15 Efek Samping Kayu Manis – Baik dan Buruk Mengkonsumsi Kayu Manis

Salah satu rempah – rempah yang paling populer adalah kayu manis. Kayu manis merupakan rempah – rempah yang biasa digunakan sebagai salah satu bumbu masakan. Kayu manis ini memiliki ciri khas yaitu memiliki aroma yang kuat, bersifat hangat, dan memiliki rasa yang manis. Kayu manis juga memiliki beberapa manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Di dalam kayu manis terdapat kandungan kalsium, asparagin, dan lainnya. Kayu manis juga salah satu makanan yang mengandung asam oksalat. Itulah mengapa efek samping kayu manis baik bagi tubuh. Beberapa efek samping kayu manis yang baik bagi tubuh diantaranya adalah

  1. Mengandung anti oksidan
    Salah satu efek samping kayu manis yang baik adalah karena di dalam kayu manis mengandung anti oksidan. Anti oksidan di dalam kayu manis akan sangat membantu mengontrol tingkat darah, membantu proses pencernaan, dan membantu respon insulin bagi penderita diabetes. Mengkonsumsi kayu manis juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.
  2. Mengandung anti infeksi
    Di dalam kayu manis mengandung sebuah senyawa yang akan sangat efektif melawan bakteri penyebab bisul ataupun patogen lainnya.
  3. Meredakan sakit perut
    Salah satu manfaat baik lainnya dari kayu manis juga adalah bisa menghilangkan rasa sakit perut. Mencampur kayu manis dengan madu diyakini bisa menjadi obat sakit perut.
  4. Menghilangkan bau pada mulut
    Untuk anda yang bermasalah dengan bau pada mulut maka anda bisa menggunakan kayu manis sebagai salah satu cara mengatasi nya. Camprkan madu dengan bubu kayu manis, seduh dengan air hangat lalu minum setiap pagi. Campuran ini bisa membuat mulut anda menjadi segar sepanjang hari dan akan menghilangkan bau pada mulut yang mengganggu.
  5. Mengatasi kanker
    Beberapa ahli mengatakan jika di dalam kayu manis terdapat zat yang akan sangat efektif untuk mencegah kanker. Mengkonsumsi kayu manis yang dicampur dengan madu dalam jangka waktu satu bulan diyakini bisa mencegah kanker tulang dan kanker perut.
  6. Merangsang kerja otak
    Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kayu manis juga memiliki manfaat lain. Bau dari kayu manis bisa meningkatkan kinerja otak. Dengan mencium bau kayu manis maka akan membantu dalam proses konsentrasi dan dalam hal mengingat.
  7. Menjadi obat flu
    Orang zaman dahulu juga sering memanfaatkan kayu manis sebagai obat tradisional bagi mereka yang terkena demam ataupun gejala flu berat. Menggunakan kayu manis akan membuat tubuh menjadi lebih terasa hangat dan nyaman.

  8. Mengatasi sakit gigi
    Penyakit lain yan juga bisa diatasi dengan menggunakan kayu manis adalah sakit gigi. Caranya pun cukup mudah, cukup dengan mencampurkan kayu manis dan juga madu lalu oleskan pada bagian gigi yang sakit.
  9. Mengatasi Jerawat
    Untuk anda yang juga memiliki masalah dengan jerawat, maka salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan kayu manis. Campuran dari kayu manis dan madu bisa menjadi salah satu obat mengatasi jerawat ini. Caranya cukup dengan mengoleskan campuran tadi ke bagian wajah yang terdapat jerawat. Cara ini bisa kita lakukan menjelang tidur, lalu biarkan semalaman setelah bangun tidur, basuh wajah menggunakan air hangat.
  10. Mengencerkan darah
    Di dalam kayu manis terdapat terdapat asam lemak yang bersifat anti peradangan yang biasa disebut dengan arachidonic. Asam lemak ini akan berfungsi untuk mengurangi peradangan dan penggumpalan darah.
  11. Mengatasi rambut rontok
    Masalah rambut rontok juga bisa diatasi dengan menggunakan kayu manis ini. Kayu manis merupakan cara tradisional untuk menjadi obat rambut rontok. Caranya cukup dengan mencampurkan kayu manis, minyak zaitun, dan juga madu. Campuran tersebut bisa mengatasi masalah rambut rontok.
  12. Mengurangi gas dalam perut
    Masalah yang sering terjadi pada perut adalah jika terdapat terlalu banyak gas di dalamnya. Untuk mengatasi masalah ini maka kita bisa mengatasi nya dengan menggunakan kayu manis. Caranya cukup dengan mencampurkan kayu manis dengan minuman hangat. Cara ini efektif untuk mengurangi jumlah gas yang ada di dalam perut.

Selain memiliki manfaat yang baik seperti yang sudah di jelaskan di atas, mengkonsumsi kayu manis dalam jumlah yang berlebihan juga akan menghasilkan efek samping yang tidak baik. Beberapa efek samping kayu manis yang tidak baik bila dikonsumsi berlebihan dan tidak sesuai aturan diantaranya adalah :

  1. Iritasi Kulit
    Menggunakan minyak kayu manis pada kulit juga berisiko mengakibatkan terjadinya iritasi pada kulit. Meskipun jarang terjadi, namun biasanya minyak kayu manis ini juga akan menimbulkan reaksi alergi. Cara paling aman untuk menggunakan minyak kayu manis ini adalah dengan mencampurkannya dengan air.
  2. Iritasi lambung
    Bagi mereka yang menderita ulkus lambung maka sebaiknya berhati – hati dengan mengkonsumsi kayu manis ini. Mengkonsumsi kayu manis dalam jumlah berlebihan bisa mengakibatkan iritasi pada dinding lambung
  3. Meningkatkan detak jantung
    Masalah lain yang juga akan timbul bila kita mengkonsumsi kayu manis dalam jumlah berlebihan adalah masalah peningkatan detak jantung yan akan berbahaya bagi mereka yang memiliki penyakit jantung

Itulah beberapa efek samping kayu manis bagi tubuh. Kayu manis akan memiliki efek samping yang baik bila digunakan sesuai ukuran namun akan menghasilkan efek samping yang buruk bila penggunaannya berlebihan.

 

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Makanan