Home ReviewDokter 8 Dokter Spesialis yang Paling Dibutuhkan di Indonesia

8 Dokter Spesialis yang Paling Dibutuhkan di Indonesia

by Erlita

Seperti kita tahu, profesi dokter memiliki banyak cabang, namun dokter spesialis apa sajakah yang paling dibutuhkan di Indonesia saat ini? Indonesia sebagai salah satu negara yang masih berkembang masih cukup memiliki banyak kekurangan, termasuk banyaknya jenis penyakit yang menjadi keresahan masyarakat. Di bawah ini merupakan daftar dokter spesialis di Indonesia yang sangat membantu.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit gigi dan mulut)

1. Dokter Spesialis Gigi

Dokter spesialis gigi termasuk di dalam daftar dokter spesialis yang memang banyak dibutuhkan oleh masyarakat kita. Ini karena menjaga kesehatan mulut serta gigi adalah salah satu prioritas di mana bahkan memeriksakan gigi saja dianjurkan untuk dilakukan 6 bulan sekali. Ketika kesehatan gigi terabaikan, tentu saja ada kondisi serius yang bisa membahayakan tubuh.

2. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Di Indonesia masih sangat jelas bahwa masih banyak masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan kulit. Ada lebih dari 3 ribu jenis-jenis penyakit kulit, mulai dari yang ringan hingga yang berbahaya dan sebagian tak hanya menyerang bagian kulit si penderita.

Bagian tubuh lain seperti misalnya kuku, rambut, hidung, mulut sampai dengan kelopak mata pun dapat menjadi sasaran. Dokter kulit dibutuhkan di Indonesia karena memang banyak orang yang perlu didiagnosa dan diberi perawatan untuk penyakit kulit tertentu. Ingat bahwa infeksi kulit karena bakteri pun sudah cukup banyak terjadi.

Jerawat, gangguan kuku, infeksi jamur, kanker kulit, psoriasis, eksim, dermatitis, herpes zoster, serta kutil hingga infeksi menular seksual merupakan beberapa dari macam-macam penyakit kulit dan kelamin yang bisa dengan mudah menyerang. Tugas dokter kulitlah untuk mendiagnosa dan memberikan perawatan yang benar untuk para pasiennya supaya cepat sembuh maupun mencegah supaya kondisi tersebut tak mudah kambuh.

(Baca juga: cara menghilangkan panu)

3. Dokter Spesialis Mata

Satu lagi dokter spesialis yang sangat dibutuhkan juga oleh masyarakat di Indonesia, yakni dokter spesialis mata. Jelas penyakit-penyakit mata seperti halnya rabun, katarak, kedutan, dan belekan sudah bukan hal yang asing di kalangan kita. Dokter spesialis mata akan membantu untuk mengatasi gangguan mata tersebut, bahkan hingga yang jauh lebih serius.

Luka mata akibat bahan kimia serta benturan pun menjadi kondisi yang dokter mata akan bantu. Banyak orang yang mengalami masalah mata atau penglihatan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Dan dokter spesialis matalah yang mampu untuk menjadikan mata kembali pulih, meski memang peran pasien sendiri dalam merawat mata juga diperlukan.

4. Dokter Spesialis Anak

Ketika para orang tua panik dan khawatir karena buah hatinya sakit, membawanya ke dokter spesialis anak jelas adalah pilihan yang paling tepat dan aman. Dokter khusus untuk memeriksa kondisi kesehatan anak jauh lebih mengerti bagaimana untuk memberikan pelayanan yang tepat bagi pasien anak-anak.

(Baca juga: dokter jantung terbaik di indonesia)

5. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Banyak orang yang mengalami penyakit jantung di Indonesia, terutama penyakit jantung koroner yang cukup sering juga akhirnya diatasi dengan operasi ring jantung atau operasi bypass jantung. Namun memang ada resiko operasi ring jantung yang perlu diwaspadai oleh setiap pasien yang akhirnya memang harus menempuh metode pengobatan ini.

Penyakit jantung sendiri cukup beragam dan tak hanya jantung koroner saja yang memerlukan perhatian dan penanganan khusus. Penyakit katup jantung, jantung lemah, aritmia di mana kondisi jantung tak beraturan, gagal jantung, otot jantung atau kardiomiopati, serta serangan jantung adalah contoh dari penyakit-penyakit jantung yang memang memerlukan penanganan langsung dari dokter ahli jantung.

6. Dokter Spesialis Saraf

Banyak orang yang mengalami penyakit saraf di mana hal ini pun menjadi satu keluhan yang tak bisa diabaikan atau diremehkan. Ketika sistem saraf tubuh manusia tak berfungsi maksimal, ini akan merusak kinerja tubuh seutuhnya. Penting untuk tetap menjaga kesehatan saraf dan fungsinya berjalan dan bekerja seperti biasanya.

Jenis-jenis penyakit syaraf sendiri cukup beragam, seperti misalnya infeksi sistem syaraf pusat, radang selaput otak atau yang populer juga dengan sebutan meningitis, radang otak atau ensefalitis, epilepsi, sindrom raye, alzheimer, hidrocephalus, kelumpuhan otak, parkinson, dan vertigo. Sebagian dari jenis penyakit syaraf tersebut benar-benar cukup sering diderita oleh masyarakat kita.

7. Dokter Spesialis Kejiwaan atau Psikiatri

Dokter spesialis lainnya yang pastinya Anda juga setuju bahwa dokter ini sangat dan paling dibutuhkan di Indonesia adalah seorang dokter ahli kejiwaan. Seperti kita ketahui, banyak orang yang kini mengalami stres dan depresi. Bukan tidak mungkin dengan keadaan ekonomi yang memburuk atau kondisi tubuh yang penyakitan dan tak kunjung sembuh membuat harapan seseorang pupus.

Mental terganggu adalah salah satu akibat dari kondisi depresi yang dibiarkan terlalu lama. Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak dan justru malah semakin banyak orang yang mengalami gangguan kejiwaan, jadi tak heran apabila dokter kejiwaan juga paling diperlukan. Kenali apa saja jenis-jenis penyakit sakit jiwa yang kerap diderita oleh manusia.

8. Dokter Spesialis Bedah

Pada bidang pembedahan sendiri, ada beberapa kategori, yakni bedah anak, bedah digestif, bedah toraks kardiovaskular, bedah onkologi, bedah saraf, bedah vaskuler dan endovaskuler, bedah kepala leher, bedah plastik rekonstruksi dan estetik, ortopedi dan traumatologi, serta ortologi. Karena ada beberapa jenis penyakit yang memerlukan solusi pembedahan, maka dokter spesialis bedah tentu paling dibutuhkan di Indonesia.

(Baca juga: gelar dokter spesialis dan sub-spesialis di indonesia)

Itulah 8 dokter spesialis yang paling dibutuhkan di Indonesia melihat dari banyaknya masyarakat Indonesia yang mengalami masalah kesehatan tersebut.

You may also like