selama 6 bulan. Namun dapat dinaikkan jika tidak terjadi tanda kesembuhan. Bagi dewasa, adalah 400mg per hari.

  • Untuk Prabedah Endometriosis

Untuk Prabedah endometriosis (penyakit pada sistem reproduski wanita) diawali 400-800mg per hari selama 3-6 minggu.

  • Pendarahan Uterus Disfungsional yang muncul sebagai menorrhagia

Perdarahan uterus disfungsional adalah suatu kelainan ginekologis yang cukup sering ditemukan namun belum dapat diketahui secara pasti perjalanan penyakitnya. Kesulitan menegakkan perdarahan uterus disfungsional karena terlalu banyak batasan atau definisi dan terminologi untuk menerangkan penyakit ini dan tidak satupun kriteria yang konsisten untuk menerangkannya. Hampir semua wanita pernah mengalami gangguan haid semasa hidupnya. gangguan ini dapat berupa siklus haid yang memanjang atau memendek maupun pendarahan abnormal yang berkepanjangan. Peristiwa ini dapat terjadi setiap saat dalam kurun waktu antara menstruasi dan menopouse. Untuk mengontrol kehilangan darah yang berlebihan dan untuk mengontrol dismenorea terkait.

  • Mastitis Fibrokistik

Fibrokistik pada payudara ditandai dengan perubahan pada jaringan payudara yang mengenai 30 hingga 60% wanita. Ditandai dengan benjolan pada payudara non kanker yang sering menyebabkan rasa tidak nyaman dan sering bersifat periodik dengan pengaruh hormonal dari siklus menstruasi. Dimulai dengan 50 mg per hari, dapat ditingkatkan sampai 100 mg per hari dalam 2 dosis terbagi.

  • Pubertas Sebelum Waktunya

Pubertas adalah masa ketika seorang anak  mengalami pertumbuhan menuju dewasa. Pubertas biasanya terjadi di usia 11 tahun pada anak perempuan dan 12 tahun pada anak lelaki. Namun pubertas sebelum waktunya dapat terjadi pada anak, biasa disebut pubertas dini. Ini biasanya terjadi lebih awal dari usia rata-rata antara 7-8 tahun pada anak perempuan dan 9 tahun pada anak laki-laki. Pubertas dini ini menyebabkan sejumlah perubahan fisik, psikologis, dan perilaku diri anak.Ini diawali dengan 100-400 mg per hari.

  • Pasien Penyakit Payudara Fibrocystic

Fibrocystic Breast adalah adanya benjolan atau gumpalan pada payudara. Kondisi ini membuat payudara terasa agak bengkak dan terkadang nyeri. Fibrocystic Breast tidak berbahaya dan merupakan kondisi normal. Namun, saat menjelang menstruasi kemungkinan nyerinya akan bertambah. Setiap perempuan biasanya akan mengalami fibrocystic breast pada suatu waktu. Diawali dengan dosis  harian berkisar dari 100 mg hingga 400 mg yang diberikan dalam dua dosis terbagi tergantung pada respon pasien. Selain itu obat ini berinteraksi pada penipisan pra-operasi endometrium sebelum ablasi endometrium histeroskopi.

Pada penyakit angiodema keturunan, angiodema merupakan pembengkakan dibawah kulit yang disebabkan oleh reaski alergi. Kondisi ini mirip dengan kaligata hanya bedanya kaligata terjadi pada permukaan kulit dan dapat menyebabkan kegatalan. Selama reaksi pada alergi, tubuh Anda bereaksi terhadap alergen – zat asing yang menyebabkan tubuh bereaksi, dengan melepaskan histamin ke dalam aliran darah. Angiodema juga dapat mempengaruhi bibir dan area di sekitar mata. Dalam kasus yang parah, angioedema adalah kondisi yang juga dapat menyebabkan pembengkakan pada lidah dan tenggorokan sehingga dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Kondisi ini dapat mengancam jiwa dan membutuhkan perhatian medis.

Pengobatan dimulai pada 200 mg, dua atau tiga kali sehari. Setelah respon awal yang menguntungkan diperoleh dalam hal pencegahan episode serangan edematous, dosis yang tepat harus ditentukan dengan menurunkan dosis hingga 50% atau kurang pada interval satu sampai tiga bulan atau lebih lama jika frekuensi serangan sebelum perintah pengobatan. Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Obat ini tidak boleh digunakan selama kehamilan . Itu bisa membahayakan bayi yang belum lahir. Pada wanita usia subur, obat ini harus dimulai selama periode menstruasi mereka. Jika tidak, maka mereka harus memiliki tes kehamilan negatif sebelum memulai pengobatan ini. Penting untuk mencegah kehamilan saat menggunakan obat ini. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk rincian lebih lanjut dan untuk mendiskusikan penggunaan bentuk-bentuk yang dapat diandalkan dari kontrol kelahiran non-hormonal (seperti kondom , diafragma dengan spermisida) saat menggunakan obat ini. Jika Anda hamil atau berpikir Anda mungkin keputihan saat hamil, beritahu dokter Anda segera.

