Home Tips KesehatanKesehatan Hidung Hidung Ada Benjolan Diluar Dan Dalam – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hidung Ada Benjolan Diluar Dan Dalam – Penyebab dan Cara Mengatasinya

by Henny Anugerah

Hidung ada benjolan diluar dan dalam dapat menimpa pria dan wanita segala usia yang relatif mudah disembuhkan ketika benjolan masih dalam ukuran yang kecil. Benjolan dapat tumbuh diluar maupun dalam rongga hidung yang jika tidak segera diobati maka dapat menyebabkan berbagai keluhan kesehatan seiring semakin besarnya benjolan tersebut. (Baca Juga: Hidung Ada Darah Sedikit , Hidung Tersumbat Setiap Hari)

Akibat Hidung ada Benjolan

Inilah beberapa efek buruk akibat yang ditimbulkan dari munculnya benjolan diluar dan dalam hidung

  • Terganggunya pernafasan seperti sesak nafas, Pilek berlarut larut, Sakit kepala
  • Peradangan dalam rongga hidung yang menyebabkan infeksi dan hidung bengkak
  • Menurunnya kinerja rongga hidung
  • Struktur bentuk hidung yang tidak simetris
  • Indera penciuman kehilangan kemampuan mendikteksi aroma dan bau bauan
  • Kurangnya rasa percaya diri

(Baca Juga: Obat Sesak Nafas karena Jantung , Penyebab Sesak Nafas)

Penyebab dan Cara Mengatasi

  1. Polip

Hidung ada benjolan seringkali dikaitkan dengan adanya polip yang tumbuh dalam rongga hidung.. Polip merupakan penyakit yang muncul karena gangguan pada selaput lendir dirongga hidung karena penumpukan cairan disekitar lubang sinus yang menyebabkan penyumbatan dan menurunkan kualitas indra penciuman. polip yang tumbuh didalam rongga hidung dapat menyebabkan penyakit pilek lama sembuh dan ketika polip membesar maka akan terjadi peradangan yang dapat mengganggu kelancaran udara masuk kesaluran hidung ketika bernafas. (Baca Juga: Gejala Polip Hidung , Gejala Polip Rahim)

Penyebab polip :

Agar proses penyembuhannya cepat hendaknya anda mengetahui terlebih dahulu gejala polip hidung dan pengobatannya paling ampuh karena apakah karena sinusitis, Alergi aspirin, Penyakit asma yang menahun atau karena genetik. Penyebab polip berbeda beda namun memiliki efek buruk yang sama yaitu mengganggu siatem pernafasan didalam rongga hidung.

Cara Mengatasi dengan Cara Tradisional:

  • Kunyit dan daun cakar ayam

Parutlah 3 buah kunyit ukuran besar lalu ambil sarinya dengan cara diperas kemudian rebusah bersama beberapa daun cakar ayam dengan menggunakan takaran air 3 gelas dan biarkan sampai mendidih untuk kemudian disaring dan dinginkan. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari guna untuk menghilangkan polip dan melancarkan pernafasan dirongga hidung. (Baca Juga: Bahaya Minum Kunyit Setiap Hari , Pengobatan Gonore pada Wanita)

  • Sambiloto

Ambillah segenggam daun sambiloto llau cucilah sampai bersih kemudian direbus sampai mendidih dengan takaran air 3 gelas dan biarkan menyisakan air hanya 1 gelas saja. Rebusan sambiloto ini dapat diminum 2 kali sehari secara rutin. (Baca Juga: Efek Samping Sambiloto)

  1. Lipoma

Lipoma merupakan penyakit Tumor jinak yang tumbuh pada jaringan subkutan yang tumbuh lambat tetapi bisa terus menyebabkan pembesaran seiring berjalannya waktu yang biasa tumbuh diarea punggung, Bahu dan leher tetapi bisa juga tumbuh pada daerah batang hidung bagian luar. Hidung ada benjolan pada bagian luar dapat disebabkan adanya pertumbuhan lipoma. (Baca Juga: Bahaya Lipoma , Penyebab Lipoma)

Penyebab lipoma :

Lipoma adalah sejenis tumor jinak yang tumbuh dibawah kulit dan lapisan otot yang terjadi karena endapan lemak dan akan normal kembali jika dilakukan tindakan operasi lipoma sejak awal.

