8 Penyebab Bintik Merah Pada Bibir Yang Perlu Diwaspadai

5739

Bintik merah pada bibir dapat menimpa siapa saja yang muncul akibat dari kebiasaan, gaya hidup dan bagaimana aktivitas setiap individu. Bintik merah pada bibir tak selamanya menandakan indikasi munculnya penyakit tetapi tidak menutup kemungkinan merah pada bibir bisa merupakan tanda tanda penyakit tertentu jika tidak segera diobati ketika bintik bintik tersebut tidak kunjung hilang. (Baca Juga: Cara Mencegah Bibir Kering saat Puasa)

Penyebab Bintik Merah Pada Bibir

1. Pertumbuhan sel abnormal

Adanya kanker pada mulut dapat dikenali melalui ciri ciri munculnya bintik bintik merah pada bibir yang awalnya sedikit dan idak menyebabkan rasa sakit, Nmaun seiring brjalannya waktu bintik merah akan menyebar dan semakin banyak.(Baca Juga: Penyebab Bibir atau Mulut Bengkak Tiba-Tiba)

2. Reaksi alergi

Reaksi alergi adalah salah satu penyebab munculnya bintik merah pada bibir yang menandakan bahwa bibir memilki sensitiviitas, Misalnya terhadap makanan tertentu, Minuman, Obat obatan, Kosmetik bibir dan polutan udara. (Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Bibir)

3. Paparan sinar matahari

Bibir yang sering tersengat ultraviolet dalam jangka panjang besar resikonya mengalami bintik merah pada bibir yang disebabkan adanya perubahan pigementasi disekita permukaan bibir. (Baca Juga: Bintik Hitam Pada Bibir Atas)

4. Infeksi virus

Seseorang yang menderita penyakit herpes simplek atau sifillis beresiko mengalami bintik merah pada bibir yang awalnya hanya berupa titik kecil namun dapat melebar seperti bentuk panu. (Baca Juga: Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah)

5. Infeksi jamur tertentu

Infeksi jamur dapat menyebabkan munculnya bintik merah pada bibir yaitu hasil dari reaksi radikal bebas, Merokok berlebihan dan pemakaian pewarba bibir yang mengandung zat kimia berbahaya. (Baca Juga: Cara Mengatasi Bibir Kering)

6. Peradangan bibir

Peradangan bibir atau cheilitis merupakan penyakit yang muncul karena iritasi dan luka yang muncul akibat didalam tubuh kekurangan asupan vitamin B2. (Baca Juga: Penyebab Bibir Pecah-pecah dan Kering)

7. Sindrom peutz-jegher

Sindrom peutz-jegher adalah penyakit genetika (keturunan) yang menyebabkan bibir mengalami kekeringan, Pecah pecah dan muncul bintik merah pada bibir yang jumlahnya cukup banyak. (Baca Juga: Penyebab Bintik Putih di Bibir)

8. Sariawan

Sariawan adalah penyakit yang paling sering dialami manusia yang timbul kebanyakaan karena serangan bakteri yang dihasilkan dari sisa makanan yang dikonsumsi yang melekat pada area rongga mulut dan mengalami pembusukan akibat penguraian bakteri. Makanan yang banyak mengandung bahan pengawet adalah salah satu penyebab sering sariawan pada mulut dimana sariawan tersebut dapat menjalar kearaea bibir. (Baca juga : Obat herbal penyembuhan sariawan)

