Kolin – Fungsi, Sumber dan Efeknya

2616

Kolin atau choline mungkin anda pernah mendengar salah satu nama tersebut?, memang choline merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kolin sering terdengar di media cetak, di media seperti televisi dan juga di media online maupun offline. Jika sudah begitu kita sudah bisa menebak seberapa pentingnya kolin tersebut bagi tubuh manusia sehingga choline begitu digembor-gemborkan di berbagai media. ( Baca : Vitamin B6Cara untuk mengatasi kekurangan vitamin B kompleks )

Lalu sebenarnya apakah kolin itu?, kolin merupakan nutrisi yang ada di dalam makanan dan harus didapatkan oleh tubuh. Kolin banyak ditemukan dalam makanan sehari-hari. Choline banyak ditemukan pada sumber makana  hewani maupun sumber makanan nabati. Choline bisa mudah larut dalam air dan dikelompokkan dalam vitamin B. Meskipun hati bisa memproduksi choline namun kebutuhan choline harus tetap dipenuhi melalui makanan. ( Baca : Riboflavin ( Vitamin B2 )Thiamin ( Vitamin B1 )

Kebutuhan Kolin Setiap Harinya

Pria maupun wanita harus mencukupi kebutuhan kolin setiap harinya. Berikut ini adalah kebutuhan kolin yang harus dipenuhi oleh pria maupun wanita :

  1. Pria membutuhkan kolin sekitar 550 mg.
  2. Wanita membutuhkan kolin sekitar 425 mg setiap harinya.
  3. Wanita hamil membutuhkan kolin sekitar 450 mg.
  4. Wanita menusui membutuhkan kolin yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita hamil yaitu sekitar 550 mg setiap harinya.

Fungsi dan Manfaat Kolin

Belum banyak masyarakat luas yang mengetahui seberapa besar manfaat kolin bagi tubuh manusia. Berikut ini adaah fungsi dan manfaat kolin yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia :

  1. Menutrisi Otak

Salah satu fungsi choline yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas adalah digunakan sebagai nutrisi otak. Hal itu dikarenakan choline bisa digunakan dalam pembentukan phosphatidylcholine dan juga sphingomyelin. Kedua molekul tersebut sangat berungsi sebagai penghantar sirkuit di jaringan syaraf.

Baca : Cara meningkatkan kinerja otakCara meningkatkan daya ingat otakPendarahan otak

  1. Membentuk Membran Sel Otak

Membran sel otak ini begitu penting untuk kesehatan otak dan membentuk kecerdasan otak. Saat hamil dan saat menyusui, wanita membutuhkan kolin untuk membuat mmebran sel otak terbentuk. Semakin banyak membran sel otak terbentuk maka funsgi otak akan semakin sempurna. Begitupula sebaiknya, ibu hamil yang tidak banyak mengkonsumsi choline, fungsi otak janin tidak bisa terbentuk dengan sempurna.

Baca : Makanan untuk otak anak pintar

  1. Mencerdaskan Otak

Choline selama ini juga dipercaya untuk mencerdaskan otak, ketik membran sel terbentuk dengan sempurna dan otak ternutrisi dengan baik maka kecerdasan otak bisa didapatkan. Bagi ibu yang ingin memiliki anak bayi yang cerdas dan sehat ada baiknya mengkonsumsi kolin saat hamil dan saat menyusui.

Baca : Cara meningkatkan kecerdasan otak

  1. Menyehatkan Hati

Choline memiliki fungsi dan manfaat untuk menyehatkan hati. Alasannya adalah choline yang dikonsumsi bisa digunakan untuk membuang kelebihan kolesterol yang ada di hati, lemak di hati dan racun yang ada di hati. Choline ini juga baik untuk mencegah berbagai macam penyakit kerusakan hati seperti liver atau fatty liver.

Baca : Cara menjaga kesehatan hatiPenyebab sakit ulu hati

  1. Menjaga Kesehatan Bayi

Bagi ibu yang menyusui choline sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan bayi sehingga bayi tidak akan mudah sakit. Tidak hanya itu saja, choline juga mampu menjaga kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. Cara choline menjaga kesehatan janin yang ada di dalam kandungan adalah dengan membangun sistem syaraf janin di dalam kandungan. Sehingga sistem syaraf yang ada di tubuh bayi mampu terbentuk dengan sempurna.

  1. Mengurangi Peradangan

Manfaat choline lainnya adalah bisa digunakan untuk mengurangi peradangan sebab choline bersifat anti infamasi. Meningkatkan asupan choline setiap harinya bisa digunakan pengurang tanda infamasi berupa protein C- reaktif, interleukin-6 dan juga homosistein.

