Home Penyakit dan KelainanBau Mulut 25 Cara Menghilangkan Bau mulut Secara Alami Dan Permanen Termudah dan Sehat

25 Cara Menghilangkan Bau mulut Secara Alami Dan Permanen Termudah dan Sehat

by Henny Anugerah

Bau mulut dapat mnenyerang siapa saja yang dapat muncul karena banyak faktor penyebab  dimana dampak buruknya lebih kepada  sindrom percaya diri atau hilangnya rasa percaya diri ketika bersosialisasi dengan orang lain.

Faktor penyebab

Bau mulut dapat muncul akibat kebiasaan dan gaya hidup buruk atau akibat kondisi medis yang sedang dialami tanpa disadari sebelumnya.

Penyebab  karena kebiasaan dan gaya hidup ;

  • Kebiasaan merokok  sangat berhubungan dengan bahaya tar rokok yang dapat mengganggu kesehatan tubuh
  • Minum minuman beralkohol apapun bentuknya termasuk tuak atau arak yang digadang gadang dapat menyembuhkan penyakit
  • Minum minuman mengandung kafein termasuk kopi dan berbagai jenigh teh. Jika dikonsumsi secara wajar tidak dilarang.
  • Makanan seperti jengkol atau pete adalah makanan  yang mengandung aroma tidak sedap yang dapat tertinggal pada rongga mulut dan pencernaan.
  • Malas membersihkan lidah dan gigi adalah kebiasaan buruk yang akan menurunkan kesehatn gigi , gusi dan semua anggota dirongga mulut termasuk munculnya bau mulut.
  • Tidak memperbanyak minum air putih adalah kebiasaan buruk yang hanya akan menyiksa tubuh sendiri yang dapat mengantarkan pada munculnya masalah bau mulut.
  • Adanya gigi yang berlubang bisa menyebabkan bau mulut yang tak kunjung hilang, Karena gigi berlubang adalah tempat paling ideal untuk bakteri berkembang biak.
  • Tidak membersihkan gigi palsu (bagi pemakai gigi buatan) berati sama saja seperti membiarkan bakteri berkembang biak secara mudah sehingga gigi palsu dapat menyebarkan bau tak sedap pada rongag mulut.
  • Tidak membersihkan karang gigi adalah keputusan yang salah karena bahaya karang gigi  bagi kesehatan yang harus diwaspadai adalah gigi akan mudah tanggal dan karang gigi merupakan tempat paling mudah dihinggapi bakteri atau kuman penyebab bau mulut, Dimana bau tak sedap akan semakin tajam jika karang gigi tidak segera dibersihkan.

Penyebab karena kondisi medis :

  • Gangguan organ pencernaan
  • Penyakit asan lambung (gerd)
  • Penyakit sinusitis akut
  • Mengidap penyakit diabetes melitus
  • Kerusakan pada organ hati
  • Infeksi saluran pernafasan
  • Masalah xerostomi (mulut kering)
  • Tumbuh polip di area amandel
  •  Infeksi pada gusi
  • Luka di langit langit mulut

Solusi terbaik

Tips cara menghilangkan bau mulut secara alami dan permanen yang bisa dilakukan sendiri dirumah dan kapan saja.

1.Daun sirih

Salah satu cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih paling amouh adalah memanfaatkan air rebusannya. Daun sirih mengandung minyak atsiri dan zat anti bakteri yang baik  untuk mengurangi bau tak sedap yang keluar dari mulut dan mengurangi jumlah bakteri yang ada disela sela gigi akibat sisa makanan yang tidak terangkat saat menggosok gigi.

Daun sirih dapat direbus lalu air rebusannya dapat diminum atau dijadikan sebagai obat kumur alami yang ampuh membasmi bau mulut jika di lakukan 2 kali sehari secara rutin,

2.Daun seledri

Daun selederi memiliki aroma yang harum dan dapat meningkatkan produksi air liur di mulut sehingga bau mulut dapat dicegah . Daun seledri dapat dikukus untuk disantap bersama makanan lain setiap hari atau di jus dan ditambahkan wortel secukupnya , Maka mampu membersihkan gigi geligi dan melindungi rongga mulut dari kekeringan. Daun seledri adalah bahan alami yang dapat dijadikan cara menghilangkan bau mulut secara amai dan permanen tanpa efek samping.

