16 Efek Samping Minum Rebusan Kayu Manis Bagi Tubuh

Salah satu rempah – rempah yang sangat banyak sekali dimanfaatkan adalah kayu manis. Kayu manis merupakan rempah – rempah yang beraroma manis dan sedikit rasa pedas. Kayu manis juga merupakan bumbu masakan yang tertua di dunia. Penggunaan nya sudah terkenal sejak zaman dahulu.

Tidak sekedar digunakan sebagai bumbu masak, penggunaan kayu manis juga bisa digunakan sebagai obat tradisional. Kayu manis juga biasa digunakan dengan dicampurkan dengan air panas. Rebusan kayu manis ini banyak sekali memiliki manfaat. Efek samping minum air rebusan kayu manis ini sangatlah banyak dan bermanfaat. Beberapa efek samping minum rebusan kayu manis yang sangat baik bagi tubuh diantaranya adalah :

  1. Kayu manis bermanfaat untuk mengontrol tingkat gula darah
    Bagi mereka yang menderita diabetes, maka mengkonsumsi kayu manis sangatlah baik. Kayu manis akan sangat baik untuk mengontrol tingkat gula darah. Dengan mengkonsumsi kayu manis maka akan membantu proses pada sistem pencernaan dan membantu memperbaiki respon insulin. Manfaat lebih besar dari kayu manis juga akan sangat baik untuk menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolestrol buruk, dan kolestrol total pada pasien diabetes. Inilah mengapa kayu manis merupakan salah satu cara mengobati diabetes dengan kayu manis.
  2. Memiliki sifat anti infeksi
    Dengan mengkonsumsi kayu manis maka kita bisa mencegah munculnya borok dan juga patogen lainnya
  3. Menyembuhkan sakit perut
    Jika anda mengalami masalah dengan perut anda maka anda bisa menggunakan rebusan kayu manis ini yang dicampur dengan madu untuk menjadi obat sakit perut yang anda derita. Campuran ini diyakini bisa mengatasi rasa sakit perut yang anda alami.
  4. Menghilangkan bau pada mulut
    Unutk anda yang juga mengalami masalah dengan bau pada mulut, maka efek samping rebusan minum rebusan kayu manis ini juga akan sangat bermanfaat bagi anda. Dengan meminum air rebusan kayu manis yang dicampur dengan 1 sendok madu dan diminum setiap pagi secara teratur maka akan membuat mulut anda menjadi segar dan anda terbebas dari bau mulut yang mengganggu anda.
  5. Mengurangi gas di dalam perut
    Efek samping minum air rebusan kayu manis juga akan sangat efektif untuk mengurangi gas yang ada di dalam perut anda.
  6. Menyehatkan pembuluh darah
    Hal lain yang sangat baik dan bermanfaat dari mengkonsumsi kayu manis juga adalah akan membantu anda mengurangi kolestrol LDL yang ada pada pembuluh darah anda dan akan membuat terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah anda.
  7. Mengobati flu
    Efek samping kayu manis yang sudah terkenal sejak dulu membuat rempah – rempah ini juga sering digunakan sebagai obat tradisional. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan kayu manis ini akan membantu menyembuhkan sakit flu. Kayu manis memiliki zat yang akan membuat tubuh menjadi lebih hangat sehingga bisa mengatasi gejala flu berat.
  8. Menfencerjan darah
    Dengan mengkonsumsi kayu manis juga akan sangat membantu bagi anda yang memiliki masalah dengan penggumpalan darah. Kayu manis mengandung asam lemak yang bersifat anti radang yang bisa mengurangi radang dan juga akan mampu mengencerkan darah

  9. Mengatasi radang sendi
    Mengkonsumsi air rebusan kayu manis juga akan mampu membantu anda mengatasi radang sendi. Cukup dengan mencampurkan nya dengan madu maka ini akan menjadi obat radang sendi.
  10. Mengatasi nyeri haid
    Bagi wanita salah satu manfaat dari mengkonsumsi kayu manis juga bisa mengatasi nyeri haid. Dengan mengkonsumsi kayu manis makan akan mampu menyeimbangkan hormon reproduksi dan akan memperlancar siklus haid.

Meskipun banyak sekali manfaat yang akan di dapatkan, mengkonsumsi kayu manis haruslah sesuai dengan aturan dan tidak boleh berlebihan. Bagaimanapun juga mengkonsumsi secara berlebihan dan tidak teratur justru akan membuat manfaat tersebut menjadi hilang. Beberapa efek negatif dari mengkonsumsi kayu manis yang salah adalah:

  1. Bagi mereka yang alergi, mengkonsumsi kayu manis justru akan menyebabka munculnya iritasi baik pada mulut ataupun bibir dan juga bisa menyebabkan luka dan munculnya bintik merah pada kulit.
  2. Mengkonsumsi kayu manis dengan berlebihan juga akan memunculkan resiko terkena keracunan
  3. Pada mereka yang mengalami gangguan pada hati, mengkonsumsi kayu manis bisa menimbulkan masalah pada hati
  4. Bagi mereka yang juga mengalami masalah pada lambung maka sebaiknya berhati – hati jika ingin mengkonsumsi kayu manis. Mengkonsumsi kayu manis dengan jumlah banyak bagi mereka yang mengalami masalah jantung bisa menyebabkan munculnya iritasi pada dinding lambung.
  5. Mengkonsumsi kayu manis dengan jumlah yang berlebihan juga akan mampu memunculkan zat beracun yang biasa disebut dengan coumarin yang akan sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki masalah dengan ginjal
  6. Hal lain yang juga harus diperhatikan ketika akan mengkonsumsi kayu manis adalah kayu manis tidak direkomendasikan bagi wanita yang sedang hami dan menyusui, mereka yang mengkonsumsi obat – obatan tertentu. Untuk hal ini lebih baik jika dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Itulah beberapa efek samping minum rebusan kayu manis baik yang bermanfaat maupun yang berbahaya bagi tubuh.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Makanan Sehat