17 Cara Menghilangkan Bintik Hitam Pada Bibir Atas Secara Alami

11160

Pada umunya manusia yang normal mempunyai bibir, mereka mempercantik bibir dengan cara meggunakan lipstik. Namun kulit bibir berbeda dengan kulit lainnya yang ada pada tubuh manusia pada umunya, kulit bibir lebih tipis dan tidak mempunyai kelenjar keringat sehingga mudah terlihat tidak sehat seperti timbulnya bintik hitam pada bibir.

Organ tubuh manusia juga mempunyai daya tarik tersendiri, contohnya bibir. Bibir yang sehat mempunyai daya tarik tersendiri namun warna pada bibir sangatlah mudah untuk mengalami perubahan. Menggunakan lipstik dan merubah gaya hidup adalah salah satu cara untuk menjaga bibir tetap terlihat sehat dan seksi selain dengan menghindari makanan atau minuman yang sudah dibahas di atas dan setidaknya bisa melakukan perawatan pada bibir agar terlihat lebih sehat. (baca juga: cara menghilangkan kutu air)

Ada yang berpendapat bahwa terlalu sering menggunakan lipstik dapat menyababkan munculnya bintik hitam pada bibir. Seorang dokter mengatakan bahwa terdapat gejala penyakit sindrom peutz-jeghers pada seseorang yang mendapati bintik hitam pada bibir bukan melainkan karena terlalu sering menggunakan lipstik. (baca juga: bahaya lipstik bagi bibir dan kesehatan)

Sindrome Penyakit Langka

Penyakit sindrom peutz-jeghers adalah penyakit yang langka. Dan adapun manusia yang mengidap sindrom peutz-jeghers pencernaannya akan terganggu juga dapat dikatakan menjadi gejala kanker usus yang akan menimbulkan polip di usus besar, usus kecil, dan gastritis pada lambung.

Dan adapun beberapa gejala dari sindrom peutz-jeghers adalah seperti bintik hitam pada sekitar bibir, hidung, mata, nyeri pada perut dan terdapat darah saat buang air besar. Namun apabila terdapat bintik hitam tidak disertai nyeri perut dan terdapat darah saat buang air besar tidak perlu risau, bisa saja munculnya bercak hitam dikarenakan alergi pada lipstik ataupun karena pecandu rokok berat.

Berhati-hatilah bagi yang mempunyai alergi pada bahan kimia yang terkandung pada lipstik, bintik hitam pada bibir tidak tergantung pada pemakaian lipstik lama atau sebentar, karena jika mempunyai alergi pada bahan kimia yang terdapat pada lipstik walaupun hanya memakai lipstik beberapa detik saja akan tumbul kemerahan dan gatal yang disebabkan oleh reaksi alegi dan akan berkelanjutan meskipun lipstik sudah dihapus dari bibir. (baca juga: cara mengatasi bibir kering)

Penyebab Bintik Hitam Pada Bibir

Adapun penyebab bintik hitam pada bibir selain disebabkan dengan penggunaan lipstik dan pecandu rokok berat ialah :

  1. Faktor usia.
  2. Berkurangnya kalogen dan elastisitas pada bibir.
  3. Paparan sinar matahari secara langsung. (baca juga: bahaya melihat gerhana matahari secara langsung)
  4. Cuaca ekstrem
  5. Meminum obat-obatan keras. (baca juga: cara menghindari narkoba)
  6. Kurangnya asupan nutrisi pada bibir
  7. Faktor genetik
  8. Gejala monopouse pada wanita

Berikut ini cara menghilangkan bintik hitam pada bibir atas yang mudah dilakukan :

  1. Minum Jus Lemon

Zat pemutih alami yang terkandung pada lemon bisa dikatakan mampu untuk menghilangkan bintik hitam pada bibir, dengan cara menempelkan jus lemon langsung pada bagian bibir yang terdapat bintik hitam atau bisa juga dengan menambahkan madu. Agar lebih efektiv lakukan beberapa kali sehari pada bibir yang terdapat bintik hitam. (baca juga: penyebab bibir pecah-pecah dan kering)

  1. Minum air putih

Apabila tubuh kekurangan air putih maka menyebabkan timbulnya bintik hitam pada bibir. Karena pada umumnya sudah dianjurkan untuk minum air putih 2 liter sehari untuk menghindari tubuh dehidrasi dan bibir mengering. Juga tidak diperbolehkan mejilati bibir karena bibir akan mengalami pengeringan. (baca juga: cara mencegah bibir hitam)

  1. Mengkonsumsi buah-buahan

Karena tidak sedikit buah yang mengandung nutrisi yang baik untuk kulit bibir. (baca juga: cara mengobati bibir bengkak)

  1. Sikat gigi

Pada saat menyikat gigi sikatlah juga kulit bibir menggunakan sikat dengan berbahan dan bertekstur yang lembut. (baca juga: penyebab bibir hitam)

  1. Lidah buaya

Untuk menghilangkan bintik hitam pada bibir juga bisa dengan lidah buaya, dengan cara oleskan secara merata gel yang terdapat pada lidah buaya ke bagian bibir yang terdapat bintik hitam. (baca juga: penyebab bibir sumbing)

  1. Kentang

Kentang juga mempunyai khasiat yang sama dengan lidah buaya, dengan cara tempelkan pada bibir yang terdapat bintik hitam dengan potongan kentang. (baca juga: bahaya ciuman bibir bagi kesehatan)

  1. Campuran tepung terigu, kunyit, dan susu

Campurkan ketiga bahan tersebut, lalu oleskan dengan sedikit memijat pada bagian bibir. Karena campuran ini dapat menghilangkan bintik hitam dan mengangkat sel kulit yang mati sehingga membuat kulit bibir terlihat lebih cerah. (baca juga: efek samping sulam bibir yang mematikan)

  1. Kacang polong dan susu

Keringkan kacang polong yang sudah bersih. Lalu tumbuk kacang polong hingga halus dan menjadi bubuk kacang polong. Kemudin campurkan susu sampai terlihat seperti pasta. Oleskan pada bagian bibir secara merata dan dengan sedikit memijat selama beberapa menit.