Pencegahan Bintik Merah Pada Bibir

  • Mengurangi minuman yang mengandung kafein misalnya teh dan kopi. Kafein merupakan zat yang dapat membentuk bintik merah p ada bibir. (Baca Juga: Cara Mencegah Bibir Hitam)
  • Mengurangi asupan makanan yang memilki citarasa sangat pedas karena dapat menyebabkan efek panas seperti terbakar pada permukaan bibir yang biasaanya berbentuk bintuk merah pada bibir.
  • Gunakan perona bibir yang aman yang sebelumnya disesuaikan dengan jenis kulit dan mengandung perlindungan dari sinar matahari misalnya mengandung SPF atau sunscreen yang diformulasikan khusus untuk bibir. (baca juga: Pencegahan Bibir Sumbing)
  • Menggunakan lip balm yang menandung pelembab alami dan vitamin untuk bibir agar bibir tetap terjaga kelembabannya kendati sedang berada dibawah sinar matahari .
  • Hindari asap rokok atau jauhi merokok karena selain dapat menyebabkan bintuk merah pada bibir ternyataa merenjadi penyebab utama bibir menjadi hitam. (Baca Juga: Bahaya Lipstik Bagi Bibir dan Kesehatan)
  • Makanan yang banyak mennagndung garam dapat menfiritasi da memberi efek panas pada permukaan bibir sehingga rentan terjadi bintik merah pada bibir.
  • Hindari memainkan ludah pada permukaan bibir. Kulit bibir sangat sensitive dan mudah disusupi oleh pergerakan bakteri yang ada didalam air liur. Bakteri dapat menyebabkan luka, Iritasi iritasi dan bintikk merah pada bibir. (Baca Juga: Bahaya Ciuman Bibir)
  • Tidak mencabut atau menarik gumpalan bibir yang mengering secara paksa, Hal ini dapat menyebabkan iritasi dan pendarahan ringan. Iritasi dapat meninggalkan jejak berupa munculnya bintik merah pada bibir ketika iritasi tersebut telah sembuh.
  • Mengkonsumsi banyak air putih untuk menghindari dehidrasi pada bibir, Karena permukaan bibir yang sering mengalami kering sangat mudah dihinggapi bakteri dan virus melalui udara kotor yang bisa menyebabkan munculnya bintik merah pada bibir. (Baca juga: Efek Samping Sulam Bibir)

Cara Mengobati Bintik Merah Pada Bibir

1. Lidah buaya

khasiat lidah buaya untuk kulit memang sudah terkenal diseluruh belahan dunia, Namun pada kenyataannya Lendir lidah buaya memiliki manfaat lain bagi kesehatan bibir. Lidah buaya dapat digunakan untuk menghilangkan bintik merah pada bibir akibat salah menggunakan kosmetik bibir, Ketergantungan pada rokok dan karena sariawan. Oleskan lendir lidah buaya dan diamkan sejenak untuk kemudian bilaslah dengan air bersih. Cara ini bisa dilakukan setiap hari sesering anada suka, Karena lidsah buaya aman dan tidak memiliki efek samping terhadap kulit bibir. (Baca Juga: Penyebab Bibir Hitam)

2. Kentang

Parutlah kentang yang sudah dibersihkan dan dikupas kulitnya dan gunakan imtuk melumuri permukaan bibir 2 kali sehari pagi daan sore hari. Cara ini dapat menghilangkan bintik merah pada bibir akibat reaksi alergi. (Baca Juga: Cara Mengobati Bibir Bengkak)

3. Kunyit

Air kunyit terbukti dpat menghilangkan bintik merah pada bibir karena Kunyit memiliki zat anti bakteri dan vitmin C yang bertindak sebagai antioksidan kuat untuk melindungi bibir dari kelainan akibat serangan radikal bebas dan Serangan bakteri hasil limbah makanan yang melekat pada permukaan bibir. (Baca Juga: Penyebab Bibir Sumbing)

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat melembabkan permukaan bibir secara alami, Mencegah pecah pecah, Bersisik dan mencegah munculnya bintik merah pada bibir akibat pemakaian pemerah bibir yang mengandung pewarna tektil dan mengalami fotosintesa terhadap sinar matahari. (Baca Juga: Jenis Penyakit Pada Bibir)

5. Madu asli

Madu asli sangat bermanfaat mencegah munculnya bintik merah pada bibir, Menyembuhkan sariawan dan melembabkan permukaan kulit secara alami. Oleskan madu asli secukupnya satu kali pada malam hari menjelang tidur. Nutrisinya akan meresapo secra maksimal dan bekerja dengan lebih baik ketika seseorang sedang tidur. (Baca juga : Ciri ciri madu asli yang perlu diketahui)

6. Mentega

Mentega asli mampu menghaluskan permukaan kulit bibir yang kasar, Pecah pecah, Bersisik, Sering mengelupas dan timbul bintk merah pada bibir. Oleskan menteha satu kali sehari setiap malam sebelum menjelang tidur.