  1. Penghasil Energi

Tidak hanya karbohidrat saja yang bisa digunakan sebagai sumber energi namun choline pun bisa menghasilkan energi. Cara choline untuk menghasilkan energi di dalam tubuh manusia adalah dengan membantu metabolisme lemak dan mengubahnya menjadi energi. Langkah ini sangat efektif untuk membakar lemak yang ada di tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan

Choline bagus untuk menjaga kesehatan terutama untuk menjaga kesehaan reproduksi untuk wanita, menjaga kesehatan kandung empedu dan juga menjaga kesehatan jantung.

Baca : Cara meningkatkan antibodi anak

  1. Membantu Menghasilkan Lemak

Bagi yang sering merasakan lemas, anda bisa mengonsumsi choline untuk membantu menghasilkan lemak yang ada di dalam tubuh anda. Lemak ini selain bisa membentuk energi juga bisa menyediakan struktur sel di bagian asetilkolin. Asetilkolin adalah neurotransmitter yang bisa menjaga kesehatan syaraf di dalam tubuh manusia.

Baca : Lemak tak jenuhLemak jenuh

  1. Mencegah Penumpukan Lemak

Manfaat lainnya choline untuk kesehatan tubuh lainnya adalah untuk mencegah penumpukan lemak. Jika di dalam tubuh terlalu banyak lemak maka tubuh akan mudah sekali terkena berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti jantung dan juga stroke.

Baca : Cara menghilangkan lemaak di pipi dan di leher

Sumber Makanan Mengandung Kolin

Tanpa kita sadari di sekitar kita banyak sekali makanan yang mengandung kolin.  Mengkonsumsi makanan tersebut secara teratur bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendapatkan manfaat yang menakjubkan dari Choline. Berikut ini adalah makanan yang bisa anda konsumsi untu meningkatkan akdar choline yang ada di dalam tubuh anda :

  1. Daging sapi. ( Baca : Bahaya daging sapiBahaya konsumsi daging merah )
  2. Seafood.
  3. Hati sapi, mengandung choline sekitar 350 mg per 3 onsnya. ( Baca : Cara mengatasi kekurangan protein )
  4. Hati ayam mengandung choline sebanyak 220 mg per 3 onsnya.
  5. Hati kalkun mengandung choline sebanyak 320 mg per 3 onsnya.
  6. Telur dalam setiap satu butirnya mengandung 120 mg choline. ( Baca : Bahaya konsumsi telur berlebihanAlergi telur )
  7. Susu skim dalam satu cangkir mengandung choline sebanyak 38 mg.
  8. Kuning telur yang direbus mengandung choline yang cukup tinggi yaitu 1.400 mg per 100 gramnya.
  9. Cokelat mengandung choline yang juga tinggi yaitu 550 mg per 100 gramnya. ( Baca : Bahaya cokelat bagi kesehatan dan ibu hamil )
  10. Tofu mengandung kolin sebanyak 100 mg dalam setiap 3 onsnya.
  11. Tepung kedelai rendah lemak memiliki kandungan choline 190 mg.
  12. Kubis brussel atau brokoli mengandung kolin sebanyak 60 mg per cangkirnya. ( Baca : Makanan yang mengandung gas tinggiSayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat )
  13. Bumbu lain seperti seledri kering, tomat kering, biji sawi, daun ketumbar, peterseli kering, bawang putih dan cabai.
  14. Oatmeal.
  15. Bunga kol.
  16. Bayam. ( Baca : Bahaya bayam bagi penderita asam urat tinggiBahaya sayur bayam yang dihangatkan )

Efek Kekurangan Kolin

Jika tubuh kekurangan kolin tubuh akan memberikan respon dengan menunjukkan berbagai macam gejala. Sayangya seringkali manusia tidak menyadari sinyal yang diberikan oleh tubuh mengenai gejala yang muncul tersebut. Berikut ini adalah efek kekurangan choline yang harus diwaspadai oleh kita semua :

  1. Gangguan Metabolisme

Saat tubuh kekurangan choline, maka metabolisme tubuh menjadi terganggu sehingga tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Bahkan beberapa organ pun ikut terganggu fungsinya.

Baca : Cara meningkatkan metabolisme dengan cepat

  1. Gangguan Pengangkutan Lemak

Orang yang mengalami obesitas bisa jadi dia memiliki pola makan dan gaya hidup yang buruk. Untuk pola makan sendiri dia bisa jadi kekurangan choline dan nutrisi lainnya yang berguna untuk tubuh. Kekurangan choline bisa menyebabkan pengangkutan lemak menjadi terganggu sehingga lemak akan menumpuk dan menempel di pembuluh darah manusia.

  1. Menyebabkan Penyakit Jantung dan Stroke

Saat seseorang terkena penumpukan lemak di dalam tubuh dan juga di pembuluh darah manusia. Orang tersebut akan mudah sekali terkena penyakit jantung dan juga stroke. Penyakit itu disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di dalam tubuh manusia.