Cara mengatasi dengan tradisional:

  • Daun sirsak

Rebuslah 20 lembar daun sirsak sampai mendidih, dinginkan lalu saringlah untuk kemudian diminum 2 kali sehari secara teratur, Daun sirsak meniliki kandungan anti tumor yang dapat menghambat dan menghentikan oksidasi mitokondria dari membran plasma sel tumor dibenjolan lipoma . (Baca Juga: Efek Samping Daun Sirsak  , Jari Tangan Bengkak Tiba Tiba)

  • Tepung dan madu

campurkan tepung kanji dan madu untuk kemudian dioleskan pada lipoma yang menonjol dibagian luar batang hidung 2 kali sehari pagi dan malam menjelang tidur secara teratur. (Baca Juga: Ciri-ciri Madu Asli , Efek Samping Madu Diet)

  1. Akibat benturan

Benturan hebat dapat menyebabkan hidung ada benjolan dimasa depan yang disebbakan adanya tekanan pada dinding rongga hidung, Keretakan tulang rawan, Luka, Pendarahan atau terjadi peradangan yang dapat meninggalkan jejak sembuh berupa tonjolan daging bekas trauma cedera yag bisa berada didalam dan luar bagian rongga hidung. Kondisi ini dapat pula menyebabkan terganggunya sistem pernafasan dirongga hidung yang memicu sesak nafas. (Baca Juga: Obat Luka Dalam karena Benturan , Pertolongan Pertama Benturan Kepala)

Penyebab benturan :

Karena terjatuh, Terlempar, Terhantam benda keras, Terpukul dan sebagaiaanya yang menyebabkan rongga hidung memgalam rasa sakit hingga menjalar kearah kepala dan area mata.

Cara mengatasi :

  • Kompres dengan air dingin atau hangat sesaat setelah terjadi kecelakaan yang menyebabkan rongga hidung terluka agar muncuklnya benjolan pada luar dan dalam hidung tidak terjadi.
  • Untuk benjolan yang muncul pada luar bagian hidung akibat benturan sebaiknya dilakukan pengangkatan dengan menggunakan laser, Dimana cara ini adalah yang terbaik karena pasca operasi struktur kulit yang semula terdapat benjolan akan tumbuh dengan regenerasi kulit baru yang lebih baik. (Baca juga: Penyebab Keluar Darah dari Hidung , Penyebab Hidung Gatal)
  1. Kanker hidung

Kanker hidung (karsinoma nasofaring). Merupakan pertumbuhan sel abnormal yang bersarang di area nasofaring dirongga hidung yanga dapat menyerang pada pria dan wanita yang berusia 40 tahunan. Kanker hidung yang menjangkiti bertahun tahun dapat menyebabkan hidung ada benjolan dibagian dalam akibat peradangan akut dan kerugian lainnya adalah indra penciuman akan kehilangan kemampuannya untuk menditeksi berbagai macam bau bauan secara normal. (Baca juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat , Benjolan Dihidung)

Penyebab kanker hidung:

Pemakaian obat nyamuk bakar terus menerus dimana zat yang terkandung didalamnya dapat menyebabkan pertumbuhan sel yang abnormal dirongga hidung, Kebiasaan merokok berlebihan, Minum minuman beralkohol, Terpapar polutan udara dan menghirup zat kimia yang mengandung fomaldehida terus menerus, Mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi dan mengandung bahan pengawet berbahaya serta faktor genetik.

Cara mengatasi :

  • Hindari rokok, Alkohol, Paparan radikal bebas termasuk zat kima berbahaya dan mengubah pola makan menjadi lebih sehat (sayur dan buah)
  • Pada gejala awal kanker dapat dilakukan terapi radiasi lalu operasi (pembedahan) yang sebelumnya atas rekomendasi dari dokter terkait.
  • Menggunakan obat biologis untuk mempertebal imunitas tubuhb guna menghambat pertumbuhan sel kanker yang telah terbentuk.

(Baca Juga: Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik , Efek Berciuman dengan Perokok)

  1. Kelainan struktur tulang

Kelainan struktur tulang sejak lahir dapat mengakibatkan hidung ada benjolan dengan bentuk yang tidak simetris yaitu nampak bengkok atau bahkan menonjol diarea yang tidak semestinya misalnya pada batang hidung dengan diameter penonjolan yang tidak baik. Tulang hidung merupakan bagian dari tulang tubuh yang meryupakan jaringan yang disusun oleh sel sel dan kolagen ekstraseluler yang dalam bahasa medis sdisebut osteoid. Osteoid bertanggung jawab mengontol, Mengatur dan memproduksi kalsium hydroxyapatite sehingga struktur tulang berbentuk normal dan kuat. (Baca Juga: Penyebab Tulang Keropos , Obat Linu Pada Tulang Kaki)

Penyebab kelainan tulang hidung :

Kelainan struktur tulang bisa karena cacat bawaan yang terbentuk sejak masih dalam kandungan yang disebabkan kurangnya depiosit kalsium yang menyebabkan jaringan osteoid yang tidak bekerja dengan baik sehingga pembentukan tulang pada hidung tidak normal (terjadi penonjolan dibagian luar hidung).