3. Daun peterseli

Salah satu cara  menghilangkan bau mulut secara alami dan permanen adalah memanfaatkan kahsiat nutrisi dari daun peterseli. Daun peterseli memiliki kandungan zat yang mampu mengobati, Mencegah bahkan menghilangkan bau mulut akibat bakteri yang ada di rongga mulut atau sebab lain. Daun seledri dapat dimakan langsung bersama sayuran hijau lain atau dibuat jus sehat yang bisa ditambahkan madu dan perasan air lemon.

4. Kopi

Tips mudah cara menghilangkan bau mulut secara alami dan permanen adalah menggunakan media kopi  hitam bubuk. Kopi hitam memiliki keharuman khas yang disukai banyak orang. Kopi hitam tanpa gula dapat di seduh dalam segelas air hangat matang, Saringlah lalu gunakan ampas kopi tersebut untuk dikunyah tetapi tidak untuk ditelan. Kunyahlah beberapa saat lalu kumurlah dengan air bersih. Kebiasaan ini dapat menghilangkan bau mulut sepanjang hari. Kafein yang ada dalam kopi bisa membantu menetralkan air liur pada mulut untuk beberapa jam kedepan sehingag bau mulut dapat dihindari lebih awal.

5. Jeruk nipis hangat

Jeruk nipis memgandung vitamin C dan zat anti mikroba yang dapat menghilangkan bau tak sedap keluar dari mulut. Jeruk nipis dapat diperas dan diambil sarinya untuk kemudian dilarutkan dalam segelas air panas matang dan tunggu hingga hangat. Tambahkan gula  jagung atau madu secukupnya agar manfaat dan nutrisi yang ada pada jeruk nipis dapat segera dirasakan.

6. Susu sapi murni

khasiat susu sapi murni bagi kesehatan dapat terhubung pada semiua jaringan karena susu pada dasrnya kaya akan omega 3, Vitamin, Protein, Kalsium, dan mineral lainnya yang dapat menjaga kelembabn di dalam rongga mulut sehingga terhindar dari mulut kering penyebab bau mulut. Susu terutama susui sapi murni terbukti mampu menetralkan asam dan basa yang ada pada saluran pencernaan sehingga mencegah bau mulut yang muncul dari saluran pencernaan menuju kerongkongan.

7. Kencur

Kencur adalah tanaman apotik hidup yang mengandung minyak atsiri cukup tinggi dan secara klinis mampu melenyapkan  bau mulut, Ambillah 5 gr kencur lalu haluskan lalu larutkan dalam air hangat dan saringlah. Air saringan dari kencur dapat dijadikan obat kumur alami yang harum dan menghilangkan bau tak sedap di mulut. Gunakan kencur sebagai tips sederhana yang ampuh untuk cara menghilangkan bau mulut secara alami dan permanen.

8. Lengkuas

Lengkuas menmiliki zat anti jamur dan atsiri yang selain ampuh menghilangkan penyakit kulit panu, Ternyata bisa menghilangkan bau mulut . Ambullah beberapa lengkuas lalu bersihkan dan haluskan dengan blender. Lalu seduhlah di dalam segelas air panas matang untuk kemudian disaring dan tunggulah hingga airnya hangat. Air tersebut dapat di minumm 2 kali sehari secara rutin agar bisa merawat tubuh dari dalam.

9. Ketumbar dan jahe

Ketumbar dan jahe sama sama memilki minytak atsiri dan zat antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang terhadap serangan bakteri, Termasuk serangan bakteri penyebab bau mulut. Ketumbar dan jahe dapat ditumbuk kasar lalu rebuslah hingga mendidih lalu saringlah untuk kemudian setelah dingin atau hangat bisa dikonsumsi 2 kali sehari secara rutin. Cara ini cocok untuk menghilangkan bau mulut dengan perawatan tubuh dari dalam.