Baca : Makanan yang dapat menyebabkan penyakit jantungCara mencegah gagal jantung

  1. Menghalangi Proses Penghancuran Lemak menjadi Energi

Akibat kekurangan choline di dalam tubuh bisa menyebabkan penghancuran lemak menjadi energi menjadi terhambat. Akibatnya manusia yang kekurangan choline akan sealu merasakan lemas dan tidak bertenaga.

  1. Penurunan VLDL

VLDL atau Very Low Density Lipoprotein yang menurun bisa menyebabkan fungsi hati yang mengankut lemak menjadi menurun. Akibatnya adalah lemak di hati akan menjadi menumpuk dan menyumbat pembuluh darah yang ada di hati.

Baca : Cara menjaga alat peredaran darah

  1. Mengumpulkan Lemak di Hati

Akibat kekurangan choline di dalam tubuh bisa menyebabkan emak menumpuk di hati. Penumpukan lemak di hati tidak boleh disepelekan sebab bisa menyebabkan degenerasi lemaak hati, menyebabkan sirosis hati atau pengkerutan hati dan bisa menyebabkan kerusakan hati. Hati merupakan organ vital manusia sehingga jika fungsinya terganggu maka kualitas hidup dari manusia tersebut bisa menurun.

  1. Menyebabkan Penyakit Degenerasi

Akibat penumpukan lemak yang ada di dalam hati, bisa menyebabkan orang yang kekurangan choline bisa terkena penyakit degenarasi seperti alzheimer dan lain sebagainya.

Baca : Bahaya alzheimerPenyebab alzheimer

  1. Kadar Kolesterol Meningkat

Saat choline tidak tercukupi dengan baik bisa mengakibatkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh menjadi meningkat. Saat kolesterol tinggi, tubuh bisa terkena berbagai macam penyakit misalnya kesehatan pembuluh darah menjadi menurun.

  1. Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Saat pembuluh darah mengalami penyempitan maka darah akan semakin meningkatkan tekanannya agar darah bisa dialirkan ke seluruh tubuh. Akibatnya tekanan darah tinggi pun bisa terjadi pada orang yang kekurangan choline.

Baca : Cara menurunkan darah tinggiCara mencegah darah tinggi

  1. Mudah Lelah

Aliran darah yang terganggu juga bisa menyebabkan aliran oksigen ke seluruh tubuh menjadi terganggu. Jika tubuh kekuragan oksigen maka tubuh akan mudah sekali mengalami kelelahan.

  1. Insomnia

Ganggun tidur juga akan dialami oleh orang yang kekurangan choline. Alasannya adalah saat aliran darah menuju ke otak tidak lancar, orang tersebut akan mengalami insomnia.

  1. Anemia

Efek kekurangan choline yang lainnya dan patut untuk diwaspadai adalah munculnya anemia. Anemia ini disebabkan oleh kurangnya pembentukan sel darah merah sebagai komponen dari membran sel. Ha itu dikarenakan membran sel membutuhkan  kolin setiap harinya.

Baca : Cara mengatasi anemiaGejala anemia

  1. Gangguan Pernafasan

Orang yang kekurangan choline bisa mengalami gangguan pernafasan dikarenaan tidaka danya keseimbanga otot syaraf. Otot syaraf yang tidak seimbang disebabkan leh kebutuhan akan setilkolin tidak tercukupi. Asetilkolin ini meurpakan neurotransmitter yang membtuhkan kolin setiap harinya.

Akibat Kelebihan Kolin

Sesuatu yang berlebihan itu bukanlah hal yang baik, oleh sebab itu ada baiknya kita menjaga kadar choline yang ada di dalam tubuh tetap dalam batas yang normal dan wajar. Berikut ini adalah akibat kelebihan choline yang harus diwaspadai :

  1. Menyebabkan Obesitas

Hal pertama yang menjadi efek samping akibat kelebihan kolin adalah menyebabkan obesitas. Hal itu dikarenakan penumpukan protein yang berlebihan, penumpukan lemak dan karbohidrat yang berlebihan bisa menyebabkan obesitas. Bahaya obesitas tidak boleh disepelekan sebab bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

  1. Komplikasi

Saat tubuh mengalami obesitas, komplikasi bisa saja muncul misalnya saja adalah seseorang akan mengalami tekanan darah tinggi, serangan jantung dan juga terkena penyakit stroke.

Baca : Jenis-jenis strokePenyebab stroke

Itulah berbagai macam informasi mengenai kolin yang penting untuk kita ketahui. Bagi anda yang belum mencukupi kebutuhan akan choline setiap harinya bisa memperbaiki pola makan sekarang juga agar bisa mendapatkan manfaat dan fungsi dari pengkonsumsian kolin tersebut.