Home Featured 8 Kebiasaan yang Membuat Bibir Hitam Tapi Sering Dianggap Sepele

8 Kebiasaan yang Membuat Bibir Hitam Tapi Sering Dianggap Sepele

by Erlita

Bibir yang berwarna cerah menandakan bahwa bibir tersebut sehat sehingga banyak orang tak hanya para wanita akan menganggap diri mereka kurang menarik kalau bibir sampai kusam dan berwarna gelap. Hanya saja, kita terkadang tidak sadar lho memiliki kebiasaan yang membuat bibir hitam dan kusam seperti halnya beberapa kebiasaan di bawah ini.

  1. Minum Kopi

Konsumsi kopi adalah salah satu kebiasaan yang bisa lama-kelamaan memicu warna gelap pada bibir. Hal ini tentunya menjadi hal yang kurang kita sadari, baik oleh pria maupun wanita. Kopi selalu nikmat memang apalagi diminum pagi-pagi, namun waspadai kafein yang juga adalah zat diuretik sehingga mampu menjadikan tubuh sering buang air kecil. Risiko terkena dehidrasi pun jadi tinggi yang pada akhirnya memengaruhi kondisi bibir yang lebih gelap, kurang sehat bahkan juga bisa kering dan pecah-pecah.

  1. Menjilat Bibir

Maksud hati agar bibir selalu lembab lalu kita terbiasa membasahi dengan air liur kita sendiri sebenarnya merupakan kebiasaan yang kurang baik untuk kesehatan bibir. Bibir malah jadi semakin kering dan bisa berdampak pada berubahnya warna yang menghitam.

  1. Menggigit Bibir

Kebiasaan satu ini paling kerap tak disadari memang, entah itu kita sedang cemas, kesal, atau berpikir keras beberapa orang mungkin secara tak sengaja menggigit bibir. Namun jika sudah tahu ini jadi suatu kebiasaan, cobalah mulai menghentikannya karena dikhawatirkan bibir makin kering yang juga otomatis berdampak ke warnanya yang makin gelap.

  1. Tidak Merawat Bibir

Perawatan ekstra juga dibutuhkan untuk bagian bibir lho, apalagi jika seorang wanita suka pakai lipstik sehari-hari. Rona alami bibir bisa hilang ketika kita jarang melakukan eksfoliasi dan memakai lip balm dengan tidak teratur. Eksfoliasi itu penting dalam mengangkat sisa-sisa lipstik yang menempel di bibir sekaligus meregenerasi sel-sel kulit bibir.

  1. Terpapar Sinar Matahari

Hiperpigmentasi adalah risiko tinggi yang bisa mengenai bibir kita. Bahaya sinar ultraviolet tak hanya bisa bikin kulit kusam, terbakar, dan berisiko kanker, tapi rupanya juga sangat mengancam kesehatan bibir. Produksi melanin dapat berlebihan sehingga jangan heran kalau bibir warnanya makin gelap saja. Sebagai solusi atau pencegahan, pilih pelembab bibir dengan SPF tinggi yang kemudian diterapkan setia hari ya.

  1. Kurang Jeli dalam Membeli Lipstik

Warna, tekstur dan tahan lamanya lipstik menjadi pertimbangan utama saat membelinya. Namun memerhatikan kandungan pada produk lipstik juga penting lho. Cek lagi deh pada bagian label kemasan produk, apakah di sana terdapat kandungan tar batubara, asam lemak dipentaerythritol, asam ricinoleic, dan isopalmityl diglyceryl. Bibir berisiko menjadi lebih gelap ketika terbiasa menggunakan lipstik dengan kandungan-kandungan tersebut.

  1. Malas Membersihkan Lipstik dari Bibir

Para wanita seringkali saat sudah sampai rumah begitu malas untuk membersihkan makeup dan memilih untuk langsung tidur. Padahal, kebiasaan malas membersihkan sisa lipstik di bibir ini lama-kelamaan menjadi sebuah kebiasaan pemicu bibir hitam. Pigmen bibir bisa jadi gelap ketika bahan kimia lipstik terus-menerus menumpuk di bagian bibir lho.

  1. Merokok

Entah itu pria atau wanita yang memiliki kebiasaan merokok, kesehatan bibir dapat terpengaruh. Lama-lama tanpa disadari aktivitas merokok mampu menjadikan bibir berwarna kusam dan terus menghitam. Bukan hanya masalah bibir, hati-hati juga merokok juga dapat menjadi sebab gigi keropos lho belum lagi adanya penyakit akibat merokok yang mematikan.

Walau sederet kebiasaan yang membuat bibir hitam tersebut biasanya kita abaikan karena terlalu sepele, mulailah perhatikan dan hentikan sebelum warna bibir lebih gelap lagi. Jangan lupa lakukan eksfoliasi secara rutin dengan scrub yang terbuat dari madu alami dan gula. Pakai gel aloe vera yang diterapkan ke bibir, mengonsumsi banyak air putih, mengenakan pelembab bibir ber-SPF, dan menghindari berbagai kebiasaan di atas adalah cara terbaik dalam merawat bibir tetap sehat dan cerah.

You may also like