  1. Mentimun dan jeruk nipis

Mentimun juga berkhasiat menghilangkan bintik hitam pada bibir. Mentimun adalah bahan yang mudah dijumpai dimanapun berada. Campurkan beberapa potong mentimun dengan perasan jeruk nipis lalu oleskan perlahan secara merata pada bibir dengan sedikit memijat pelahan. Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

  1. Minyak almond

Vitamin E yang tinggi juga terkandung dalam minyak almond. Kulit juga membutuhkan vitamin E untuk meningkatkan kadar pigmennya, termasuk juga dengan kulit bibir yang lebih tipis dari kulit lainnya yang ada apda tubuh. Caranya, oleskan minyak almond pada bagian bibir secara merata dan tunggu beberapa menit lakukan secara rutin. Hasilnya bintik hitam pada sekitar bibir akan memudar dan bibir akan terlihat cerah juga sehat. (baca juga : buah yang mengandung vitamin E tinggi)

Cara Merawat Kesehatan Bibir

Setiap orang mendambakan bibir yang sehat, merah merona, dan tidak mengalami pecah-pecah. Organ tubuh yang cukup sensitif dari organ tubuh lainnya adalah bibir, apabila terkena panasnya sinar matahari, dinginnya cuaca, ataupun bahan kimia warna bibir maupun tekstur bibir akan berubah. Kemungkinan besar kita akan mengalami masalah dengan bibir apabila kita tidak merawat bibir.

  1. Jangan mengkonsumsi makanan yang pedas – Makanan yang mengandung unsur rasa pedas dapat memperburuk warna pada bibir. (baca juga: bahaya makanan pedas)
  2. Jangan minum teh ataupun kopi – Karena, minum teh atau kopi yang panas dapat menyebabkan lebih banyak munculnya bintik hitam pada bibir. (baca juga: bahaya minum teh bagi kesehatan)
  3. Gunakan lipstik yang mengandung pelindung matahari (Lip Balm) – Warna gelap pada bibir juga dikarenakan terkena paparan sinar matahari secara langsung. (baca juga: bahaya sinar matahari langsung)
  4. Merubah gaya hidup – Bintik hitam juga bisa disebabkan karena kecanduan merokok, dengan merokok akan menambah banyak bintik hitam pada bibir. Berhenti merokok adalah solusi untuk mengurangi bintik hitam pada bibir.
  5. Vitamin – Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B dan vitamin C. (baca juga: cara untuk mengatasi kekurangan vitamin B kompleks)
  6. 6. Mengelupas Kulit – Untuk membersihkan kulit bibir yang kering jangan langsung mengelupas kulitnya. Gunakanlah handuk basah atau sikat gigi yang lembut baru kemudian kelupas kulit yang mati.
  7. Hindari Garam – Hindari makanan dengan kadar garam yang tinggi dan mengkonsumsi buah yang terlalu banyak mengandung getah dan kompres bibir dengan air hangat 2 kali sehari. (baca juga: bahaya konsumsi garam berlebih)

Adapun macam-macam penyakit pada bibir yang berbahaya dan mengganggu penampilan selain bintik hitam yaitu :

  1. Peradangan

Cheilitis atau peradangan pada bibir biasa terjadi pada sudut mulut yang akan mengakibatkan terasa sakit, dengan ciri-ciri luka memerah, bersisik, kulit berkerut, dan pecah-pecah. Peradangan terjadi akibat bibir mengalami kekurangan vitamin B2. Tetapi di negara maju sangat jarang terjadi kekurangan vitamin B2 karena bisa diobati dengan suplemen vitamin B2. Peradangan juga bisa diakibatkan oleh pemakaian gigi palsu yang menepel pada rahang, untuk menghilangkan peradangan yang diakibatkan oleh gigi palsu juga bisa ditangani dengan penempatan gigi palsu yang dapat menguragi kerutan pada peradangan ini. (baca juga: cara mengobati radang tenggorokan pada anak)

  1. Perubahan warna

Pada umumnya di sekitar bibir bintik hitam dan daerah yang tidak berwarna coklat (melatonic macules) dapat bertahan dalam kurun waktu tahunan. (baca juga: cara menghilangkang bau jengkol di mulut dengan cepat)

  1. Luka

Yang dimaksud dengan luka adalah mengerasnya bagian pinggir pada bibir, dan bisa dikatakan itu adalah kanker kulit. Dari gejala keadaan medis lainnya adalah seperti sifilis atau luka dingin (infeksi virus herpes simplex pada mulut) dan keratoacanthoma yang penyebabnya belum diketahui. (baca juga: penyebab luka di lambung dan cara mengatasinya)

  1. Rusaknya bibir

Rusaknya bibir di sini adalah rusak pada bagian bawah bibir, keras, dan juga mengering bisa juga didapati akibat sinar matahari. Kemungkinan kanker tingkat lanjut ditandai dengan bintik merah atau warna putih yang samar-samar. (baca juga: makanan penyebab sariawan)