Home Penyakit dan KelainanPenyakit Ginjal 12 Ciri – Ciri Terkena Batu Ginjal dan Cara Mencegahnya

12 Ciri – Ciri Terkena Batu Ginjal dan Cara Mencegahnya

by Gilang Pratama

Salah satu organ penting yang terdapat di dalam tubuh kita adalah ginjal. Ginjal merupakan sebuah organ di dalam tubuh yang memiliki banyak sekali fungsi. Beberapa dari fungsi ginjal diantaranya adalah sebagai menyaring dan membersihkan darah, membentuk urin, menjaga jumlah air di dalam tubuh, dan juga fungsi lain. Melihat dari banyaknya fungsi ginjal tersebut, maka menjaga ginjal agar tetap sehat dan berfungsi baik sangatlah diperlukan. Gangguan pada ginjal akan membuat fungsi – fungsi tadi menjadi terganggu. Salah satu hal yang sering kali menjadi gangguan pada ginjal adalah munculnya batu ginjal.

Batu ginjal merupakan kondisi dimana di dalam ginjal terbentuk sebuah material yang keras menyerupai batu. Material tersebut merupakan sisa – sisa dari zat yang di saring ginjal yang semakin lama mengendap dan akhirnya mengkristal. Jika sudah dalam kondisi ini maka langkah yang harus dilakukan adalah melakukan operasi batu ginjal. Untuk menghindari dari bahaya batu ginjal tersebut, maka kita pun harus mengetahui ciri – ciri terkena batu ginjal. Ada beberapa ciri – ciri terkena batu ginjal yang perlu kita ketahui. Beberapa gejala penyakit ginjal tersebut adalah

  1. Seperti ada kerikil pada urin
    Ketika anda buang air kecil dan anda melihat seperti ada kerikil pada urin anda maka itu merupakan salah satu ciri jika anda mengalami batu ginjal. Keluarnya kerikil ini mungkin tidak menimbulkan rasa sakit.
  2. Darah di dalam urin
    Ciri – ciri terkena batu ginjal yang lain adalah rasa sakit saat buang air kecil dan juga darah di dalam urine.
  3. Perih saat buang air kecil
    Hal lin yang juga menjadi ciri – ciri terkena batu ginjal adalah munculnya rasa perih ketika kita sedang buang air kecil
  4. Rasa nyeri pada perut bagian bawah
    Nyeri pada perut ini merupakan gejala lain dari munculnya penyakit batu ginjal. gejala batu ginjal pada pria ini ditandai dengan rasa nyeri pada satu sisi bagian perut. Perubahan lokasi bagian perut yang nyeri akan terjadi juga jika batu ginjal bergerak ke lokasi yang berbeda.
  5. Demam
    Demam yang menjadi gejala dari penyakit batu ginjal muncul karena infeksiĀ  pada saluran kemih yang disebabkan oleh batu ginjal tersebut.
  6. Hyperuria
    Hyperuria merupakan gejala awal penyakit ginjal. Hypeuria merupakan sebuah kondisi dimana anda buang air kecil dalam intensitas yang lebih sering. kondisi hyperuria ini bergantung dari bagaimana batu ginjal tersebut menghalangi uretra.
  7. Sulit buang air kecil
    Jika anda merasa sulit buang air kecil maka itu merupakan salah satu ciri – ciri anda terkena batu ginjal. Nyeri pada saat buang air kecil ini terjadi karena saluran kemih menjadi tertekan oleh batu ginjal sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.
  8. Urine berbusa
    gejala lain yang akan muncul jika anda mengalami batu ginjal adalah urin menjadi berbusa. Kondisi ini terjadi karena nefron pada ginjal yang rusak.
  9. Warna urin menjadi keruh
    Salah satu ciri – ciri terkena batu ginjal lainnya adalah warna urin yang menjadi keruh. Batu ginjal ini akan mempengaruhi fungsi ginjal, ginjal yang tidak mampu lagi menyaring urin akan menghasilkan warna urin yang keruh.
  10. Mual
    Batu ginjal juga akan menyebabkan penderitanya merasakan rasa mual. Hal ini akan terjadi karena batu ginjal ini mengakibatkan penumpukan cairan di dalam perut. Semakin banyak cairan di dalam perut maka akan membuat lambung dapat tertekan dan menyebabkan rasa mual.
  11. Perut menjadi kembung
    Batu ginjal yang akan menyebabkan menumpuknya cairan pada perut maka lama kelamaan akan membuat perut menjadi kembung.
  12. Berkurangnya nafsu makan
    Ciri lain dari munculnya masalah pada ginjal adalah berkurangnya nafsu makan. Hal ini karena masalah pada ginjal akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian perut dan juga pada bagaian tubuh lainnya. Hal ini akan membuat mereka yang mengalami masalah dengan ginjal akan merasa tidak nyaman saat perutnya terisi oleh makanan.

Itu merupakan beberapa ciri – ciri terkena batu ginjal yang harus kita ketahui

Mencegah Batu Ginjal

Pada dasarnya batu ginjal ini bisa terjadi pada setiap orang. Namun demikian banyak cara yang bisa kita lakukan sebagai bentuk tindakan pencegahan agar tidak terkena batu ginjal. Beberapa cara mencegah batu ginjal diantaranya adalah :

  • Mengkonsumsi air mineral setidaknya 2,5 liter setiap harinya.
  • Rutin melakukan olahraga. Hal ini selain membuat tubuh menjadi jauh lebih sehat juga akan membantu kita untuk menjadi haus. Beberapa kasus kurangnya air di dalam tubuh disebabkan orang tersebut tidak mudah haus.
  • Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang tidak banyak mengandung oksalat
  • Menghindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Garam akan membuat kerja ginjal menjadi jauh lebih berat.
  • Mengkonsumsi berbagai makanan yang banyak mengandung kalsium.
  • Mengkonsumi berbagai makanan sehat untuk ginjal seperti putih telur, paprika merah, kecambah, kembang kol, kubis, dan jenis makanan lainnya.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan guna mencegah resiko terkena batu ginjal.

You may also like