Danazol jarang menyebabkan pembekuan darah yang sangat serius mungkin fatal seperti stroke, penyakit hati , dan peningkatan tekanan pada otak ( hipertensi intrakranial jinak). Danazol biasanya efektif dalam mengurangi nodularitas, nyeri, dan nyeri tekan. Perlu ditekankan kepada pasien bahwa perawatan ini tidak berbahaya karena melibatkan perubahan kadar hormon yang cukup besar dan gejala yang berulang sangat umum setelah penghentian terapi . Obat ini juga dapat meningkatkan kebutuhan insulin pada pasien yang menderita diabetes.

Bagaimana Penyimpanan yang Tepat ?

Danazol paling baik disimpan pada suhu ruangan terkontrol, 15 ° C hingga 30 ° C , 59 ° F hingga 86 ° F, hindari cahaya langsung dan tempat lembab. Jangan membuang obat-obatan ke dala toilet. Dan pastikan agar obat ini berada jauh di luar jangkaun anak-anak.

Efek Samping Obat Danazol

Secara umum, efek samping yang timbul dari penggunaan danazol adalah :

  • Kenaikan berat badan
  • Berjerawat
  • Sakit Kepala
  • Edema dan kulit memerah
  • Keringat Berlebih
  • Menyusutnya payudara
  • Penggunaan danazol juga dibatasi oleh efek samping radioterapi seperti pertumbuhan rambut, disfungsi seksual.

Efek samping androgenik juga menyebabkan pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan penggunanya, terutama wanita – hirsutisme. Atau profil lipid darah – kadar lemak darah yang merugikan. Obat dopepsa ini juga dapat menyebabkan hot flash atau tanda menopause, peningkatan enzim hati, dan perubahan suasana hati. Beberapa pasien yang menggunakan danazol mengalami peningkatan berat badan dan retensi cairan. Karena efek samping, danazol jarang diresepkan terus menerus setelah enam bulan.

Penggunaan danazol untuk endometriosis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker ovarium*. Pasien dengan endometriosis memiliki faktor risiko spesifik untuk kanker ovarium, jadi ini mungkin tidak berlaku untuk penggunaan lain. Danazol juga dikaitkan dengan peningkatan risiko tumor hati, ini umumnya jinak. Pada Pria, danazol telah ditemukan untuk menghambat sekresi gonadotropin dan secara nyata menurunkan kadar testosteron, kemungkinan karena tindakannya sebagai inhibitor steroidogenesis dan antigonadotropin. Namun, bahkan pada dosis tertinggi

Seperti semua terapi fungsi hormon prolaktin, danazol tidak menyembuhkan tidak menyembuhkan endometriosis secara permanen, namun ia akan menekan pertumbuhan dan pengembangan sementara, sehingga penyakit bisa kambuh setelah pengobatan.

Danazol juga memiliki banyak efek dalam tubuh, gabungan efek-efek dalam tubuh, obat ini menghasilkan kadar androgen yang tinggi dan estrogen yang rendah dalam tubuh, sehingga menekan pertumbuhan endometriosis. Kebanyakan wanita akan berhenti menstruasi dan berovulasi dengan bulan kedua pengobatan, meskipun ini tergantung pada dosis yang digunakan. gejala-gejala endometriosis biasanya mulai berkurang pada akhir bulan kedua. Kebanyakan wanita akan berovulasi lagi dan menstruasi dalam waktu 4-6 minggu setelah pengobatan dihentikan.

Tidak semua orang mengalami gejala tersebut, jika Anda lebih memperhatikan aturan pakai yang dianjurkan oleh Dokter. Namun, pada beberapa kasus, jika pemakaian yang tidak sesuai atau berlebih akan menimbulkan gangguan pada gejala henti jantung. Jika itu terjadi, segeralah ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Danazol harus dihentikan jika ada efek samping yang signifikan secara klinis, dan terutama jika ada bukti papilloedema, gangguan penglihatan atau tanda atau gejala lain peningkatan tekanan intrakranial, ikterus atau indikasi lain gangguan hati yang signifikan, trombosis atau tromboemboli.

Setelah penjelasan diatas, Anda dapat mengetahui lebih jelas mengenai apa itu danazol? Pemakaian, Efek samping dan bentuk penyimpanan mengenai danazol. Dan semoga bermanfaat, tetap jaga kesehatan serta membaca aturan pakai sebelum menggunakan obat-obatan, serta tetap melakukan konsultasi dengan dokter.