10. Kayu manis

Batang kayu manis merupakan bumbu pelengkap yang mempunyai aroma harum yang dapat menurunkan gula dalam darah atau kolesterol jahat dalam tubuh, Keistimewaannya tak berhenti sampai disitu saja, Ternyata kayu manis dapat dijadikan sebagai bahan herbal untuk cara menghilangkan bau mulut secara alami dann permanen.

Masukkan 2 batang kayu manis dalam segelas air panas matang lalu tambahkan gula aren atau madu dan perasan air jeruk niopis atau lemon, Minuman nikmat dan harum ini dapat dikonsunsi 1 hingga 2 kali sehari seacra rutin. Disarankan untuk tidak minum rebusan tersebut lebih dari 2 kali sehari  untuk mencegah munculnya efek samping minum rebusan kayu manis bagi tubuh, Karena pada dasarnya yang berlebihan itu tidak baik.

11. Kumur air garam

Tips paling praktis untuk cara menghilangkan bau mulut secara alami dan permanen adalah menggunakan garam. Garam bersifat menyerap kelembaban di dalam mulut  dan mampu mengangkat kotoran didalam mulut hasil dari sisa makanan yang kemungkinan telah terkontiminasi dengan berbagai macam kuman, Sehingga dapat menghilangkan bau tak sedap yang keluar dari mulut. Berkumurlah dengan air garam 2 kali sehari seacra rutin pagi dan sore hari selama 30 detik.

12. Kunyah permen karet

Permen karet bersifat lunak dan kenyal sehingga bisa mengangkat kotoran dalam mulut dan mempertahankan stabilnya air liur dalam mulut sehingga bisa mencegah bau mulut setiap hari. Ada 3 keuntungan yang didapat ketika mengunyah permen karet yaitu gigi lebih bersih, Kondisi rahang menjadi lebih kuat serta produksi air liur tetap terjaga dengan baik.

13.Daun kemangi

Kemangi adalah sayuran istimewa  yang berbau harum sehingga mampu menghilangakan  bau badan dan sekaligus bau mulut  secara permanen jika digunakan dengan teratur.  Makanlah daun kemangi bersama dengan sayuran lain atau dibuat menjadi lalapna sehat. Makanlah daum kemangi seacra wajar dan tidak berlebihan untuk mencegah munculnya efek samping daun kemangi bagi wanita dan kesehatan tubuh pria .

14. Beras mentah

Mengunyah beras mentah merupakan tips cara menghilangkan bau mulut secara alami dan permanen tanpa efek samping , Karena hancurnya beras mentah didalam mulut saat dikunyah dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mulut terhindar dari kondisi kering penyebab bau mulut. Bau mulut seringkali muncul saat kondisi rongga mulut dehidrasi atau kering. Kunyahkan 2 kali sehari secara rutin tetapi jangan ditelan , Buang segera setelah beras tersebut terasa kering,  Hal tersebut untuk mencegah munculnya bahaya makan beras mentah untuk kesehatan.

15. Jus nanas

Disamping nanas kaya manfaat sebaiknya anda mengetahui pula apa dan bagaimana efek samping buah nanas bagi kesehatan yang penting anda ketahui. Nanas kaya akan vitamin, Air, Mineral dan kadar asam alaminya dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut  sehingga terhindar dari serangan bau mulut. Buah nanas tua dapat dibuat menjadi jus sehat harian yang dapat bekerja dari dalam tubuh dalan mengendalikan aktivitas bakteri penyebab bau mulut yang mungkin saja menyerang organ pencernaan.

16.Mentimun

Buah mentimun memilki kadar air yang cukup melimpah sehingga bisa memberi kelembaban yang seiimbang didalam rongga mulut. Mulut akan terhindar dari kejeringan dan bau mulut yang menyengat. Makanlah mentimun disela sela makan siang atau sore  anda setiap hari secara rutin.

17.Cengkih tua

Mengunyah cengkih terasa pedas dan getirb tetapi mintak atsirinya dsecara klinis terbukti mampu memunuh bakteri dimulut penyebab bau tak sedap. Cengkih juga bisa dilarutkan didalam segelas air panas lalu diamkan hingga dingin untuk kemudian disaring dan jadikan sebagai obat kumur alami 2 kali sehari .

