Sponsors Link

10 Manfaat Plester Mata Ikan Dan Efek Sampingnya

ads

Plester mata ikan merupakan plester yang digunakan untuk melenyapkan mata ikan yang muncul pada bagian kaki dan bagian tubuh lainnya. Mata ikan dapat menimpa siapa saja karena muncul akibat tekanan dan gesekan yang terjadi secara teratur dan berulang ulang sehingga menyebabkan penebalan kulit secara berlebihan. (Baca Juga: Obat Mata Ikan di Telapak Kaki , Gejala Mata Ikan)

Jenis Mata Ikan

1. Mata ikan lunak

Mata ikan yang lunak bersifat lunak dan berwarna putih atau krem. Kondisi ini muncul akibat serangan bakteri, Kuman, Virus atau jamur yang jika tidak segera diobati akan menyebabkan pertumbuhan mata ikan menjadi kian besar (kutil).

Baca juga:

2. Mata ikan keras
Mata ikan keras terjadi akibat gesekan dan tekanan yang berulang karena ktivitas sehari hari sehingga menyebabkan kulit menjadi tebal dan kasar. Kondisi ini bisa menimbulkan rsa nyeri ketika mata ikan mengalai luka atau sedikit iritasi misalnya terkena zat kimia dari sabun cuci pakaian tertentu. (Baca juga: Hidung Ada Benjolan Diluar Dan Dalam)

Penyebab Mata Ikan

  • Aktivitas yang berulang, Misalnya membersihkan peralatan rumah, Menyapu lantai, Meamainkan alat musik, Menayalakan pematiikm api bagi perokok atau hal hal lain yang memiliki kebiasaan yang konsisten dan teratur terjadi setiap harinya. Kondisi tersebut menyebabkan munculnya penebalan pada kulit secara beratahap (Baca Juga: Obat Herbal Alergi Kulit)
  • Menggunakan sepatu yang sempit dapat menjadi pemicu munculnya penebalan pada kulit tumit atau bagian belakang mata kaki . Sempitnya ukuran sepatu meangsang permukaan kulit menjadi menebal karena tekanan yang berulang pada tempat yang sama (Baca juga: Makanan Penyebab Alergi Gatal)
  • Tanpa menggunakan kaus kaki ketika memakai sepatu olahraga juga bisa memicu penebalan kulitb pada telapak kaki dan menyebabkan munculnya mata ikan yang awanya kecil lunak hingga berubah menjadi besar dan keras. Kondisi ini dapat mengagnggu aktivitas bergerak ketika kaki digunakan untuk berjaln, Karena mata ikan dapat menimbulkan rasa nyeri jiika telah terjadi luka sedikit saja. (Baca Juga:  penyebab alergi kulit)
  • Tidak menggunakan sarung tangan ketika menggenggam peralatan rumah tangga seperti pembersih lantai, Memompa air, memeras pakaian basah, atau memakai peralatan penyedot debu maka telapak tangan akan mendapat tekanan terus menerus hingga merangsang penebalan kulit dan menjadi kapalan atau mata ikan yang kasar dan berbentuk sedikit membulat. (Baca Juga: Obat Alergi Debu)
sponsored links

Manfaat Plester Mata Ikan

  1. Dapat melunakan penebalan kulit dan mempermudah mayta ikan untuk mengempis lalu hilang secara bertahap (Baca juga:  manfaat ikan laut)
  2. Mampu memblokir aktivitas jaringan kulit yang melebar dan memnesar akibat virus penyebab kutil.  (Baca Juga:  Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama)
  3. Memperbaiki kerusakan struktur kulit akibat mata ikan
  4. Dapat menyembuhkan kekasaran mata ikan yang telah menebal dengan ketebalan yang cukup tinggi
  5. Menghilangkan mata ikan yang masih kecil relatif lebih cepatb tanpa rsa nyeri (Baca Juga: (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah)
  6. Dapat digunakan sebagai pencegah munculnya mata ikan pada lutut akibat pergerakan yang berulang ketika melakukan ibadah
  7. Mempersempit ruang gerak pelebaran mata ikan agar tidak terus menebal kerah lain dan mudah untuk disembuhkan
  8. Mengagalkan penebalam mata ikan yang masih tahap gejala awal, Sehingga mata ikan benar enar mudah untuk dihilangkan. (Baca Juga:  Keringat Di Telapak Tangan Dan Kaki)
  9. Memblokir aktivitas bakteri yang menjangkiti mata kaki, Hal ini sering menyerang pada pekerja yang berinteraksi lansung dengan sinar matahari dan polutan udara secara konsisten misalnya para pekerja bangunan.
  10. Mencegah mata ikan menjadi kutil yang lunak dan membesar dan memperbaiki struktir kulit yang kasar serta benjolan gejala kutil yang berhasil disembuhkan lebih dini. (Baca Juga: Telapak Kaki Panas)

Efek Samping Plester Mata Ikan

1. Permukaan kulit menjadi cekung

Pemakaian plester mata ikan memang mempermudah penyembuhan mata ikan namun jika dipakai dalaam jangka panjang dapat menyebabkan bagian bekas terkena mata ikan menjadi lebih cekung dan tidak rata. Kondisi disebabkan mata ikan telah berhasil dilunakan dan diangkat. (Baca Juga: dokter spesialis yang paling di butuhkan)

2. Kulit panas dan kemerahan

Plester mata ikan dapat menyebabkan kulit menjadi panas, Kemerahan dan muncul iritasi baru yang pada sebagian orang justru memperlambat penyembuhan mata ikan itu sendiri (Baca Juga:  penyebab alergi kulit)