Baca Juga:

Cara mengatasi :

Dilakukan pembedahan operasi pada jaringan yang rusak atau tidak normal untuk dilakuakn perbaikan agar struktur tulang menjadi lebih simetris.

  1. Tahi lalat atipik

Tahi lalat atipik (Nevi displastik), Merupakan tahi lalat yang tumbuh membesar dengan cepat dan menyerupai gundukan daging dan menyebabkan hidung menonjol dari luar dan menyebabkan hidung ada benjolan yang menyebabkan bentuk tukang hidung menjadi buruk (bentuk hidung tidak normal). Kendati tidak menghalangi sistem pernafasan rongga hidung namun dari segi estetika penampilan dapat menyebabkan masalah menurunnya rasa percaya diri . (Baca juga: Penyebab Banyak Tahi Lalat di Tubuh , Bahaya Kapur Sirih)

Penyebab tahi lalat atipik :

Muncul karena faktor genetika yang dapat terus tumbuh menjadi lebar dengan diameter lebih dari 1 centimeter. Penyakit ini rentan terjadi pada seseorang yang memilikim riwayat melanoma maligma.

Cara mengatasi :

Tahi lalat atipik juga bisa muncul akibat paparan matahari terus menerus . Maka lindungilah dengan penggunaan krim pelindung kulit dengan SPF minimal 15.

  1. Hemangioma kapiler

Hemangioma kapiler , yaitu Penonjolan berwarna merah yang tumbuh diarea hidung bagian luar termasuk diujung hidung yang muncul saat bayi baru lahir dan akan hilang dengan sendirinya ketika usia 7 sampai 10 tahun. Hemangioma merupakan tanda lahir yang muncul dipermukaan kulitb karena pembuluh darah yang tidak normal yang membentuk benjolan lunak yang suatu ketika bisa berubah menjadi biru atau ungu pada lapisaa kulit yang lebih dalam . (Baca Juga: Penyebab Hidung Berair , Penyebab Hidung Tersumbat Sebelah)

Penyebab hemangioma :

Faktor genetik dan karena proses Bayi lahir terlalu cepat atau prematur yang terjadi pada bayi berjenis kelamin perempuan.

Cara mengatasi :

  • Pemberian obat jenis formaldehida untuk mencegah penglihatan mata yang tidak stabil, Karena penyakit inim cenderung menyebabkan pandangan mata menjadi kabur
  • Pada tahap lain dapat dilakukan prosedur pembedahan untuk pengangkatan benjolan menggunakan laser yang tujuannya untuk memblokir pertumbuhan hemongioma secara permanen. (Baca Juga: Bahaya Filler Hidung , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur)
  1. kanker kulit

Kanker kulit muncul akibat telah terjadi kerusakan sel sel yang awalnya baik menjadi kristal kristal sel kanker yang tidak disadari. Kanker kulit menyerang bagian permukaan kulit dengan gejala penumpukan pigmnentasi dengan degradasi warna yang tidak merata dan bentuk yang kasar, Jika didiamkan saja dalam jangka panjang maka penumpukan pigmentasi akan semakin tebal dan apabila tumbuh pada permukaan kulit dibagian batang hidung maka akan menyebabkan penebalan dan memicu hidung ada benjolan. (Baca Juga: Penyebab Hidung Berdarah pada orang dewasa)

Penyebab kanker kulit:

Paparan sinar matahari, Penggunaan kosmetik dengan bahan berbahaya, Terpapar zat kimia berbahaya dan pemakaian laser untuk tujuan estetika hidung . (Baca Juga: Jenis Kelainan Pada Hidung Manusia)

Cara mengatasi :

Untuk menghindari ancaman kanker kulit sebaiknya hindari bahaya radiasi sinar matahari, Membiasakan diri untuk menggunakan kosmetik yang aman dan terbuat dari bahan bahan herbal yang telah disetujui oleh badan POM indonesia serta sedapat mungikin hindari pemakaian metode kecantikan hidung dengan penglaseran untuk menghindari iritasi dan luka pada kulit epidermis. Bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif maka laser dapat menyebabkan peradangan yang menyebabkan munculnya keloid, Yaitu tumbuhnya jaringan daging baru pasca penggunaan laser yang justru menyebabkan benjolan pada batang hidung bagian luar.

You may also like