18. Minum air putih

Memperbanyak minum air putih disela sela aktivitas adalah solusi terbaik sebagia cara menghilangkan bau mulut secara alami dan permanen agar tubuh terhindar dari salah satu bahaya akibat kurang minum air putih yaitu dehidrasi. Dehidrasi sebagai pemicu utama rongga mulut mengalami kekeringan sehingga muncullah  bau tak sedap dari rongga mulut yang semakin hari semakin berbau busuk.  Tersedianya cukup air putih akan menjaga kelembaban alami mulut dan mempercepat penyembuhan luka yang terjadi pada pencernaan. bahaya akibat kurang muinum air putih

19. Jamur shitake

Jamur shitake memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Bau mulut kadang bisa juga disebabkan karena serangan bakteri pada pencernaan sehingga meningkatkan gas dalam lambung lalu menyebabkan bau tak sedap naik ke arah kerongkongan dan menyebabkan mulut menjadi bau tidak sedap. Makanlah jamur shitake bersama lauk pauk lain setiap hari dengan takaran yang sedikit lebih banyak dibandingkan makanan lainnya.

20.Peppermint, Baking soda dan tea tree oil

Ambillah masing masing satu sendok makan peppermint, Baking soda  dan tea tree oil lalu masukkan kedalam satu gelas air hangat matang  kemudian aduk hingga merata untuk kemudian 2 kali sehari digunakan sebagai obat kumur harian.

21.Kacang almond

Kacang almond kaya akan serat dan dapat membatu membersihakan mulut dari sisa kotorann yang telah mengandung baktei penyebab  bau mulut. Makanalah kacang almond setiap hari disela sela makan siang atau makan malam secara teratrur agar terhindar dari bau mulut.

22.Probiotik

Probiotik yang ada di dalam yogurt dapat mengatasi masalah seputar pertumbuhan bakteri yang ada pada pencernaan yang bisa menjadi pemicu munculnya bau mulut. Minumlah yogurt 2 hingga 3 kali sehari agar pencernaan selalu dalam keadaan terbaiknya dan rongga mulut tetap memproduksi air liur sebagai mana mestinya. Jenis jenis probiotik beragam dan memiliki kemampuan yang sama dalam mengatasi masalah pencernaan dan bau mulut. Jika mau memilih yougurt yang baik adalah yang mengandung sari buah buahan.

23.Vitamin C

Mengkonsumsi apapun jenis buah buahan yang mengandung vitamin C tinggi dapat memperkuat kekebalan tubuh, Melindungi pencernanan dari serangan kuman dan bakteri penyebab bau mulut dan menyebabkan kadar air di dalam mulut tetap terjaga dengan baik sehingga terhindar  dari bau tak sedap. Meningkatkan asupan vitamin C dalam tubuh adalah cara menghilangkan bau mulut secara alami dan permanen yang cukup ampuh.

24. Teh hijau

Teh hijau memgandung senyawa catechin yaitu senyawa aktif yang mampu memblokir aktivitas kuman adan bakteri penyebab bau mulut. Minumlah secangkir teh hijau 2 kali sehari secara teratur agar rongga mulut memiliki kadar keasaman yang seimbang sehingga bau mulut tak perlu terjadi. Teh hijau dapat dikonsumsi setiap hari dan dijadikan sebagai cara menghilangkan bau mulut secara alami dan permanen untuk khasiat pengobatan herbal turun temurun.

25. Jus lidah buaya

Selain khasiat lidah buaya untuk kulit, Ternyata gel lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk pengobatan bau mulut . Lidah buaya mengandung banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral serta zat anti luka yang mampu menyembuhkan luka di dalam organ tubuh bagian dalam, RTermasuk infeksi dan radang pada pencernaan. Pencernaan yang  luka dapat menyebabkan naiknya asam lambung yang nantinya menjadi salah satu penyebab munculnya bau mulut yang tak kunjung hilang. Ambilah lendir  lidah buaya secukupnya lalu blender dan jadiukan jus harian . Tambahkan madu atau gula merah dan perasan air jeruk nipis atau lemon sesuai selera. Minumlah minuman sehat dan nikmat ini 2 kali sehari.

You may also like