3. Rentan berakumulasi dengan radikal bebas

Plester mata ikan rentan terkontiminasi dengan radikal bebas termasuk debu ketika seseorang sedang beraktivitas diluar rumah. Disarankan untuk sering mengganti plester setelah terlihat kotor, Hal ini untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang muncul akibat keringat atau polutan udara. (Baca Juga: bahaya antibiotik tanpa resep dokter)

4. Kurang cocok untuk kulit sensitif

Bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter yang terkait sebelum memutuskan untuk menggunakan plester mata ikan. Kulit sensitif mudah mengalami luka dan iritasi karena plester mengandung bahan aktif yang bersifat panas. (Baca Juga:  efek samping antibiotik obat berbahaya jangka panjang)

5. Tidak cocok bagi lansia

Peggunaan plester mata ikan pada orang lanjut usia sebaiknya tidak dilakukan , Mengingat kondisi permukaan kulit mereka yang tidak elastis lagi . Kondisi tersebut dapat mengakibatkan permukaan kulit terbakar dan muncul luka baru. Keadaan ini tidak akan menyembuhkan mata ikan namun justru sebaliknya. (Baca Juga: Makanan yang Dilarang Pasca Operasi)

6. Menimbulkan alergi

Pada sebagian orang plester mata ikan dapat menyebabkan reaksi alergi seperti gatal gatal dan muncul bentol bentol kecil pada permukaan kulit. Uniknya reaksi alergi justru banyak terjadi pada orang orang yang memiliki jenis kulit normal dan kombinasi dimana jenis kulit tersebut adalah jenis kulit yang stabil dan tidak mudah mengalami gangguan seperti alergi.

Baca juga:

Solusi Tradisional

Tips cara untuk menyembuhkan mata ikan dengan memanfaatkan bahan bahan alami

1. Pepaya

Menggunakan pepaya yang telah dihaluskan untuk kemudian dibalurkan pada mata ikan misalnya pada kaki dan tangan aanda 2 kali sehari secra rutin. (Baca Juga: Obat Kaki Kapalan)

2. Lemon

Gunakan air lemon untuk membasahi bagian tubuh yang ada mata ikannya beruang ukang setiap hari. Cara ini bisa diterapkan sesering anda mau, Karena air lemon terbukti aman untuk melunakan mata ikan agar mudah diangkat. (Baca Juga: Obat Kaki Bengkak karena Jatuh)

3. Bawang putih

Gunakan sari bawang putih untuk dioleskan pada mata ikan yang masih kecil ataupun yang telah membesar, Oleskan 3 kali sehari secara rutin agar mata ikan mudah untuk dihilangkan. (Baca Juga: Obat Gatal Jamur Tradisional)

4. Kapur sirih dan sabun colek

Campuran antara kapur sirih dan sabun colek mampu melunakan mata ikan secara bertahap dan mempermudah proses penyembuhan. Namun car ini hanya cocok untuk orang dewasa. (Baca juga:  Tanda Tanda Kaki Berdenyut)

5. Getah kamboja

Getah kamboja dapat dioleskan pada mata ikan dan biarkan mengeringb lalu ulangi oleskan kembali. Lakukan cara ini 2 kali sehari secar rutin. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan)

Sponsors Link

6. Daun dewa

Haluskan daun dewa sampai benar benar halus untuk kemudian dibalurkan atau dijadikan masker untuk mata ikan. Daun dewa dapat me;unakan permukaan kulit yang mengalami penebalan lebih cepatdan membantu proses penyembuhan luka ketika mat ikan berhasil diangkat. (Baca Juga:  Obat Kaki Pecah-pecah)

7. Cuka apel

Gunakan cuka apel untuk meniopiskan mata ikan yang tebal dan berwarna gelap. Gosokanlah dengan menggunakan batu apung yang sebelumnya mata ikan telah dilumuri oleh cuka apel. Lakukan secara rutin. (Baca Juga: Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah

Pencegahan Mata Ikan

Tips cara mencegah munculnya kapalan dan mata ikan sehingga tidak membutuhkan plester mata ikan untuk mengatasinya

  • Membiasakan diri untuk memakai kaus kaki ketika memakai sepatu yang tertutup apapun bentuknya
  • Pakailah alas kaki yang sesuai dengan ukuran kaki agar terhindar dari gesekan yang menyebabkan penekanan berulang pada permukaan kulit bagian kaki
  • Jika anda sering menggunakan tangan kanan untuk melakukan tugas rumahtangga atau tugas rutinitas ditempat kerja, Maka sudah saatnya anda menggunakan tangan kiri untuk melakukannya, Hal ini dapat mencegah munculnya penebalan kulit penyebab munculnya mata ikan.
  • Gunakan alas duduk yang lembut ketika anda duduk atau menjalankan ibadah untuk menghindari munculnya penebalan kulit pada pergelangan kaki dan lutut
  • setelah melakukan aktivitas berulang dengan tangan sebaiknya cucilah tangn dengan sabun lembut lalu rendamlah sebentar didalam air hangat kemudian keringkan dengan handuk. Setelah itun oleskan pelembab untuk kaki dan tubuh secara teratur. Kebiasaan ini dapat mencegah telapak tangan terkena mata ikan.
  • Rajinlah membasuh bagian bagian tubuh yang sering berkeringat seperti ujung siku, Telapak kaki dan tangan yang terkenal paling sering terserang penebalan kulit. Keringat hanya akan memjadi tempat perkembangbiakan bakteri dimana bakteri dapat mempercepat tumbuhnya kutil atau jenis mata ikan lunak.

Baca Juga:

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 20th, March 2017 / 08:24 Oleh :
Kategori : Kesehatan Kulit